Surat Pembaca

Kecewa dengan Tokopedia yang Memperbolehkan Alamat Pengiriman Berbeda dengan Lokasi Toko

Dear Tim Tokopedia,

Saya sebagai pengguna Tokopedia, kecewa dengan sikap Tokopedia memperbolehkan seller untuk mengirim barang berbeda lokasi dengan alamat di Tokopedia yang akhirnya melewati estimasi barang diterima. Kronologinya:

Tanggal 21 Oktober 2020, saya memesan 3 barang dengan 3 toko berbeda dalam rentang waktu 1 jam, semua toko berlokasi di JABODETABEK.

Tanggal 22 Oktober 2020, dua barang sampai dengan baik esok harinya. Namun satu barang (INV/20201021/XX/X/656950335) belum sampai dan resi yang diinput tidak bisa dilacak.
Tanggal 23 Oktober 2020, saya konfirmasi ke seller, kenapa barang belum diterima dan resi tidak bisa dilacak? Mereka menjawab, nanti mereka bantu follow up ke JNE. Saya memilih JNE sebagai opsi pengiriman karena mereka akan menggunakan JNE YES jika saya memilih JNE Reguler. Toko di Jakarta katanya tutup karena covid, pengiriman sementara dari cabang Kepulauan Riau mereka dan butuh 3-4 hari untuk menetralisir.

Sebentar, sebelum pesan, saya pastikan saya beli dari hasil searching toko dengan menggunakan fitur lokasi hanya JABODETABEK dan menanyakan stok secara langsung.  Kenapa pengiriman dari Kepulauan Riau? Kenapa tidak dibatalkan saja? Padahal mereka mempunyai fitur untuk melakukan itu.

Sebenarnya saya tidak masalah selama saya terima barang tersebut masih dalam estimasi waktu yang diberikan dan diberikan kemasan yang rapih, karena pengiriman akan banyak perpindahan tangan dan rentan rusak (saya pesan motherboard/PCB).

Tanggal 24 Okotober 2020, mereka memperbaharui resi, lalu saya cek ternyata mereka baru menyerahkan barang tersebut pada tanggal 24 Oktober pukul 4 sore. Jadi mereka memberikan resi JNE dummy, yang bahkan barangnya belum diterima oleh JNE (3 HARI BARANG TERTAHAN DI SELLER).

Tanggal 25 Oktober 2020, tidak ada update.

Tanggal 26 Oktober 2020, masuk proses sortir, ‘baru disortir’.

Tanggal 27 Oktober 2020, saya bertanya ke Tokopedia Care, apakah perilaku seperti ini diperbolehkan (pengiriman berbeda alamat)? Tim Tokopedia Care bahwa perilaku seperti ini diperbolehkan. Sebagai pembeli saya kecewa berat karena bila lokasi pengiriman berbeda. Patut diduga bahwa Tokopeda tidak berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi estimasi pengiriman yang mereka berikan.  Akhirnya saya mengajukan komplain di dalam aplikasi, dan masih harus menunggu hasil investigasi internal kurir hingga 7 hari.

Tanggal 28 Oktober 2020, tidak ada update.

Tanggal 29 Oktober 2020, pukul 11.00 : Status barang masih dalam sortir di JNE trace, (SUDAH 8 HARI BARANG BELUM KELUAR DARI TANJUNG BALAI KARIMUN/BATAM).

Seandainya Tokopedia tidak memperbolehkan prilaku seperti ini (mengirim barang berbeda dengan alamat toko hingga melewati estimasi lamanya pengiriman) tentu pesanan (INV/20201021/XX/X/656950335) yang saya lakukan tanggal 21 Oktober 2020 mungkin bisa saya terima dengan baik pada tanggal 22 Oktober 2020.

Kepada tim Tokopedia, mohon berikan perhatian khusus kepada komplain saya di aplikasi. Barang ini saya butuhkan untuk mengejar deadline kerjaan yang jatuh akhir minggu ini. Apakah saya harus membeli motherboard lagi untuk menyelesaikan pekerjaan, yang mengakibatkan satu motheboard tidak terpakai?

Best Regards,

Zaenal Arifin
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • mau cepet pke jne yes malah di accep besok dikirim lusa (resi palsu pula) lalu lusanya lagi dikirim namun ketika paketnya masuk system , besoknya paket not found (dibatalkan munkin transaksinya) memang hadeeh ini dropshiter

  • @Muhammad ilmu anda masih cetek udah sok sokan,anda ini orng yg suka haramin dan ngafirin orang dropsip tidak haram selama mendapat izin dari seller/resseller imam hanafi tulis whatsappmu kita duel