Pengalaman Tidak Terlupakan Menutup Kartu Kredit Transmart Bank Mega

Saya ingin menceritakan pengalaman saya menutup CC Bank Mega. Saya adalah nasabah CC Transmart Bank Mega 4890-8700-10**-****. Pada tanggal 1 Oct 2020 pukul 08.29 pagi, saya telepon call center Bank Mega, diterima oleh CS bernama Kristi. Setelah saya tanyakan transaksi dan pembayaran terakhir saya, saya minta CC saya ditutup.

Menutup produk keuangan, salah satunya kartu kredit adalah hak saya sebagai konsumen, maka ketika ditanya oleh CS alasan penutupan, jawaban saya adalah ini hak saya. Saya juga langsung mentransfer sisa tagihan yang harus saya bayar dengan mobile banking saya. SMS notifikasi pembayaran juga sudah saya terima dan CS juga sudah mengkonfirmasi bahwa pembayaran sudah diterima.

Namun pengalaman kali ini sangat saya ingat, karena CS bersikeras meminta alasan penutupan. Saya ingat betul kalimat CS, CS mengatakan tidak dapat membantu men-submit penutupan kartu kredit saya tanpa alasan yang jelas. Saya marah karena merasa tidak dipermudah dalam penutupan kartu kredit Bank Mega ini. Setelah semua kewajiban yang saya penuhi, harusnya prosesnya berjalan mudah tanpa ada perdebatan, seperti bank-bank lainnya.

Akhirnya CS memproses penutupan CC saya, CS mengatakan proses penutupan membutuhkan 7-14 hari kerja. Saya minta nomor laporan untuk penutupan kartu kredit, tapi tidak diberikan oleh CS. Jika Bank Mega membaca surat ini, mohon permudah proses penutupan CC Transmart saya dan mohon cepat mengirimkan surat penutupannya ke email saya yang telah terdaftar. Terima kasih.

Bahriyanih
Cikarang Barat, Kab. Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Bahriyanih

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Ibu Bahriyanih di mediakonsumen.com (2/10), “Pengalaman Tidak Terlupakan Menutup Kartu Kredit Transmart Bank...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Pengalaman Tidak Terlupakan Menutup Kartu Kredit Transmart Bank Mega

  • 3 Oktober 2020 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Bahriyanih saya ikut bersyukur Anda mampu menutup kartu kridit Bank Mega.Semoga langkah Anda diikuti para pemegang kk bak mega lainya. Langkah yang sungguh bijaksana dan tepat. Anda sudah menyelamatkan harga diri dari ancaman dipermalukan, di intimidasi didatangi rombongan debt collector yang pernah saya alami dan ternyata banyak menimpa pemegang kk bank mega yang terpaksa menunggak atau tak mampu membayar karena kondisi ekonomi yang sulit.Soal dipersulit menutup kartu itu mungkin cara mereka mempertahankan jumlah pengguna KK Bank Mega yang terus menurun.Saya naca di CNBC keuntungan Bank Mega dari kartu kridit terkoreksi cukup dalam
    Padahal KK mjd salah satu back bone keuntunganya.Menurut Asosiasi Penyelenggara Kartu Kridit Indonesia bisnis kartu kridit turun 23 %. Total transaksi KK sebelum pandemi mencapai 316 T.Pesta sudah usai.Hanya bank bank yang cerdas dan bijaksana terhadap nasabah yang akan bertahan.Apakah Bank Mega termasuk didalamnya ?.Anda berhak menilai.

    22
    2
    • 4 Oktober 2020 - (08:00 WIB)
      Permalink

      Mungkin sama dgn yg sy alami,
      Tgl 26/9 saya hub cs tny jml yg hrs dibyr Krn ingin menutup CC Bank Mega. Ternyata hny dikasih info jml yg hrs dibyr Krn hrs hr krj dan berkata bila sdh byr hub cs kembali tnp memberitahu jk lwt mobile banking tranfers bkn payment.
      Ok, sy byr saat itu juga lwt mobile banking.

      Tgl 28/9 hubungi cs lg dan jawabnya tdk bs krn pembyrn blm msk tunggu 3 hr krj.

      Tgl 2/10 hubungi cs lg dan ditny alasannya, sy jwb dlm 1 pintu beda versi. Eh malah dpt ceramah agar mempertimbangkan kembali. Saya jawab saya hanya minta anda proses penutupan kartu, masalah internal anda silahkan urus bkn urusan saya titik
      Terus berulang sampai bbrp x

      Jika mmng takut kehilangan nasabah, ya jangan bikin susah nasabah.

    • 9 Oktober 2020 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Pak Bambang yth, semoga saya segera bisa lunasi hutang saya dan menutup cc mega saya jg, kapokkk. Saat ini saya jg lg ditimpa masalah gak enak sm bank Mega perihal program restrukturisasi saya yg dipermainkan oleh pihak bank Mega. Saya sudah tulis surat jg ke media konsumen.

  • 3 Oktober 2020 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Selamat pak atas berhasil nya proses penutupan kartu kredit , memang bank terkesan pelit dan mempersulit proses penutupan kk, jadi pengalaman saya , saya abaikan sampai 2 bulan tidak dibayar, saban hari mereka telp wa tapi saya cuekin, akhirnya mau masuk pertengahan bulan , saya angkat dan balas wa mereka, saya katakan : Anda Capek Tidak Menelepon saya setiap jam ? Iya pak capek. Kalau begitu silahkan proses penutupan kk saya hari dan kirim berapa sisa pembayaran nya, dan saya bayar dan langsung mereka respon untuk menutup kk saya dan itu pun mendapatkan potongan diskon hampir 35%.

    13
    1
  • 3 Oktober 2020 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Rencana mau buka rekening Bank Mega, sebelumnya sdh dn tetap akan pakai Bank BRI, Mandiri, jadi karena gak jadi ke rek Bank Mega, Saya mau buka rekening BCA saja, lebih sepi komplain.
    Terima kasih infonya Ibu ??

    9
    1
  • 3 Oktober 2020 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya Ibu Yani juga turut andil dalam “mempersulit” penutupan CC bank mega
    Saat ditanya alasan penutupan kartu kenapa tidak bilang saja sudah tidak membutuhkan CC lagi atau alasan lainnya?
    Menutup CC memang hak nasabah tapi itu bukan alasan dan CS sudah menjelaskan tidak dapat membantu proses penutupan CC tanpa alasan

    8
    10
    • 3 Oktober 2020 - (08:12 WIB)
      Permalink

      Anda salah persepsi. CS hanya sebagai moderator ataupun perantara. Yg berhak memutuskan adalah bagian kartu kredit itu sendiri. Atau jangan-jangan anda bagian dari mereka.hahahha

      6
      5
      • 3 Oktober 2020 - (12:31 WIB)
        Permalink

        Penutupan kartu kredit 100% pasti disetujui kalau tagihan lunas & ada alasan dari nasabah
        Tidak seperti saat pengajuan yg membutuhkan pertimbangan dari pihak bank utk persetujuannya

        Dari cerita Ibu Yani di atas khan memang beliaunya tidak memberikan alasan yg pas dan sedari awal cs sudah memberitahukan tidak dapat membantu meneruskan pengajuan penutupan kalau tidak ada alasan

        Pihak bank penerbit kartu kredit pasti lah akan berusaha merayu agar Ibu Yani membatalkan pengajuan penutupan kartu kreditnya (apalagi kalau Ibu Yani memiliki rekam jejak pembayaran yang bagus), tapi Ibu Yani tinggal menolak dan konsisten dengan alasan yg diberikan di awal

        (Sebenarnya klo tagihan sudah lunas, ya tidak perlu ditutup juga, toh meskipun cc tidak dipakai khan tidak ada “abonemen” bulanan, nanti di saat2 yg kepepet masih bisa dipakai
        Kalau sudah dekat tenggat tagihan annual fee baru deh pura2 mau tutup dg alasan tidak mau bayar annual fee krn cc tidak terpakai, biasanya pihak bank akan menggratiskan annual fee itu *pengalaman pribadi jaman dulu* )

        5
        4
        • 3 Oktober 2020 - (12:45 WIB)
          Permalink

          Saya setuju. Dalam hal ini seorang CS hanya menjalankan tugasnya saja. Nasabah yang bersikeras dgn cara dan kemauannya sendiri justru mempersulit proses yang seharusnya mudah.
          Masalah hapus annual fee, selama sy memegang kartu kredit mega jg selalu dihapuskan.

          • 3 Oktober 2020 - (14:19 WIB)
            Permalink

            Ibu yani , ibu mau di bantu buat menghapus kartu kredit . Tapi ibu sendiri ga ngasih alasan. Dalam perusahaan Alasan itu bagian dr prosedur bu . setiap perusahaan
            Pasti memiliki prosedure berbeda . CS hanya melayani bukan memutuskan. Jika dg alasan ibu menutup CC alasannya cuma HAK . Itu tidak kuat bu. Walopun alasan cuma formalitas, Tp di prosedur perusahaan itu perlu. Gimana klo si CS nya mutusin ngasih alasan yang
            Sendiri berakibat fatal ke ibu yaninya? Pasti yg di cari si CS yg melayani ibu yani. CS cuma pekerja biasa. Kalo dia nabrak prosedur jaminannya di pecat bu. Saling hargaii lah. Klo emang ibu mau hapus ya hapus secara baik2.

          • 3 Oktober 2020 - (16:18 WIB)
            Permalink

            Kalau CS nya pintar dikit tulis aja Alasan yang sangat pribadi. CS seharusnya punya nurani yang Care dong. Alasan Form tak boleh kosong kan bisa ditulis “tidak berkomentar”, daripada nasabah menulis hal hal yang lebih toxic.

            1
            1
  • 3 Oktober 2020 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Pengalaman serupa dengan penulis beberapa tahun silam. ?
    say Bye to MEGA Credit Card. belum lagi team collectionnya sangat2 tidak profesional (intimidasi terlalu berlebihan).?.
    Utk CC Bank Mega please improve your system.

  • 3 Oktober 2020 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Dari pengalaman saya yang sudah menutup kartu kredit bank mega sebulan yang lalu. Tak merasakan hal yang seperti di ceritakan di atas. Kurang dalam 1 bulan CC BANK MEGA BERHASIL DI TUTUP. Dan saya sudah dapat Email Penutupannya. Mungkin sedikit tips jika ingin menutup CC Bank MEGA.
    1. Datang Ke kantor Bank Mega Terdekat. Bagian CS. Minta untuk di bantu telp ke CALL CENTER BANK MEGA.
    2. KONSISTEN SAAT SESI TANYA JAWAB DENGAN BAGAIAN CC. KALAU ANDA BENAR2 INGIN MENUTUP CC TERSEBUT. BERIKAN ALASAN KEKECEWAAN ANDA DALAM MENGGUNAKANNYA SELAMA INI.
    3. TELP KEMBALI CALL CENTER BANK MEGA 1 MINGGU SETELAH ANDA MELAPOR PERTAMA KALI. JAWABAN ALASAN ANANDA HARUS KONSISTEN.
    4. MANFAATKAN PAKET NELP MURAH *100*33# TELKOMSEL… (KODEAREA) 1500010 U NELPON MURAH.
    SEMOGA BERMANFAAT

  • 3 Oktober 2020 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Memang benar itu hak nasabah untuk menutup kartu Kredit selama tidak ada tunggakan. Ya daripada marah2 dan bersikeras mengatakan “hak saya”, bukankah lebih mudah dengan cukup mengatakan alasan apapun misalnya saja:
    1. karena saya sudah punya terlalu banyak kartu kredit,
    2. Bunga yang diberikan terlalu besar,
    3. Saya memutuskan utk tidak memakai kartu kredit lagi
    4. Dan banyak alasan lainnya yg cukup dikarang saja, tidak harus alasan sebenarnya

    Dalam hal ini CS hanya menjalankan SOPnya, menanyakan sebab atau alasan penutupan kartu sudah termasuk tugas dia sebagai CS. Tidak bisa CS semena2 menginput alasan sesuai yg dia mau sendiri, karena percakapan nasabah dan CS kan direkam sistem. CS tdk bs menanggung resiko jika suatu hari terdapat ketidaksesuaian data (dalam hal ini alasan penutupan).

    Jadi, CS hanya sekedar menjalankan SOP saja, dan kemarahan ibu menurut hemat sy tidak relevan dan bijaksana.

    Sy sendiri nasabah kartu kredit bank mega selama beberapa tahun dan blm pernah mengalami kesulitan (jgn sampai).

    • 3 Oktober 2020 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Nah ini bener banget, saya juga mau ngomong hal yang sama. Intinya jangan bikin suatu hal yang sederhana menjadi rumit.

  • 3 Oktober 2020 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Saya nutup CC bank dbs g ada masalh kok hitungan hari di tutup n ngk di tanya alasan cuma bilng hak saya sbgai customer

      • 3 Oktober 2020 - (19:14 WIB)
        Permalink

        Masalah sederhana dibikin rumit sih. Kalimat “hak saya/konsumen” itu bukan alasan yg bisa ditulis CS di form penutupan kartu anda. Kan tinggal bilang: bosan kek. . gada untungnya kek. . Mau mengurangi hutang kek. . CS tinggal isi dan memproses penutupan rekening KK anda, beres kan? Egois atau keras kepala tidak akan pernah mempermudah masalah.

  • 3 Oktober 2020 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sy nutup cc bank lain kok mudah ya…. sy telp kecimb bilang pngen nyip cc yg airasia krn jrg dipake dan annual fee lgsung ditutup dan annual dee digratiskan. Sy lgsung disuruh pot kartunya, sy cek diatm akun cc udh ilang 1. Skrg pke platinum cimb sm visa mandiri fine” aj krn emng free annual fee nya. Klo emng ga pngen pake yaudah ga pke jd sm sekali ga ad tagihan, mandiri sy jmpir setaun ga ad trx

    1
    1
  • 4 Oktober 2020 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Saya menutup kartu kredit bank mega bulan lalu. Telfon sekali buat nutup gagal sudah biasa. Saya nelfon 5 kali. 4 kali alasan saya tidak di terima sampai abis pulsa 270rb. Alasan yang terakhir saya bilang saya sudah tobat gak mau riba. Dia g bsa sanggah lagi. Fix langsung di tutup hari itu juga dan di kasih nomor penutupan. 10 hari kemudian ada email surat penutupan. Sempet frustasi abis banyak pulsa g bsa di tutup tapi ada org DM di IG suruh cara itu. Akhirnya beneran berhasil. Lega udh g ada urusan sama bank mega. 5 tahun pakai CC hanya 2 kali telat hitungan 1-5 hari kantor dan orang tua di telfon berkali”. Sampai kmrn bayar tagihan terakhir jg saya lebihin biar cpt di tutup ketimbang alasan masih ada tagihan bla bla bla

  • 4 Oktober 2020 - (07:45 WIB)
    Permalink

    bu/bapak yang nulis keluhan disini coba deh dipikir dulu,, sebenernya yang salah dipihak siapa? kalo seandainya ibu/bapak emang berniat mau nutup cc nya , dan cs menanyakan alasan, jawab ajah dengan sejujurnya,, dijamin pasti cs akan mengerti dan akan memproses keluhan ibu..
    tapi disini ibu/bapak memberikan jawaban yg ridak relevan ke cs, dengan mengatakan ” HAK SAYA” ,, iya emang itu hak ibu/bapak mau tutup cc, tp CS jg butuh alasan ke konsumen supaya laporan penutupan cc keatasannya sesuai dengan keinginan ibu,, jadi kita sama² diuntungkan dalam perihal penutupan cc tsb..

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Tidak Terlupakan Menutup Kartu Kredit Transmart Bank Mega

oleh Ibu Yani dibaca dalam: 1 menit
24