Surat Pembaca

Lazada Memblokir Akun dan Menuduh Kami Melakukan Penipuan

Saya adalah seller Lazada dengan ID ID67X6XMF7, dengan nama Toko Jolanda, yang baru bergabung jualan di Lazada sejak bulan Maret. Pada bulan Juli selama 2 minggu saya melakukan promo free ongkir untuk semua produk di toko saya.

Pada akhir bulan 7, karena ada peningkatan penjualan 70 – 100 bungkus/hari, saya mengakhiri promo free ongkir karena merasa tidak menguntungkan. Selama awal bulan 8 tanpa free ongkir penjualan saya di Lazada cukup bagus.

Pada tanggal 10 Agustus 2020 saya dapat tagihan untuk promo free ongkir dari Lazada untuk pengiriman ke daerah Papua sebanyak Rp46.529.000, untuk penjualan barang sebanyak 9 pcs total Rp200.300, dengan berat barang masing2 100 gram/pcs.


Pada waktu itu saya langsung meminta konfirmasi Lazada via live chat seller center Lazada

Saya kaget dengan tagihan Rp46.529.000 karena semua penjualan kami akan terpotong secara otomatis. Selama 2 minggu menunggu tim Lazada untuk pengecekan tim terkait masalah ini. Penjualan saya selama itu juga tidak dibayar karena otomatis terpotong dalam tagihan. Penjualan itu kurang lebih ada Rp20.000.000 lebih. Bagi kami uang segitu sangat berarti bagi kami, karena semua modal dan uang perputaran ditahan sepihak oleh Lazada.

Pada tanggal 21-8-2020 kami kaget karena akun seller center kami dinonaktifkan oleh pihak Lazada dan dikenakan penalti 48 poin karena terindikasi penipuan. Kami langsung banding dan tanya penipuan apa yang telah kami lakukan? Tapi sampai hari ini tim Lazada tidak menjelaskan penipuan yang telah kami lakukan dan semua uang penjualan kami ditahan pihak Lazada.

Di mana letak hati nurani kalian wahai tim Lazada yang seenaknya memvonis orang melakukan penipuan karena klaim balik ongkir yang salah?

Selama 1 bulan menunggu saya menunggu kejelasan uang penjualan kami dan sampai hari ini juga tidak ada email balasan dari tim Lazada.

Mereka seolah tidak mau tahu masalah ini. Padahal mereka perusahaan besar pasti ada data mengenai pengiriman barang itu dan tidak serta merta memblokir akun kami dan menuduh kami melakukan penipuan.

Sekian surat dari saya semoga surat ini bisa dibaca oleh Tim Lazada yang punya hati nurani untuk mengembalikan uang penjualan kami, karena sangat tidak masuk akal barang seberat 1,09 Kg dikenakan ongkir Rp46.529.000, sedangkan penjualan hanya Rp200.300.

Lim Jiu Liong
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Lim Jiu Liong

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 30 September 2020 mengenai “Lazada Memblokir Akun dan Menuduh Kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • wkwkw...jgn percaya dah dgn lazada saya pernah kerja dilazada... lazada g peduli setiap masalah tentang uang refund penipuan atao apalah... yg penting bagi lazada pemasukan jalan trus

    • siang kak...sehari sejak di posting berita ini..pihak lazada tlp dan akan di bicara kan sama manajer mereka...tapi besok nya dari lazada tlp...katanya tetap di kenain ongkir RP 46juta.....mereka tidak mau tahu...mereka tidak mau mendengar kan....dimana lagi keadilaaan.....kalau memang itu kesalahan kita....ok tpi masuk di akal ga sich barang 9 pcs total penjualan Rp 200.300 di kenain ongkir RP 46juta......ohh lazada...engkau perusahaaan besar.....memberlakukan seller seperti kami jadi bangkrut

      • SEBAGAI Respon dari Komplain Kaka di Media KONSUMEN.
        Kemarin 2 Oktober - LAZADA LANGSUNG MENGELUARKAN SEGUDANG PERATURAN BARU S&K BAGI PARA SELLER.

        Kami Lazada Market Place online shop TERBESAR ke 4 di Indonesia.

        Biaya operasional market place pastinya AMAT Besar. Ikan di Berbagai Media Sosial Ternama dengan total Budget Miliaran Perbulan.

        Biaya subsidi Kurir LEX Lazada Express .
        Biaya Operasional Perusahaan dengan seluruh karyawan LAZADA

        sedangkan Biaya Layanan pemotongan SELLER TERLALU KECIL 1% Bagaimana mungkin Bisa Mengembangkan Perusahaan LAZADA , kalau pemasukan sedikit., Pengeluaran Besar.

        Anggaplah PRODUK PRODUK SELLER yang "DIKATAKAN HILANG " tanpa GANTI RUGI.
        dan PEMOTONGAN ANEKA Macam BIAYA BIAYA Kepada Seller SESUKA HATI LAZADA = adalah bentuk DONASI SPONSOR bagi Perkembangan Perusahaan LAZADA.

        SALAM BINTANG MINUS BAGI LAZADA

  • Nah lo, ternyata penjual yang salah input berat sendiri..
    https://mediakonsumen.com/2020/10/07/tanggapan/tanggapan-lazada-indonesia-atas-surat-pembaca-bapak-lim-jiu-liong
    Untung engga dibawa ke ranah hukum atas tuduhan pencemaran nama baik, haha...

    Sebagai informasi tambahan, beberapa marketplace menggunakan satuan berat yang berbeda dalam SELLER CENTER mereka, mungkin penjual tersebut mengira input dilakukan dalam GRAM, misal 1000 Gram adalah 1Kg, penjual malah memasukkan 1000 yang menjadikan berat 1000KG, bisa menjadi pelajaran bagi semua SELLER di Lazada termasuk kami..
    https://www.lazada.co.id/shop/xplod-clothing/

  • SAYA BERJUALAN TAS SUDAH KAMI KIRIM SEMUA UNTUK TANGGAL 7 JULI TOKO KAMI DI NONAKTIFKAN DAN SAMPAI SAAT INI UNTUK KEUANGAN YANG TERTUNDA BELUM JUGA DI BAYARKAN DAN KAMI SUDAH EMAIL JUGA AJUKAN BANDING BELUM JUGA ADA TANGGAPAN SAMA SEKALI ,DAN SEDANGKAN BARNAG YANG KAMI KIRIM SUDAH DI TERIMA OLEH CUSTEMER ,UNTUK BANTUNYA BAGAI MANA KAK DAN DI MANAKAN UANG ITU SEDANGKAN UANG ITU HAK KITA DAN CUKUP BESAR UANG ITU KARNA LUMAYAN BANYAK YANG KAMI KIRIM SEKIAN TRIMAKASIH

  • Akun saya jg terblokir Pak tiba2 48 pin pelanggaran terindikasi melanggar nama toko dan duplikat seenak aja main blokir2 akun