Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamu’alaikum,

Saya Utami, dengan akun Shopee: utamirahayu94. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada September 2020 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya sebesar 1 juta dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 3 juta tersebut. Akan tetapi saya tidak mau, karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 3 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku mencoba masuk gmail saya dan mengaku bahwa dia sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BRI dan saya harus memberikan akun gmail saya untuk dikelola oleh pihak BRI.

Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang 3 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama ada SMS banking bahwa uang 3 juta sudah ditransfer ke nomor OVO. Setelah itu hp saya mati karena sudah direset oleh pelaku.

Saya langsung menghubungi pihak BRI untuk memblokir akun saya dan pihak BRI memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BRI memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO, tapi tidak ada jawaban pula dari pihak OVO. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi, jadi saya hanya membetulkan hp saya yang direset.

Tak lama saya mencoba masuk ke Shopee untuk mengecek akun Shopee saya dan ternyata sudah dibekukan oleh pihak Shopee sebelum saya menanyakan masalah ini ke pihak Shopee. Saya mencoba menelpon CS Shopee tapi sedang sibuk.

Saya login ke akun Shopee lain dan chat ke Shopee untuk dibantu mengaktifkan kembali akun Shopee saya. Lalu akun Shopee saya aktif kembali. Saat saya login, dan ternyata kemarin tanggal 11 Oktober tiba-tiba ada tagihan Shopee Pinjam sebesar 3 juta. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak berhenti di situ, saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon dan kirim email, saya chat ke Instagram dan Twitter belum ada jawaban.

Tagihan saya terus menumpuk karena terlambat bayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee untuk masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir-pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun saya tidak terkena bobol gmail dan BRI mobile pasti Shopee Pay, Shopee PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas?

Bukan saya saja yang sudah alami tetapi sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Kalian berjaya juga karena konsumen. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Semoga setelah saya menulis ini ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Utami Budi Rahayu
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Assalamualaikum semuanya, setelah saya membaca komen2 teman teman semua, saya semakin merasa sakit hati, saya juga korban dari pihak yg mengatasnamakan shopee, kejadiannya pd tgl 23 maret kmrin, saya lagi dluar dan tiba2 ada tlfn ke wa tapi nomro nya bukan no ponsel, tapi sprti no tlfn, makanya saya sedikit percaya, lalu penipu tsb bilang saya dapet undian 2jt, dia tau nama saya, brpa lama saya punya akun shopee, lalu karna saya belum mengaktifkan Spinjam saya, saya disruh untuk mengaktifkan nya dlu, saya masih percaya karna dia tau saya blm pernah pakai Spinjam, dengan bodohnya saya aktifan spinjam, lalu di shopeepay saya ada pemberitahuan pending masuk saldo 2jt, saya smkin prcaya dan membuat saya senang, tapi karna ada kendala ktanya, dia menawarkan barang kpda saya, undiannya diganti dgn barang, yaitu hp, untuk saya yg memang sedang menabung uang untk beli hp jelas saya senang ketika tau akan dapat hp, apalagi di akun saya itu tiba2 udh ke check out 2 hp, berarti akun saya sudah diretas, lalu saya bayar hp tsb dgns spaylater saya, dan dia menjanjikan bahwa akun saya harus di perbarui dlu oleh pihak shopee supaya limit spaylater nya menjadi 0, saya sperti dihipnotis krna tidak sadar akan adanya penipuan, pdahal lagi dluar tapi saya mau menyempatkan untuk melayani dia dlu, malamnya saya lgsg sadar dan langsung melaporkan ke pihak shopee, alhamdulillah transaksi hp tsb oleh pihak shopee dibantu untuk dibatalkan, dan saya juga berusaha untuk menghubungi seller nyaa untuk membatalkan pesanan tsb, disitu saya sudah tenang, karena akun saya sudah dibanned dan pesanan pun sudah dibatalkan, per hari ini akun saya sudah balik lagi ke saya, pas saya cek Astagfirullah, org gila tsb transaksi spinjam saya sebesar limit yg diberikan shopee yaitu 5jt,saya stress bgt gatau harus bayar dari mana, saya mencoba menghubungi pihak shopee, tapi jawabannya selalu sama, bahwa selalu bentuk transaksi finansial adalah tanggung jawab pemilik akun, mohon bantuannya teman teman, saya harus sperti apa lagi😭😭😭

  • Saya juga mengalami hal yang sama, pada tanggal 21 maret 2021 , dan di kedua akun saya Diajukan SPinjam. Dan nominalnya sangat besar bagi saya 😭 yang saya pikirkan kenapa saya sudah laporan ke pihak shoppe kalau akun saya di hack dan jangan mengAcc dalam bentuk apapun itu tapi kok setelah seminggu di nonaktifkan sya mendapatkan sms tagihan SPinjam yang tidak saya ketahui kemana uang itu. Sedangkan saya mengajukan pembatalan HP yang di beli si pelaku hack saja bisa di cancel karna akun di hack orang, tpi kok anehnya SPinjam itu bisa di cairkan. Kemarin saya sempat mutasi rek koran, dan saya dtg ke shoppe center di daerah jogja, bahwa saya bilang saya tidak mau membayarkan tagihan itu karna saya tidak merasa mengajukan SPinjam, dan saya juga lapor ke polres jadi sya tidak mendapatkan surat dr kepolisian karna saya belum mengalami kerugian, dan saya hanya disarankan dari kepolisian di suruh tidak usah membayarkan tagihan itu. Karna sudah jelas akun dihack kok ada pengajuan seperti itu bisa dicairkan dengan mudah 😭

  • Persis yg saya alami tgl 7april2021 saya di tlfon dr shope say LG gak fokus krna saya lg gantiin baju anak saya... Katny say dpt vocher 2jt dan saya suruh buka akun shope saya dan di suruh buka akun saya lalu msuk ke chat ada vocher 2jt itu benran ada tlisaya dan dia tau almt,lalu pembelanjaan saya sisa limit shopepaylater ,tau saldo shopepay saya masih 220rb saya ..dan bodohnya say Percy krna tau semua data saya... Ke kan saya percya Kl itu bner shope...dan jika saya trfr 300rb dana yg 2jt itu akan masuk ke saldo shope saya... Tp saya belum sempat trfr yg 300rb itu...lalu saya di suruh aktifin spinjam say krna mmg blm pernah aku aktifin itu...tp ktya kl sdh di aktifin uang 2jt nya akan cair ke shopepay saya.... Sudah saya aktifin dan tanpa saya sadari si penipu itu suruh masukan kode otp nya itu... Dan saya masih di tunggu saya di suruh trfr yg 300rb tp saya gak percaya lgsung saja say chat shope sblm ak knk tipu gitu..tp tangepan shope ya begitulah responya kurg cpt dan bikin bgg saya....shrusnya kl say sudah lapor sblm uang spinjman saya dan saldo saya di ambil kan saya sudah lapor Dolo KL itu saya di tipu tp setelah brp menit kemudian saya bnyak chat sama shope keburu di ambil uang saya yg 220 sama uang pengembalia dana saya kena saya lg order Payet 58rb Sam kipas angin..untung kipas aginya msih bsa di slmtkan yg pgmblian dananya Payet nya gak bisa di slmtkan lguang ikut di ambil juga...pdhl sya lgi chat sama shopi knp akun saya uang saya bisa di ambil,sama spinjman saya di ambil 500rb...saya tkut krna masih ada sisa 4.5jt di shope tkutya penippu itu lebi pintar dan masih ambil uangya untuk pinjam uang nya lagi tp saya sudah lapor ke shope akun saya di batasi/dibekukn semoga sudah aman... Tp uang saya sudah di ambil 285 sama 500rb di spinjman... Dan say sudah bnyak baca perckpn di sini mustahil uagnya bakal kembali..dan hrus bayr tagihanay...uang segitu juga berhrga bagi saya..dan saya ikut sedih yg kena spinjmnya Ampe banyak bgitu ngbygin tkt byrnya kena bukan ulah kita yg meminjam suruh kita yg byr... Jntugku berdetak kncanng,lemas semu seluruh tubuhku setelah tau saya di tipu....aku hanya bisa ikhlas dan sbr semoga Allah mngnti yg lebih LG...

  • Pukul 15.05 saya dapat pemberitahuan dari nomer tlfn yang mengatasnamakan dari kantor shopee,memberitahukan bahwa saya mendapatkan cashbak sebesar 2jt,kemudian menanyakan kpd saya apa dana mau di transfer ke shopee pay atau ke rekening bank,saya jawab ke shopee pay saja,namun katanya karena shopepay belum dipake selama 2hr jadi saya diminta untuk pengalihan ke rekening saja,saya ke atm bni sesuai arahan dari penelfon,dikarenakan saldo di atm bni tidak ada saldo maka penelfon meminta rekening lain,saya diminta untuk menransfer yg dibilang oleh pihak penelfon bukan nominal namun kode,sebanyak 2x, yg pertama 1.234.567 yg kedua 228.213 kemudian penelfon mengatakan bahwa untuk pencairan maka harus melunasi pinjaman shopee saya sebesar 450rb,awal saya diminta untuk trf ke shopeepay saya,namun ternyata tidak bisa krn shopee saya invalid data,kemudian diarahkan untuk trf ke top indopay atas nama windarsih melalui aplikasi nice pay,ketika sudah selesai kata penelfon krn rek btn saya ada auto grab/pemotongan otomatis tiap bulan dari bank maka minta untuk dialihkan ke rek lain,saya diminta untuk mengisi rekening bni saya sejumlah 270rb dengan alasan dana akan ditransfer jika saldo di rekening memenuhi syarat minimal dari shopee,disitu saya tidak melakukan transfer namun dengan kondisi tlfn masih terhubung saya lari ke polsek untuk mengadu,dipolsek saya ceritakan dan serahkan hp saya ke petugas dan petugas melakukan komunikasi dengan pihak penelpon/penipu,setelah itu saya di arahkan untuk melakukan laporan ke polres,saya sudah buat laporan ke polisi,cuma ga tau dari kepolisian apa masih didalami atau tidak kasusnya
    Setelah akun dibekukan 3 hari saya buka sudah ada pinjaman 1,5jt,udah ilang 2jt masih tambah utang 1,5jt,lucunya lagi pihak shopee waktu saya minta nomer rekening yg ditransfer pinjaman tersebut pihak shopee ga mau ngasih dengan alasan itu hak pihak berwajib untuk menanyakan bukan hak korban aneh kaya ada yg disembunyiin

  • Sayya juga kejadian 11 april 2021. Kronologinya sama. Tapi yang saya beri OTP bank. Uang yang di bank juga hilang. Di tambah punya shope pinjam. Gimana ya pihak shopee kog bisa gitu.? Apa ada hubunganya sama penipu.? Apk sudah besertifikat udah di minati malah gini. Pengguna kecewa berat. Tolong sulusinya kawan sesama jadi korban.
    Bila di terusin mungkin pengguna apk shope bisa uninstal apk shope

  • saya juga kena tipu hari ini dan totalnya Rp. 11.250.000 😭😭😭😭😭😭
    saya sudah lapor ke pihak shopee tp hanya di tanggapi yg akun saya kena blokirnya saja
    perihal uangnya tidak ada tanggapan
    mba yg udah kena tipu apa tetap bayar spinjam itu?

  • Assalamualaikum saya juga kena tipu nih kak, saya dapat telpon dan wa atas nama shopee. Terus katanya saya dapat shopee pay 2 jt. Lalu saya dsuruh isi shopee pay dulu agar bisa masuk dananya sebesar 300rb. Dan akhirnya saya pun menuruti. Lalu saat dia minta no atm saya mulai curiga dan saya patikan hp. Lalu saya cek saldo shopee pay saya sudah kosong. Lalu saya ganti password akun, no akun saya dan telpon cs akhirnya shopee saya dibekukan. Tapi password shopee pay saya belum diganti dan shopee pay later saya belum di aktifkan juga. Apakah dengan hal itu saya sudah aman kak? Saya ikhlas jika yg hilang hanya 300rb. Tpi saya takut akun saya diretas dan dimanfaatkan dengan leboh lagi. Mohon solusi kak

  • Sistem shopee harusnya lebih tanggap dengan hal2 seperti ini karena sudah banyak korban yang terkena.

  • Saya jg terkena tipu dan akun saya diretas sama pihak tdk bertanggung jawab dan kronologinya kurang lbh spt mba diatas.dan skrg saya dihubungi terus menerus dr pihak spinjam.bolehkah qt sama2 bwt grup korban dr penipuan akibat peretasan akun agar dpt saling sharing apalagi keadaan saya org tdk punya yg tanpa tw menahu ada dana Spinjam 7,5 juta dan skrg dana yg hrs dibayar sdh hampir 9juta.

  • Apakah bapak ibu yg sudah terkena penipuan ini sudah ada yg dapat solusi yang memuaskan dari shopee,masalahnya saya tetep ditelfon untuk membayar pinjaman yg bukan saya lakukan,dan apesnya penipu itu menggunakan virtual account untuk transfer pinjaman tersebut,mohon pencerahannya apa bisa nomer virtual account dilacak supaya kita tahu pemiliknya?