Beli Pulsa via m-BCA Gagal, tapi Saldo Terpotong Rp600.000

Jumat 30 Oktober 2020 saya melakukan pembelian paket kuota via MBCA senilai Rp200.000 ke nomor saya 0852800*****. Transaksi gagal. Saya coba isi ke nomor HP istri saya. Gagal lagi. Saya coba lagi ke nomor hp saya. Gagal dan ada keterangan: “Silahkan cek mutasi rekening”. Ternyata saldo sudah berkurang sebanyak Rp201.500 x 3 transaksi. Total jadi Rp604.500. Saya langsung telepon ke HaloBCA dan customer service menjelaskan tunggu 1 hari kerja.

Senin, 2 November 2020, saya telepon HaloBCA lagi karena belum ada refund. Customer service verifikasi data diri saya dahulu kemudian dia cek mutasi rekening saya dan menganjurkan untuk menghubungi Telkomsel. Saya hubungi Telkomsel via LINE dan Telkomsel memverifikasi data dan akan melakukan pengecekan selama 4 hari kerja.

Tanggal 9 November 2020 ada telpon dari 188 (Telkomsel), katanya tidak ada dana masuk ke Telkomsel dari BCA, jadi saya disuruh hubungi BCA kembali. Saya langsung datang ke Bank BCA di Jababeka Cikarang. Di customer service menyarankan menghubungi HaloBCA menggunakan telepon kantornya BCA. Saya diberikan nomer laporan yaitu 2084850549 dan harap menunggu 5 hari kerja.

Tanggal 18 November 2020 saya hubungi HaloBCA, customer service meminta saya cek mutasi rekening saya, tapi sudah saya cek belum ada uang masuk. Kemudian customer service menyarankan untuk menghubungi Telkomsel lagi. Kemudian saya hubungi Telkomsel via telepon, katanya menunggu 4 hari lagi untuk pengecekan dan kemungkinan saya akan dilempar lagi suruh menghubungi BCA lagi.

Entah kesalahan ada di Telkomsel atau BCA. Semoga uang saya cepat kembali.

Andam Yusuf Ariestya
Karawang, Jawa Barat

NB: Foto mutasi rekening di atas tertulis tanggal 2 November 2020. Saya transaksi tgl 30 Oktober 2020. Pada saat tgl 30 Oktober tertulis “PEND”. Mungkin baru dibukukan di mutasi tanggal 2 November 2020 karena pada saat itu sedang tanggal merah.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • To Telkomsel :

      Kalo ambil data lagi, saya udah bosan nulisnya. nih nomer tiket aduan saya :
      * 1-45GE937
      * 1-463FFGI
      * 1-4DD85Q7
      * 1-4EK5D01

    • To BCA :
      Semua yg udah disarankan customer service BCA udah saya lakuin. Setiap hari saya cek mutasi terus.
      Nih, ini nomer laporan saya : 2084850549

  • emg dimana2 klo udah urusan begini semua main lempar, menyusahkan customer. Kan mereka bs urus antar 2 belah pihak sendiri, customer tinggal tau beres aja, uang kembali. ini boro2 telp kiri kanan, abis pulsa.

    • Yoi, perusahaan makin gede makin berbelit sistemnya. Customer Service jawabannya cuma copas copas doang lagi.

  • Wah, nama besar ternyata tidak menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi ya. Bagaimana BCA tumben penyelesaiannya seperti ini?
    Saran saya agar lebih hemat, lakukan follow-up rutin ke pihak BCA selaku pihak yang meneruskan uang dari rekening bapak ke pihak Telkomsel melalui email saja dengan cantumkan nomor laporan. Bila perlu cc-kan juga email tersebut ke pihak Telkomsel.
    Semoga segera ada penyelesaian atas case ini.

  • Saya membeli paket data internet di m bangking BCA, saldo saya juga kepotong tapi data internet yg saya beli tidak masuk, padahal nomer saya benar, caranya gimana tuh pak???
    .Mohon beri jawaban agar tidak terjadi lagi hal seperti ini, yg merugikan jasa pengguna,