Surat Pembaca

Meminta Keringanan Cicilan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Bank Mega

saya pengguna kartu kredit Bank Mega nomor kartu 4201 92** **** 7401. Pembayaran saya tertunggak dari bulan Januari 2020. Selama saya menggunakan CC Bank Mega hampir 11 tahun baru kali ini saya mengalami yang namanya gagal bayar. Kalaupun ada uang saya pasti akan melunasi. Tapi dikarenakan usaha saya bangkrut dan saya cuma seorang ibu rumah tangga, sehingga saya tidak mempunyai gaji tetap.

Saya sudah datang ke Bank Mega Kuningan untuk membicarakan restrukturisasi utang saya pada tanggal 10 September 2020 ternyata tidak bisa dicicil. Saya cuma mendapatkan discount pelunasan dari tagihan sebesar 51 juta menjadi 35 juta dalam tempo sebulan. Sebenarnya berat buat saya untuk melakukan pelunasan dalam jangka waktu sebulan. Saya bisanya mencicil dan selama sebulan ini cicilan saya sudah masuk 4. 5 juta. Cuma karena saya tidak ada pilihan lain terpaksa saya menandatangani surat pernyataan yang disodorkan oleh Bank Mega. Debt colector Bank Mega datang ke rumah saya di akhir Agustus juga menyuruh saya bayar lunas.

Hingga saat ini debt colector dari PT. Aura sudah 3 kali ke rumah saya. Mereka datang ramai-ramai yang ada sekitar 3 orang atau 4 orang yang terus mengintimidasi saya supaya melunasi keseluruhan tagihan saya. Terakhir hari Minggu hujan-hujan naik mobil rombongan pukul 17. 30 malam. Saya punya itikad baik untuk membayar, tapi saat ini sulit sekali mendapatkan uang. saya bisa nya mencicil.

Saya mohon kepada Bank Mega jangan terus-terusan mengirim debt collector ke rumah saya. Saya tahu diri untuk membayar tapi tolonglah dalam situasi sulit ini beri pengertian kepada saya. Saya tidak kabur dan saya berniat untuk bayar.

Christien Anggraeni
Kabupaten Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Christien Anggraeni

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Ibu Christien Anggraeni di mediakonsumen.com (28/9), “Meminta Keringanan Cicilan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mbak Christine saya mengalami hal yang sama. Sempat mengangsur 1 juta setiap bulan kemudiaan nggak kuat lagi hanya bisa bayar 500 rb.Bukanya pengertian yang datang malah somasi.Debt Collector datang 3 orang. Pérnah 4 orang , dua masuk rumah (nggak pk masker dan bicaranya keras) yang dua lagi menunggu dirumah menelpon keras keras mengundang perhatian tetangga.
    Awalnya saya tak berdaya.Tapi lewat seorang teman saya dibantu seorang pengacara.Ternyata mengirim tukang tagih berombongan sudah masuk ranah pidana.Apalagi kalau semua masuk rumah itu jelas melanggar pasal 270 KUHP. Di tukang tagih bisa dipidana.
    Saya memutuskan menggugat bank Mega dengan ganti rugi 25 milyar rupiah.Sidangnya masih berjalan di PN Surabaya. Saya ingin menginspirasi siapa saja agar berani melawan secara hukum bank bank yang bertindak kelewatan.Saran saya foto semua bukti spt foto dan berkas lainya.Laporkan Tukang Tagihnya ke Polisi dan gugat banknya ke pengadilan.Ini masa pandemi semua termasuk bank harus paham.OJK mestinya juga jangan diam saja membiarkan bank bank mengirim tukang tagih berkeliaran menebar teror orang yang sedang susah.

    • Apa ini berlaku untuk bank lain pak ?
      Karena selama ini ketika saya di intimidasi via wa oleh DC bank...selalu saya hapus wa nya tanpa saya baca

      • @lena Agustin

        Kenapa anda begitu tega sih buk.?

        DC itu juga manusia, manusia yang bisa berdoa, Apakah ibu gak takut di doain yang gak gak sama tuh DC.?

        Kalau anda bersikap kooperatif, mungkin DC akan mendoakan anda agar di mudahkan rejeki biar bisa bayar.

        Namun bila anda seperti itu, tidak mau tau, wah ngeri deh, doa DC bakal seperti apa.

        • Dc manusia.. Yg di tagih jg manusia..
          Kalo yg di tagih ga terima dng dc yg ga sopan... Apa harus diam...
          Ga takut jg di doain sama yg lagi di tagih...

        • Emang saya ngapain ke DC ? Kok tiba2 anda bilang seperti itu ????? Saya ini di intimidasi via wa oleh DC ketika saya baca wa nya...yg saya butuhkan bukan intimidasi tp solusi akibat gagal bayar karena pandemi dari bank. Dan perlu anda ketahui saya pun juga MANUSIA...urusan saya sama pihak bank bukan sama DC.kalo pihak bank memberikan solusi ke saya,saya usahakan bayar kok.

        • Wah ini orang DC atau temenya ya.. tolong dong kasih tau temennya yg oknum DC jangan melewati batas manusia. DC yang baik ada si tp gw yakin dia pasti bakal resign dan Ganti kerjaan.. iya to kak ?? soalnya tau gajinya ga berkah.. upss..... Dc yang bertahan dan makin membabi buta hanya orang yang ********.

    • Wah wah, nasabah jaman now, bilangnya gak ada duit tapi bisa menggugat, bisa memakai jasa pengacara. Haduh

      Tapi harus hati hati lo, iya kalau menang gugatan bisa dapet duit 25 Milyar, tapi kalau malah sebaliknya, jadi Bomerang kan bisa fatal.

      Hayo makin seru nih efek riba’.

      Makin ngeRIBAnget.

      Buat kalian yang belum terjerat Riba’, sungguh beruntung kalian itu.

      Kalian bisa beribadah bolak balik ke masjid ataupun juga ke gereja dengan tenang.

    • Ini bank milik anak negeri kok peras nya keterlaluan relaksasi di masa pandemi macam GK punya adab aja punya sapa sih bank
      mega

  • Bank juga perlu uang untuk menggaji karyawannya, bayar sewa gedung, bayar listrik, bayar pajak, bayar internet. Itu darimana bayarnya, ya dari laba modal yg dipinjamkan ke nasabah.

    Anda minta keringanan, terus yang bayar beban bank yang sebutkan di atas siapa?

    Cara penagihan ya harus seperti itu. Tidak sopan, dipermalukan, itu adalah resiko yang harus anda pahami sebelum melakukan pinjaman. Jadi ya jangan enak sendiri mau enaknya tapi ngga mau resikonya.

    • Ah dasar lu bagian dari debt collector bank mega ya. Sudah dijelaskan orangnya bukan ga mau bayar. Tapi minta keringanan. G***** lu.

        • An**ng lu beraninya lewat telp ga berani berhadapan muka dengan muka. Gwa tau lu. Urusan gwa dngan bank mega sudah beres tinggal urusan bank mega am gwa yg belum beres. Bank mega ga mau bertanggung jawab atas kelakuan lu yg neror gw neros keluarga gw neror orang lain yang ga ad hub nya dengan utang gw. Kalau lu jantan hadapi gwa. Ktmu di bank mega bandung. Dasar banci lu.

        • @Angga

          Kata Tolol sebenarnya tidak di sensor, tapi anda sensor sendiri. Terlihat bahwa anda orang yang bijak. Sopan dan santun. Salut deh.

        • Coba gue tes, apakah ada sensor otomatis ?

          Wah manisnya An**** itu,

          Wah, kok Go*** ya, ini kan masalah utang.

          Haduh kok ToLoL sih,

          Apakah celoteh itu di sensor man teman.?

          • Udah biarin aja mas.
            Orang ngga punya duit dan gabisa bayar utang itu memang mulutnya kasar hahaha..

            Ngga punya duit, ditagih dc, dipermalukan, mulut rusak. Memang cocoknya harus dikasarin sama dc. Bayangin kalau tipe kayak gini ditagih dengan cara halus, ya ga bakal dibayar, pasti.
            Jadi cocok memang ditagih sama dc. Sukurin aja ya mas, dia,hihihi..

  • Mba..kita buat petisi aja biar ini si bank mega bisa dapat sanksi dalam hal penagihan,biaya biaya yang ga jelas....mari kita gabung untuk buat petisi agar dilirik pihak bi dan ojk

  • @stephanie, atau @Christien Aggraeni

    Saat disodorkan restrukturisasi kredit itu, seharusnya ibu jangan tanda tangan.

    Tanda tangan artinya setuju.

    Bahaya lagi jika saat itu anda tanda tangan di atas materai. Wah, jangan main main dengan hukum buk.

  • Bank mega memang kacau saya pengguna cc mega metro dan anehnya tagihan sy pas covid ini. Di info awal dapet cc anual fee 1 thn tidak di tagih. Tiba tiba di tagih baru 1 thn member dan anehnya beda dengan info di amplop yg sy terima di situ tertulis 300.000 di tagih 400.000 info di panduan yg saya terima overlimit di tagihkn 100 dari januari sampe agustus 200.000 dan bulan sept naik jadi 250.000 cc dari maret tidak di pake dan melakukan pembayaran setiap bulan walaupun minimum payment tapu tagihan tidak berkurang malah makin bertmbh agak aneh perhitungan bank mega. Bank penjahat

    • Maksudnya gmn? Untuk annual fee (sepanjang yang aku tahu) memang diberikan di tahun berikutnya ketika kartu di approve. Jadi misal May 2019 kartu keluar, maka fee itu baru diberikan May 2020. Sedangkan soal besaran fee, harus sering-sering cek email atau website bank tsb, soalnya kebijakan besaran fee bisa naik setiap tahun. Dan untuk pembayaran, apabila terus-terusan hanya bayar minimum payment, maka sisa tagihan yang belum dibayar akan terus-terusan dikenakan bunga. Tidak disarankan hanya membayar minumum payment selama berbulan-bulan. Btw, aku sendiri sudah menutup kartu kedit bank ini semenjak Jan 2019. Karena annual fee nya yang awal bikin cuma 150rb, naik jadi 200rb, naik lagi jadi 300rb dan terakhir naik jadi 400rb.

    • Sya juga mba...bayarnya minimal payment tapi semakin lama semakin tinggi jumlahnya minta program restrukturisasi tpi gak di proses2 sampe skrg blm lagi DC nya gak ada etika kaya dia gak pernah susah aja

  • bank mega emg dcnya parah2 pd gapunya attitude, mnding dc pinjolpada pnya etika jd nasabah jg enak ada itikad bayar, lah ini nagih diblg malinglah mash untung mau diladenin, sgala bawa2 ras, justru malah ras2 itu yg dinilai jelek samaorang2 karna mreka sndiri. apa susahnya nagih baik2 kita respon jg brrti kita gak mnghindar ada itikad baik

  • Saya juga nsbh mega bank mega amat sangat membodohin nsbh. Cc saya terbit 080919 info free anual fee ternyata di thn 2020 sudah di tagihkan limit 3 jt anual fee 400.000 serasa di tipu terlebih lagi cc mega saya sudah saya tidak pernh pakai dari maret 2020 sampe saat ini byr tiap bulan minimum namun tidak mengurangi tagihan sm sekali melainkan makin bsrtambh bingung kemana uang saya bayar saat ini limit tagihan saat ini sudah menjadi 4.8 mohon @ojk teliti dalam hal ini jngn konsumen terus yg jadi korban itikad baik byar hasilnya seperti ini dan saat ini saya jadi byr telat karena amat meresahkan kita nsbh hnya byr tapi tidak berkurang apapun

  • Saya juga mengalami hal yg sama.
    Saya sudah 6 tahun pengguna kartu kredit Bank Mega dan pembayaran selalu lancar. Dikarenakan kondisi sulit pandemi ini,keuangan saya bener2 limit. Diteror diancam terus2an, di hubungi terus2an padahal saya sudah jelaskan dan akan sanggup bayar di akhir bulan. Sangat meresahkan sekali apalagi menghubungi semua pimpinan saya di kantor sampai menelpon satu2. Padahal saya respon sangat baik, nih ya kalo bukan kondisi sulit begini gak akan saya juga punya tunggakan dengan tekanan debt colector. Tolong lah pengertiannya.