Belanja di Shopee, Berbulan-bulan Menunggu, Barang Tidak Diterima tapi Status Pesanan Otomatis Selesai dan Tidak Ada Solusi Pengembalian Dana

Kepada pihak Shopee, terus terang saya kecewa dengan pengalaman belanja online di aplikasi Shopee.

Pada awal Februari 2020 saya melakukan 3 transaksi pembelian barang dari luar negeri, masing-masing dengan nominal sejumlah Rp 700.000-an, Rp 500.000-an, dan Rp 200.000-an. Barang yang dibeli adalah produk kosmetik kuteks/cat kuku beserta hiasan kuku.

Seperti pembelian barang dari luar negeri pada umumnya, proses pengiriman memakan waktu yang cukup lama; bahkan saya pernah menerima barang 4 bulan setelah pembelian. Oleh karena itu, saya dengan sabar menunggu pengiriman barang dari 3 transaksi yang saya lakukan tersebut. Sempat saya menanyakan ke pihak Shopee sebelum akhir bulan Februari 2020, dan tanggapan dari customer service-nya menyarankan untuk menunggu saja. Lalu saya coba menanyakan ke pihak seller yang berada di luar negeri melalui chat Shopee, dan saya disuruh menunggu karena katanya lagi ada isu virus covid, sehingga pengiriman akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Lampiran: Chat dengan pihak CS Shopee, tanggal dan nominal transaksi, dan pelacakan nomer resi.

Namun pada tanggal 28 Februari 2020, transaksi dengan nominal Rp 700.000-an tiba-tiba statusnya berubah menjadi selesai dan barang dianggap sudah diterima oleh pembeli. Perlu saya ceritakan, status pesanan selesai dan barang diterima ini otomatis dari Shopeenya setelah beberapa waktu dari transaksi. Saya yakin tidak menekan tombol terima barang, tapi statusnya berubah menjadi pesanan telah selesai.

Saat itu, saya langsung menghubungi seller di Shopee, penjualnya menyuruh saya untuk tetap sabar menunggu barang tiba meskipun status pesanan telah selesai. Sehingga saat itu, saya tidak menghubungi Shopee karena berpikir bisa saja itu yang terjadi dan barangnya tetap akan saya terima nantinya. Saat itu juga, saya mengajukan pembatalan dan pengembalian dana untuk 2 transaksi saya lainnya yang bernominal 500 ribuan dan 200 ribuan.

Setelah 4 bulanan saya menunggu tapi barangnya tidak kunjung datang. Saya mencoba melaporkan ke customer service Shopee pada bulan Juni 2020. Saya ceritakan kronologis transaksi dan respon seller, namun pihak Shopee mengatakan tidak bisa memproses laporan saya karena sudah lebih dari 30 hari sejak tanggal transaksi. Hingga saat ini saya coba meminta solusi dari pihak Shopee pun, tetap mendapatkan jawaban yang sama. Per tanggal hari ini (30 Oktober 2020) saya melihat status seller tersebut di Shopee aktifnya 30 hari yang lalu.

Dear pihak Shopee, saya tahu saya cuma orang biasa, tapi sebagai pembeli online yang aktif di Shopee saya butuh solusi.

Cynthia Sidharta
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mba cyntia sama hal nya kejadian mirip saya.... Saya juga rugi hampir 2 juta penyelesaian Shopee membingungkan akhirnya bosen juga saya penjelasan via telp dari Shopee dan via email ngga memberi solusi.... Akhirnya cape juga saya walau tidak rela ya saya biarkan.... Dulu mah Shopee baik penyelesaiannya padahal saya sudah pembeli level gold.... Skrg mah saya udah ga mau lg di Shopee. Uang segitu susah palagi sekarang pandemi corona... Tp ya gimana lg.... Moga Alloh membalas nya.... Amiin. Makasih media konsumen walau penyelesaian Shopee ga ada bukti.... Sekarang mah Shopee menyebalkan.

    • dilaporin aja kak ke media konsumen sini..baru prtama kali kejadian begini.. Biasanya lancar g pernah ada masalah, saya belanja byk bgt via shopee, memang kalo dari luar negri biasanya lama..makanya saya gpp aja nunggu lama ygpenting sampe gt. Kalo taubegini pasti saya batalin dulu sbelum terima otomatis itu.

  • Mau nanya, mba ny ap lngsung komplain pas d tgl 14 saat pesanan d anggap selesai? Karena kita d ksh wktu gak lama utk ajukan pngembalian terhitung sejak pesanan selesai. Trus ada masa garansi 3 hari. Itu garansi pertama yg kita dapat ketika membeli. Seandainy d tgl 14 pesanan di anggap selesai, kakak pnya masa garansi pd tgl 15,16,17. Kalau kakak klik ajukan pngembalian d tgl 14, maka masa garansi d perpanjang dr tgl 17 (saya gk tau smpai brpa lama prpnjangan ny). Jadi selama masa garansi itulah kakak cuma bs ajukan pngembalian. Ada beberapa toko yg bkin peraturan complain 1x24 jam sejak pesanan selesai. Saran saya sih, kalau utk belanja online emg harus d cek stiap hari. Gk bs kita beranggapan "oh mgkn brg ny bsok smpe, brg tetap bakalan smpek kok ujung2ny". Gak boleh kita mkir sepihak gt. Krna ini melibatkan barang yg d beli dg duit kita, penjual, dan pihak shopee. Ada 3 hal yg hrs kita hadapi. Saya sempat barang ngendap smpek 4 hari d bandara belum bergerak, langsung saya hbungi penjual utk pastikan knp brg tidak bergerak. Jgn diam aj nunggu brg bergerak besok besok dan besokny lg eh tb2 d anggap selesai. Saran saya dalam belanja online pnya peraturan wajib yg hrs kita pegang :
    1. Selalu bikin video unboxing ketika barang baru sampai. Krn kalau ajukan pngembalian shopee akan meminta bukti video. Ini memang sudah d jelaskan shopee utk para pembeli.
    2. Selalu pantau setiap hari status pengiriman
    3. Perhatikan masa garansi (cuma 3 hari, klau d klik prpanjang masa garansi maka akan d beri tmbahan wktu lbh dr 3 hr)
    4. Yg pling penting Ketika membeli online mental kita hrs siap menjalani peraturan ketika barang sampai. Gk boleh mager utk selalu bkin video unboxing. Unboxing adalah kunci segalanya.
    5. Ketika barang sampai, usahakan fokus sm brang yg udh smpe, tinggalkan smua aktivitas smntra, bkin video unboxing dan kalau ad kerusakan langsung komplain saat itu juga. Ajukan pngembalian kurang dr 24jam itu lebih baik meski ad masa garansi dan masa pngmbalian 30hr
    6. Selalu ingat peraturan pengembalian barang/dana tidak lebih dr 30 hari. Meski d beri waktu sebulan, sebaikny lakukan di poin nmr 5 selama masa garansi.
    7. Bila tiba2 kita sengaja/ga sengaja ngeklik pesanan d trima pdhl brg msh d pngiriman atau mgkn brubah dg sendiriny sprti kasus kakak kita bs lngsung komunikasikan dg penjual maka ny kita perlu pantau setiap hari walaupun kadang membosankan.

    Jd y belanja online memang enak, kita gk prlu kluar rumah, tp namanya kita brurusan dg sistem aplikasi dmna kita jg d beri peraturan sbg pembeli/penjual yg gk akan kita temukan ketika membeli langsung ke toko bertatap muka dg penjualny.

    • tidak langsung komplain..krn saya tau pengiriman dari china itu lama..saya itu belanja belasan..jd ga prnh merhatikan tanggal berapa estimasi pesanan selesai..
      saya tidak komplain shopee krn penjual bilang untuk bersabar..
      saya lacak memang sedang menuju indonesia jadi saya tunggu saja. Setelah itu baru hubungi shopee dan tdk ada penyelesaian
      Btw makasih saran2nya ya

  • Makanya kalo barangnya lama tidak datang ya pilih ajukan komplain aja biar dananya ditahan dulu

    • barang dr china selalu datang nya super lama..jd saya bersabar aja..tapi baru kali ini emang ga dtg beneran

  • Saran saya mba kalo emang ribet pihak Shopee penyelesaiannya mendingan relain saja, karena kalo kita maksain dari Shopee nya berbelit2 seperti yg saya alami cape juga malah berharap yg ga pasti kaya mengejar2 bayangan.... Walau emang lumayan besar uang saya yg hilang tp bukan rijki saya mungkin... Tp skrg saya udah berhenti belanja di shopee. Tp saya buat surat pembaca di playstore Shopee bahwa Shopee merugikan ga profesional.... Makasih media konsumen moga dibaca sama pihak Shopee

  • Selamat sore, kepada admin MediaKonsumen maupun pembaca disini.

    Saya ingin menyampaikan bahwa tadi pagi pihak ShopeeCare sudah menghubungi saya, dan solusi dari pihak Shopee akan di proses refund secara penuh.

    Terima kasih kepada MediaKonsumen yang sudah memuat artikel ini, dan juga melanjutkan ke pihak Shopee.