Surat Pembaca

Buka Rekening Online BRI Ribet dan Merepotkan

Tanggal 9 Oktober 2020 lalu saya mencoba melakukan pembukaan rekening BRI secara online. Pada awalnya semua berjalan lancar mulai dari pengisian data, verifikasi KYC hingga aktivasi rekening. Namun, di bagian akhir, yang menurut saya sangat tidak praktis dan ribet adalah penggunaan metode BRIVA (BRI Virtual Account) sebagai proses setoran saldo awal.

Seperti yang diketahui, BRIVA adalah metode bayar khusus dengan kode unik dari BRI. Praktis memang, tapi saya yang baru buka rekening dan tidak punya akun BRI, harus bagaimana melakukan setoran?

Saya sudah coba dari berbagai bank, tetap saja gagal. Bahkan saya coba dari platform pihak ketiga juga gagal semuanya. Malah saya habis biaya transfer karena gagal bayar.

Menurut saya, ini sangat menggelikan. Sekelas BUMN kalah sama bank swasta yang cukup setor dari bank lain tanpa berupa Virtual Account. Bagaimana, bank pemerintah bisa bersaing dengan swasta? Atau karena sudah merasa tidak bisa tersaingi makanya sengaja membuat susah nasabah baru?

Demikian pengalaman saya membuka rekening plat merah. Sebelumnya saya juga sudah pernah alami hal yang tidak menyenangkan dengan Bank BUMN lain. Ini kali keduanya saya dibuat pusing oleh Bank Milik Negara. Tidak praktis dan merepotkan.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mas,, coba kirim pngaduannya ke medos BRI, Twitter atau IG, biar fu. Kasih z nomor telepon Mas, biar di cek. Soal y saya bgitu juga minggu lalu, saya di telp dan di kasih penjelasan. Rekening BRI ku akhir nya ada.
    Akun twitter y @kontakbri, IG @bankbri_id , bercentang biru mas.

  • lewat agen BRILink bisa juga kak kalau setor nomer briva BRI.. atau ke kantor BRI terdekat