Surat Pembaca

Teror dan Pelecehan Seksual oleh Debt Collector Pinjol Ilegal

Saya ingin sedikit sharing pengalaman saya menggunakan fintech atau pinjaman online. Awalnya saya dapat SMS pemberitahuan, bahwa saya mendapatkan pinjaman dan klik tautan link, yang setelah saya klik, lanjut ke halaman browser dan kemudian download lalu install. Saat itu nama aplikasinya adalah DANA NOW, lalu di dalam aplikasi tsb terdapat beberapa nama yang saya juga tidak hafal karena namanya aneh-aneh.

Setelah saya coba dan berhasil, saya tahu bahwa pinjaman tsb jatuh tempo tanggal 23 September 2020. Sebelum tanggal tsb, pinjol itu sudah teror dan berkali-kali WA dan telepon saya untuk segera membayarkan pinjaman tsb.

Singkat cerita di tanggal 23 September 2020, karena saya sibuk kerja pada hari itu, maka saya tidak merespon chat DC via WA. Dan nominal Rp1,2 juta memang saya akan bayarkan di hari itu, hanya saja memang belum sempat karena saya belum buka aplikasinya.

Tiba-tiba sore pukul 17:00 sang DC mengirimkan gambar tidak senonoh yang mengatasnamakan saya Open Booking untuk bayar hutang. Saya pun marah karena WA tsb dikirimkan ke kontak di HP saya. Kemudian saya lawan DC tsb dan saya tidak akan mau bayar. Sejak hari itu banyak DC yang meneror saya dan beberapa kontak di HP saya.

Saya sudah laporkan kejadian tsb ke Polda Metro Jaya divisi Cyber Crime, dan atas saran bahwa fintech ilegal tsb tidak usah dibayar, maka saya tetap tidak gentar oleh semua ancaman mereka. Beberapa yang bertanya perihal masalah ini, saya jelaskan dan saya meminta maaf atas ketidaknyamanan mereka mendapat serangkaian WA, SMS bahkan telepon yang mengatakan bahwa mereka adalah Kontak Darurat saya.

Pengalaman ini harus saya sharing kepada para korban pinjol atau fintech, bahwa menghadapi mereka tidak usah takut. Dan jika sudah keterlaluan, kita bisa melaporkan supaya perusahaan mereka ditutup. Sampai saat ini masih ada beberapa DC yang meneror beberapa kontak di HP saya. Saya berharap mereka akan segera lelah dengan sendirinya.

Fitriyah
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pinjol ilegal sudah banyak yg diblokir dari Google Playstore, sekarang mereka beralih ke SMS buat nyebarin aplikasinya. Hati2, jangan mudah tergoda dengan rayuan mereka. ?

    • Iya betul, sampai saat ini masih banyak tawaran ke sms saya utk buka link pinjaman langsung cair. Jangan sampai ada lagi korban yang terjerumus.

      • @Fitriyah

        “Saya berharap mereka akan segera lelah dengan sendirinya”

        DC tidak akan pernah lelah Menagih.

        Coba anda lebih peka dengan sekelumit kasus anda ini, takutnya anggapan enteng itu, malah akan membuat kehidupan anda semakin gaduh.

        Anda membenci Fintech ilegal. Anggap saja uang dari Fintech ilegal itu adalah uang haram. Anggap saja uang itu adalah bangkai.

        Bangkai itu masih ada di tangan anda.

        DC terus mengendus endus meminta bangkainya di kembalikan.

        Selama bangkai masih ada di anda, selama itupula anda berdua sama jeleknya dimata Tuhan.

        Anda tidak sayang, orang terdekat anda ikutan di usik DC, sementara mereka tidak tahu menahu tentang bangkai itu.

        Bayangkan jika nanti Dosen anda atau siapalah itu, yang anda anggap orang bijak, orang yang anda segani, ikutan terusik oleh DC.

        Bayangkan jika mereka masih ada anak bayi, yang ikutan terusik karena di telfonin DC, padahal bukan mereka yang nyimpan bangkainya. Sumpah serapah mereka pasti lari ke anda.

        Enak banget tuh Fitriyah, dia yang nyimpan bangkai kok kami kami yang jadi sasaran.

        Jangan egois, anda yang sakit hati, jangan anda tularkan ke orang lain.

        Saya selaku pribadi pernah menonjok teman sampai wajahnya bonyok, gara gara masalah ini, dia yang hutang tapi hp saya yang berisik.

        Untungnya walau wajah teman saya bonyok tapi dia gak melawan, karena selain saya sebelumnya juga ada yang menonjok wajahnya, dan dia kapok untuk seperti itu lagi, enak aja Loh. Enaknya dimakan sendiri tapi susahnya dibagi bagi,

        • halo Pak. Sepertinya saya bersyukur krn sampai detik ini smua kerabat, teman, dan atasan yg ada di kontak hp saya sangat melindungi dan support. Tidak ada yg berniat memukul saya atau benci saya. Semua tergantung perangai kita ke teman sekitar. But anyway thanks nasehatnya, seandainya mreka tidak gegabah melecehkan saya mungkin saya sudah selesaikan pak. Dan seandainya mereka itu berani utk teriak itu hak nya maka saya akan selesaikan kewajiban saya dan setelah itu saya akan minta hak saya utk membersihkan nama baik saya. Ini bukan soal bangkai, tp komentar bapak terkesan sepertinya teman bapak yg anda pukul bukan orang yg baik dan perlu bapak support. Beda sepertinya dengan pribadi saya pak. Sekali lagi terimakasih atas komentarnya dan mohon maaf apabila ada salah kata.

        • Elu mantan DC pinjol mana njing? Lu tau kalau nonjok orang bisa kena pasal kekerasan? Kok jadi orang bego sih otak-otak DC pinjol ilegal kek gini nih

        • wkwkwkwk lo DC anjir keliatan dari balesan lo yang bela mereka ....
          terkadang jadi egois emang perlu ..
          lo juga egois kan waktu lo sebar data mereka lo ga mikir mental mereka
          yang penting insentive dan bonus yang penting dompet lo tebel bodo amat sama orang yang lemah mental dan bunuh diri bodo amat sama orang alesan orang ga bayar karna apa ....
          inget kalo emang mau gagal bayar ga mungkin kasih data2 real ngapain kasih data2 asli kaya orang BEGO aja kasih data pribadai ke orang ...
          yang harus lo BANGKE2 IN tu orang2 yang pake data fake ....
          emosi lo jaga main pukul2 orang lo juga bisa kena pasal anjir .. kaya hidup lo ga akan susah aja kerja dari caci maki orang ... berkah hidup lo berkah anak lo berkah istri lo berkah ortu lo ?? jangan so suci BANGKE !!!!!!

          buat mba fitri gue support anda .. temen saya belum japo udah disebar data keseluruh kontak dia ... japo 2 hari lagi tapi data udah dia sebar pake poto2 ga manusiawi pake potto2 lonte ...
          tapi alhamdulillah semua kontak2 nya malah suruh dia buat lapor polisi DAN BILANG GA USAH BAYAR ..

        • DC pinjol hanya berhenti jika Petrus berjalan lagi dan mayat2 mereka di buang di pinggiran jalan

    • Dear mba Fitria. Saya juga pernah mengalami seperti ini. Saya jatuh tempo rabu 3 maret. Tetapi mereka menagih saya pada tgl 2 maret dengan alasan maintance. Jika tidak dibayarkan pukul 11 mereka blast contact saya. Tagihan sudah saya bayarkan jam 1 siang. Tapi mereka masih kirim kan spam WhatsApp sampai jam 4 sore. Share id card saya dan mengatakan maling, mati saja kau, bodoh, tolol. Padahal tagihan sudah dibayarkan jam 1 siang. Bukti percakapan masih saya simpan. Jaga2 sebagai bukti

  • Sebagai konsumen, tidak seharusnya perjanjian dilanggar dikarenakan etika penagihan yg diluar batas. Untuk fintech saya mohon lebih di tatar laginkaryawan nya kalau perlu di sortir untuk ke pelayanan.

    Karena saya sebagai eojerja yg sudah makan garam di pelayanan sangat menyayangkan hal itu bisa terjadi.
    Reputasi perusahaan anda bergantung kepada sebaik mana anda memberi pelayanan kepada seluruh konsumen.

    Untuk ibu Fitri saya dukung penuh atas case seperti ini semoga TDK ada lagi kejadian yg merugikan sepihak

    • Betul sekali, awalnya niat bayar tp krn perlakuan seperti kita dituduh maling dll. Bikin saya gerah dan lebih baik gausah di bayar. Krn toh sudah disebarkan.

      • @Fitriyah

        Jangan egois, anda terlihat kaya dengan latar di dalam mobil pribadi.

        Kenapa uang yang hanya 1 juta anda ganti dengan kegelisahan semua orang terdekat anda.

        DC tidak akan pernah berhenti mengusik mereka selama bangkainya belum mereka ambil.

      • Belom tentu si ibu fitri ini ngutang buat foya2.. bisa jadi ada kebutuhan mendesak... LO DC KAYA KAGAK PERNAH UTANG AJA LO.. MASIH NGUTANG ROKOK AJA LO NGEJELEKIN ORANG... PIKIR PAKE OTAK NYET!!! ORANG NGUTANG 1JT BAYAR 3,6JT... PERUSAHAAN BANGS*T PINJOL ILEGAL LO NGEJERAT ORANG DENGAN RIBA.. TERMASUK LO JUGA YG JALANIN OPRASIONALNYA DOSANYA SAMA KAYA BELAKIIN MAK LO SNDIRI!!! Gw bela bu fitria....mau apa lo? Berantem?

    • Masih ada DC itu kak 2 hari yang lalu menghubungi saya entah betul atau tidak orang nya takut nya foto ambil di google

    • Tidak usah dibayar krn sudah semena-mena. Bukannya sengaja tidak dibayar yah pak. Tetap awalnya kita harus ada itikad baik utk membayar, kecuali mreka masih juga kasar. Kita bisa minta perlindungan polisi.

      • @Fitriyah

        Orang di hp kontak anda yang ikut terganggu, tidak tahu menahu alasan apa yang membuat anda tidak membayar.

        Yang mereka pikir, Anda lari dari Hutang. Dan anda merepotkan mereka.

        Ini obrolan Suami istri,

        Suami : bu, kenapa anak kita nangis terus,

        Istri : iya nih pa, anak kita terbangun gara gara hp ibu bunyi terus.

        Suami : telepon dari siapa sih bu, kok gak tau kalo ini jam istirahat.

        Istri : Telepon dari penagih hutang pa,

        Suami : Lah, kita kan gak pernah punya Hutang.

        Istri : itu pa, Fitriyah tetangga kita Lari dari Hutang, jadinya semua kontak di hp dia di ganggu.

        Suami : Waduh, kok gak bertanggung jawab banget sih orang itu.

        Istri : Jangan heran pa, hidup jadi makin aneh, siapa yang ngutang siapa yang di tagih.

        Suami : bilangin bu sama Fitriyah nya.

        Istri : Males deh pa, mungkin dia lagi miskin banget pa, kan lama gak tahu kabarnya.

        Suami : Oh, tapi masa’ dia gak bisa bayar hutang, kan foto Fitriyah di mobil bu, kayak orang berduit.?

        Istri : Yah pa, itu mah bisa bisa dia aja pa, buktinya nih kok dia gak sanggup bayar hutang, artinya dia miskin kan pa.

        Suami : iya deh bu, ya udah bu kasihan anak kita ikut terganggu, semoga Fitriyah mendapat balasan setimpal atas kegaduhan ini ya bu.

      • @Fitriyah

        Awalnya akun anda ini memperlihatkan foto anda di mobil. Kenapa foto anda yang di mobil itu anda ganti.?

        Artinya anda lebih mementingkan privasi, artinya masih ada jiwa baik di hati anda, ikutin terus yang baik baik itu, hingga akhirnya anda akan lebih mementingkan ke privasi an daripada uang bangkai yang cuma 1 juta an.

        Privasi itu lebih mahal daripada uang,

        Dan orang terdekat anda pun merasa seperti itu. Privasi mereka mahal.

        Anda rela, atas nama uang yang cuma 1 juta, DC dengan gagah berani mengusik ke privasi an semua orang.?

        • ALhamdulillaah.. Sampaikan pd team DC yg bapak kenal, sepertinya saya mulai baca km itu siapa. Km masih berani komen, silahkan. Saya pastikan laporan saya tetap jalan. Dan Puji Syukur tidak ada satupun kerabat di kontak HP saya yg merasakan seperti yg bapak tulis panjang lebar. Ini jawaban komen terakhir dari saya. Selanjutkan media konsumen akan urus akun anda. Thanks

          • Bagaimanapun hutang tetap hutang, kita gak tau kapan ajal menjemput, baiknya dibayar saja hutang pokok sambil menunggu proses di kepolisian,

          • @Fitriyah

            Kalau anda tidak mengikuti ego, sebenarnya saya berupaya menolong, agar anda tidak terus gelisah, agar kerabat anda tidak ikut terusik.

            Sebelum anda, sudah jutaan orang yang mengalami kasus serupa seperti ini, dan melapor, tapi apa yang terjadi. Laporan hanya tinggal laporan dan akhirnya mereka luluh tetap membayar.

            Semoga anda paham maksud saya.

      • Halo kak, kejadian yang sama dengan akuu, fotonya persis sekali dengan yang wa aku kak, kak apa bisa minta kontak Kaka, saya juga sama seperti kakak, saya bingung harus apa

  • Maksud nya pinjol macam gini yang sudah kelewat batas temen saya juga akun di hack lapor polisi kalau ada yg nagih langsung lapor karena bukan kewajiban begitu juga sudah sangat menghina sekali buat apa bayar sudah menjatuhkan nama se enak nya emang gak usah dibayar biar pinjol ilegal kaya gitu gak berani lagi kasih pinjaman biar bangkrut

    • Iya betul, smua yg ditekan di Hari H pasti sudah upayakan segala cara utk pelunasan. Tp kl ga sesuai jam yg mereka paksa, langsung akan ada teror via wa blast ke rekan2 kita. Dan menurut saya ini cara kotor dari pengusaha fintech.

      • @Fitriyah

        Sistem Riba’ haram, Anda dan DC sama saja, sama sama sumber kegaduhan.

        Ada punya duit, karena egois tidak mau membayar.

        Anda malah tega membiarkan orang lain terusik. Benar benar tidak punya rasa empati.

        • Kalian kan butuh orang2 yg mau berhutang supaya bisa hidup. Kalian udah ikhlas ngasih pinjaman, peminjam sudah ikhlas dipotong biaya gede. Kenapa gak coba pelihara sedikit kesabaran, blom lewat 1 bulan juga due date nya. Pelihara juga sopan santun, jd silaturahmi terjaga, pembayaran pasti terjaga. Kalaupun ada yg susah bayar, mungkin krn emang gak ada dananya, tapi apa gunanya juga kata2 kasar atau penghinaan?, orang malah malas bayar.

  • Masyarakat sama seperti pemerintah hobi berhutang sana sini
    Seperti nya ga jera berhutang apalgi lewat pinjol
    Maaf sebelumnya seperti nya ibu ini masih polos bisa jadi kurang up date
    Banyakin baca berita gimana ganas'nya pinjol
    Kok ya masih ada saja yg jadi korban
    Pinjol pinjol bangsat ini
    Saya ga ngerti

  • wahhh,,kayaknya saya kenal tuh dcnya, itu orang saya sering liat ditangerang kutabumi.

    • Cukup bayar pokoknya saja bu. Tidak usah bayar bunganya. Segera hapus aplikasi, dan jangan lupa bikin laporan ke polisi. Utang piutang jelas perdata, tapi pencemaran nama baik sudah pasti pidana.
      Semoga masalah ibu cepat selesai, dan semoga para DC jahanam mendapat balasan yang setimpal dari Alloh Subhanahu wata'ala.

      • Aduh pak, mending suruh temen2 mu yg DC gak sopan itu buat minta maaf sudah menghina perempuan krn uang 1jt an, spt yg anda bilang berkali kali. Coba tanya ibu kalian, saudara perempuan kalian, apakah mereka pernah direndahkan sedemikian rupa karena hutang yg mungkin jauh lebih besar dari sdri Fitriyah.

  • Saya juga pernah kena pinjol ilegal... sadis.. bunga besar denda juga..lewat sehari kita langsung di caci maki.. penyebaran data pribadi juga...taubat deh saya pinjam di pinjol.. nggak ada etika sama sekali..gara gara uang hanya 700r.. harga diri kita di injak injak nya...sabar buk...

  • Kalau begitu bagusya pinjam di pinjol ilegal saja. Kalau mereka macam2 gak usah di bayar seperti kata polisi.asal di lapor....

  • Hi sis, semoga sis membaca komentar saya.
    Langkah sis sudah tepat sekali untuk melaporkan pinjol ilegal ini ke Polda, jangan polres apalagi polsek karena mereka setau saya tidak punya tim cyber crime.

    Ini pasti akan ditindak oleh polda, apabila lama, sis harus terus hubungi pihak polda untuk kelanjutan proses laporan. Tindakan dari debt collector tersebut sudah masuk ranah pidana, siapapun debt collectornya pasti akan ketahuan meski debt collector tersebut tidak menyebutkan nama, pasti!!

    Terus berjuang untuk proses hukum, jangan sampai sis mencabut laporan, apapun alasan debt collector nanti, karena kebanyakan orang tidak tega pada akhirnya dan semua debt collector tidak akan jera dan berulah kembali.

    Percaya saja sis, pinjol ilegal itu sudah salah dimata hukum, apalagi ditambah pencemaran nama baik dan pelecehan seksual secara digital.

    Untuk debt collector tersebut, selamat, penjara sudah didepan pintu, termasuk debt collector lainnya yang sekantor dengan dia. Jadi gak sabar nonton berita ^^

      • @Fitriyah

        Yang men support anda itu adalah orang orang yang berniat lari dari hutang, seperti anda.

        Nanti anda pasti akan menjumpai mereka di Neraka.

        • kata siapa lo ustad so tau??

          gue mau ceramah ..
          lo tau jalur langit?? hutang orang2 yang di lunasin langsung sama allah??
          mudah2 aja amal mba fitri lebih besar dari hutang2 nya biar lunasin nya di akherat aamiin ... dan kalo kita mau tobat dari pinjol allah bantuin kita ko dia ga tidur dia tau kondisi kita dia tau mana orang yang dzolim kaya lo dan mana yang di dzolimi .....
          dan mudah2 aja hutang2 mba fitri di lunasin langsung sama allah ....

          lo juga bakal masuk neraka ga jamin juga lo masuk surga langsung ... ga jamin juga lo selamat di jemabtan shirat ... ga jamin juga lo bisa jawab pertanyaan para malaikat dan ga jamin juga sakaratul maut lo mulus jadi jangan sok2an nge hakimin orang masuk neraka lo aja ga ada jaminan
          mau selfie dl kalo ketemu apa nge gosip dulu bahas pinjol dan kata2 bangke lo itu ....wkwkwk

  • Pengajuan di Dan@ Pas Rp 1.5OO.OOO jatuh tempo 03/10/2020. Kred!tmu bagus, pinjam Iagi: https://bit.ly/kp*** https
    ://bit.ly/32On*** https://bit.ly/3h****

    Di atas sms dr pinjol dana pas, padahla sy tidak punya hutang atau menerima uang dari pinjaman dana pas, tetapi mreka SMS kalo pinjaman Rp 1,5 juta jatuh tempo tgl 3/10/2020

    Ini pemerasan namanya ...