Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamu’alaikum,

Saya Utami, dengan akun Shopee: utamirahayu94. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada September 2020 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya sebesar 1 juta dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 3 juta tersebut. Akan tetapi saya tidak mau, karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 3 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku mencoba masuk gmail saya dan mengaku bahwa dia sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BRI dan saya harus memberikan akun gmail saya untuk dikelola oleh pihak BRI.

Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang 3 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama ada SMS banking bahwa uang 3 juta sudah ditransfer ke nomor OVO. Setelah itu hp saya mati karena sudah direset oleh pelaku.

Saya langsung menghubungi pihak BRI untuk memblokir akun saya dan pihak BRI memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BRI memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO, tapi tidak ada jawaban pula dari pihak OVO. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi, jadi saya hanya membetulkan hp saya yang direset.

Tak lama saya mencoba masuk ke Shopee untuk mengecek akun Shopee saya dan ternyata sudah dibekukan oleh pihak Shopee sebelum saya menanyakan masalah ini ke pihak Shopee. Saya mencoba menelpon CS Shopee tapi sedang sibuk.

Saya login ke akun Shopee lain dan chat ke Shopee untuk dibantu mengaktifkan kembali akun Shopee saya. Lalu akun Shopee saya aktif kembali. Saat saya login, dan ternyata kemarin tanggal 11 Oktober tiba-tiba ada tagihan Shopee Pinjam sebesar 3 juta. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak berhenti di situ, saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon dan kirim email, saya chat ke Instagram dan Twitter belum ada jawaban.

Tagihan saya terus menumpuk karena terlambat bayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee untuk masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir-pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun saya tidak terkena bobol gmail dan BRI mobile pasti Shopee Pay, Shopee PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas?

Bukan saya saja yang sudah alami tetapi sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Kalian berjaya juga karena konsumen. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Semoga setelah saya menulis ini ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Utami Budi Rahayu
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

210 komentar untuk “Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

  • 13 Oktober 2020 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Itu pesanan yg dicancel, pesanan oleh penipu yah? Daerahnya sama dengan yg baru2 ini diungkap Bareskrim. Jangan2 masih satu sindikat. Pokoknya kalo terima telepon dengan logat daerah situ, abaikan aja.

    Shopee Pinjam itu pinjaman tunai kan yah? Artinya pelaku meninggalkan jejak rekening bank buat pencairan dananya. Kalo Shopee mau mengungkap sih kayaknya gak susah, data2nya sudah aja, tinggal masalah mau apa tidak aja.

    • 13 Oktober 2020 - (12:54 WIB)
      Permalink

      Menurut pemahaman saya Shopee pinjam sebesar 3juta itu ditransfer pelaku ke rekening korban seolah2 hadiah yg dikira korban uang pelaku tapi ternyata dari shopee pinjam korban.

      • 13 Oktober 2020 - (13:01 WIB)
        Permalink

        Oya bener juga.. Hebat bener ni penipu, modus social engineering nya canggih, muter kesana kemari dulu. ???

        • 12 Desember 2020 - (10:43 WIB)
          Permalink

          saya juga ngalamin kak tapi saya sudah mengganti password sama nomor HP itu aman nggak ya takutnya shopeepaylater saya juga digunakan

          • 19 Februari 2021 - (08:45 WIB)
            Permalink

            Tgl 17 kemarin saya juga kena tipu. Ada nomor ngga dikenal dengan nomor ini +1 210-888-8563 menelfon saya di whatsapp. Pertama saya ngga percaya, tapi setelah dia menyebutkan data² saya di shopee, saya ikutin kemudian ada kode otp saya berikan, karna akun saya tidak saya tautkan dgn shopee pay later dan mbanking kemudian penipu mengarahkan saya ke atm. Karna ada kejanggalan dia menyuruh saya menggunakan headset tetapi saya tidak mau lalu saya ngajak ibu saya ke atm. Untung ibu tau kalau saya kena tipu, karna bpk saya penah ngalamin. Waktu di atm dia marah² karna ada satpam datang langsung. hp langsung saya kasih ke satpam. Dan untungnya saya belum nglakuin trasaksi. Waktu saya top up shopee pay saya lupa belum mengganti pin. Saya kaget karna ada transaksi sebesar 121.070 ke Upulsa. Alhamdulillah orang² sekeliling saya banyak yg peduli. Saya merasa lega setelah baca artikel ini karna saya hanya 100ribuan. Ngga sampai jutaan. Walaupun hanya 100ribu tetapi tetap berharga bagi saya, karna itu untuk bisnis kecil saya (online shop). Semoga disini yg sudah terkena penipuan dilimpahkan rezeki nya, dan ngga keulang lagi

          • 16 Maret 2021 - (06:05 WIB)
            Permalink

            Bagi yang merasa ingin melaporkan ke polisi kita bisa sama sama lapor kena sayapun korban. Bisa hubungi via DM Instagram saya importfashion2

            12
      • 8 Februari 2021 - (06:26 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yang sama.bearawal dari masuk nmr yg tidak dikenal dan mengaku dari pihak shope.saya juga katanya mndapat hadiah 3 juta.dan di tf ke rekening saya.ternyata akun shopee pinjam saya telah kluar tagihan tiap bulannya..dan uang itu terkirim ke ovo dab bank.dan yng lebih mngwrikan lagi.mereka menyuruh saya untuk mndaftr semua aplikasi pinjaman online dan mereka meminta kode otp nya saya.dgn bodohnya saya dan tnpa saya sadari sya tekah memberikan setiap kode otp yang dia minta yg masuk ke hp saya dan pada akhirnya mereka mwngajukan pinjaman di semua aplikasi pinjaman online tadi dengn data pribadi saya semua.setela saya sadar pinjaman pun telah disetujui dan saya melihat di sms banking ad dana kluar secara bertahap,3jt,6 jt,1.8 jt,570rb.800rb.dan 100rb .padahal sya tidak tau apa2 tentang itu semua

        • 8 Februari 2021 - (15:28 WIB)
          Permalink

          Bagaimana mba sudah ada titik terang? Apa tetap harus kita yang bayar?
          Saya juga mengalami pas tanggal 5 februari kemarin

          • 15 Februari 2021 - (05:47 WIB)
            Permalink

            mba aku pas tgl 9 juga kena tipu,aku boleh minta nomor wa atau apaun yang bisa dihubungi engga ya

            aku mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba,kemarin aku jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5 aku mau cari saksi lain

            kalo mb mau saya sangat bertrimakasih

          • 16 Februari 2021 - (07:42 WIB)
            Permalink

            Ttp pihak shope suruh pemilik akun yang bayar..enak di penipu ud pake uang haram..mau usut d kepolisian malah kena biaya lbh besar..pihak shope taunya akun kita ya kita yang bayar..inilah indonesia kekuatan hukum nya berdasarkan UANG g ada UANG ga bakalan di proses..

          • 24 Juli 2021 - (04:58 WIB)
            Permalink

            Mba apa kamu tetap bayar pinjm nya. Saya juga baru kena tipu.

          • 2 Agustus 2022 - (23:44 WIB)
            Permalink

            Halo kak saya mengalami masalah hal yg sama bulan Juli 2022 kemarin, mohon maaf saya mau tanya bagaimana tagihan yg mengatasnamakan akun kita dishoppe ya kak ? Apakah harus tetap bayar atau gimana ? Saya mengalami kerugian sekitar 4jt, dan akun shoppe saya dibekukan

        • 15 Februari 2021 - (05:47 WIB)
          Permalink

          mba nurul aku pas tgl 9 juga kena tipu,aku boleh minta nomor wa atau apaun yang bisa dihubungi engga ya

          aku mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba,kemarin aku jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5 aku mau cari saksi lain

          kalo mb mau saya sangat bertrimakasih

          • 15 Februari 2021 - (13:28 WIB)
            Permalink

            Mb bisa DM sya di ig, norfatunnisa_brz

          • 18 Februari 2021 - (06:39 WIB)
            Permalink

            Coba laporan ke kemendag karena shopee masuk perdagangan..yg salah sistem nya knp dgn mudah di retas..tp akhirnya pemilik akun yang di suruh byr..dan jg spinjam penjual itu tidak memiliki ijin dr ojk..ojk hanya melegalkan shopepaylater…saya sudah tny2 jg

          • 6 Maret 2021 - (14:05 WIB)
            Permalink

            Mba aku juga kena penipuan tgl 7februari, gmna mbak sudah ada titik terang

          • 16 Maret 2021 - (06:08 WIB)
            Permalink

            Kak hubungi ig saya kak, @importfashion2

            Sayapun korban
            Yuk, yang merasa korban sama sama lapor ke polisi

          • 26 April 2021 - (18:18 WIB)
            Permalink

            Saya fikir cuma saya yang kena…
            Rabu tgl 20 April jam 14.09 saya juga mendapat hal yg sama..
            Cerita nya persis begituh !
            Ada yg belanja pulsa sampe berjuta² pake Spaylater & meminjam uang diSpinjam 7.500.000
            Ini gimana yaa tagihan nya massa aku yang bayar ?
            Kalo di biarkan bungah malah nambah…
            Call senter udh dihubungi cuma membekukan 3hari aja tagihan ttp ada.

          • 16 Mei 2021 - (14:08 WIB)
            Permalink

            Tgl 14 kemarin saya juga jadi korban penipuan yang mengatasnamakan pihak shopee.. Kejadiannya persis yang mbak nurul alami. Si penipu tahu semua data saya di shopee.. Tetapi kerugian saya lebih besar mbak. Spinjam saya sekitar 7,5jt ludes di gasak pelaku. Dan Spaylater saya juga sekitar 1jt di ambil oleh pelaku, sekarang sya bingung mau mengadukan masalah ini ke mana. Tlng bila ada yg ingin melaporkan kasus ini saya juga ingin ikut.. Karena sudah banyak korban

            1
            1
        • 6 Maret 2021 - (13:56 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalami hal yang sama ka tgl 7 Februari lalu ada telpon masuk yang tak di kenal, katanya saya mendapatkan hadiah sebesar 2jt rupiah dan meminta saya untuk masuk akun shopee saya dan klik pengaturan chat untuk memasukan nmor kartu ATM BCA nmor rekening saya tanpa meminta nmor pin. dan bodohnya saya percaya lalu mengikuti apa yang pelaku suruh dan dia minta saya untuk cek mbanking saya sudah masuk atau belum dan kalo sudah masuk tolong jawab sudah. dan memang benar sudah masuk, saat itu saldo di rekening bca saya cuma 100rb dan akhirnya bertambah tapi setelah bbrp menit kemudian mbanking saya tidak bisa di buka dan shopee saya sudah keluar dan gabisa masuk lagi pdhal saya belum ga kasih tau otp nya tpi si pelaku msih bisa masuk. saldo di shopeepay saya saat itu ada 1jt lebih karna emng itu modal usaha saya, dan akhirnya saya lapor ke shopee chat lewat shopee kakak saya dan ya ada respont dan saya jelaskan dari awal permasalahan saya tiba² hilang respont. Dan bebrp kali lagi saya coba harus saya jelaskan dari awal lagi dan hilang respont lagi, begitupun seterusnya. akun shopee saya sudah aktif shopeepinjam dan shopeepay latter yang saya takutkan sekarang kalo akun shopee saya di salahgunakan, bisa sepeti kaka Kaka yang di pake shopeepinjam dan shopeepay latter, apa yg harus saya lakukan sampai sekarang saya bingung. saya juga udah ga pake shopee karna udah kapok

          • 9 Maret 2021 - (05:48 WIB)
            Permalink

            Mba gimna sudah ada titik terangnya dari shopee?. Sya ini juga kena tipu mba, tgl 7 maret kemarin. Sekrang saya lagi proses pengaduan ke polisi atas kasus penipuan.

          • 23 Juni 2021 - (10:39 WIB)
            Permalink

            @intan darhah
            apakah shopee jg tanggung jawab kak? punya saya kok ga ada tindak lanjutnya dr shopee, pdhl kronologis sama persis..

          • 1 September 2021 - (22:41 WIB)
            Permalink

            Ini gimna apa ttp bayar apa biarkan saja ya … Sama aku juga korban penipuan atas nama shopee

          • 9 Maret 2021 - (10:28 WIB)
            Permalink

            Mba bisa nonton youtub suami saya di dosen newbie ya, maaf gabisa balas satu persatu karna saya ibu rumah tangga ngurus anak masih bayi jadi jarang buka HP, atau bisa di ig saya @utamibudirahayu94. Maaf ya bu

          • 15 Februari 2022 - (06:48 WIB)
            Permalink

            mb saya juga kena tipu 2022 februari ini .terus gimana ya mb apakah shoppe yg sudah di nonaktifkan sama pihak cs shoppe apa ttp bisa menagih di rekening punya saya ya?

          • 31 Mei 2021 - (13:14 WIB)
            Permalink

            Masalah sama persis sama saya kk saya kena tipu tanggal 27-28 kemaren kalo tagihan ngga di bayar apa yang terjadi ya kak padahal saya juga nggak mengambil uang tersebut sepeserpun nggak saya heran kenapa manusia sejahat itu saya orang ngga mampu masih aja ditipu saya hampir 5jt kk tolong pencerahannya kakak saya masih punya angsuran pada spinjaman padahal ngga pernah pinjam

          • 7 Juli 2021 - (12:12 WIB)
            Permalink

            Aku jg baru ngalamin kak ??
            Ini ga ada solusinya kah?
            Yg sharing disini gmn penyelesainnya kak? Bingung nihh .. pada tetap di bayarkan spinjam nya?

          • 7 September 2021 - (14:33 WIB)
            Permalink

            Saya juga sama baru kemaren kak

        • 19 Mei 2021 - (11:21 WIB)
          Permalink

          Saya baru saja mengalami penipuan mengatasnamakan Shopee,, dan saya udh kehilangan semua spay, spinjam yg lebih parah lagi akun saya dibatasi dan nggak bisa log in,,apa solusinya apakah saya harus melaporkan ke polisi???

        • 1 Juni 2021 - (18:42 WIB)
          Permalink

          Disini apa sudah ada yg menerima kejelasan dari shopee? Jika ada mohon informasinya agar kia semua bisa tau. Terimaaksih

          • 16 Juni 2021 - (17:23 WIB)
            Permalink

            kak bagaimana kelanjutan masalh penipuan ini saya juga kena tipu modusnya sama dengan itu

          • 19 Juli 2021 - (08:00 WIB)
            Permalink

            Mohon dikabarkan infonya ya mbak saya juga baru kena,saya bingung bngt masalahnya duit 6jt ga dikit mbak tolong bantu cari solusinya

        • 24 Juli 2021 - (04:56 WIB)
          Permalink

          Mba gimna jadinya apa mba bayar. Saya juga baru aja kemaren kena tipu. Gimna yah cara ngurusnya biar ngga bayar di shopee

        • 3 November 2022 - (06:33 WIB)
          Permalink

          halo kak saya juga kena kasus yang smaa boleh minta kontak atau hub saya? saya ingin tanya terkait kasus ini kak terimakasih??

        • 14 Mei 2023 - (10:33 WIB)
          Permalink

          Wah, saya juga lagi mengalami kak, mana semua no tlpn keluarga atau org rumah sy yg sy jadikan no telepon darurat juga ikut di teror alias di tlpn terus oleh org yg nagih utang, padahal saya gak pakai uangnya

      • 16 Februari 2021 - (07:32 WIB)
        Permalink

        Sama kejadian sama tunangan saya..malah sekarang tunangan saya yang di suruh membayar semua..padahal lucu nya dan aneh nya penipu tersebut bisa melakukan transfer ke rek bank it tanpa PIN hanya otp awal untuk login..shoppe d salahkan tidak mau cuman mau tau balik uang nya..kan anjing kaya gitu..untuk proses ke pihak polisi lebih besar biaya nya dr pd kehilangan..enak bener skrng penipu uang sgtu susah untuk d tangkep karena proses yang berbelit2 dan biaya yang lbh besar untuk pihak kepolisian..saya ud tnya OJK dan polisi ovo shoope smua nya saling melemparkan tanggung jawab..

        • 21 Maret 2021 - (15:28 WIB)
          Permalink

          Jadi gimana bg? Apa tetap di bayar tagihannya? Soal nya saya juga kenak kasus yg sama, saya rugi hampir 11 jt an di spinjam shopee, aku takut sih kalau aku gak bayar gimana ya? Kan bukan salah aku juga, akun aku di hack ?

          • 25 April 2021 - (20:40 WIB)
            Permalink

            Kak gmn kelanjutan kasusnya ? Apa kakak tetap membayar apa gimana ?

          • 19 Mei 2021 - (11:26 WIB)
            Permalink

            Bagaimana kelanjutannya sekarang mbak.. Apakah mbak masih membayar angsuran tsb??

          • 19 Juli 2021 - (08:01 WIB)
            Permalink

            Skrng gimana mbak?dibayar atau tidak??

          • 27 Juni 2022 - (16:23 WIB)
            Permalink

            Kak maya gmna kelanjutannya, saya jg kena ?? please kak bantu aku. Aku gatau hrs gmna kak, rasanya ga tenang bgt kak tolong DM di ig : @lalaamalasa** please aku mohon bgt kak maya??

          • 3 November 2022 - (06:39 WIB)
            Permalink

            halo kak maya boleh saya minta nomor kaka/ atau ig yang bisa dihub, saya mau konsultasi kak??

        • 22 Juni 2021 - (03:51 WIB)
          Permalink

          aku kmarin tanggal 21 juni jg abis kna tipu mas, 1,5jt di shopeepay, kronologis sama kayak orang² yg komen disini juga,, mana saldo atm tinggal segitu, kan abis , aku mau lahiran juga, gatau lg mau gmana, suamiku marah² karna itu satu²nya tabungan kita dan dia udah ga pegang duit sama sekali, aku juga ga pegang duit sama sekali?

    • 13 Oktober 2020 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Iya mas masalahnya shopee gada jawaban apa apa, saya takut tagihan menumpuk dan ujung ujungnya tetap saya yang bayar, sedangkan saya sudah usaha baik baik ke shopee gimana win win solution nya. Tapi sampai sekarang tidak ada jawaban juga. Saya juga mau buat laporan polisi karena jelas jelas itu ada alamat pelaku dan no tlp termasuk namanya juga. Sepertinya sama mas satu komplotan ko bisa bisanya shopee perusahaan besar bisa banyak konsumen yang kena masalah gini.

      • 13 Oktober 2020 - (13:09 WIB)
        Permalink

        Berarti sebelum dia telepon, akun Shopee Mbak udah dibobol duluan, jadi dia tau data2 transaksi mbak dll di Shopee yah?

        Yg lebih bahaya sih sebenarnya dia bisa akses akun BRI mobile Mbak. Emang loginnya hanya pake OTP aja yah, gak harus masukin userid n password dulu? ?

          • 14 Oktober 2020 - (07:11 WIB)
            Permalink

            Sama saya juga pernah kena bulan juni kemarin dapet telpon dr pihak shopee dn ternyata akun shopee saya diretas dan dpake belanja sama s penipu senilai 800rb dan Sya lgsg lapor k pihak shopee tp ujung2nya tetap saya yg harus bayar karena masuk tagihan saya.. Padahal sebelumnya pesanan s penipu sya cancel dan saya jg mnta tolong pihak shopee cancel pesenannya tp tetap saja brg dikirim

      • 13 Oktober 2020 - (14:49 WIB)
        Permalink

        Iya saya jg kena tipu 2juta lebih… trs bagaimana… siapa yg mau bertanggung jawab? penipu tahu identitas sya seolah olah bner dri pihak shopee.. tolong bantuannya

          • 13 Oktober 2020 - (15:41 WIB)
            Permalink

            Iya sya kecewa bgt…. sya kira bner dri phak shopee… soalnya tau riwayat pembelian dan data saya…

          • 8 Februari 2021 - (06:30 WIB)
            Permalink

            Dua hari yang lalu akun shopee saya diretas.dan berujung pada shopee pinjam.yang lebih mengerikan lagi mereka menggunakan data pribadi saya untuk mendaftar semua aplikasi pinjaman online dan meminta kode otp yg masuk ke hp.saya .dan akhirnya mereka mengajukan pinjaman atas data pribadi saya .uangnya masuk ke rekening saya.dan akhirnya uang itu telah tertransfer ke bank lain yg sya tidak tau.

          • 9 Maret 2021 - (06:22 WIB)
            Permalink

            Apakah kasus mba nya sudah selesai?. Gimana ada solusinya dari shopee?

          • 13 Oktober 2020 - (15:51 WIB)
            Permalink

            Shopee pay saya…. dikuras habis

            trs gimana ya mb caranya agar shopee pay kita kembali lgi

          • 13 Oktober 2020 - (16:20 WIB)
            Permalink

            Kurang tahu mba yg jelas lapor dulu saja mba, karna saya juga blm ada kepastian dari shopee

          • 12 Desember 2020 - (10:45 WIB)
            Permalink

            Saya juga kena tipu nihsaya katanya mendapatkan hadiah rp3.000.000 tapi harus top up dulu nah habis itu saya kan ada telepon tuh kode verifikasi saya kasih tapi abis itu saya sadar kalau itu penipuan terus saya ganti nomor HP sama password shopee itu masih aman apa nggak ya

        • 6 Desember 2020 - (05:58 WIB)
          Permalink

          Akun Shopee pay saya kemarin kena retes juga, tpi alhamdulillah saya sempat mengganti pasword Shopee pay/pay latter saya, mereka menggunakan pasword trsbut untuk meminjam dana atau belanja mba,krna Klo pkai Shopee paylatter blanja nya langsung dikemas, dan agak susah untuk dibatalkan

      • 15 Oktober 2020 - (22:26 WIB)
        Permalink

        Saya heran lihat shopee, skrg banyak chat yang masuk itu berisi penawaran dan iklan, sudah mirip SPAM, bbrp kali komplain tp katanya jawab saja, kalau tdk dijawab penilaian chat seller akan menurun, sehari bisa 10-20x chat SPAM, harusnya fungsi chat utk komunikasi seller & buyer, bukan SPAM, termasuk promo2 shopee sendiri.krn itu skrg keamanan di aplikasi shopee menakutkan.

        • 16 Oktober 2020 - (05:11 WIB)
          Permalink

          Salah satu yg bikin konsumen ga nyaman , jujur saya juga ga nyaman, tiap hari harus bersihin chat satu satu diklik tandai sudah dibaca supaya bisa ketauan mana yg bener bener chat dari penjual atau pembeli saya. Semoga bisa diperbaiki juga yg seperti ini

          • 27 Maret 2021 - (19:08 WIB)
            Permalink

            Sama Persis kejadian saya..
            Dana yg di ambil 3,5 juta..
            Pihak shopee masih tidur.
            Ayooo saudaraKu mari kita sama” Hapus shopee dari muka Bumi ini.

      • 11 November 2020 - (20:17 WIB)
        Permalink

        Aku turut prihatin, tapi pengalamanku Selama ngga kasih otp ngga klik link sembarangan aman kok , aku juga sering ditelpon malah ku kerjain penipunya dan fine fine aja selama ngga kasih otp atau link yang diberikan penipu,

        • 5 Februari 2021 - (22:27 WIB)
          Permalink

          Td sy jg bru aja dpt telp nomor ga dikenal yg ngaku” dr pihak shopee, 3 kali malahan. Awalnya sy angkat tp stlh penipunya bilang “mau ke shopeepay ato rek bank?” sy dh mulai curiga dan langsung sy tutup telpnya. Hbs tu dia telp lg, sy diemin aja.

      • 12 Desember 2020 - (09:37 WIB)
        Permalink

        Jadi gimana mba, sudah ada titik terang nya belum ya? Saya juga tanggal 7 Desember 2020 kmrn di hack shopee nya dan shopeepay dan shopeepaylater yang kena. Terus jadi laporan ke polisi juga blm mba? Dan ada titik terang nya dari shopee belum? Saya khawatirnya juga gitu, klo walau Saya sdh ajukan cancel, tapi tidak berhasil, terus kalau tetap tagihan si hacker Itu kesaya gmna. Saya juga dari Magelang ini mba, bisa share jadi laporan kemana Aja blm mba?

        • 12 Desember 2020 - (10:46 WIB)
          Permalink

          tapi sayang belum ngasih kode PIN atau password yang lain saya baru ngirimin kode kode verifikasi karena ada telepon masuk habis itu saya ganti nomor telepon sama password shopee nya itu masih aman apa nggak ya

        • 15 Desember 2020 - (22:49 WIB)
          Permalink

          Saya kena penipuan juga..baru pertama kali ini,belum ada 1 bulan juga download aplikasi shopee.Tgl 15 Desember 2020,saya di telpon dari pihak shopee.Awal nya saya nggak begitu respon tetapi setelah orang nya itu bilang nggak ada tambahan biaya..murni dapat transfer voucher 1 juta yang bisa di pake di aplikasi shopee atau di kirim di rekening.saya bilang kalau benar dari pihak shopee ya sudah kalau transfer ya transfer aja tapi orang itu bilang tugas saya klo transfer belum masuk saya bantu proses kan lagi.dia tanyak brph km dan brph menit ke ATM nya?saya pkir awal nya saya klo cmn buat lihat rekening ada tambahan saldo atau nggak jg nggak ada salah nya cuman liat aja .tapi setelah saya liat nggak ada tambahan saldo di rekening saya 1 juta.si pelaku tlp apakah sudah sampai di ATM terus setelah saya bilang

        • 29 Januari 2021 - (15:53 WIB)
          Permalink

          Saya tetap bayar mba akhirnya, tapi saya masih menunggu juga janji shopee yg katanya mau kasih saya vocher itu, saya tagih trus sampe skrg, saya dulu bisa diproses shopee tuh ya karna saya post disini mba, kalau ga gini, ga selese selese kayanya, skrg udah ga pake lagi tuh shopee tapi saya masih aktifkan akun yg dulu karna masih nunggu janji Shopee yg mau kasih Vocher belanja ke akun saya itu

        • 29 Januari 2021 - (15:57 WIB)
          Permalink

          Saya tetap bayar mba akhirnya, tapi saya masih menunggu juga janji shopee yg katanya mau kasih saya vocher itu, saya tagih trus sampe skrg, saya dulu bisa diproses shopee tuh ya karna saya post disini mba, kalau ga gini, ga selese selese kayanya, skrg udah ga pake lagi tuh shopee tapi saya masih aktifkan akun yg dulu karna masih nunggu janji Shopee yg mau kasih Vocher belanja ke akun saya itu, mungkin saran saya coba juga mba post disini karna emang agar leletya shopee, sampe skrg aja masih byk yg kena mba, tapi gatau saya akhirnya mereka gimana, kalau saya karna gabisa saya diteror tlp tagihan trus, jadilah saya sekeluarga sepakat bayar tagihan, dan saya juga masih trus chat shopee sampe dia bayar janjinya

          • 23 Februari 2021 - (13:19 WIB)
            Permalink

            iya mas sama , kenapa penipu bisa bobol mobile bri jg ya? segala ngajuin pinjaman 3jt, paylatter 1.5 buat belanja, shopepayku ga prnh ak isi alhmdllh , eh mla ngajuin pinjaman, gimana ini? apa kita akhirnya ttep bayar mas, ? rugi banyak dong kita, enakan penipu pake duit kita. nah kita tagihan jutaan mana ga ad duit, di bri di habisin smua. jd bngung aku mas bayar pke apa . akun jg skrg belum bisa . bisa mnta tolong bagi infonya skrg mas

          • 30 Maret 2021 - (08:04 WIB)
            Permalink

            Assalamu’alaikum
            Mba mohon pencerahannya, semalam saya juga kena tipu sama seperti mba tapi dana yg saya cairkan d s.pinjam shopee 1.5jt dan setelah itu saya coba buka m.banking sudah g bisa dari sana saya curiga dan berusaha membatalkan pengajuan s.pinjam saya tapi tidak bisa dan selang beberapa menit akun shopee saya tidak bisa dibuka. Pertanyaan saya apa selama akun saya yg dibekukan oleh pihak shopee ini tidak akan terjadi penyalahgunaan akun saya oleh sipenipu itu? Karena dia kan sudah tau semua password shopee saya, saya takut dia belanja menggunakan shopeepaylatter saya karena kan saldonya lumayan besar. Terimakasih sebwlumnya.

          • 29 April 2021 - (12:27 WIB)
            Permalink

            Hai,mba..saya juga mengalami hal yg sama,pda tgl 7 bulan maret lalu,sama persis kasusnya,sampai sekarang saya belum ada jln keluar,seakan2 shopee lepas tanggung jawab,dan sekarang istri dan kerabat sya yg di hubungi dr shopee untuk pembayaran Spinjam tersebut,karena berhasil ngobok2 akun saya,masa iya kita ngga dapat uangnya,kita yg disuruh bayar,masalh ini harus di viralkan biar ada perbaikan system keamann dr shopee,takutnya semakin banyak korban lagi.

          • 18 Mei 2021 - (13:37 WIB)
            Permalink

            Saya juga kena retas oleh seller di sophee, awalnya saya tergiur ramadhan sale, yaitu mesin jahit harga 3 jt an didiskon jadi enam ratusan, karna saking butuhnya mesin itu, saya coba membeli dengan cash/tf,setelah dibayar si seller langsung chat sy via wa, dia mengarahkan kan saya via link, lalu saya isi ramadhan sale, nomer pesanan dan nomer hp, lalu saya diminta tulis otp, yg dikirim seolah olah sophee, karna telat datang, otp itu tidak berlaku, lalu sy chat sellernya, karna otp tidak masuk, ya udah kt seller biar dari sini saja secara manual katanya, lalu sy cek pesanan saya, status sudah dibatalkan, lalu sy tanya seller kenapa dibatalkan padahal sy tdk membatalkan, kt seller, katanya itu tdk dibatalkan, tp nanti terupdate oleh sistem, dan sy antara percaya antara tidak, lalu saya kontak tim sophe, tp akun saya diblokir, sy cek sophee pay jg diblokir, lalu minta bantuan dan sy hrs mengirimkan ktp dan kk, maka akun sy aktif kembali, sophee pay jg, sy tanya mengenai status pesanan sy yg dibatalkan katanya uang aman, setelah 3 hari sy buat laporan dan kronologis kejadian, 3 hr kemudian ktnya tanggung jawab sophee udah selesai, disitulah sy jengkel, sy marah, sy tuntut utk segera menyelesaikan masalah sy dg segera, sp saat ini sy menulis, sophee tetap lelet menyelesaikan masalah, seharusnya sebagai konsumen kita mesti dilindungi, akun kita bisa dibobol pihak lain, itu kejahatan dan kelalaian sophee

      • 8 Januari 2021 - (16:12 WIB)
        Permalink

        Haloo Mbak, saya baru saja mengalami hal serupa. Saya mau tanya bagaimana kelanjutannya mbak, apa akhirnya mbak tetap membayar tagihan itu ??

        • 15 Februari 2021 - (05:49 WIB)
          Permalink

          mba aku pas tgl 9 juga kena tipu,aku boleh minta nomor wa atau apaun yang bisa dihubungi engga ya

          aku mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba,kemarin aku jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5 aku mau cari saksi lain

          kalo mb mau jadi saksi saya sangat bertrimakasih

      • 30 Januari 2021 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Jika pinjaman masuk ke rekening kita sendiri sepertinya itu sah pinjaman yg kita lakukan dan kita wajib membayar nya berbeda jika masuk ke rekening bukan milik kita tapi canggihnya kok bisa masuk ke rekening orang lain kalau shopee mau transparan harusnya ada log detail spinjam dana dikirimkan ke tujuan rekening mana total dana berapa tgl dan lainnyalah tapi yg jelas sekali shopee perlu menambahkan security high level riority sperti 2fa agar konsumen lebih aman dan nyaman

      • 6 Maret 2021 - (00:41 WIB)
        Permalink

        Sudah ada titik terangnya belum ya?? Apakah mbaknya membayarkan tagihan shopeepinjam tersebut?? Saya baru-baru ini terkena penipuan tersebut dan tiba” ada tagihan di shopeepinjam saya, saya sudah menghubungi shopee dan memang benar yang mbak tuliskan, cs shopee bekerja lambat. Saya pusing sekali menunggu balasan shopee karena saya takut semakin mendekati deadline pembayaran, saya tidak punya uang sebanyak itu (pinjaman di akun saya sebesar 2,8 jt).

    • 13 Oktober 2020 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Betuuuul pisan tp apakah Shopee ada itikad baik tidak? karena ternyata banyak banget yg kena tipu tp pihak Shopee mungkin cuma beberapa orang jd ga kehendel kali ya hehehe….

      • 26 November 2020 - (23:11 WIB)
        Permalink

        Halo mas, sy barusan juga kena. Kesel bnget. Awalnya ditelpon no ga jelas. Sy pikir teman sy ya sy jawab aja. Tau2 de yg ngaku2 pihak shopee.. mengatakan anda mendapatkan hadiah bonus 5jt. trus dia mnta kmna mau ditf itu uang 5jt. mau ke tf bank apa ke shopee.. awalnya gw kaget sihh kok ada gtuan? Mendadak dpt 5juta? pikir dlm hati. Trus sy balas 5juta itu atas dasar apa mas?dia balas lagi. Herannya dia udah tau selak beluk identitas akun shopee gw. Mulai dr profil alamat dll. Disebutin SAMA PERSIS yg ada diakun shopee gw! Bayangin aja siapa yg gak percaya coba? Ya gw jadi percya trus gw dimainin. Syarat nya klo 5jt mau masuk ke shopee.. gw diharuskan top up saldo swbesar 300rb, what? Gw jawab knpa harus isi saldo ? dia bilang nnti jumlah saldo gw bertambah jd 5.3jt. Hmm okelah gw nuruti aja. Apalagi gw langsung percaya ketika dia menyebut lengkap profil gw dan aktivitas dishopee. Nah lanjut, dia suruh cek ada sma masuk. Anehnya pengirim sma itu atas nama SHOPEEPAYID ! bukan no ga jelas yg biasa org nipu. Nah dr situ gw semakin yakin percaya klo dia itu memang de pihak shopee ya kan. Terus gw disuruh ke pengaturan chat. Ubah pin shopeepay gw dan disuruh masukan pin baru. Nah dia juga menyuruh sebutin no otp dr sms itu. Bener2 penipu kelas kakap! ngk brenti smpai situ, setelah sy udah top up saldo 300rb, sy langsung disuruh belanja brg harga dibawah 500rb. Tapi dgn syarat yg dia berikan: harus top up lagi! Astaga.. ! gw jawab maaf mas. Dana gw udj ngk mendukung, sih penipu itu trus rayu2 gw buat lanjutin. Yah gw nolak. Trus gw ttup telpon. Gw coba masuk akun shopee gw. Whaatt? Apa yg terjadi? Saldo gw habis total !!! Bangsaaaatttttt! Hati campur aduk ketika itu. Trus sy berusaha kontak pihak resmi shopee. Lagi dan lagi pihak shopee sangat lambat. trus gw nnya temen gw bgmna cara mengatasinya. Temen gw nyarankan segera ubah paswordmu dan pin shopeepay!! Gw ubah saat itu juga. Pin Shopepay sampai gw ubah 2x !
        Ya bgnilah kronologi gw ditipu sm penipu itu.
        Yg bikin kita percaya itu ketika kita mendengar ocehan mereka soal akun kita dan pengirim sms atas nama ShopeeID Creditbook sm MOKA!
        HABIS SUDAH.

        skrg gw cuma bisa pasrah.
        Oyah mas, yg mau sy tnyakan adalah akun saya udah ku ubah pasword am pin shopeepay. Apakah pihak penipu masih bisa mengakses akun kita? Trimakasih

        • 30 Januari 2021 - (22:00 WIB)
          Permalink

          Kalau saya perhatikan sih dia akses melalui no TLP bukan email jadi dia memastikan korban bisa di telepon dan di hubungi jika ini sdh klop maka terbukalah jalan jadi lebih aman sih ganti no TLP anda yg terdaftar pada account shopee bagaimana dia bisa mendapatkan no TLP anda ternyata mudah saat anda pesan barang di online misal shopee pasti alamat pengiriman tertuju ke rumah anda dan ada no tlp dan nama penerima ini cuma salah satu contoh dia bisa mendapatkan no tlp anda tapi kelemahan shopee yg jelas harusnya security kode otp yg di buat oleh system’ shopee tdk bisa mengalahkan level password atau pin pada saat transaksi di shopee contoh security Pada bank ada PIN selama no pin anda tdk anda beritahukan dana anda di bank akan selalu aman walaupun anda memberikan kode otp bank anda

        • 17 April 2021 - (00:28 WIB)
          Permalink

          Sama kak saya jg baru td mlm hampir kena tipu,tp saya udh terlanjur ngasih kode otp ke pelakunya setelah itu saya baru sadar klo saya d tipu dan saya lngsng maki” tu orgnya,setalah itu saya coba buka shopee ternyata udh d blokir,yg saya tktkan shopee pay later ato shopee pay pinjam saya d salah gunakan,saya udh lapor k shopee tp lambat bgt,yg saya bingungkan itu d blokir dr pihak shopee ato pihak penipu tsb??mohon bantuan jawabannya

    • 14 Oktober 2020 - (01:13 WIB)
      Permalink

      @Donny G

      Shopee paylater artinya shopee bayar belakangan, bayar nanti, bayar ngutang.

      Paylater tuh sama aja kayak Fintech yang di sisipin di Marketplace.

      Jadi saat ini, marketplace sudah berisi dua dasar kepentingan. Kepentingan jual beli dan kepentingan hutang piutang.

      Itulah yang menjadi alasan marketplace se besar shopee menjadi semakin rawan kejahatan, karena orientasinya sudah keluar jalur.

      Seperti manusia yang lupa tujuan hidupnya. Sangat berbahaya sekali, bagi dirinya maupun bagi orang sekitarnya.

      • 15 Oktober 2020 - (22:31 WIB)
        Permalink

        Chat di shopee juga sudah penuh SPAM, berisi penawaran2 dari macam2 hal, saya sdh komplain, tp cs shopee bilang jawab saja, lah chat SPAM tsb bisa masuk 24 jam, pagi sore malam, bukan dari calon pembeli tapi iklan2 gratis tanpa peduli jam berapanmereka mau kirim. Ini celah kejahatan yg dibiarkan Shopee

        • 13 Februari 2021 - (18:19 WIB)
          Permalink

          Ya Allah , saya juga baru kena penipuan hari ini ? dgn modus yg sama, SPinjam saya 6 juta dan uang di ATM 1juta ,, harus bagaimana

          • 15 Februari 2021 - (05:50 WIB)
            Permalink

            mba norfatun aku pas tgl 9 juga kena tipu,aku boleh minta nomor wa atau apaun yang bisa dihubungi engga ya

            aku mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba,kemarin aku jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5 aku mau cari saksi lain

            kalo mb mau saya sangat bertrimakasih

          • 23 Februari 2021 - (13:22 WIB)
            Permalink

            mba kita sma, bri mobileku habis dikuras shope pinjam shopepaylatter, ya allah aku bingung bayar pake apa mba , brusan ak hub i pihak shopee hny mau aktifin akun aja. ap mending gausa kita aktifkan aja ya, bngung sy mba solusiny

          • 21 Maret 2021 - (15:25 WIB)
            Permalink

            Jadi gimana mbak? Aku juga baru kenak, apa mbak nya bayar ke shopee? Kalau gak bayar gimana ya?

          • 21 Maret 2021 - (15:35 WIB)
            Permalink

            Aku juga kayak mbak, baru kenak kuras spinjam nya, jadi gimana mbak? Apa mbak nya tetap nyicilin spinjamnya? Mohon bantuannya mbak ?

          • 25 April 2021 - (20:45 WIB)
            Permalink

            Saya juga sama, hari ini kena tipu. Spay pinjam 6juta ?

          • 1 Juni 2021 - (18:51 WIB)
            Permalink

            Kak apa kakak sudah mendapt penyelesaian? Apa dibayr kak?

    • 15 Oktober 2020 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Baru semingguan saya di telp orang dengan logat khas penipu² yg di upload di YouTube,sama persis modusnya,tapi dr awal saya sudah nebak,jd iseng aja dengerin,saya dikasih pilihan mau di tf rek bank atau shopee pay,saya bilang rek bank, trus dikirim link dengan pengirim Moka,tulisannya kayak otp buat bayar belanjaan sejumlah 2jt,udh apal banget alurnya,karna sering liat korban² di youtube,rata² penelpon pake kartu TELKOMSEL,dan kalau udh ketauan mau nipu ujung2nya si penipu anjing²in saya,bodo amat..,yg pasti selalu curiga aja klo dapt telp dr nomer tdk di kenal

    • 4 Februari 2021 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Haloo.. saya pia.. pas bgt malem ini saya kena. Uang saya amblas 2 jt d account dtransfer ke OVO. N penipu itu cairin shoppee pinjam saya 1juta. Ngeri banget. Dia bisa masuk ke akun shoppee saya. Saya percaya coz dia tau data saya. Jadi saya percaya. Coz dia minta saya masuk ke pengaturan chat. Masukkan kode shoppee paylater. Password m-banking. Dia meyakinkan yang tau passwordnya kan ibu. Makanya jangan dsebutkan..cukup diketik. Terus dia minta saya masukkan kode dr shoppee. Bener2 ngeyakinin banget. Saya uda menghubungi pusat bantuan shoppee. Tp baru mesin yang menjawab. Ngeri banget ya shoppee ini. Gmn tindak lanjutnya.. marketplace besar. Saya harus gimana.. ??. Yang ngeri dia jadi tau kode mbanking..mungkin ga dia bisa ambil uang saya lagi d akun bca saya?n akun shoppee itu.

  • 13 Oktober 2020 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Betul sekali mba banyak akal sekali pelaku. Saya ga akan lari tapi saya mau pihak shopee juga bertanggung jawab atas diretas nya akun saya ini.

    • 16 Oktober 2020 - (19:25 WIB)
      Permalink

      saya juga mas, minggu kemarin
      shopeepinjam saya yg kena
      jadi bagaimana kelanjutannya, saya benar-benar bingung.
      apakah saya yg harus melunasi dana yg tidak pernah saya pakai itu
      pihak shopee juga sepertinya tidak ada tindak lanjut, atas komplainan saya

      • 21 Oktober 2020 - (08:18 WIB)
        Permalink

        Mba sampai brp yg harus ganti, saya juga belum dpt jawaban lagi mba, tapi trus terusan ada yg nagih dan saya selalu jawab masih dalam proses penangangan, tapi trus aja ttp ada yg tlp dan ganti ganti orang dan saya harus jawab kronologi dari awal sampe cape saya nanggapinya, jadi saya suka bilang masih dalam penanganan udha gitu aja

        • 27 Oktober 2020 - (19:04 WIB)
          Permalink

          2 jutaan mas
          shopee santai sekali, padahal saya sudah komplain berkali2
          saya sangat kecewa dengan penanganan shopee
          yg telpon mas tagih2 itu, dari pihak shopee?

          • 21 Maret 2021 - (15:36 WIB)
            Permalink

            Maaf mbak, aku juga kena kasus yg sama, apa mbak tetap bayar?

          • 1 Juni 2021 - (18:54 WIB)
            Permalink

            Apa tetap bayar mbak?

        • 14 November 2020 - (08:35 WIB)
          Permalink

          Perkenalkan, nama saya Izdihara Nur Khalisha, Mahasiswa S1 Fakultas Hukum salah satu universitas di Yogyakarta. Saat ini, Saya sedang mengambil penulisan hukum (skripsi) dan mengangkat tema perlindungan hukum bagi konsumen atas transaksi yang timbul akibat adanya peretasan akun marketplace.

          Berkenaan dengan hal tsb, Apakah sekiranya Saudara bersedia untuk menjadi narasumber skripsi saya? identitas dapat Saya samarkan apabila Saudara keberatan untuk diketahui diketahui identitas aslinya.

          mohon responnya, terima kasih.

          • 6 Februari 2021 - (15:23 WIB)
            Permalink

            Bagaimana sekarang mba apa sudah selesai masalahnya? Saya juga sedang mengalami

          • 8 Februari 2021 - (17:14 WIB)
            Permalink

            Sekarang gimana mba? Jdi mba yang harus bayar?

          • 14 Februari 2021 - (01:06 WIB)
            Permalink

            Bagaimana sekarang mba, apa sudah ad titik terang dari shopee, saya juga mengalami hal yg sama dengan nominal yg sama pula sama mbk

          • 9 Maret 2021 - (08:16 WIB)
            Permalink

            Mba aku juga sama Spinjam aku dipake 7,5jt . Yg tagihan perbulannya 4,049,000 ?
            Mba gimana kelanjutannya ?
            Mba DM ig saya ya @lisdianadesrirhy kita sharing mba , aku bingung bgt harus gmna , mana pihak shopee gada keringanan bgt lagi

          • 10 Maret 2021 - (19:36 WIB)
            Permalink

            Terus gimana apa sudah ada titik terang nya dsn apa KK membayar tagihan itu

          • 10 Maret 2021 - (19:37 WIB)
            Permalink

            Haii gimana apa sudah ada titik terang nya.

          • 10 Maret 2021 - (20:31 WIB)
            Permalink

            Saya juga baru kena, akhir februari, 5,2 juta, apakah mbaknya membayarkan atau tidak ya? Saya menghubungi shopee dan dibalas semua tagihan tetap ditagihkan kepada pemilik akun begitu, padahal saya tidak tahu kemana perginya uang pinjaman itu

          • 25 April 2021 - (20:50 WIB)
            Permalink

            Kak gmn kelanjutan nya ?

          • 21 April 2022 - (20:56 WIB)
            Permalink

            Kalau Saya tak biarkan saja Mba, dan Saya kecewa sampai saat ini menggunakan Shopee, jadi Saya udah ngga pakai lagi, karena sudah muak, diterror terus, padahal juga bukan Saya yang gunain duitnya, sepeserpun engga, kan bangke bgtt ah.

      • 26 Maret 2021 - (19:24 WIB)
        Permalink

        Ayo semaunya kita bkin petisi untuk meminta tanggung jawab keamanan data kita ke shopee, semoga jika petisi ini viral, semua korban bisa mengeluarkan suaranya, dan pengguna yg masih beruntung bisa lebih hati hati

    • 13 Oktober 2020 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Iya mas dan rek bri saya juga kan dibobol emang teledor saya karna kasih otp bri tapi kalaupun saya ga kasih pasti pelaku bisa membelanjakan akun shopeepay saya dan paylaternya karena semua ada limitnya dan lumayan besar karna biasa saya pakai untuk modal jualan dan ga pernah telat bayar

  • 13 Oktober 2020 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Jadi kalo dari awal ngga ngegubris calon pembobol Shopee yg ngaku sebagai admin Shopee mungkin masih bisa selamat ya?
    Garis kerasnya nih, jangan percaya kalo ada org tlp ngaku sbg admin Shopee walaupun dia tau semua track record transaksi kita.

    • 13 Oktober 2020 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan ga selamat mba karna posisinya hacker sudah bisa akses Akun saya dan disitu ada shopee pay, shopee pay later, shopee pinjam saya yang mana bisa saja dia belanjakan sepuasnya mba, mungkin pelaku menelpon karna ingin membobol juga rek bri saya mba, pikirnya kali aja berhasil, tapi alhamdulillah nya rek saya memang jarang saya tabung hanya utk transaksi selewat saja

    • 27 November 2020 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Ternyata banyak yg sama kejadian di bobol penipu Shopee mediasi Shopee dan itikad Shopee ga ada yg ada ribet uang ga kembali janji2 Shopee nol besar…. Pasrah jadinya walau nilai uang hampir 2jt hangus…. Sekarang saya mah udah non aktip di Shopee takut rugi lagi….

  • 13 Oktober 2020 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Harga SIM Card untuk kartu perdana rencananya mau kembali dibikin mahal seperti di era 2000-an awal saat telekomunikasi seluler baru berkembang. Apa alasan SIM Card dibanderol jadi Rp 100 ribu?

    Yang menjadi alasan harga SIM card naik jadi Rp 100 ribu tak lain karena selama ini harga kartu perdana dijual terlalu murah. Harga pasaran terendah ada yang dijual Rp 2000, atau bahkan gratis.

    Sehingga kadang orang ada yang mudah saling ganggu dan habis itu dibuang. Akibatnya, penomoran yang harusnya sumber daya terbatas jadi boros di operator.

    Selain itu, harga kartu perdana yang murah diiringi bonus jor-joran dari operator, membuat SIM Card sering kali dijadikan alat untuk promosi dan cenderung mengarah spamming. Misalnya, SMS tentang penawaran kredit tanpa agunan (KTA) yang sering tak diinginkan di inbox ponsel pelanggan.

    Bahkan yg lebih parah dan lebih sering terjadi adalah harga kartu perdana yg murah sering dimanfaatkan oleh para penipu untuk menipu korban-korbannya.

    Andaikan harga SIM Card untuk kartu perdana menjadi Rp 100rb, maka para penipu akan keluar modal yg tidak sedikit hanya untuk beli kartu perdana saja.

    • 13 Oktober 2020 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Jangan salahkan harga kartu perdana yang murah…siera Jokowi presiden periode pertama Menkominfo Rudiantara jg bilang pengaktifan kartu perdana harus pakai daftar dengan NIK dan nomor KK tujuannya agar penipuan dengan hp dapat hilang semua…. tapi nyatanya di periode ke 2 Jokowi masih gini kok… jadi intinya bukan dengan daftar kartu perdana atau harga kartu yg dibuat mahal… tapi penegak hukumnya yang dibenahi…sebab walaupun jangkauan hp cuma 1 RT dan penipunya di depan mata kalau polisinya bobrok ya tetap saja bebas…

      • 6 November 2020 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Ini yg salah yg punya akun .. nuruti tlp org gak di knal .. kasih OTP .. kasi pasword gmail .. knp jokowi di bawa2 …

  • 13 Oktober 2020 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Kalau dipikir itu salah shopee.
    Bukan. Itu salah Anda.
    Diauruh transfer mau, disuruh mencet kode otp mau.
    Mau secanggih apapun sistem kalau penggunanya sperti Anda ya tetep aja jebol.
    Sebelum menyalahkan sistem, salahkan diri anda sendiri dulu

    6
    3
    • 13 Oktober 2020 - (17:42 WIB)
      Permalink

      Pasti ada aja yg comment gini, kalau misal tu yang diambil uang saya dari bri saya ga akan nuntut apa apa karna itu salah saya kasih kode otp bri, tapi ini sebelum saya kasih kode apa apa hacker sudah menyalahgunakan akun saya, kalau posisi akun gmail saya dan akun bri saya ga kena bobol, saya tetap rugi karna pelaku sudah transfer shopee pinjam saya ke rekening saya dan pasti saya akan kena bunga tiap bulan dan itu bunga sampe ratusan ribu per bulan, pikir baik baik bro. Skrg aja tagihan udah 3.5 juta. Situ kalo akun dihack dan disalahgunakan baru kerasa. Urusan saya bukan sama anda ya. Terima kasih

      • 13 Oktober 2020 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Besar kemungkinan dia bisa akses ke akun shopee mbak mngkin karna mbak pernah klik tautan atau login ke link phising yg dikirim pelaku, biasanya sama persis sperti aslinya.

        • 13 Oktober 2020 - (20:38 WIB)
          Permalink

          Nah harusnya kan ada sebab kenapa si hacker ini sukses membobol akun Shopee ts, entah karena ts klik link produk yg ternyata link phising atau gimana gitu.

        • 13 Oktober 2020 - (21:37 WIB)
          Permalink

          Tidak pernah sama sekali, semua normal aja kalau saya merasa ada yang aneh dg klik link link saya ga akan nulis disini karna pasti itu salah saya, tapi alhamdulillah pihak shopee sudah menghubungi saya dan jawabannya yang saya utarakan benar adanya. Tetapi masih ttp sama tunggu saja nanti akan dibantu sampai tuntas. Bagi yang mengalami hal yang sama dengan saya dan belum ada jawaban ikhtiar dulu saja untuk tulis di media konsumen ini. Semoga membantu sedikit pencerahan buat kalian ya. Terima kasih media konsumen. Terima kasih juga shopee, saya hargai usahanya langsung menelpon saya walau masih belum menemukan solusinya.

      • 13 Oktober 2020 - (23:10 WIB)
        Permalink

        Aduuuh innalillahi ada korban lagi di Shopee, mudah2an ada solusi dan itikad baik dari Shopee karena dah banyak yg telah dirugikan termasuk saya sendiri kena tipu hampir 2jt tepatnya 1.594.800,- walau solusi Shopee ga mengenakan udah di buat pusing juga sama Shopee berbagai aturan udah di ikuti tp yg kembali hanya tidak lebih dari 200rb… Tp ga pa2 lah skrg mah saya udah tidak pakai Shopee lagi udah kecewa… Tp saya berharap kejadian yg menimpa mba bisa ditangani bijak sama Shopee bisa diganti semua… Amiin

        • 15 Oktober 2020 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Iya mas semoga aja, sampe skrg pun shopee blm ada jawaban apakah memang saya yang harus bayar semua atau saya bisa terbebas dari tagihan itu, kalaupun saya harus bayar gpp saya bayar, tapi saya minta kejelasan nya dan saya minta tanggung jawabnya walau sekedar menyelidiki pelaku karna kan saya sudah melaporkan alamat pelaku yang masih ada di akun shopee saya ke shopee. Bener mas saya juga kapok pakai shopee. Sampai skrg saya diteror dari yang nagih lah dari yang bilang saya dpt hadiah lagi lah. Intinya saya itu gamau ada beban masalah yg belum clear. Mohon untuk segera diselesaikan pihak shopee mohon jawabannya segera.

          • 15 Oktober 2020 - (10:00 WIB)
            Permalink

            Iya amiin mudah2an Shopee bisa ber itikad baik mau bertanggungjawab… Amiin

        • 15 Desember 2020 - (23:20 WIB)
          Permalink

          Kalau di ATM saya tidak ada saldo nya.terus dia bilang saya untuk menyuruh buka aplikasi shopee dan menyebutkan data akun saya semua dan saya menjadi yakin kalau ini dari pihak shopee dan tau riwayat belanja saya,dan saya masih mamber clasic.tau semua..trs di suruh klik akun saya yang di atas pojok ada tulisan dapat voucher 1 juta dengan syarat pengisian 20% saya tnyk 20% berapah..dia bilang harus ada saldo 200.000 yang akan nanti nya kembali ke rekening says menjadi 1.200.000.saya jadi percaya dan masukkin saldo shopee pay 200.000 di Alfamart..terus saya kembali ke Atm
          melihat saldo saya apakah nambah nggak dan sempat pelaku penipu itu bilang bismillah semoga segera di proseskan.sampai d suruh nggak blh matikan hp sampe di Atm..tapi saya matikan sampe Atm saya tlp lg saya cek di Atm mandiri,tak pkir sama ja semua ATM klo buat liat saldo aja nggak masalah..tp dia minta aq untuk di ATM BNI yg sama sprti rek ku.krn mncari virtual account di ATM BNI..sesampai nya saya mncari dan ketemu ATM BNI lalu saya buka lg liat rek saya sama ja blm ada saldo masuk..lalu pelaku itu minta saya buka sama telpon untuk di arahkan ke menu transfer,virtual account,ketik 0877 lnjut nmr hp saya,saya klik 2x karna saya kurang paham sama virtual account saya turutin RP.juga di suruh ketik 12345 sampe sini says mulai curiga(nggak nyambung)saya pikir dr pihak shopee karena saya tidak ada saldo di rekening saya jd imbas nya saldopay saya yang di kuras habis dan untuk menyambung nya kata nya hrs cantumin transfer nomer hp saya..bru klik 2x trs pelaku penipu itu mematikan tlp nya,tidak mengaktifkan lg tlp nya dan fto profil di WA juga di hapus..saat tau itu Astagfirloaladzim..saya di tipuu..menangis sedih hati ini..apalagi hampir 1 jam saya kluar memproses kan ini yg saya pkir bisa pulang bawa uang 1jt ternyata Zonk.sedih sekali..apalagi saat saya pergi,saya ninggalin bayi saya yg masih 1 tahun saya belum kasih sarapan..mau saya dulang.gegara penipu yg pinter membohongi saya yg saya bisa tega meninggalkan bayi saya yg belum makan pagi.pulang rasa ne hati ini sungguh memilukan karna kecerobohan yg langsung mempercaya i..sekarang saya sudah nggak pake shopee lg..trauma takut ada sindikat yg tidak baik meng atas nmakan shopee.walau sudah ngalamin..penipu psti masih punya banyak akal untuk membodohi orang yg punya aplikasi shopee.minta tlng untuk Shopee kenapa kok penipu bisa melacak dan membobol shopee pay..yg benar-benar tidak pernah saya bayangkan.

          • 16 Desember 2020 - (08:36 WIB)
            Permalink

            Kejadiannya persis sama seperti saya, saya juga melayang hampir 2jt tepatnya 1.594.000 plus dana yg di Shopee pay 300rbuan disedot juga pihak Shopee mediasinya ribet dan tidak jelas serta berbelit2 ujung2nya bilang kata Shopee dianggap selesai padahal ga ada balik sepeserpun… Saya juga udah ga pakai Shopee lg sangat kecewa banget

  • 13 Oktober 2020 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, sebaiknya harus berpikir logis, gis, giiis
    Apakah semua pembeli akan ditelpon satu persatu oleh pihak Shopee? Helloo, Kerajinan amat kan? Ribuan orang lho. Kecuali kalau ada pengumuman pemenang dan kita salah satunya baru kita ditelpon. Nggak ada ujan nggak ada angin dibilang dapat hadiah Anda sudah berbunga bunga.
    Ingat iklan AXE, kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.
    Kalau dia tahu hal hal terkait Account anda di Shopee, bukan berarti dia orang Shopee /mewakili Shopee.
    Anda membeli sesuatu, Seller jadi tahu Siapa nama Anda dan beberapa data tentang anda: Anda bayar dengan cara apa (Shopee Pay atau OVO atau Gopay dll) , Nomor HP, Alamat (tujuan), bahkan barang apa yang anda beli. Lalu dengan ini anda percaya penelpon itu orang nya Shopee? Lalu anda mulai menambahkan data data yang lebih penting terkait kerahasiaan data anda dengan menjawab pertanyaan atau melakukan apa yang diminta. Woww! Aku terkejut!
    Tapi sudahlah, semua sudah terjadi. Berharap dan berdoa, semoga semua bisa terselesaikan dengan baik.

    4
    1
    • 13 Oktober 2020 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Mas sepintar tupai melompat pasti ada jatuh juga seperti hal nya orang sepinta2 orang seteliti2 pun pasti ada salahnya. Jadi baiknya ga mesti dipojokan disalahkan juga, ada waktu seseorang naas kata orang tua mah… Jd alangkah baiknya kita beri suport semoga ada kebaikan dari manapun dan moga ada hikmah dibalik kerugian tiap orang. Saya pun sekarang mah yach mesti gimana lagi… Moga kita saling mengerti ya mas

    • 29 Oktober 2020 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Ini si TS itu bebal mas. Ngga mau ngaku salah. Pokoknya ini salahnya shopee haha.. susah ngajak ngmong sama org model begini.

  • 14 Oktober 2020 - (00:38 WIB)
    Permalink

    Tanggal 5 oktober kemaren saya juga sama ada yg nlp dari sophee
    Yg jadi anehnya dia tlp via wa
    Nanya2 apa ajah yg ada di sophee me
    Yg gak saya sebutin sophee pay latter nya
    Dia juga bilang dapet duit 3 juta mau di kirim ke rekening apa sophee pay, saya bilang ke sophee pay
    Gak lama sms muncul dari MOKA
    dia minta kode OTP
    daya jawab gak ada sms masuk dari sophee
    Dia ngotot kekeh ada
    Saya balikin lagi ada sms dari MOKA bukan dari sophee
    Nah si penipu bilang iy itu
    Langsung saya tegasin.
    Kalau mau nipu ya nipu kalau emang bener dapet knp minta otp dah gitu itu sms kan bukan dari sophee
    Si penipu langsung tutup tlp

    Saran ajah buat ibu/bapaknya
    Kan di sms udah ada keterangannya jangan berikan kode kesiapapun termasuk karyawan sophee nya.

    • 15 Oktober 2020 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Nahh sama banget nih sama saya,,sampe saya record pas udh tau ada indikasi nipu,langsung saya upload di YouTube,berikut nomer penelpon..persis sama alur modus nipunya bgini

  • 14 Oktober 2020 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya modus penipuan seperti yang diceritakan diatas udah banyak sekali menelan korban, sudah banyak pengakuan dan himbauan. Namun sepertinya otak mental penjahat yang sudah mengakar memang sulit dihilangkan, alhasil setiap hari berburu korban2 baru.
    Saya turut prihatin atas kejadian yang menimpa korban, dan bisa dijadikan pengalaman untuk semua pengguna Aplikasi Shopee,BL,Lazada,Tokped dll kedepannya, harap selalu berhati2 dan benar2 waspada dengan modus2 yg hanya begitu2 saja (telfon, dpt undian, uang tunai, kode otp / rekening) jika sudah menjurus ke pertanyaan itu HARAP DITUTUP!!! ITU PENIPUAN!!!

  • 29 Oktober 2020 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Kalau udah kena tipu yang disalahkan online shop, padahal salah sendiri, tergiur harga murah atau iming-iming hadiah dari penipu sehingga dengan sukarela atau terpaksa memberikan kode OTP kepada pelaku atau meng-klik link phising dari penipu.

    Sistem keamanan e-commerce (Shopee, Toped, Lazada, dll) itu sudah canggih, tidak mudah dibobol oleh hacker. Yang belum canggih itu segelintir pengguna, yang gampang tergiur dan percaya sama penipu.

    Pertanyaannya, jika sistem keamanan e-commerce itu lemah, kenapa penipu gak langsung bobol Shopee? Kenapa penipu menghubungi korban? Kenapa penipu repot-repot meminta OTP, mengirim link phising dan sebagainya? Jika sistem e-commerce lemah, kenapa penipu ga langsung bobol situs e-commerce dan mengambil semua akun pengguna?

    Kasus penipuan online terjadi karena kesalahan pengguna, bukan salah e-commerce!

  • 6 November 2020 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Mas saya juga kena tipu gini. Tapi nominalnya 100k aja alhamdulillah gak separah masnya. Nahh dia kan nelponin saya ni. Kadang jug nelpon di whatsapp. Sedangkan mas bilang, hp kita itu diretas jg sama dia. Kira2 itu ngaruh ke saya juga ga mas? Whatsapp saya kira2 bisa kena hack gak? 🙁

  • 7 November 2020 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Sama tadi siang 06 november juga ada yang menelpon bilang dari shope pake no 02150667079 bukan no hp,dan bilang saya dapat 1,5 jt saya gak percaya dan bilang hadiahnya buat masnya aja..anehnya udah ada sms kalau ada upaya terdeksi percobaan masuk akun.dan dia juga tau lho shopee ku ada tokonya.padahal saya gak ngasih kode otp dan setelah itu ada sms struk belanja MOKA 1,5 jt trus ada linknya juga..mau saya pencet linknya juga takut diretas,trus saya buka dihp lain isinya kayak kuitansi pembayaran gitu…tapi saya cek shopee saya masi aman karena saya jg ga pernah nyimpan saldo shopepay banyak,takutnya dipakai buat paylater.kalau tanya shopee si katanya masi aman.tapi masi ada deg deg an,kayaknya ini modus baru ya?

  • 7 Februari 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    pada 7 februari 2021 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

    Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 2 juta rupiah, dia bertanya hadiah mau dikirim via bank atau shopee pay. Saya bilang via bank karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

    Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 1 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku meminta saya untuk membayar briva dengan atau atas nama no hp saya di shopee pay.

    Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol shopee, pelaku sudah mentransfer uang 1 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

    Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama saya cek saldo shopee pinjam ternyata sudah mengajukan pinjaman sebesar 1.100.000 dan mendapatkan notifikasi shopepay di transfer ke krisna.

    • 15 Februari 2021 - (06:18 WIB)
      Permalink

      saya pas tgl 9 juga kena tipu, saya boleh minta nomor wa kalian yang sudah menjadi korban atau apaun yang bisa dihubungi tidak ya,yang kejadianya masih baru baru ini (dibulan januari-febuari)

      saya mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba/mas,kemarin saya jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5jt,saya disuruh cari saksi dan mau cari saksi lain biar kasus ini ditindak lanjuti.

      minimal kalau uang kita gabisa kembali,ya pelakunya bisa ditangkap,karena udah meresahkan banget dan emang udah banyak korbanya

      kalo mb/mas mau jadi saksi saya sangat bertrimakasih

    • 6 Maret 2021 - (00:56 WIB)
      Permalink

      Permisi
      Ini berlaku juga untuk yang kena penipuan shopee pinjam tidak ya?? Uang saya tidak terkuras, tapi, ada tagihan shopee pinjam di akun saya padahal saya tidak melakukan pinjaman yang menyebabkan uang saya akan terkuras nanti saat deadline pembayaran.

  • 15 Februari 2021 - (05:56 WIB)
    Permalink

    saya pas tgl 9 juga kena tipu, saya boleh minta nomor wa kalian yang sudah menjadi korban atau apaun yang bisa dihubungi tidak ya,yang kejadianya masih baru baru ini (dibulan januari-febuari)

    saya mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba/mas,kemarin saya jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5jt,saya disuruh cari saksi dan mau cari saksi lain biar kasus ini ditindak lanjuti.

    minimal kalau uang kita gabisa kembali,ya pelakunya bisa ditangkap,karena udah meresahkan banget dan emang udah banyak korbanya

    kalo mb/mas mau jadi saksi saya sangat bertrimakasih

  • 9 Maret 2021 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Sy juga kena 5,5 jt dan shopee ttp mewajibkan harus membyar krna dgn alasan ini kslahan krna memberi kode otp,
    Sy mau tanya klo sampai tagihan itu tidak dibayar gimana ya?
    Sekarang uang sgtu sy juga baru hamil besar persiapan bwt lahiran tp mlah kena tipu

    • 10 Maret 2021 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Sama, mbak, ya Allah, saya juga kena segitu, padahal saya cuma anak kuliahan yang belum kerja, nggak mungkin minta ortu karena buat bayar spp aja susah, saya pusing sekali

    • 6 November 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena malahan saya besar 7juta dan saya harus di tlpn terus pihak spinjam saya ga byar karna uang saya juga ledis ini suruh myar udah berbunga besar lagi pkonya sedih bgt

  • 18 Maret 2021 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin jam 5 sore juga baru kena tipu katanya dapat hadiah dari shoppe pay 2 juta.. Tapi disuruh mengosongkan spinjam dan dikirim ke bank BNI 1345 shoppee tulisannya.. Sehingga si spinjam saya ada tagihan. Saya langsung sadar kena tipu jadi saya langsung melaporkan untuk pembatalan spinjam saya. Sampai hari ini saya juga belum tau apakah spinjam saya sudah bisa dibatalkan. Karena disuruh menunggu tiga hari, nanti ada konfirmasi lewat email. Kenapa shoppe aplikasi besar akun konsumen bisa kena hack. Dan sudah banyak yang tertipu. Mohon untuk shoppe segera bertindak biar konsumen tidak dirugikan

  • 18 Maret 2021 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Kemarin tanggal 17 Maret 2021 saya kena tipu yg mengatasnamakan Shopee pelaku mengetahui data akun saya saya pikir benar dr shopee untuk selanjutnya dia mengarahkan saya untuk mencairkan casback sebesar 3 jt ke rekening bca saya setelah saya memberikan nomor kartu dan otp saya baru sadar pelaku mencairkan dana SPinjam di rekening saya dan langsung dipindahkan ke akun pelaku. Saya sudah lapor call center bca untuk blokir kartu saya, saya lapor shopee kejadian ini tp tetap saja saya yg harus membayar tagihan. Saya sangat kecewa sekali dg keamanan shopee yg sangat lemah bisa di hack oleh oknum yg tidak bertanggungjawab. Saya gak peduli dg tagihan tersebut karna dr pihak shopee tidak ada kebijakan ataupun solusi yg baik.

    • 6 November 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      Iya bner saya juga kecewa pihak shopee cuman membantu blokir shopeepay saya klnjutanya kita ttep harus byar shopee ketat baru saat ini tahun kmriin mh ga ketat coba dari dulu kya gnii yang saya herankan kenpa si penipu itu atau identitas kita kan aneh spintas saya pikir apakah ini permainan orang dalam

  • 20 Maret 2021 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Hai kaka nama saya shilvani, hal yang kaka alami sama sekali dengan saya, saya masih pelajar kelas 3 Sma di salah satu Sma di kab. Bandung, 1 minggu yg lalu kejadian yang kaka alami, saya alami juga sampe hari ini belom ada kepasti yang pasti, spinjam saya di tarik 1,5juta oleh pelaku, awalnya saya di wa dan akhirnya di telpon salah satu org, awalnya saya gak mau cuman entah kenapa saya ikut arahan, karena oa tau data² saya, org tersebut menyuruh saya melusai shopeelater unguk dapat hadiah tersebut,hadiah cashback 3.3 fasion sale saya, saya bilang saya gk ada uang, mereka maksa yg telpon saya kira² 3 org dlm suaranya, saya gk mau spinjam sudah ke tarik 1,5jt email sama di hack penelepon memblok wa saya,shopee saya di pakai belaja, sekita 3jam akun saya ilang, pada akhirnya bisa, namun ada pesanan yg belom di bayar dan bukan atas nama saya, saya cancel, setelah itu bayak chat pedangan yg bertanya mengapa di cancel, saya berusa jelaskan, saya langsung chat shopee di suruh nunggu email 4 hari sudah berlalu tidak ada kepastian yang pasti bahka seminggu ini saya gk ada kepastian yg jelas, dan tagihan di spinjam jadi ada padahal saya gk pakai uang tersebut, menurut saya kebijakan dari shopee kurang soalnya balasan emailnya sama aja, gk ada solusi, di sini kita kena musibah, menanggung hutang yg sama sekali di pakai seperakpun engga
    Menanggu hutang yg entah di pakai buat apa
    Saya hanya seorang siswi SMA, 1,5juta hatus di bayar 2 bulan uang dari mana??? Uang jajan saya gk segitu, minta ortu?? Pengeluaran keluarga masih banyak, apalagi di masa pandemi gini, belom buat biaya saya kuliah
    Saya pusing mikirin hal ini, di sampinh saya jarus focus belajar buat utbk, saya berusaha, saya jual barang² milik pribadi saya, saya lakukan dgn terpaksa karena saya takut bunganya makin tinggi, saya akan makin pusing, saya gk berani cerita ke ortu saya saya takut, dan dalam waktu secepat ini entahlah uang 800k kekumpul atau gk, kepaksa saya kaya gni buat lunasin hutang, tapi hati kecil saya belom ikhlas, sampe detik ini uang itu belom ada, kalau sampe jatuh tempo entahlah

    Kaka spinjam nya di bayar gk??

    Salam hangat

  • 24 Maret 2021 - (08:33 WIB)
    Permalink

    saya jg mngalami hal yg sama.skrg akun shopee saya di bekukan dan akun tsb di ambil alih oleh penipu..sayangnya sblum pihak shopee membekukan akun saya tsb.pelaku sdh lbh dlu mengambil limit spaylater saya,dan skrg saya di bebankan tagihan spaylater oleh pihak shopee sebesar 5,5

  • 26 Maret 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum semuanya, setelah saya membaca komen2 teman teman semua, saya semakin merasa sakit hati, saya juga korban dari pihak yg mengatasnamakan shopee, kejadiannya pd tgl 23 maret kmrin, saya lagi dluar dan tiba2 ada tlfn ke wa tapi nomro nya bukan no ponsel, tapi sprti no tlfn, makanya saya sedikit percaya, lalu penipu tsb bilang saya dapet undian 2jt, dia tau nama saya, brpa lama saya punya akun shopee, lalu karna saya belum mengaktifkan Spinjam saya, saya disruh untuk mengaktifkan nya dlu, saya masih percaya karna dia tau saya blm pernah pakai Spinjam, dengan bodohnya saya aktifan spinjam, lalu di shopeepay saya ada pemberitahuan pending masuk saldo 2jt, saya smkin prcaya dan membuat saya senang, tapi karna ada kendala ktanya, dia menawarkan barang kpda saya, undiannya diganti dgn barang, yaitu hp, untuk saya yg memang sedang menabung uang untk beli hp jelas saya senang ketika tau akan dapat hp, apalagi di akun saya itu tiba2 udh ke check out 2 hp, berarti akun saya sudah diretas, lalu saya bayar hp tsb dgns spaylater saya, dan dia menjanjikan bahwa akun saya harus di perbarui dlu oleh pihak shopee supaya limit spaylater nya menjadi 0, saya sperti dihipnotis krna tidak sadar akan adanya penipuan, pdahal lagi dluar tapi saya mau menyempatkan untuk melayani dia dlu, malamnya saya lgsg sadar dan langsung melaporkan ke pihak shopee, alhamdulillah transaksi hp tsb oleh pihak shopee dibantu untuk dibatalkan, dan saya juga berusaha untuk menghubungi seller nyaa untuk membatalkan pesanan tsb, disitu saya sudah tenang, karena akun saya sudah dibanned dan pesanan pun sudah dibatalkan, per hari ini akun saya sudah balik lagi ke saya, pas saya cek Astagfirullah, org gila tsb transaksi spinjam saya sebesar limit yg diberikan shopee yaitu 5jt,saya stress bgt gatau harus bayar dari mana, saya mencoba menghubungi pihak shopee, tapi jawabannya selalu sama, bahwa selalu bentuk transaksi finansial adalah tanggung jawab pemilik akun, mohon bantuannya teman teman, saya harus sperti apa lagi???

    • 2 Juni 2021 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Tulisan mbak dan beberapa pengalaman disini persis yang terjadi pada saya malam tadi. Total kerugian saya 4,6jt. Mereka meretas akun shoppe saya melakukan belanja pulsa 1 jt menggunakan Spaylatter. Menguras spinjam saya 1,6jt dan sisanya saldo rek saya. Malam itu juga saya menelpon cs shoope melaporkan kasus dan melaporkan no tlp yang bersangkutan. Pihak cs membekukan akun saya. Dan sampai sekarang saya masih harus menunggu 1-3 hari kerja, mereka hanya mengatakan tidak bisa menjajikan apapun. Saya tidak pake fasilitasnya, masa saya harus bayar. Solusi terbaiknya apa yh??? Apakah ada respon atau itikad baik dari pihak shoope?

  • 30 Maret 2021 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, pada tanggal 21 maret 2021 , dan di kedua akun saya Diajukan SPinjam. Dan nominalnya sangat besar bagi saya ? yang saya pikirkan kenapa saya sudah laporan ke pihak shoppe kalau akun saya di hack dan jangan mengAcc dalam bentuk apapun itu tapi kok setelah seminggu di nonaktifkan sya mendapatkan sms tagihan SPinjam yang tidak saya ketahui kemana uang itu. Sedangkan saya mengajukan pembatalan HP yang di beli si pelaku hack saja bisa di cancel karna akun di hack orang, tpi kok anehnya SPinjam itu bisa di cairkan. Kemarin saya sempat mutasi rek koran, dan saya dtg ke shoppe center di daerah jogja, bahwa saya bilang saya tidak mau membayarkan tagihan itu karna saya tidak merasa mengajukan SPinjam, dan saya juga lapor ke polres jadi sya tidak mendapatkan surat dr kepolisian karna saya belum mengalami kerugian, dan saya hanya disarankan dari kepolisian di suruh tidak usah membayarkan tagihan itu. Karna sudah jelas akun dihack kok ada pengajuan seperti itu bisa dicairkan dengan mudah ?

  • 8 April 2021 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Persis yg saya alami tgl 7april2021 saya di tlfon dr shope say LG gak fokus krna saya lg gantiin baju anak saya… Katny say dpt vocher 2jt dan saya suruh buka akun shope saya dan di suruh buka akun saya lalu msuk ke chat ada vocher 2jt itu benran ada tlisaya dan dia tau almt,lalu pembelanjaan saya sisa limit shopepaylater ,tau saldo shopepay saya masih 220rb saya ..dan bodohnya say Percy krna tau semua data saya… Ke kan saya percya Kl itu bner shope…dan jika saya trfr 300rb dana yg 2jt itu akan masuk ke saldo shope saya… Tp saya belum sempat trfr yg 300rb itu…lalu saya di suruh aktifin spinjam say krna mmg blm pernah aku aktifin itu…tp ktya kl sdh di aktifin uang 2jt nya akan cair ke shopepay saya…. Sudah saya aktifin dan tanpa saya sadari si penipu itu suruh masukan kode otp nya itu… Dan saya masih di tunggu saya di suruh trfr yg 300rb tp saya gak percaya lgsung saja say chat shope sblm ak knk tipu gitu..tp tangepan shope ya begitulah responya kurg cpt dan bikin bgg saya….shrusnya kl say sudah lapor sblm uang spinjman saya dan saldo saya di ambil kan saya sudah lapor Dolo KL itu saya di tipu tp setelah brp menit kemudian saya bnyak chat sama shope keburu di ambil uang saya yg 220 sama uang pengembalia dana saya kena saya lg order Payet 58rb Sam kipas angin..untung kipas aginya msih bsa di slmtkan yg pgmblian dananya Payet nya gak bisa di slmtkan lguang ikut di ambil juga…pdhl sya lgi chat sama shopi knp akun saya uang saya bisa di ambil,sama spinjman saya di ambil 500rb…saya tkut krna masih ada sisa 4.5jt di shope tkutya penippu itu lebi pintar dan masih ambil uangya untuk pinjam uang nya lagi tp saya sudah lapor ke shope akun saya di batasi/dibekukn semoga sudah aman… Tp uang saya sudah di ambil 285 sama 500rb di spinjman… Dan say sudah bnyak baca perckpn di sini mustahil uagnya bakal kembali..dan hrus bayr tagihanay…uang segitu juga berhrga bagi saya..dan saya ikut sedih yg kena spinjmnya Ampe banyak bgitu ngbygin tkt byrnya kena bukan ulah kita yg meminjam suruh kita yg byr… Jntugku berdetak kncanng,lemas semu seluruh tubuhku setelah tau saya di tipu….aku hanya bisa ikhlas dan sbr semoga Allah mngnti yg lebih LG…

  • 10 April 2021 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Pukul 15.05 saya dapat pemberitahuan dari nomer tlfn yang mengatasnamakan dari kantor shopee,memberitahukan bahwa saya mendapatkan cashbak sebesar 2jt,kemudian menanyakan kpd saya apa dana mau di transfer ke shopee pay atau ke rekening bank,saya jawab ke shopee pay saja,namun katanya karena shopepay belum dipake selama 2hr jadi saya diminta untuk pengalihan ke rekening saja,saya ke atm bni sesuai arahan dari penelfon,dikarenakan saldo di atm bni tidak ada saldo maka penelfon meminta rekening lain,saya diminta untuk menransfer yg dibilang oleh pihak penelfon bukan nominal namun kode,sebanyak 2x, yg pertama 1.234.567 yg kedua 228.213 kemudian penelfon mengatakan bahwa untuk pencairan maka harus melunasi pinjaman shopee saya sebesar 450rb,awal saya diminta untuk trf ke shopeepay saya,namun ternyata tidak bisa krn shopee saya invalid data,kemudian diarahkan untuk trf ke top indopay atas nama windarsih melalui aplikasi nice pay,ketika sudah selesai kata penelfon krn rek btn saya ada auto grab/pemotongan otomatis tiap bulan dari bank maka minta untuk dialihkan ke rek lain,saya diminta untuk mengisi rekening bni saya sejumlah 270rb dengan alasan dana akan ditransfer jika saldo di rekening memenuhi syarat minimal dari shopee,disitu saya tidak melakukan transfer namun dengan kondisi tlfn masih terhubung saya lari ke polsek untuk mengadu,dipolsek saya ceritakan dan serahkan hp saya ke petugas dan petugas melakukan komunikasi dengan pihak penelpon/penipu,setelah itu saya di arahkan untuk melakukan laporan ke polres,saya sudah buat laporan ke polisi,cuma ga tau dari kepolisian apa masih didalami atau tidak kasusnya
    Setelah akun dibekukan 3 hari saya buka sudah ada pinjaman 1,5jt,udah ilang 2jt masih tambah utang 1,5jt,lucunya lagi pihak shopee waktu saya minta nomer rekening yg ditransfer pinjaman tersebut pihak shopee ga mau ngasih dengan alasan itu hak pihak berwajib untuk menanyakan bukan hak korban aneh kaya ada yg disembunyiin

  • 13 April 2021 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Sayya juga kejadian 11 april 2021. Kronologinya sama. Tapi yang saya beri OTP bank. Uang yang di bank juga hilang. Di tambah punya shope pinjam. Gimana ya pihak shopee kog bisa gitu.? Apa ada hubunganya sama penipu.? Apk sudah besertifikat udah di minati malah gini. Pengguna kecewa berat. Tolong sulusinya kawan sesama jadi korban.
    Bila di terusin mungkin pengguna apk shope bisa uninstal apk shope

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 210 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee P…

oleh Umma dibaca dalam: 3 menit
210