Surat Pembaca

Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamu’alaikum,

Saya Utami, dengan akun Shopee: utamirahayu94. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada September 2020 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya sebesar 1 juta dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 3 juta tersebut. Akan tetapi saya tidak mau, karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 3 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku mencoba masuk gmail saya dan mengaku bahwa dia sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BRI dan saya harus memberikan akun gmail saya untuk dikelola oleh pihak BRI.

Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang 3 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama ada SMS banking bahwa uang 3 juta sudah ditransfer ke nomor OVO. Setelah itu hp saya mati karena sudah direset oleh pelaku.

Saya langsung menghubungi pihak BRI untuk memblokir akun saya dan pihak BRI memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BRI memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO, tapi tidak ada jawaban pula dari pihak OVO. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi, jadi saya hanya membetulkan hp saya yang direset.

Tak lama saya mencoba masuk ke Shopee untuk mengecek akun Shopee saya dan ternyata sudah dibekukan oleh pihak Shopee sebelum saya menanyakan masalah ini ke pihak Shopee. Saya mencoba menelpon CS Shopee tapi sedang sibuk.

Saya login ke akun Shopee lain dan chat ke Shopee untuk dibantu mengaktifkan kembali akun Shopee saya. Lalu akun Shopee saya aktif kembali. Saat saya login, dan ternyata kemarin tanggal 11 Oktober tiba-tiba ada tagihan Shopee Pinjam sebesar 3 juta. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak berhenti di situ, saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon dan kirim email, saya chat ke Instagram dan Twitter belum ada jawaban.

Tagihan saya terus menumpuk karena terlambat bayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee untuk masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir-pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun saya tidak terkena bobol gmail dan BRI mobile pasti Shopee Pay, Shopee PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas?

Bukan saya saja yang sudah alami tetapi sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Kalian berjaya juga karena konsumen. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Semoga setelah saya menulis ini ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Utami Budi Rahayu
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau udah kena tipu yang disalahkan online shop, padahal salah sendiri, tergiur harga murah atau iming-iming hadiah dari penipu sehingga dengan sukarela atau terpaksa memberikan kode OTP kepada pelaku atau meng-klik link phising dari penipu.

    Sistem keamanan e-commerce (Shopee, Toped, Lazada, dll) itu sudah canggih, tidak mudah dibobol oleh hacker. Yang belum canggih itu segelintir pengguna, yang gampang tergiur dan percaya sama penipu.

    Pertanyaannya, jika sistem keamanan e-commerce itu lemah, kenapa penipu gak langsung bobol Shopee? Kenapa penipu menghubungi korban? Kenapa penipu repot-repot meminta OTP, mengirim link phising dan sebagainya? Jika sistem e-commerce lemah, kenapa penipu ga langsung bobol situs e-commerce dan mengambil semua akun pengguna?

    Kasus penipuan online terjadi karena kesalahan pengguna, bukan salah e-commerce!

  • Mas saya juga kena tipu gini. Tapi nominalnya 100k aja alhamdulillah gak separah masnya. Nahh dia kan nelponin saya ni. Kadang jug nelpon di whatsapp. Sedangkan mas bilang, hp kita itu diretas jg sama dia. Kira2 itu ngaruh ke saya juga ga mas? Whatsapp saya kira2 bisa kena hack gak? :(

  • Sama tadi siang 06 november juga ada yang menelpon bilang dari shope pake no 02150667079 bukan no hp,dan bilang saya dapat 1,5 jt saya gak percaya dan bilang hadiahnya buat masnya aja..anehnya udah ada sms kalau ada upaya terdeksi percobaan masuk akun.dan dia juga tau lho shopee ku ada tokonya.padahal saya gak ngasih kode otp dan setelah itu ada sms struk belanja MOKA 1,5 jt trus ada linknya juga..mau saya pencet linknya juga takut diretas,trus saya buka dihp lain isinya kayak kuitansi pembayaran gitu...tapi saya cek shopee saya masi aman karena saya jg ga pernah nyimpan saldo shopepay banyak,takutnya dipakai buat paylater.kalau tanya shopee si katanya masi aman.tapi masi ada deg deg an,kayaknya ini modus baru ya?

  • pada 7 februari 2021 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

    Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 2 juta rupiah, dia bertanya hadiah mau dikirim via bank atau shopee pay. Saya bilang via bank karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

    Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 1 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku meminta saya untuk membayar briva dengan atau atas nama no hp saya di shopee pay.

    Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol shopee, pelaku sudah mentransfer uang 1 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

    Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama saya cek saldo shopee pinjam ternyata sudah mengajukan pinjaman sebesar 1.100.000 dan mendapatkan notifikasi shopepay di transfer ke krisna.

    • saya pas tgl 9 juga kena tipu, saya boleh minta nomor wa kalian yang sudah menjadi korban atau apaun yang bisa dihubungi tidak ya,yang kejadianya masih baru baru ini (dibulan januari-febuari)

      saya mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba/mas,kemarin saya jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5jt,saya disuruh cari saksi dan mau cari saksi lain biar kasus ini ditindak lanjuti.

      minimal kalau uang kita gabisa kembali,ya pelakunya bisa ditangkap,karena udah meresahkan banget dan emang udah banyak korbanya

      kalo mb/mas mau jadi saksi saya sangat bertrimakasih

    • Permisi
      Ini berlaku juga untuk yang kena penipuan shopee pinjam tidak ya?? Uang saya tidak terkuras, tapi, ada tagihan shopee pinjam di akun saya padahal saya tidak melakukan pinjaman yang menyebabkan uang saya akan terkuras nanti saat deadline pembayaran.

      • Saya juga sama kena shopee pinjam kak, kaka bagaimana ttp bayar atau tidak kak ?

  • saya pas tgl 9 juga kena tipu, saya boleh minta nomor wa kalian yang sudah menjadi korban atau apaun yang bisa dihubungi tidak ya,yang kejadianya masih baru baru ini (dibulan januari-febuari)

    saya mau lapor kepolisi tapi kurang bukti mba/mas,kemarin saya jg kena 600 rb dari pihak kepolisian minimal kehilangan 2,5jt,saya disuruh cari saksi dan mau cari saksi lain biar kasus ini ditindak lanjuti.

    minimal kalau uang kita gabisa kembali,ya pelakunya bisa ditangkap,karena udah meresahkan banget dan emang udah banyak korbanya

    kalo mb/mas mau jadi saksi saya sangat bertrimakasih

  • Sy juga kena 5,5 jt dan shopee ttp mewajibkan harus membyar krna dgn alasan ini kslahan krna memberi kode otp,
    Sy mau tanya klo sampai tagihan itu tidak dibayar gimana ya?
    Sekarang uang sgtu sy juga baru hamil besar persiapan bwt lahiran tp mlah kena tipu

    • Sama, mbak, ya Allah, saya juga kena segitu, padahal saya cuma anak kuliahan yang belum kerja, nggak mungkin minta ortu karena buat bayar spp aja susah, saya pusing sekali

    • Saya juga kena malahan saya besar 7juta dan saya harus di tlpn terus pihak spinjam saya ga byar karna uang saya juga ledis ini suruh myar udah berbunga besar lagi pkonya sedih bgt

  • Saya kemarin jam 5 sore juga baru kena tipu katanya dapat hadiah dari shoppe pay 2 juta.. Tapi disuruh mengosongkan spinjam dan dikirim ke bank BNI 1345 shoppee tulisannya.. Sehingga si spinjam saya ada tagihan. Saya langsung sadar kena tipu jadi saya langsung melaporkan untuk pembatalan spinjam saya. Sampai hari ini saya juga belum tau apakah spinjam saya sudah bisa dibatalkan. Karena disuruh menunggu tiga hari, nanti ada konfirmasi lewat email. Kenapa shoppe aplikasi besar akun konsumen bisa kena hack. Dan sudah banyak yang tertipu. Mohon untuk shoppe segera bertindak biar konsumen tidak dirugikan

  • Kemarin tanggal 17 Maret 2021 saya kena tipu yg mengatasnamakan Shopee pelaku mengetahui data akun saya saya pikir benar dr shopee untuk selanjutnya dia mengarahkan saya untuk mencairkan casback sebesar 3 jt ke rekening bca saya setelah saya memberikan nomor kartu dan otp saya baru sadar pelaku mencairkan dana SPinjam di rekening saya dan langsung dipindahkan ke akun pelaku. Saya sudah lapor call center bca untuk blokir kartu saya, saya lapor shopee kejadian ini tp tetap saja saya yg harus membayar tagihan. Saya sangat kecewa sekali dg keamanan shopee yg sangat lemah bisa di hack oleh oknum yg tidak bertanggungjawab. Saya gak peduli dg tagihan tersebut karna dr pihak shopee tidak ada kebijakan ataupun solusi yg baik.

    • Hahaha anda dgn sadar memberikan otp kok dibilang keamanan shopee lemah? Aneh.

    • Iya bner saya juga kecewa pihak shopee cuman membantu blokir shopeepay saya klnjutanya kita ttep harus byar shopee ketat baru saat ini tahun kmriin mh ga ketat coba dari dulu kya gnii yang saya herankan kenpa si penipu itu atau identitas kita kan aneh spintas saya pikir apakah ini permainan orang dalam

  • Hai kaka nama saya shilvani, hal yang kaka alami sama sekali dengan saya, saya masih pelajar kelas 3 Sma di salah satu Sma di kab. Bandung, 1 minggu yg lalu kejadian yang kaka alami, saya alami juga sampe hari ini belom ada kepasti yang pasti, spinjam saya di tarik 1,5juta oleh pelaku, awalnya saya di wa dan akhirnya di telpon salah satu org, awalnya saya gak mau cuman entah kenapa saya ikut arahan, karena oa tau data² saya, org tersebut menyuruh saya melusai shopeelater unguk dapat hadiah tersebut,hadiah cashback 3.3 fasion sale saya, saya bilang saya gk ada uang, mereka maksa yg telpon saya kira² 3 org dlm suaranya, saya gk mau spinjam sudah ke tarik 1,5jt email sama di hack penelepon memblok wa saya,shopee saya di pakai belaja, sekita 3jam akun saya ilang, pada akhirnya bisa, namun ada pesanan yg belom di bayar dan bukan atas nama saya, saya cancel, setelah itu bayak chat pedangan yg bertanya mengapa di cancel, saya berusa jelaskan, saya langsung chat shopee di suruh nunggu email 4 hari sudah berlalu tidak ada kepastian yang pasti bahka seminggu ini saya gk ada kepastian yg jelas, dan tagihan di spinjam jadi ada padahal saya gk pakai uang tersebut, menurut saya kebijakan dari shopee kurang soalnya balasan emailnya sama aja, gk ada solusi, di sini kita kena musibah, menanggung hutang yg sama sekali di pakai seperakpun engga
    Menanggu hutang yg entah di pakai buat apa
    Saya hanya seorang siswi SMA, 1,5juta hatus di bayar 2 bulan uang dari mana??? Uang jajan saya gk segitu, minta ortu?? Pengeluaran keluarga masih banyak, apalagi di masa pandemi gini, belom buat biaya saya kuliah
    Saya pusing mikirin hal ini, di sampinh saya jarus focus belajar buat utbk, saya berusaha, saya jual barang² milik pribadi saya, saya lakukan dgn terpaksa karena saya takut bunganya makin tinggi, saya akan makin pusing, saya gk berani cerita ke ortu saya saya takut, dan dalam waktu secepat ini entahlah uang 800k kekumpul atau gk, kepaksa saya kaya gni buat lunasin hutang, tapi hati kecil saya belom ikhlas, sampe detik ini uang itu belom ada, kalau sampe jatuh tempo entahlah

    Kaka spinjam nya di bayar gk??

    Salam hangat

    • S Pinjam nya udah jadi tanggung jawab kita, jd mau ga mau, suka ga suka, tetap harus dibayar ?

  • saya jg mngalami hal yg sama.skrg akun shopee saya di bekukan dan akun tsb di ambil alih oleh penipu..sayangnya sblum pihak shopee membekukan akun saya tsb.pelaku sdh lbh dlu mengambil limit spaylater saya,dan skrg saya di bebankan tagihan spaylater oleh pihak shopee sebesar 5,5