Sangat Kecewa dengan Solusi Tokopedia, Barang Tidak Sampai, Uang Tidak Kembali

Saya membeli barang di Tokopedia berupa alat bor seharga Rp 318.000 dengan promo bebas ongkir dan kurir pengiriman SiCepat, nama toko penjual Panen Teknik di Jakarta Barat. Alamat pengiriman ke saya di Pondok Melati Bekasi. Inv/20200919/xx/IX/631934502, resi 000441743386.

Setelah sebulan lebih saya tunggu barang tidak sampai, padahal di notifikasinya barang sudah di-drop di gerai, dan saya ajukan komplain ke Tokopedia. Solusi yang Tokopedia berikan malah saya tetap membayar, kalau tidak setuju disuruh naik banding dengan menyertakan bukti-bukti. Padahal sudah ada bukti nomor invoice dan nomor resi pembayaran.

Cara begitu sangat merugikan saya sebagai pembeli. Barang tidak sampai uang tidak kembali. Kenapa uang tidak di kembalikan ke pembeli? Kan bisa ditransfer ke nomer rekening pembeli, nomer rekening saya ada di data Tokopedia. Jika masalahnya barang hilang atau ada masalah lainnya di gerai atau di kurir, hingga barang tidak sampai ke pembeli, muestinya masalah itu bukan resiko pembeli. Tapi Tokopedia malah kasih solusi pembeli membayar barang yang tidak sampai. Masalah yang sebenarnya tidak diinfokan ke saya sebagai pembeli.

Saya sangat kecewa, ini seperti penipuan. Kapok membeli di Tokopedia. Paling buruk solusinya.

Defi Sanusi
Karanganyar, Kebumen

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:25    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Solusi Tokopedia, Barang Tidak Sampai, Uang Tidak Kembali

  • 31 Oktober 2020 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Saya bayar pkb motor yang jatuh tempo tgl. 22 Oktober 2020, beberapa hari kemudian saya cek stnk saya pada kolom sanksi administrasi tertulis uang Rp. 8.000 sbg denda swdkllj, pada hal saya bayar tepat waktu. Kenapa ada denda?….

  • 31 Oktober 2020 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Kasus yang aneh, barang belum diterima kok disuruh bayar? Padahal, bukankah pembeli sudah membayar lunas? Apakah CS Tokopedia minta pesanan selesai sehingga uang akan diteruskan ke seller? Apakah sudah disampaikan ke seller kalau barang belum sampai?

    Biasanya, kalau barang belum diterima oleh pembeli atau hilang, uang tidak dilepas ke seller.

    • 1 November 2020 - (02:56 WIB)
      Permalink

      Iya benar, saya saja hampir ngguyu baca yg satu ini. Aneh. Mungkin ini transaksinya cod ya, tp gmn mau bayar wong blm sampai. Tp biasanya klau cod, sebelum barang dikirim akan di infokan ke buyer, ini lho barang akan dikirim, total sekian mohon disiapkan uangnya. Nah ini kemungkinan nomer hp yg tertera di alamat tdk bisa dihub. Kedua, kl audah smp di gerai kota anda mbok ya didatangi, tanyakan langsung. Ambil sendiri.

  • 2 November 2020 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Terkait dengan keluhan saya di Media Konsumen “Sangat Kecewa Dengan Solusi Tokopedia, Barang Tidak Sampai, Uang Tidak Kembali”.
    Pihak Tokopedia sudah menelepon saya tgl 02/11/2020 jm 10.17 memberitahukan bahwa sicepat sudah mengganti biaya ke saldo refund saya, sudah saya cek benar sudah masuk. dengan demikian maka masalah ini saya anggap selesai. Dan saya mohon maaf, jika salah memahami email mengenai solusi dari Tokopedia ke saya.
    Terima kasih Tokopedia dan sicepat. Semoga lebih profesional lagi dan terpercaya.

    Saya minta pihak Media Konsumen menghapus / tidak menampilkan lagi surat saya tersebut terhitung mulai hari ini.
    Dan saya anggap sudah tidak ada lagi.
    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Solusi Tokopedia, Barang Tidak Sampai, Uang Tidak…

oleh Defi Sanusi dibaca dalam: 1 min
4