Surat Pembaca

Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Pengembalian Produk

Dear Media Konsumen,

Saya selaku seller di Shopee sangat kecewa dengan keputusan pengembalian barang yang pada akhirnya pembeli yang menang dan merugikan penjual. Nomor pengajuan: 201007180227855. Berikut kronologinya:

  1. Pembeli dengan akun Shopee bernama margaretha19** melakukan pembelian produk, memilih warna hijau untuk produk Les Catino Marvella Tote. Saya sudah mengirimkan produk yang sesuai, tapi pembeli minta tukar ke warna mint.
  2. Pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan gak sesuai warna. Padahal tim Shopee jelas-jelas sudah mengiyakan bahwa penjual sudah mengirimkan sesuai, tapi tiba-tiba Shopee berbalik memihak ke pembeli, alias menyetujui pembeli buat mengembalikan produk. Ini sangat sangat tidak adil, untuk penjual. Bisa-bisanya pengembalian produk karena berubah pikiran disetujui oleh Shopee!
  3. Oke gak masalah, saya turuti keputusan Shopee, yaitu menerima pengembalian barang dari pembeli. Akan tetapi ternyata setelah barang saya terima dari kurir J&T, paket tidak dibungkus plastik dan posisi dilipat, menyebabkan tas produk saya jadi reject bekas lipatan dan dustbag kotor. Saya naik banding ke Shopee, menunggu 2×24 jam.
  4. Saya ada konsultasi dengan tim CS Shopee bernama Arga, bahwa pengembalian produk harus dikemas oleh pembeli, dibungkus menggunakan plastik agar produk tidak kotor (artinya pembeli yang packing produk tsb), bukan pembeli memberikan produk ke ekspedisi dan minta dikemaskan/dipacking-kan. Di sini jelas pembeli tidak melakukan pengemasan, pembeli tidak sesuai aturan dari Shopee.
  5. Keputusan Shopee sangat membuat saya kecewa, dana balik ke pembeli dan penjual menerima produk cacat yang tidak bisa dijual kembali, alias merugikan penjual. Sangat aneh dengan Shopee untuk pembeli yang berubah pikiran karena tidak suka dengan warna yang sudah dia pilih disetujui, lalu untuk produk cacat ini penjual harus terima tanpa ada penyelesaian tersendiri ke penjual!

Saya sangat kecewa dengan Shopee. Sampai kapan pun berita ini tidak akan pernah saya turunkan, tidak akan pernah saya minta untuk hapuskan. Karena pernah ada kasus sebelumnya, ketika saya tulis di media, tim Shopee memohon-mohon untuk menghapus postingan di Media Konsumen.

Di sini saya sudah dirugikan, dan tidak ada itikad baik dari Shopee ke penjual. Padahal kita semua di sini saling membutuhkan, Shopee tanpa penjual tidak akan bisa hidup, penjual tanpa pembeli pun tidak akan bisa hidup. Namun Shopee sangat memihak ke pembeli dan tidak menghiraukan penjual!

Saya sangat kecewa dengan keputusan tim Shopee yang sangat sangat tidak bijak. Produk cacat harus dengan lapang hati penjual menerimanya. Buat seller-seller lain, semoga kalian tidak menemukan pembeli seperti margaretha19**!

Dewinta NF
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ?????? ??????? ????? ????????? ?????????.
    Aku terkejut...
    Untuk penulis, semoga terselesaikan dengan baik

    • Persis hal ini saya alami sekarang...saya jual mainboard/mesin monitor merk LG masih 99,9% hidup normal(foto & video di iklan terpampang),dari awal pembeli mint foto danvideo terkini tentang kondisi mesin tsb,lalu kita kirim bukti tes video sblm dikirim,dan pembeli menyetujuinya dgn lngsung order.
      STLH tiba itu mesin lngsung dia tes di monitor rusaknya dia,tapi masih ttp tdk mau nyala,ternyata yg rusak di monitor dia bukan dari mesin minboardnya,tetapi dari panel layar nya dia yg korslet,to dia keukeuh menyatakan bhw mesin sy yg rusak(aneh bukti video nya tdk dianggap),trus dia buka komplen di shopee dan team shopee menyetujuinya!!!!,sy gk terima donk,sy ajukan banding dgn bukti2 otentik/real...tp tetep banding sy ditolak shopee dan lanjut pengembalian barang dan dana(kecewa saya)...sy akan cob naik banding lagi STLH BRG sampai ke tangan sy,mau tua gmn reaksi shopee selanjutnya,apa mau bantu atau tetap memihak ke pembeli....MARKETPLACE LAIN TIDAK BEGINI AMAT RESPONNYA,HANYA SHOPEE YANG KACRUT.

      • Kepada yth saudara MR. Perkenalkan nama saya Fadila Mahasiswa UIN Malang. Saya sedang melakukan penelitian terkait kasus yang saudara tuliskan di media konsumen. Bolehkah saya berdiskusi dengan saudara melalui wa. Atas perhatiannya terima kasih.

    • Betul lanjutkan bang,,, kalo saya mah udah pasrah walau rugi hampir 2jt tp males ribet penyelesaian pihak Shopee nya.... Moga aja pelajaran buat Shopee jangan menganggap remeh masalah konsumen.... Buat media konsumen makasih dah memfasilitasi walau saya mah udah pasrah saja ga ada penyelesaian dari shopee

      • Krn postingan sy ini di media konsumen, trnyata banyak juga seller yg kecewa dg shopee. Saya kira hanya saya saja yg mengalami hal ini

        Tapi shopee perlu tau disni, Nama Baik Itu M.A.H.A.L
        Tidak bisa seenak nya kalian tukar dg voucher 170 rb ?.. membangun kepercayaan thdp pembeli itu M.A.H.A.L dan tdk mudah. Tp kalian jatuhkan reputasi saya di dpn pembeli , dg pernytaan saya kalah, itu sudah jatuh banget

  • Sangat prihatin. Saya sendiri sebagai seller ketika ketemu buyer seperti itu pengin tak tempeleng kepalanya. Kita jualan sudah berikan detil deskripsi produk sampai sedetil-detilnya. Ketika ada yg beli dan minta kembalikan karena tidak memahami produk dan tidak bsca deskripsi, pusing hadapi seller norak spt itu, seperti tidak pernah tersentuh pendidikan.

    • Betul sekali. Sy juga punya pengalaman serupa, pembeli minta uang kembali padahal produk sudah dipakai dan rusak ditangan pembeli. Sudah saya tegaskan dan buktikan bahwa sy kirim barang bersegel jadi kerusakan bukan salah seller, dan dapat dibawa ke service centre terdekat. Lalu pembeli bohong dengan mengaku tidak ada service centre dikotanya, padahal saya cek di website resmi ada service centre di kota tersebut.
      Saya sudah mengirimkan bukti2 bahwa sy kirim barang bersegel, kebohongan pembeli, dan tanggal jam hari saat barang diterima untuk perbandingan timing komplain.
      Tapi mediasi tetap dimenangkan pembeli dengan alasan saya tidak melengkapi bukti sesuai waktu yg diberikan. Sangat disayangkan shopee ternyata banyak merugikan seller2. Tim shopee pun juga darurat membaca chat. Bukti2 yg saya kirim tidak dibaca dan seenaknya saja memberi putusan yg tidak adil bagi seller. Beneran kapok jualan barang diatas 100rb di shopee

  • Memang harus diakui sekarang banyak pembeli - pembeli yang seenaknya di Shopee. Kami memiliki pengalaman yang lebih parah, namun tidak ada yang bisa kita lakukan sebagai SELLER yang dirugikan. Langkah terakhir adalah dengan fitur "Laporkan Pengguna" yang ternyata tidak direspon sama sekali dan pengguna terus aktif di Shopee.

    Ketidakpahaman pembeli mengenai produk yang dibeli, kadang berakibat pada produk yang di Bintang 1, penulisan komentar yang menjatuhkan nama toko, dan pemberian ulasan yang seenaknya. Tetapi mau bagaimana lagi, kita hanya bisa menganggap hal tersebut sebagai risiko dalam berjualan di Shopee. Berinteraksi dengan konsumen memang terkadang membutuhkan kesabaran ekstra.

    Mungkin masukan kepada Shopee adalah untuk lebih menyeleksi dan merespon laporan - laporan yang dilayangkan di platform mereka. Agar ekosistem jual beli online di Shopee tetap nyaman baik dari sudut pandang penjual maupun pembeli.

    • iya miris ya, ini pun terjadi pada saya selaku seller, sudah menuliskan deskripsi sangat detail terkait isi produk. tapi dikasih bintang 1 hanya lantaran menurut dia kekecilan.
      hancur seketika bintang - bintang yang sudah saya bangun.

    • Sebenarnya tidak hanya di seller/penjual seperti yg mas alami saya juga dan temen saya di rugikan Shopee. Malah saya sebagai pembeli rugi hampir 2jt tp udah bosen saya minta klaim ke Shopee mesti gini mesti gitu tunggu 2x24 jam atau macem2 lah membingungkan malah jadinya esmosi.... Mau diganti lah boong ternyata, ganti voucer lah eh voucernya hanya bisa di pakai ga lebih dari 200rb.... Pusing kan.... Jd muak sama Shopee tp ya pasrah w.... Makasih media konsumen walau ga ada solusi baik dari Shopee.

  • Hadeeuhh... pembelinya salah toh. Dah dikirim warna sesuai requestnya, begitu sampe malah gak sreg dan minta tukar. Pemilihan warna adalah keputusan pembeli, resiko tanggung sendiri suka ato gak suka. Yg bikin gregetan, minta tukar gak dipacking dengan baik. Semoga seller segera dapat keadilan.

  • Tidak ada asuransikah yang bertanggung jawab..??saya pernah belanja di toko sebelah barang yg di kirim rusak,penjual pun gak mau nanggung resiko tuker barang soalnya dia yakin yang di kirim barang bener mksdny gak rusak.tp ahirnya asuransi yang ganti,penjual pun gak do rugikan dan dana saya pun d refound.ya menurut saya si sdh cukup adil,di potong aongkir aja

  • Ya satu-satu kekurangan SHOPEE memang SELALU!!! SELALU!!! SELALU !!! merugikan si Penjual dan yang paling nahas sangat sangat sangat mempersulit si Penjual untuk menjual produknya, karena apa? Dari pengalamanku sebagai penjual tidak mudah menjual produk karena kalau salah sedikit yang pasti penjual yang rugi, berbanding terbalik ketika saya dulunya sebagai Pembeli sangat mudah luar biasa mudahnya membeli produk orang lain dan kehendak keinginanan saya seperti Raja Thailand saja

  • Sy sdh tidak mau lg menjual produk di atas 100rb lg melalui Shopee, lebih baik melalui toped dan bl, soalnya sistem dan cara nya Shopee sangat merugikan seller, beda jauh dengan sebelah