Surat Pembaca

Penipuan dengan Modus Phishing oleh Pihak yang Mengaku Sebagai Logistik di JD.ID

Pada tanggal 17 Oktober 2020, saya melakukan pemesanan 1 buah handphone OPPO A31 6/128GB melalui JD.ID pada toko RESKY CELL senilai Rp1.368.000 dengan order ID 1034097286 dan sudah saya bayarkan melalui Virtual Account. Pada tanggal 18 Oktober 2020 dini hari saya dihubungi via Whatsapps oleh pihak yang mengatasnamakan Logistik JD.ID yang meminta saya untuk memasukkan nomor pesanan ke sebuah link dan memberikan kode OTP yang berkali-kali dikirimkan ke nomor saya. Karena saya terus didesak dan juga diyakinkan bahwa sudah jadi prosedur dari JD.ID maka saya mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Info dari pihak Logistik, jika saya tidak mengisi link tersebut, pesanan saya tidak dapat dikirimkan di pagi hari.

Namun setelah berhasil, pesanan saya tiba-tiba terbatalkan, lalu dana yang ada dikembalikan ke JD Balance. Semakin aneh dengan ada penambahan akun bank atas nama Camelia Akmal dan dana pengembalian ditransferkan ke rekening tersebut hingga tersisa Rp0,-. Saya langsung menghubungi CS JD.ID, melaporkan kejadian ini dan diinfokan oleh CS bahwa akun JD.ID saya telah diambil alih oleh pihak yang tidak dapat diketahui dan JD.ID tidak bertanggungjawab karena merupakan kesalahan saya memberikan kode OTP. CS JD.ID justru mengarahkan saya untuk melaporkan ke pihak berwajib.

Bukti Pengembalian Dana

Saya tetap tidak puas dengan penjelasan tersebut, karena sangat aneh sekali dengan pihak Logistik JD.ID yang tahu jelas nama saya pada saat pertama kali menghubungi. Lalu juga dengan proses pengembalian dana yang sangat cepat. Padahal saya membaca di ketentuan pengembalian dana yang tertera harusnya diproses 1-3 hari kerja, sedangkan kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu.

Saya mengira hanya saya yang mengalami hal ini namun ternyata saya menemukan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Muhamad Santoso. Kejadiannya persis dengan apa yang saya alami, semakin membenarkan pemikiran saya bahwa sistem keamanan JD.ID tidak safety sehingga bisa terjadi Phishing pada konsumen lain.

Saya dirugikan secara waktu dan materiil karena tidak mendapat kejelasan dari JD.ID, walau saya akui ada kesalahan saya yang begitu langsung percaya saja pada pihak Logistik yang mengaku dari JD.ID. Saya menghimbau untuk para pembaca agar lebih berhati-hati lagi ke depannya, selektif memilih marketplace untuk berbelanja. Saya juga meminta dengan sangat kepada pihak JD.ID untuk memperhatikan dan memperkuat sistem keamanannya agar tidak terulang kejadian serupa. Sangat disayangkan. Saya masih berharap mendapat kejelasan dari pihak JD.ID.

Terima kasih.

Diana
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Diana

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Diana pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 lalu di...
Baca Selengkapnya

Komentar