Surat Pembaca

Buruknya Jaringan Telkomsel Sekarang

Sudah beberapa bulan di daerah saya Telkomsel down, dan saya sudah email CS tapi tanggapan mereka selalu bilang akan diperbaiki, sedang ada peningkatan dll, sampai sekarang belum ada perbaikan.

Untuk speed jaringan sangat parah, 4G bar sinyal penuh, hanya dapat 0.07Mbps/70Kbps = 8KBps.

Dan itu saya lakukan speedtest diluar rumah. Biasanya speed dipagi sampai sore dapat 12Mbps mau di kamar mau di luar rumah hasilnya dapat segitu, tapi sekarang down parah.

Dan saya cek di Fanspage My Telkomsel, dan Ternyata mereka juga banyak yang mengeuluh tentang jaringan Telkomsel.

Pda tahun 2017 saya pernah komplain tentang bandwidh Telkomsel lewat email, 1 hari setelah saya komplain di email, ada telpon masuk ke nomor saya (bukan 188). Dan dia menanyakan apa benar ditempat saya jaringan down dan sempat meminta alamat kampung saya, setelah 2 hari bandwidth normal kembali. Tapi sekarang pelayanan telkomsel sangat buruk juga jaringannya juga.

Yang paling jengkelnya lagi perbaikan jaringan tapi ngiklan di fanspage terus saja tiap jam. Semoga pihak Telkomsel melihat ini, biar tau betapa hancurnya jaringan mereka. Bagaimana pendapat kalian tentang jaringan Telkomsel sekarang?

Romi Junaedi
0812827458**
Pandeglang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Romi Junaedi

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 30 September 2020 oleh Bapak Romi Junaedi mengenai buruknya jaringan Telkomsel sekarang....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Di tempat saya Jaksel normal normal aja. Selama berlangganan sudah sekali pernah gangguan tapi hitungan jam sudah normal kembali. Itu pun bukan karena signal tapi karena kabel di ODP nya longgar. Sejauh ini saya nyaman nyaman aja. Ya mungkin setiap wilayah beda beda kali ya tapi tetap Telkom harus bertanggung jawab.

    • Dulu juga gitu bang, ada gangguan tapi gx lama, paling beberapa hari.
      Tapi semenjak maret 2020 itu drop, saya kira cuma beberapa saat, tapi malah sampai sekarang. Dan saya lihat di fanspage facebook my telkomsel, mereka juga mengalami hal yang sama, bahkan ada yang sudah 2 bulan, ada yang 3 bulan, ada yang baru sebulan.
      Klau speednya sekitar 1Mbps aja gx masalah bagi saya, ini sampe segitu 0.07Mbps mau pakai apa, WA aja jam pasir mulu. Biasanya speed daerah saya mau diluar/didalam rumah speed paling rendah 7Mbps.
      Yah semoga bisa lihat ini.

      • Apalagi di tempat saya bang, di Papua. Udh harga paket internet paling mahal se Indonesia, dpt kuota sedikit, ditambah lagi sinyal yang sering berubah dari 4G/LTE ke 3G. Hari gini sinyal 3G??! Sudah complain ke telkomsel katanya di daerah saya gk ada masalah, tapi kenyataannya justru sangat bermasalah. Sinyal gak pernah penuh, paling top cuma 3 bar aja. Lagi wfh tiba2 koneksi putus karena sinyal tau2 berubah 3G. Sangat mengganggu. Padahal saya tinggal di kota, bukan daerah kabupaten atau pedalaman. Tolong pihak telkomsel lebih perhatikan jaringan wilayah Indonesia Timur, terutama Papua Barat, jangan cuma jabodetabek dan pulau jawa aja. Saya disini sudah bayar mahal untuk beli paket, tapi pelayanan sangat tidak memuaskan.

      • Pernah ganti simcard belum? Kalau belum coba minta ganti ke grapari nya. Siapa tahu bermasalah di simcard nya. Tapi kalau masih aja bermasalah, berarti memang dari signal telkom nya.

        • Udah, saya punya 2 kartu simpati tapi sama aja dua"nya, bahkan temen yang sekampung pun mengalami hal yang sama, kalau untuk 4G+ sih memang gx ada kendala, cuma sayangnya 4G+ dikampung saya jangkauannya masih kecil jadi kadang dapet kadang gx,kalau di alun" menes itu 4G+ penuh, tapi 4G biasa speednya bener" down, yang terkendala 4G biasa menurut saya. Yah sejak bulan maret 2020 aja down, kalau dari februari ke belakang cepet sih, mau dikamar/diluar rumah speed diatas 10Mbps jarang speed dibawah 10, yah sekarang bisa lihat diatas 0.1Mbps aja gx nyampe

        • Ih bener bgt.. daerah cimahi - jawa barat parah bgt,ping ga stabil.. malah keseringan RTO
          Asli ada bahan pindah kartu ini..
          #telkomselbusuk

        • Saya pakai kartu halo tidak ada yang special, saya nyesel migrasi dari simpati ke Halo, sumpah jaringannya ga stabil kadang down merah, main mobile legend memdadang RED, YouTube kadang buffer kadang lancar sampe saya turunin ke resolusi 144, maxstrem pun ga guna, macet2, untuk sekelas Telkomsel yang katanya sampai plosok, saya ga plosok2 baget, padat penduduk, 4Gpun dapet. Tagihan kartu halo saya dari 100 sampai 350rb pernah, dapat predikat platinum pun pernah tapi gada yang yang special, bahkan saya ngobrol sama temen pengguna Tsel dia langsung nonaktifkan paket, pindah ke halo reguler dan hanya bayar abodemen, karena dia kecewa kualitas internetnya 4G ga sekeren lapangan.

          Jujur sekarang saya coba pake XL, pake kartu H+ belum 4G tapi untuk youtube dll ga ada masalah. Asli beda banget, ga ada tuh mendadak drop RED.

          Saya mikir mau off paket halo ke reguler aja, terus pakai XL migrasi kartu 4G atau pake ooredo yang denger2 dia kerjasamanya sama Ericson, Taukan kualitas Ericsson?? Good

          Yang jelas saya kecewa

      • iya kenapa ya ko bisa tambah jelek oarah banget jaringan ny..padahal prtama pake 2014 wktu pindah rumah sinyal kenceng banget, ada 4G tambah lancar jaya. sampe awal tahun lalu masih full aja sinyalnya..udh 6 bulan terakhir malah tambah susah, buat ngegame oun gak bisa, bulan ini malah kalo masuk rumah sinyal H+ cuma 2 bar. gk bisa muter youtube atw aplikasi yg ringan paket data juga lemot..kalo d teras oun vuma dapet 4g 1 bar kadang...cara komolen ny gmn ya, tetangga 1 perumahan udah ngeluh semua ?? !! saya daerah ciperna-cirebon

      • Bulan februari 2020 kebelakang memang normal di daerah saya, cuma pas bulan maret sampe sekarang drop nya, yang paling parah dropnya minggu" ini dari 20 september sampai sekarang

    • Telkomsel ku sayang Telkomsel ku malang, hancur banget jaringan internet mu. Harga quota mahal gak sebanding dengan kualitas. Semenjak tahun 2018 sampai sekarang jaringan internet Telkomsel lemot. Tolong perbaiki dong. Kalo kayak gini terus kecewa banget dengan Telkomsel.

    • Di tempatku juga di jepara. Di bagian desa sinyal telkomsel ibarat barang bekas yang gak berguna. Sinyal sangat busuk bikin jengkel. Telfon cs berkali kali jawaban sama. Sampai saat ini pun gak ada perubahan. Jaringan internet nya sangat sangat buruk. Miskin jaringan

  • Kirain sinyal simpati ku doank. Ternyata memang banyak yg galau jg sinyalnya. Dulu beneran ok lah simpati. Biarpun lebih mahal dibanding operator lain tp selalu puas. Tp itu dulu. Sekarang ancurrrrrrr. Harga tetep aja mahal. Sueeeee. Mau ganti dah terlanjur lama make dan banyak nyimpen kontak2 orang2. Mau ganti agak sayang tp ngeselin juga lama nih sinyal simpati.

  • Iya parah sekarang, dulu sih komplain langsung dilayani oleh CSnya gx berbelit belit, sekarang sangat masa bodoh.
    Apalagi 188 nelp, bilangnya tunggu tunggu, yah sudah 5 bulan daerah saya drop terus, dan sekarang lebih parah.. kirim WA aja jam pasir, IG apalagi gx jalan. Bener" kecewa sekarang sama telkomsel & pelayanannya

  • Klau dulunya gimana disana lancar apa gx sinyalnya?
    Klau dulu memang seperti itu, berarti telkomsel harus perataan jaringan.
    Kalau dulunya bagus, dan sekarang drop itu lebih parah lagi berarti sama kaya daerah saya.
    Saya sudah kasih saran ke CS bahkan ke 188 gx perlu peningkatan sistem untuk sekarang, yang penting perataan jaringan dulu apalagi pelosokan, saya yakin kalau jaringan telkomsel merata otomatis orang" yang dipelosok akan pakai telkomsel, kalau kaya gini terus speed lemot, komplain pelayanannya buruk, otomatis mereka bakalan pindah ke op lain.
    Di daerah saya speed telkomsel kalah sama smartfreen, smartfreen yang ditahun 2019 kebawah itu paling jelek, sekarang disini dipakai oleh mereka yah karena sinyal telkomsel yang drop terus terusan.
    Bahkan speednya bisa kalah dengan paket smartfreen unlimited yang sudah kena FUP

  • Di tmpt sy sinyal IndiHome sering hilang gk ada internet bgt laporan di wifi. Hampir tiap hari dicek teknisi nya, sy aja liatnya bosan. Dibetulin mrk malah sinyal hilang,

    • Kalau daerah ane kebanyakan indihome putus putus, kadang connect lagi beberapa hari dc lagi, tapi gx lama paling beberapa jam dc nya. Kalau sekarang mah masih mendingan ketimbang dulu

  • Gak jaringan WiFi gak jaringan kartu sim card sama aja jelek udah berhari-hari kayak begini terus di tambah saya jualan online gak bisa buka ? kapan benernya ?,jangan jadi iklan doang jaringan seluler terbesar tapi nyatanya sinyal jelek ? jangan kecewakan para pengguna ya udah bayar mahal agar dapet sinyal stabil?

    • Yah udah parah sekarang telkomsel, kalau disini untuk wifi speednya disuruh ditambah ke 20mbps dengan harga murah 320rb (normal 430rb), yah kalau 10mbps gx bakalan ngangkat sekarang, mungkin ini trik biar pengguan speedy di daerah saya tidak pada komplain seperti simcard Telkomsel.
      Dan sekarang saya beralih ke kartu 3, tahun lalu sinyal 3 gx ada sama sekali, sekarang penuh. Dan saya juga sudah kecewa dengan telkomsel komplain ke 188 ke email gx ada perubahan yaudah dari pada ribet mending ganti aja bagi saya.

  • Kirain punyaku yg error karena SIM card masih 3G, tgl 15 okt kemarin ku upgrade ke 4G ternyata sama aja, mana di suruh beli paketan 100rb lagi, sia2 dong 56 gb nganngur, tadi pagi tlp cs kek gitu lagi dikira main2 kali ya, hedeh sial2

  • Telkomsel dengan bendera BUMN gk. Sepantasnya kualitas sinyal lemot
    Saya az di pusat kota sampai ganti HP dengan rambut 6 giga.. Eeeh tetep az sinyal simPATI nya lemah
    Pa yaaaa aaaah nih ..apalagi di jam 7 malam ke atas... Lemot. Banget
    Sampai rencana mau ganti kartu az..... Bye telkomsel

  • Betul banget,saya di cimahi jg merasakan sekarang telkomsel sinyalnya parah jelek lep lepan