Tim Layanan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Responsif dan Profesional

Saya adalah nasabah OCBC NISP sejak pertengahan tahun 2019. Keluhan yang saya sampaikan ini berdasar pada penawaran kartu kredit bundling OCBC NISP pada program Nyala Individu yang saya daftarkan sebelumnya. Kronologi kejadian adalah sebagai berikut:

Pada tanggal 10 November 2020, saya dihubungi oleh pihak OCBC NISP dengan nomor telepon 021-1500-999. Dari sambungan telepon tersebut dikabarkan bahwa aplikasi kartu kredit saya sudah disetujui dan sudah dalam proses pengiriman. Saya diminta untuk menunggu selama 14 hari untuk proses pengiriman kartu kreditnya.

Pada tanggal 19 November 2020, saya menelpon Customer Service OCBC NISP untuk menanyakan sudah sejauh mana proses pengiriman kartunya (apakah sudah sampai di kurir, apakah ada data yang kurang, dll). Ternyata, disampaikan oleh Saudari Mekar (nama CS OCBC NISP yang mengangkat telepon saya) bahwa aplikasi kartu kredit saya dibatalkan sepihak oleh OCBC NISP.

Saya meminta penjelasan kepada Saudari Mekar terkait kenapa aplikasi saya dibatalkan. Jawaban dari Saudari Mekar hanya repetisi, “Kami tidak tahu, karena ini kewenangan tim terkait kami.” Saya terus “mengejar” alasan kenapa aplikasi saya dibatalkan secara sepihak oleh OCBC NISP tanpa ada alasan yang jelas. Saudari Mekar kemudian membuatkan tiket dengan nomor CHM 202011190298 dan saya disuruh menunggu selama maksimal 4 hari kerja.

Pada tanggal 20 November 2020 pukul 12.12, saya menerima email dari OCBC NISP yang menyatakan bahwa permasalahan saya telah selesai diproses. Tidak puas dengan hanya email standar dan dengan tidak disertai alasan serta resolusi komplain yang jelas, saya pun menelpon kembali OCBC NISP.

Telepon saya di tanggal 20 November 2020 ditanggapi oleh Saudari Tira. Saya meminta penjelasan kepada Saudari Tira terkait dengan kenapa tiket komplain saya sudah ditutup tanpa ada penjelasan ke nasabah, kenapa aplikasi kartu kredit saya dibatalkan, dan kenapa pihak OCBC NISP selalu menawarkan kartu kredit kepada saya (yang kemudian saya mengajukan, kemudian ditolak, dan terus berulang tanpa ada alasan yang jelas).

Saudari Tira kemudian mentransfer telepon saya kepada Saudari Santi. Narasi yang disampaikan Saudari Santi tetap sama dan tidak menyelesaikan masalah sama sekali. Alih-alih mencari solusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan saya, Saudari Santi malah dengan sengaja menutup telpon. Sungguh merupakan hal yang saya sangat sayangkan.

Saya minta pihak OCBC NISP untuk bisa menjelaskan secara terbuka mengenai hal ini dan melayangkan pernyataan tertulisnya. Sungguh pengalaman dengan OCBC NISP adalah pengalaman terburuk saya selama menggunakan jasa perbankan.

Wahyu Setyo Budhi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank OCBC NISP:
[Total:17    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank OCBC NISP atas Surat Pembaca Bapak Wahyu Setyo Budhi

Dengan hormat, Menindaklanjuti surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Wahyu Setyo Budhi di mediakonsumen.com pada Minggu, 22 November 2020 perihal...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Tim Layanan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Responsif dan Profesional

  • 22 November 2020 - (19:05 WIB)
    Permalink

    saya juga di buat gt gan. Katana uda di setujuin. Bahkan uda tel cs 2x sudah di setujuin katana tggu 14 hari kerja. Da tggu lama ga dtng. Saya tel eh katana ada berkas yg kurang. Kirim lg lwt wa. Lewat seminggu lg ku tel cs eh katana ga di setujuin. Parah pelayanan ocbc. Ga jelas gan.

  • 23 November 2020 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Bambang…. itu adalah hak bank utk apptoved atau tidaknya. Atau ketika sudah disetujui dan dibatalkan juga haknya bank. Mungkin setelah disetujui dan pihak bank tersadar kalau anda belum memenuhi kualigikasi utk diberi pinjaman.

    Ngotot bgt sih pengen ngutang.

    Bambang…. Bambang….

    2
    1
  • 23 November 2020 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Pembatalan kartu kredit yang statusnya sudah disetujui juga sering ditemui di beberapa bank lain, tidak hanya OCBC.
    Menurut hemat saya, kemungkinan bank melakukan review ulang terhadap kartu kredit yang sudah disetujui dan ditemukan antara lain adanya kekurangan data/dokumen, ketidakcocokan data, kriteria profil nasabah yang belum terpenuhi, dan banyak faktor lain.

    Memang membuat frustrasi kita yang sudah menanti-nanti kartunya, tapi ini juga hak prerogatif bank.
    Sebaiknya ajukan ke bank lain saja jika tidak ada kejelasan dari bank terkait atau ajukan ulang 6 bulan ke depan sejak kartu dibatalkan.

  • 24 November 2020 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Hadeehh.. paling jengkel sama orang yang sok ngerti kemudian komplain di media tapi sebenarnya dia ga paham sama sekali. Anda kan mau meminjam dan yang kasih pinjaman kaga mau ngasih ya itu hak nya yang kasih pinjaman lah.. kok malah sewot di media. Ya kayak anda mau pinjam ke teman anda tapi teman anda ga mau kasih pinjaman kemudian anda marah-marah ke teman anda.. helooo, tolong donk logika dipakai yang benar dan pintar dikit yaaaa

 Apa Komentar Anda mengenai Bank OCBC NISP?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tim Layanan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Responsif dan Profesional

oleh Wahyu Budhi dibaca dalam: 1 min
5