Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Pengembalian Produk

Dear Media Konsumen,

Saya selaku seller di Shopee sangat kecewa dengan keputusan pengembalian barang yang pada akhirnya pembeli yang menang dan merugikan penjual. Nomor pengajuan: 201007180227855. Berikut kronologinya:

  1. Pembeli dengan akun Shopee bernama margaretha19** melakukan pembelian produk, memilih warna hijau untuk produk Les Catino Marvella Tote. Saya sudah mengirimkan produk yang sesuai, tapi pembeli minta tukar ke warna mint.
  2. Pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan gak sesuai warna. Padahal tim Shopee jelas-jelas sudah mengiyakan bahwa penjual sudah mengirimkan sesuai, tapi tiba-tiba Shopee berbalik memihak ke pembeli, alias menyetujui pembeli buat mengembalikan produk. Ini sangat sangat tidak adil, untuk penjual. Bisa-bisanya pengembalian produk karena berubah pikiran disetujui oleh Shopee!
  3. Oke gak masalah, saya turuti keputusan Shopee, yaitu menerima pengembalian barang dari pembeli. Akan tetapi ternyata setelah barang saya terima dari kurir J&T, paket tidak dibungkus plastik dan posisi dilipat, menyebabkan tas produk saya jadi reject bekas lipatan dan dustbag kotor. Saya naik banding ke Shopee, menunggu 2×24 jam.
  4. Saya ada konsultasi dengan tim CS Shopee bernama Arga, bahwa pengembalian produk harus dikemas oleh pembeli, dibungkus menggunakan plastik agar produk tidak kotor (artinya pembeli yang packing produk tsb), bukan pembeli memberikan produk ke ekspedisi dan minta dikemaskan/dipacking-kan. Di sini jelas pembeli tidak melakukan pengemasan, pembeli tidak sesuai aturan dari Shopee.
  5. Keputusan Shopee sangat membuat saya kecewa, dana balik ke pembeli dan penjual menerima produk cacat yang tidak bisa dijual kembali, alias merugikan penjual. Sangat aneh dengan Shopee untuk pembeli yang berubah pikiran karena tidak suka dengan warna yang sudah dia pilih disetujui, lalu untuk produk cacat ini penjual harus terima tanpa ada penyelesaian tersendiri ke penjual!

Saya sangat kecewa dengan Shopee. Sampai kapan pun berita ini tidak akan pernah saya turunkan, tidak akan pernah saya minta untuk hapuskan. Karena pernah ada kasus sebelumnya, ketika saya tulis di media, tim Shopee memohon-mohon untuk menghapus postingan di Media Konsumen.

Di sini saya sudah dirugikan, dan tidak ada itikad baik dari Shopee ke penjual. Padahal kita semua di sini saling membutuhkan, Shopee tanpa penjual tidak akan bisa hidup, penjual tanpa pembeli pun tidak akan bisa hidup. Namun Shopee sangat memihak ke pembeli dan tidak menghiraukan penjual!

Saya sangat kecewa dengan keputusan tim Shopee yang sangat sangat tidak bijak. Produk cacat harus dengan lapang hati penjual menerimanya.ย Buat seller-seller lain, semoga kalian tidak menemukan pembeli seperti margaretha19**!

Dewinta NF
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:48    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Pengembalian Produk

  • 18 Oktober 2020 - (17:28 WIB)
    Permalink

    ๐•พ๐–๐–”๐–•๐–Š๐–Š ๐–’๐–Š๐–’๐–”๐–๐–”๐–“ ๐–š๐–“๐–™๐–š๐– ๐–’๐–Š๐–“๐–Œ๐–๐–†๐–•๐–š๐–˜ ๐–•๐–”๐–˜๐–™๐–Ž๐–“๐–Œ๐–†๐–“.
    Aku terkejut…
    Untuk penulis, semoga terselesaikan dengan baik

  • 18 Oktober 2020 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Ya sudahlah buat pelajaran pindah ke yg lain aja msh bnyk yg bagus selain Shopee..

    • 19 Oktober 2020 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Betul lanjutkan bang,,, kalo saya mah udah pasrah walau rugi hampir 2jt tp males ribet penyelesaian pihak Shopee nya…. Moga aja pelajaran buat Shopee jangan menganggap remeh masalah konsumen…. Buat media konsumen makasih dah memfasilitasi walau saya mah udah pasrah saja ga ada penyelesaian dari shopee

      • 21 Oktober 2020 - (22:13 WIB)
        Permalink

        Krn postingan sy ini di media konsumen, trnyata banyak juga seller yg kecewa dg shopee. Saya kira hanya saya saja yg mengalami hal ini

        Tapi shopee perlu tau disni, Nama Baik Itu M.A.H.A.L
        Tidak bisa seenak nya kalian tukar dg voucher 170 rb ๐Ÿ˜‚.. membangun kepercayaan thdp pembeli itu M.A.H.A.L dan tdk mudah. Tp kalian jatuhkan reputasi saya di dpn pembeli , dg pernytaan saya kalah, itu sudah jatuh banget

  • 18 Oktober 2020 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Sangat prihatin. Saya sendiri sebagai seller ketika ketemu buyer seperti itu pengin tak tempeleng kepalanya. Kita jualan sudah berikan detil deskripsi produk sampai sedetil-detilnya. Ketika ada yg beli dan minta kembalikan karena tidak memahami produk dan tidak bsca deskripsi, pusing hadapi seller norak spt itu, seperti tidak pernah tersentuh pendidikan.

    • 28 Juli 2021 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Betul sekali. Sy juga punya pengalaman serupa, pembeli minta uang kembali padahal produk sudah dipakai dan rusak ditangan pembeli. Sudah saya tegaskan dan buktikan bahwa sy kirim barang bersegel jadi kerusakan bukan salah seller, dan dapat dibawa ke service centre terdekat. Lalu pembeli bohong dengan mengaku tidak ada service centre dikotanya, padahal saya cek di website resmi ada service centre di kota tersebut.
      Saya sudah mengirimkan bukti2 bahwa sy kirim barang bersegel, kebohongan pembeli, dan tanggal jam hari saat barang diterima untuk perbandingan timing komplain.
      Tapi mediasi tetap dimenangkan pembeli dengan alasan saya tidak melengkapi bukti sesuai waktu yg diberikan. Sangat disayangkan shopee ternyata banyak merugikan seller2. Tim shopee pun juga darurat membaca chat. Bukti2 yg saya kirim tidak dibaca dan seenaknya saja memberi putusan yg tidak adil bagi seller. Beneran kapok jualan barang diatas 100rb di shopee

  • 18 Oktober 2020 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Memang harus diakui sekarang banyak pembeli – pembeli yang seenaknya di Shopee. Kami memiliki pengalaman yang lebih parah, namun tidak ada yang bisa kita lakukan sebagai SELLER yang dirugikan. Langkah terakhir adalah dengan fitur “Laporkan Pengguna” yang ternyata tidak direspon sama sekali dan pengguna terus aktif di Shopee.

    Ketidakpahaman pembeli mengenai produk yang dibeli, kadang berakibat pada produk yang di Bintang 1, penulisan komentar yang menjatuhkan nama toko, dan pemberian ulasan yang seenaknya. Tetapi mau bagaimana lagi, kita hanya bisa menganggap hal tersebut sebagai risiko dalam berjualan di Shopee. Berinteraksi dengan konsumen memang terkadang membutuhkan kesabaran ekstra.

    Mungkin masukan kepada Shopee adalah untuk lebih menyeleksi dan merespon laporan – laporan yang dilayangkan di platform mereka. Agar ekosistem jual beli online di Shopee tetap nyaman baik dari sudut pandang penjual maupun pembeli.

    • 18 Oktober 2020 - (20:22 WIB)
      Permalink

      iya miris ya, ini pun terjadi pada saya selaku seller, sudah menuliskan deskripsi sangat detail terkait isi produk. tapi dikasih bintang 1 hanya lantaran menurut dia kekecilan.
      hancur seketika bintang – bintang yang sudah saya bangun.

      3
      1
    • 22 Oktober 2020 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya tidak hanya di seller/penjual seperti yg mas alami saya juga dan temen saya di rugikan Shopee. Malah saya sebagai pembeli rugi hampir 2jt tp udah bosen saya minta klaim ke Shopee mesti gini mesti gitu tunggu 2×24 jam atau macem2 lah membingungkan malah jadinya esmosi…. Mau diganti lah boong ternyata, ganti voucer lah eh voucernya hanya bisa di pakai ga lebih dari 200rb…. Pusing kan…. Jd muak sama Shopee tp ya pasrah w…. Makasih media konsumen walau ga ada solusi baik dari Shopee.

  • 18 Oktober 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Hadeeuhh… pembelinya salah toh. Dah dikirim warna sesuai requestnya, begitu sampe malah gak sreg dan minta tukar. Pemilihan warna adalah keputusan pembeli, resiko tanggung sendiri suka ato gak suka. Yg bikin gregetan, minta tukar gak dipacking dengan baik. Semoga seller segera dapat keadilan.

  • 18 Oktober 2020 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Tidak ada asuransikah yang bertanggung jawab..??saya pernah belanja di toko sebelah barang yg di kirim rusak,penjual pun gak mau nanggung resiko tuker barang soalnya dia yakin yang di kirim barang bener mksdny gak rusak.tp ahirnya asuransi yang ganti,penjual pun gak do rugikan dan dana saya pun d refound.ya menurut saya si sdh cukup adil,di potong aongkir aja

  • 19 Oktober 2020 - (05:27 WIB)
    Permalink

    Ya satu-satu kekurangan SHOPEE memang SELALU!!! SELALU!!! SELALU !!! merugikan si Penjual dan yang paling nahas sangat sangat sangat mempersulit si Penjual untuk menjual produknya, karena apa? Dari pengalamanku sebagai penjual tidak mudah menjual produk karena kalau salah sedikit yang pasti penjual yang rugi, berbanding terbalik ketika saya dulunya sebagai Pembeli sangat mudah luar biasa mudahnya membeli produk orang lain dan kehendak keinginanan saya seperti Raja Thailand saja

  • 19 Oktober 2020 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Sy sdh tidak mau lg menjual produk di atas 100rb lg melalui Shopee, lebih baik melalui toped dan bl, soalnya sistem dan cara nya Shopee sangat merugikan seller, beda jauh dengan sebelah

  • 19 Oktober 2020 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Iyaah shopee kurang memperhatikan penjual, kurang memihak penjual, yaa malah bikin program penjual prioritas yg nyuruh seller mengalihkan 100% stok barang ke shopee, tapi perlakuan shopee ke seller kaya gini, bikin program event 11.11 & 12.12 berbayar ampe 9jutaan sekali event, tapi perlakuan ke seller kaya gini, MIKIR LU SHOPEE

  • 21 Oktober 2020 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Untuk masalah warna, memang ada kendala. Penjual sebut Hijau, tapi hijaunya hijau apa. Pembeli pilih Hijau, tapi hijaunya hijau apa. Penjual biasanya menulis diketerangan barang, warna hijau tergantung persepsi masing masing. dan dari perangkat bisa membuat warna terlampir beda dengan produk. Atau tidak melayani pengembalian produk dalam hal warna.

    Kalau sudah ada seperti itu, permintaan kustomer untuk ganti warna, sebaiknya didiamkan saja. Toh sudah ada di keterangan dan minta bagian admin membaca dengan jelas. Admin marketplace/e-commerce sudah selayaknya mengerti soal warna, dan jika sudah terkirim, syarat dan ketentuan berlaku.

    • 21 Oktober 2020 - (22:08 WIB)
      Permalink

      sudah ada steatment dari shopee kalau saya sbgai seller sdh mengirimkan produk sesuai, tp seling 1hari, team shopee approve pengembalian produk

      Dan lucu nya lagi, pembeli tdk melakukan pengemasan brg dg baik ,menyebabkan dust bag kotor dan tas terlipat ,, ttp di Approval

      Kita dibuat seperti mengemis oleh shopee utk hal yg jelas2 pembeli salah, tapi penjual ttp kalah !!!

  • 21 Oktober 2020 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Tim admin shopee mana nih? Dana sudah dikembalikan ke pembeli. Ini sepertinya pembeli yang iseng. Udah dipake tas nya baru bilang ga sreg sama warnanya. Dasar cabe2an.

  • 21 Oktober 2020 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Dear semua pembaca

    Saya sangat kaget dg keputusan penyelesaian dr case ini

    Inti nya si sy selaku penjual tdk mendapatkan keadilan, reputasi toko saya di dpn 400 mata seluruh indonesia menonton live streaming saya dan pembeli itu muncul mengeluarkan opini yg menggiring calon pembeli untuk tdk membeli di toko saya, dan saya terlalu kecewa dg shopee, ga ngerti cara kerja mereka seperti apa

    Di kolom diskusi awal, shopee mengeluarkan steatment bahwa penjual sdh mengirimkan produk dengan sesuai. Krn pernyataan ini sy tdk cek cek lg kolom diskusi, 1 hari kemudian sy baru cek & jujur saya sangat kaget trnyata shopee memyetujui pengembalian produk

    dan yg bikin sy lebih kaget lg, pembeli tdk melakukan pengembalian produk dg baik ,tdk sesuai arahan shopee (sy punya bukti ss chat sm cs shopee pengemasan yg baik seperti apa) , menyebabkan produk sy terlipat , dustbag kotor ,tapi tetap di approval oleh team shopee utk pengembalian dana pembeli

    Saya bener bener tepuk tangan hebat dg team shopee ,kalian luar biasa

    Memang kita sebagai penjual ga bs apa apa ,walaupun pembeli salah, pembeli ga sesuai arahan, ttp pembeli di nomor satukan..

    Maaf reputasi nama baik toko saya tidak bisa kalian ukur dg nominal , NAMA BAIK ITU MAHAL !!!
    SEPERTI KALIAN SAJA MENYURUH SAYA MENGHAPUS POSTINGAN INI ATAU SETIDAK NYA MEMBERIKAN KOMENTAR BAIK UNTUK PENYELESAIAN MASALAH INI

    Saya anggap masalah ini belum selesai, jika team media konsumen membaca komentar sy ini, masalah ini belum selesai ya !!!

    Karena shopee tidak bs memenuhi permintaan saya yaitu , team mereka yg approve pengembalian brg, yg approve pengembalian dana ,team mediasi shopee, pembeli (margaretha1996) , kita zoom meeting dan kalian ber 4 meminta maaf kepada saya untuk hal salah yg sdh kalian lakukan !!!

    Dan sorry saya ga bs terima dana 170rb sbgai permintaan maaf kalian , KALIAN SHOPEE PERLU TAU, NAMA BAIK TIDAK BISA DI GANTI DENGAN UANG 170 RB .SAYA TIDAK SERENDAH ITU

    KERUGIAN SAYA SDH SAYA IKHLASKAN, TAPI MASALAH NAMA BAIK TOKO SAYA ,HARUS KALIAN BERSIHKAN . dengan cara diatas !!!

    MASALAH INI BELUM SELESAI

  • 21 Februari 2021 - (00:05 WIB)
    Permalink

    sama kak saya juga sebagai penjual juga alami hal itu, team mediasi shopee tidak butuh penjual. pembeli adalah raja. jadi raja tidak bisa salah.

  • 28 April 2021 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli di shopee jadi ceritanya saya membeli produk di shopee secara live ketika sampai warna baju berbeda dgn live di live terlihat warna pink putih bersih pas dateng warna oren putihnya kucel ya okelah masalah warna saya bisa pahami krn evek kamera tapi ukuran ld nya salah semua bener2 gk di ukur pakek meteran tapi pakek di kira2 aja saya kira kn ld nya dan panjangnya udah di tulis di bajunya gitu jadi penjual gk perlu pakek meteran ternyata pas nyampek gila ukurannya meleset banget dari yg penjual sebutin aq coba ukur pakek meteran yg warna pink katanya ld nya 95-100 nyatanya pas saya ukur ld nya cuma 80 terus pas saya ukur yg hitam ini nih yg parah banget bikin aq geram banget padahal ld aq kecil loh gak nyampek 90 tapi bajunya gk muat kayak ukuran anak sd katanya ld 100-105 pas aq ukur ld nya gk nyampek 70 pantes aja gk masuk sama sekali pas mau di coba yg pink masih masuk tapi gk bisa napas sempit banget karna dia pakek resleting dari atas sampek bawah mngknya bisa di buka.aq ngajuan return ke shopee barang dan dana eh,,penjual gk tau diri banget malah ngajuin banding ke shopee bodoh nya krn aq emg gk bego live streamnya udh aq rekam terus aq kirim ke shopee sama baju yg udah aq ukur pakek meteran aq kirim juga biar shopee bisa liat siapa yg lalai dsini.kalau aq masih kalah setelah ngasih bukti2 itu wah,,gawat nih shopee tapi tetap aq gk bisa pindah ke lain hati dari shopee.aq dah jatuh cinta sama shopee klw kalah berarti bukan rezeki gk pa2 deh nnti di kasih orang aja bajunya.padahal itu baju niat di kasiin buat bibi aq yg ukuran badannya sama kayak aq pangling beda dikit doang besaran bibi aq.semangat yaa shopee jujur aja sih aq gk pernah di bikin kecewa sama shopee pelayanannnya bener2 maksimal di bandingkan marketplace lain apalagi ada agen costumer shopee benar2 membantu kegalauan hati hehe,,

  • 16 September 2021 - (13:40 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalaminya, saya dapat customer yang mengajukan pengembalian tanpa di sertai video unboxing, saya sudah kasih bukti2 berupa kondisi barang sebelum dikirim, tapi alangkah kagetnya shopee menerima pengajuan pengembalian barang padahal cust tidak memiliki bukti yg kuat seperti video unboxing. padahal saya kirim kondisi mulus, bersegel, ga ada goresan, di cust sudah terbuka segel dan tergores bekas gunting/pisau, foto buram pila ga jelas, salahkah saya apabila meminta bukti bagaimana dia unboxing tapi cust ga bisa kasih, cuma bisa berasumsi tanpa dasar, padahal saat saya jadi pembeli pun pernah mengajukan pengembalian barang ke star seller selalu dimintai video unboxing oleh tim shopee kenapa saat saya jdi penjual tidak dilindungi haknya oleh shopee, apa karena saya lapak kecil, smoga ada pihak shopee yg baca dan sedikit berempati dengan nasib penjual kecil seperti saya ini apalagi di pandemi ini, mediator harusnya mutlak memberi rules tidak ada unboxing video, klaim tidak dapat di proses, karena sekarang serem bisa ada oknum yang ingin menjatuhkan lapak kita dengan kasih rating rendah, melalui pengembalian barang, mereka bisa jatuhkan rating tanpa modal. hati2 ya dengan pembeli yg tidak jelas akunnya. cukup saya saja yg apes dapat pembeli akun ga jelas,

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Penโ€ฆ

oleh Baby Zein Shop dibaca dalam: 2 menit
23