Respon Lambat Tokopedia Bisa Merugikan Pembeli

Saya belanja di Tokopedia kepada salah satu penjual beralamat di Jakarta Barat. Saya tanya apa barang dan merk sesuai dengan yang diiklankan dan penjual menjawab sesuai. Setelah saya bayar dan barang dikirim, ternyata barang yang dikirim beda merk dan model, tanpa ada pemberitahuan dari penjual dan barang dikirim dari Bandung. Otomatis saya komplain minta diganti atau dikembalikan. Penjual setuju, dan saya diminta dikirim kembali barangnya.

Menurut kebijakan Tokopedia saya harus mengirimkan resi pengiriman kembali ke penjual. Akan tetapi si penjual meminta alamat pengiriman ke Papua, yang jika dihitung ongkirnya melebihi harga barang yang dibeli. Tujuannya bisa kebaca, agar saya tidak mengirimkan dan uangnya bisa ditarik penjual.

Saya pun kirim pesan bantuan ke Tokopedia. Sayangnya sampai 2 hari saya belum dapat respon dari Tokopedia. Jika Tokopedia tidak menengahi transaksi saya, maka uangnya keburu masuk ke penjual. Bayangkan jika saya pesan barang/alat mahal, terus dikirim batu/sampah oleh penjual, maka ketika saya komplain, kemudian dia mengubah alamatnya ke alamat terjauh/termahal dan respon Tokopedia lambat, maka bisa masuk penipuan. Tokopedia akan lepas tangan atas masalah seperti ini.

Taufik
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

13 komentar untuk “Respon Lambat Tokopedia Bisa Merugikan Pembeli

      • 26 Oktober 2020 - (17:30 WIB)
        Permalink

        😂😂😂😂😂

        Emang agak2 gimana gitu, marketplace gede tapi gak punya call center CS. 😉

        • 26 Oktober 2020 - (17:54 WIB)
          Permalink

          Ini seller nya kurang ajar dan perlu dihajar. Untuk kedepannya penulis harap menuliskan nama Toko Seller dan Iklan nya serta foto barang yang diterima yang tidak sesuai. Kalau Tokopedia tidak bisa menengah masalah ini, anda masih punya teman banyak yang bisa membantu, yaitu Netijen+62

      • 26 Oktober 2020 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Komentarnya gitu doang gan ? Urusan kendala di Buyer kan bidang ente.. Keluarkan wejangannya dong..haha…

  • 26 Oktober 2020 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Seller di Jakarta, barang dikirim dari Bandung. Kuat dugaan seller itu jualan sebagai reseller atau dropshipper. Permintaan pengembalian barang oleh seller ke Papua jelas tindakan tak bertanggung jawab, modus untuk mengulur waktu, karena pengiriman ke Papua membutuhkan waktu lama dan ongkir yang lumayan mahal. Tokopedia wajib menghukum seller nakal seperti itu, karena dapat merugikan pelanggan dan @Tokopedia.

    Tentang lambatnya respon CS Tokopedia dalam kasus ini patut disayangkan, karena kasus tersebut patut diduga sebagai tindakan penipuan online, dimana seller mengirim pesanan tidak sesuai pesanan / deskripsi, tak peduli apakah itu seller drop shipping atau bukan.

    Jika keterlambatan respon dari CS Tokopedia yang menyebabkan kerugian bagi pembeli, maka Tokopedia yang harus ganti-rugi kepada pembeli.

  • 26 Oktober 2020 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Itu sellernya cuma modal bacot, dropshipper keparat. Harusnya anda sertakan nama tokonya. Itulah kenapa saya paling muak dengan dropshipper.

  • 27 Oktober 2020 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Ini yang sy tidak setuju dgn systemnya, karena jika terjadi transaksi komplain yang berujung di resolusi, dan jalan keluarnya adalah pengembalian barang, buyer TIDAK DIBERIKAN PILIHAN untuk membebankan ongkirnya ke penjual, walau komplain terjadi krn kesalahan seller, makanya sering buyer jd males resolusi kalau harga brg ga seberapa

  • 27 Oktober 2020 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Lain kali, sebaiknya sebelum check out, bikin kesepakatan dulu dengan si seller via chat Tokopedia, jika barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi, barang akan di return, semua ongkir ditanggung oleh seller, baik ongkir return barang maupun ongkir pengiriman ulang.

    Jika seller tidak punya produk sesuai deskripsi maka konsekuensinya buyer berhak membatalkan dan ongkir return barang minta ditanggung oleh seller. Nanti refund harga barang dan ongkir akan dikembalikan oleh Tokopedia.

    Dengan adanya kesepakatan seperti diatas, maka ketika si seller tidak mengirimkan barang sesuai pesanan dan deskripsi, seller telah melanggar kesepakatan. Buyer bisa komplain ke Tokopedia dengan melampirkan chat kesepakatan dengan seller. Beres!

    Dengan ada kesepakatan diatas, si seller tidak bisa ngeyel atau menghindar. Terserah si seller mau minta barang di return kemanapun, termasuk ke luar negeri pun tidak masalah, karena ongkir return ditanggung oleh si seller nakal. Ini berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi. Alhasil, si seller tidak tidak bisa kabur dari tanggung jawab!

    • 28 Oktober 2020 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih commentnya. Sehari sebelum batas akhir pengiriman pengembalian barang, admin tokopedia sudah merespond dengan baik dan memberikan solusi yang fair. Sehingga uang bisa kembali dan pengiriman pengembalian barang menunggu transfer ongkirnya.

  • 27 Oktober 2020 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan kl beli barang online pakai cod,,
    Kl cod biasanya barang sesuai deskripsi…

  • 28 Oktober 2020 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Terima kasih commentnya. Sehari sebelum batas akhir pengiriman pengembalian barang, admin tokopedia sudah merespond dengan baik dan memberikan solusi yang fair. Sehingga uang bisa kembali dan pengiriman pengembalian barang menunggu transfer ongkirnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Respon Lambat Tokopedia Bisa Merugikan Pembeli

oleh Taufik dibaca dalam: 1 min
13