Surat Pembaca

Permintaan Bukti Pelunasan Tagihan Akulaku via Email Tidak Pernah Direspon

Dear Akulaku,

Saya sudah 3 kali melakukan permintaan surat pelunasan cicilan tagihan saya melalui email, tetapi pihak Akulaku tidak pernah meresponnya.

Saya memohon kerjasama dari pihak Akulaku untuk segera menerbitkan bukti pelunasan tagihan saya, karena pengajuan KPR saya terhambat gara-gara BI checking masih ada tagihan. Padahal saya sudah tidak ada tagihan semenjak tanggal 14 Oktober 2020. Pihak Bank BTN meminta bukti valid dari Akulaku.

Demikian permohonan ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Efendi
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Ahmad

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Akulaku dan Mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @Ahmad Efendi

    1. Membersihkan blacklist di BI membutuhkan proses 1 tahun sejak anda bersih dari Hutang.

    “Padahal saya sudah tidak ada tagihan semenjak tanggal 14 Oktober 2020”

    Artinya nama anda akan bersih saat 14 oktober 2021.

    Asumsinya, anda yang baru saja melunasi tidak langsung bisa menghutang lagi. Karena kantong anda dianggap belum stabil. 1 tahun itu tenggang waktu yang cukup untuk melihat kantong anda apakah sudah layak untuk menghutang lagi.

    2. Jika memang anda sudah tidak punya hutang, anda pasti bisa menghapus Akun Akulaku itu.

    Jika tidak bisa terhapus, artinya anda masih dipelihara oleh Akulaku.

  • “Pihak Bank BTN meminta bukti valid dari Akulaku”

    Apakah bisa, Bank BTN hanya ingin bukti Lunas saja, tanpa menunggu 1 tahun agar nama anda bersih dari Blacklist di BI.?

    Kalau bisa, yang memang surat Lunas Akulaku itu harus segera anda usahakan.

    • Terima kasih atas tanggapannya pak muhammad, sebenarnya cicilan saya itu selesai bulan desember 2020 sesuai sistem di akulaku, namun ada kendala waktu proses pengajuan KPR di bank BTN, ternyata di cek di SLIK ojk saya masih ada tanggungan cicilan diakulaku harus segera dilunasin, saya sudah melunasi semua sisa cicilan diakulaku dan di sistem akulaku juga sudah 0 tagihan, saya juga sudah memberi bukti pembayaran terakhir saya ke pihak bank tetapi pihak bank minta bukti valid dari akulaku supaya KPR saya bs lolos, saya juga sudah telpon cs akulaku ternyata cicilan sudah lunas semuanya di sistem, saya juga sudah minta bukti pelunasan dari akulaku disarankan kirim email ke collection.indonesia@akulaku.com, namun sampe sekarang belum ada tanggapan, padahal saya sudah email 4 kali, mangkanya saya buat surat terbuka disini.

  • Tunggu 1 bulan dari tgl pembayaran pak kalau SLIK OJK nya kembali normal
    Klo ada temen yang kerja di finance bisa minta di cek SLIK ojk apa masih ada hutang apa gak
    Biasanya kalo udah sebulan dari pembayaran status coll nya kembali ke coll 1/Lancar lagi

    • Terima kasih pak aires atas sarannya, saya akan menunggu 1 bulan kedepan, mudah-mudahan SLIK OJK saya sudah bersih dan KPR nya bksa diproses kembali.

  • Alhamdulillah email saya sudah direspon pihak akulaku pada tgl. 11-11-2020 dan pihak akulaku menerbitkan Surat Keterangan Lunas cicilan saya.
    Terima kasih semuanya.

    • Selamat siang pak Efendi.
      Kasus sama persis dengan teman saya. Dan teman saya sudah menelepon pihak akulaku suruh email ke collection.indonesia@akulaku.com. dan sampai sekarang belum ada respon email tersebut.
      Bagaimana pak cara dapet balasan email dan mendapat bukti email tersebut?
      Kasihan teman saya pak gr2 bi checking pihak BTN belum bisa akad kredit.

      • Ma'af baru bisa bales pak romy,memang cs akulaku kurang responsive terhadap keluhan konsumen, saya 4x mengirimkan email ke collection.indonesia@akulaku.com baru dapat tanggapan dan pihak akulaku menerbitkan surat keterangan lunas selama 1 bulan, surat tersebut saya berikan ke pihak bank btn - + 3 hari SP3K saya terbit dan skrg sudah akad rumah KPR.

  • Selamat siang pa Ahmad Efendi
    Gmana caranya pa supaya cepat cepat di tanggapi oleh pihak akulaku supaya dapat balasan email saya untuk bukti pelunasan akulakunya
    Udah 3 kali saya kirim emil masih blm di tanggapinya juga

    • Selamat malam mbak, oh ya saya mendapatkankan surat pelunasan tagihan dari akulaku dikarenakan sudah mengirimkan email ke collection.indonesia@akulaku.com sebanyak 4x baru direspon, kirim email disertakan bukti pembayaran pelunasan, biasanya menunggu sebulan dr pelunasan baru bersih dr bi checking.

  • Selamat malam pak efendy..saya juga bernasib hal yang sma pak,saya sudah email ke pihak akulaku 2x dan saya juga sudh tlvn cs smpe berkali2 responnnya katanya suruh menunggu tanpa ada kepastian.saya butuh bgt padhal surat pelunasan dr akulaku buat pengambilan KPR, smpe putus asa hrus bgaimana lgi takutnya uang yg saya buat pengajuan KPR hangus gara2 terkendala BI checking

  • Selamat Sore Pak Ahmad Efendi. Hal serupa dialami oleh calon konsumen perumahan kerabat saya. Sudah dibayar lunas namun di SLIK OJK tidak terupdate.
    Mohon izin apakah boleh saya meminta surat pelunasan yang dikirimkan oleh Akulaku kepada bapak melalui email saya?

    • Atau saya boleh bertanya secara pribadi melalui WA? Karena calon konsumen saya sangat membutuhkan surat lunas AkuLaku tersebut

  • Selamat siang pak effendi, saya mau minta tolong pak . Saya mau minta bukti pelunsan dari akulaku uda ngirim email di collection.indonesia@akulaku.com udahh 1 bulan lebihh tapi kok tidak ada respon ya pak. Saya juga sudah telefon ke cs akulakuu sanggup ngirim tanggal 11 kemarenn sampek sekarang kok tidak ada respon ya ya dari akulaku. Malah ngurulang data lagii diproses kemblaii dan di ojk nama saya kok masih ada sangkutan padahall saya sudah bayar lunas