Seller Penipu di Shopee, Apa Memang Dibiarkan oleh Manajemen Shopee?

Saya jadi member Shopee, baik sebagai seller maupun buyer, sejak 2017. Baru kali ini saya ditipu oleh oknum seller dengan nama tokonya Alcell (sesuai link akun di screenshot). Lokasi tokonya berubah-ubah, waktu pembelian lokasi tokonya di Bandar Lampung, tapi sekarang alamat tokonya sudah diganti di Sleman Yogyakarta.

Kronologinya: Saya beli produk di Shopee dengan nomor pesanan 2010125CDA850T yaitu perdana kartu Indosat, yang menurut deskripsi produknya dan juga menurut seller melalui chat, adalah perdana Indosat yang berisi kuota internet berlangganan selama 6 bulan 50 GB/bulan yang diperpanjang otomatis tiap bulannya dan bergaransi selama 4 bulan. Sebelumnya saya juga sudah sering beli kartu perdana semacam ini di toko lainnya dan belum pernah menemui kendala berarti.

Saya beli kartu ini tanggal 12/10/2020 dan mulai diaktifkan kuotanya setelah proses pengiriman barang saya terima, yaitu tanggal 16/10/2020. Itu berarti bulan berikutnya tanggal 15/11/2020 kuotanya akan diperpanjang otomatis. Akan tetapi faktanya sampai hari ini tanggal 21/11/2020 perpanjangan otomatis tidak juga terjadi. Sedangkan seller dihubungi tidak merespon, meskipun dia terlihat masih online tiap harinya. Sebelumnya pada tanggal 15/11/2020 saya chat dia masih balas dan bilang bahwa perpanjangan otomatis akan dilakukan pada tanggal 21/11/2020 menurut operator Indosat katanya begitu. OK saya tunggu tapi faktanya sampai hari ini belum terjadi dan seller sudah tidak merespon.

Saya sudah lakukan pelaporan melalui menu lapor yang ada di aplikasi Shopee dan juga saya sudah kontak CS Shopee lewat twitter. Tanggapannya sama sekali tidak ada itikad baik untuk memberikan solusi tapi malah memberi kuliah pendek tentang bagaimana menjadi buyer yang baik. Dari sini sementara saya menyimpulkan bahwa memang ada benarnya diluar sana beredar kabar bahwa pihak manajemen Shopee seperti memberi perlindungan kepada seller yang terindikasi sebagai penipu.

Saya bukan orang hukum, jadi belum tahu soal status lembaga/instansi/badan hukum/perusahaan yang terbukti membiarkan (tidak memblokir akun dan memblokir rekening bank) kepada pelaku penipuan (ada bukti) bisa terkena pasal hukum pidana juga atau tidak. Tapi saya rasa kejadian seperti ini banyak terjadi tapi banyak dari korban penipuan hanya diam karena banyak alasan juga saya rasa. Yang salah satu alasannya mungkin karena kalau pun hal ini dilaporkan ke polisi maka akan dianggap kasus tipiring (tindak pidana ringan/nominal jumlah kurang dari Rp2000.000). Yang bisa diartikan ini kasus cemen yang tidak butuh perhatian lebih dan kemungkinan besar dibiarkan kecuali jadi viral.

Dan itu sangat miris karena memberi ruang bagi para pelaku penipu untuk terus lakukan tindak penipuan meskipun kecil-kecilan tapi dengan jumlah target korban yang besar maka total penghasilannya dari menipu juga besar juga. Meskipun ini hanya dilakukan dalam satu platform e-commerce saja yaitu Shopee (karena mungkin dirasa sangat terbuka bagi para pemalak untuk beraksi). Karena platform e-commerce lainnya menurut pengalaman saya mereka bertanggung jawab jika buyer menemui masalah dengan seller dan benar membantu menyelesaikan kasus dan bukan hanya pokoknya sudah membalas keluhan pelanggan berarti sudah cukup.

Dengan tulisan ini saya berharap membuka mata buat manajemen Shopee (bukan hanya CS Shopee), yang notabene platform ini bukanlah produk dalam negeri, jadi sangat beralasan jika sebagai tamu ya sewajarnya berperilaku yang baik dalam menjalankan bisnisnya. Jangan hanya gede-gedein promo ongkir gratis dan cashbacknya aja untuk menaikkan volume pengguna tapi juga kualitas layanan penting diprioritaskan juga. Terutama layanan keluhan pembeli, atau memang karena top manajemennya yang ada diluar sono tidak mengetahui apa yang detail di lapangan terjadi? yah itu urusan mereka. Tapi kasus penipuan kalau dibiarkan, ya jangan heran kalau nantinya diberitakan ada sebuah platform e-commerce internasional menutup layanannya di Indonesia dan balik ke negara asalnya setelah habiskan milyaran dolar buat nyalain promo ongkir gratis dan cashback besar-besaran tanpa perhatikan dengan baik layanan pelanggan.

Karena nominal dolar juga ada batasannya. Sampai kapan bertahan dengan promo-promo tsb, hanya mereka dan investor yang tahu. Setelah alat bakar promonya menipis hanya kualitas layananlah yang jadi tumpuan dan Shopee, termasuk jauh perbandingannya di bawah para pesaingnya sesama platform e-commerce di dalam negeri soal layanan keluhan pelanggan. Semoga pihak Shopee tertarik untuk menanggapi tulisan ini dan ada tindakan dengan solusi baik. Terima kasih.

Arif Atoillah
Banyuwangi, Jatim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Seller Penipu di Shopee, Apa Memang Dibiarkan oleh Manajemen Shopee?

    • 24 November 2020 - (01:07 WIB)
      Permalink

      Iya ternyata banyak terbukti Shopee makin kacau,,, saya juga udah dirugikan ga ada tuntasnya bosen mediasinya ga jelas ribet…. Bukanya untung malah buntung rugiiiiii pisan….. Sebal banget saya juga mending nominalnya kecil udah gede penggantian nya noooool besar

      • 20 Juli 2021 - (17:51 WIB)
        Permalink

        SETUJU DENGAN KERAS BAHWA SHOPEE MENDUKUNG ADANYA SCAM SELLER..
        MEDIASI YANG TIDAK MEMILIKI ANALISA DAN LOGIKA DASAR YANG KUAT..
        Itulah Shopee.. tidak bisa melihat mana yang di rugikan dan mana yang diuntungkan.
        saya ada pengalaman setelah membeli barang di shopee ternyata barang yang di kirim adalah barang rusak.
        dan saya langsung meminta cancel pada saat sebelum pengiriman.
        namun seller tetap mengirim barang rusak tersebut. saya kira shopee akan melakukan menelusuran masalah sebagai mediasi ketika seller dan buyer terjadi ketidaksesuaian. namun shopee tidak melakukan apapun. sehingga buyer merasa dirugikan. padahal saya sebagai buyer sudah siap mengembalikan barang rusak yang tidak ada manfaat nya. yang paling lucunya shopee penolak dengan alasan karena “buyer tidak bisa membuat kesepakatan antara seller untuk mengembalikan barang” dalam hal ini justru di butuhkan mediasi dengan SHOPEE adalah ketika antara buyer dan seller tidak dapat kesepakatan.

    • 24 November 2020 - (01:17 WIB)
      Permalink

      Saya sudah gak percaya beli apapun via online semenjak beli baterai hp dikirim sudah dalam keadaan bunting alias bekas pakai dan sudah dikomplain barang gak diganti.

      2
      1
      • 24 November 2020 - (10:53 WIB)
        Permalink

        prosedurnya, jangan klik terima barang, rekam video unboxing, upload ke youtube, klik komplain, upload link youtube, minta balikin duit, nego ke admin shope biar ga disuruh ngirim balik ke penjual, karena sudah bunting/rusak, sisanya tinggal sabarr ?

      • 24 November 2020 - (19:46 WIB)
        Permalink

        Dan lucunya ya gan… untuk ganti barang onkir PP customers yg nanggung…
        Tobat lah blnja via online…

  • 23 November 2020 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Kalo menurutku seller jual sdh sesuai yg tertulis, barang jg sdh sampai ke tangan, perkara pembaharuan kuota bulanan yg bermasalah ya hrsnya complain ke operator selular nya. Kalo seller/reseller jual ya sebatas sesuai tulisan yg ada di label nya saja.

    8
    4
    • 23 November 2020 - (21:46 WIB)
      Permalink

      kartu perdana nya ternyata bukan kartu pascabayar tapi prabayar (jika pascabayar bisa langsung komplain ke Indosat karena pasti ada data pemilik utama pelanggan), di deskripsi produk ada garansi seller 4 bulan(dan sesuai keterangan seller melalui chat) yang berarti seller akan membantu jika ada kendala dan saya pernah mengalami kendala juga soal perpanjangan otomatis (kartu pascabayar) tapi dibantu menyelesaikannya oleh seller di toko lain.

      5
      5
      • 23 November 2020 - (23:24 WIB)
        Permalink

        Berbelanja online memang ada resiko, jangan terbuai oleh garansi toko, untuk kartu paket data jangankan online, toko ofline aja kadang banyak miss, untuk klaim yang penjualnya ada aja susah, apalagi yang penjualnya entah berantah

        5
        2
        • 25 November 2020 - (04:58 WIB)
          Permalink

          secara umum online ga masalah selama pake prinsip kehati²an, cek reputasi toko, review yg normal bukan template, deskripsi jelas, harga masih wajar.
          transaksi yg bermasalah cuma sekitar 1% padahal akumulasi semua transaksi gw sudah lebih dari 500

  • 23 November 2020 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Kalau di kartu perdana ga ada tulisan kuota yg diberikan ya berarti akal2an penjual saja. 170rb dapet 300GB? Too good too be true. Beli yg normal aja. Modus mirip yg jual layanan Netflix, Spotify, dll untuk berapa lama tapi baru 1 atau 2 bulan udah ga bisa dipake. Katanya garansi tapi penjualnya udah gatau kemana/banyak alesan ini itu gamau ganti.

    9
    4
  • 23 November 2020 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Kasus saya tidak sama tapi hal yg ingin saya utarakan adalah dugaan bahwa shopee lebih berpihak ke seller sepertinya memang benar.
    Beberapa kali kasus dimana saya ingin membatalkan pesanan karena 1. Seller berbelit Belit dalam hal pengiriman (ngaku sudah kirim tapi ternyata status masih dikemas),2. Barang tidak sampai sampai selama 2 Minggu lebih, entah kenapa selalu ditolak .
    Pemberian kekuasaan penuh ke seller utk menerima atau menolak pembatalan pesanan adalah hal yg benar benar tidak fair bagi buyer.
    Secara immaterial sangat merugikan bagi buyer. Tapi ya itu, ketika komplen ke manajemen shopee ujung ujungnya solusinya adalah , anda harus sabar.menunggu dan menunggu.
    Shopee tidak layak . Promo di banyakin nyatanya zonk dalam hal pelayanan.

    8
    1
  • 23 November 2020 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Diantara semua market place, yang paling banyak penjual gak berakhlak nya itu shopee. Hai shopee kalau kamu baca tulisan ini, itu penjual yang punya ribuan produk dalam satu toko itu udah jelas menggunakan Scraper, software otomatis pasang iklan, mereka harusnya di banned permanen, bahkan harusnya nomor rekening jangan sampai bisa digunakan kembali bertransaksi apalagi mencairkan dananya dari shopee.
    Marketplace kok banyak penjual sampahnya. Gak kredibel, berantakan dan menguntungkan penjual curang.
    Untuk penulis, pindah ke marketplace lain aja, masih banyak kok marketplace yang jauh lebih baik dibanding shopee.

    11
    4
  • 24 November 2020 - (04:00 WIB)
    Permalink

    udah cerita lama sih kalau seller nakal di eplatform tsb, kemarin jg gitu,beli akun netflix…janjinya garansi 1 bulan…bahkan baru mau log in pertama udh ga bs…dichat ga mau balas, makin lama makin menumpuk rating bintang 1 ke sellermya tapi sampe sekarang masih anteng tu seller jualan, padahal udah di report jg ke eplatform nya…ga tau sih klo buyer yg lain ikutan report atau ngga…aga hato-hati dan was-was sih skrg belanja di situ…makanya saya beralih ke eplatform lain

    2
    2
  • 24 November 2020 - (07:42 WIB)
    Permalink

    saya juga ada ketenu seller, jual hp murah, pas bayar via shopepay, dia kirim WA suruh isi data di situs dia sendiri, termasuk input username dan password saya. modusnya, dia akan login pakai akun saya tuk memencet pesanan diterima, tapi saya tidak gubris. akhirnya saya cancel. lapor ke shoppe ga ada tanggapan

    2
    1
  • 24 November 2020 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Lebih baik konfirmasi dulu ke pihak indosat apakah benar itu kartu perdana 5GB/bulan. Emang berapa harganya? Konfirmasi ke indosat dulu

    Menurutku kalau shopee mau bertindak harus ada surat kepolisian, tidak asal bertindak soalnya bukan wewenang shopee. Kalau sembarangan bisa jadi shopee yang dituntut. Karena tidak ada surat sakti dari polisi.

    6
    1
  • 24 November 2020 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Yg punya lokal cuma Bukalapak aja gan. Baiknya gak terlalu tergiur promo. Kalo bisa majukan usaha dalam negeri dulu biar ekonomi Indonesia baik-baik saja. Gak perlu meroket walaupun nyatanya merosot. Intinya saya cuma bisa saranin baiknya cari dulu tukang kuota dekat sekitar rumah aja.

    3
    2
  • 24 November 2020 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Saya berkali kali ditipu, dan emang sengaja saya biarkan seperti itu biar sekalian tahu betapa banyak seller curang yang jual produk serupa. Saya beli lisensi spotify premium 3 bulan, mumpung harga lumayan terjangkau (sekitar 20 s/d 35rb) sekalian saya order di 6 seller sekaligus.

    Dan hasilnya sama, setelah beberapa hari aksesnya di revoke alias gak bisa dipakai lagi. Dari seller ke tujuh baru beneran dikirim lisensi yg 3 bulan full. Ke enam seller semuanya aktif online tapi chat sama sekali gak di respons. Celakanya lagi rating mereka sangat positif dari ratusan feedback, yang kalo diteliti lagi di kolom komentar ternyata akibat dari buyer yg mengira sudah terima produk yg dibeli, kasih rating dan komentar positif. Setelah beberapa hari lisensi tiba-tiba di revoke, sudah gak bisa ubah penilaian dan komentar yg terlanjur diberikan lg.

    Sebetulnya bisa, hanya rata-rata orang memilih utk “mengikhlaskan” daripada ribet komplain dll (saya salah satunya).

    Hanya menyayangkan hal semacam ini dibiarkan. Cara menghubungi customer care shopee pun bikin males mau memproses pengaduan. Padahal seller lisensi penipu ini udah tambah banyak.

    4
    2
  • 24 November 2020 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Kalo saya pribadi sih gak nyalahin shoopee 100% karena pelaporannya pun kurang kuat, pernah dl saya lapor akun” penipu langsung di banned shoopee, karena jelas melakukan penipuan yaitu jual laptop 300juta seharga 4juta dengan syarat harus transaksi di luar shoopee.
    kalo kasus kakak saya gak yakin kalo shoopee disini membela seller soalnya barang dikirim dan uda kakak pakai, jd kalo ampe shoope tutup sellernya gaswat juga, soalnya bisa jd cela buat buyer yang gak bertanggung jawab (bukan kakak yaa) untuk ngelaporin seller” hanya karena barang tidak 100% sesuai deskripsi.
    Pengalaman dl saya pernah beli batrei hp deskripsinya sesuai untuk tipe hp saya pas nyampe ehh ukurannya gak muat di hp, bisa sih.. di pake tp cuman 2bulan dan banyak produk itu di jual di toko” di shoopee dan murah makanya saya beli, tp setelah itu saya cari lagi di shoopee di toko lain dngn brand yg berbeda dan jd ampe skrng hampir 2taun, soalnya kita gak bisa nyalahin seller dia jual sesuai dengan deskripsi barang yang dia beli juga, kalo gak pas harusnya sih nyalahin yg produksinya hehehehe

    6
    5
    • 24 November 2020 - (18:15 WIB)
      Permalink

      ada bukti dan bisa di kroscek ke indosat karena bukan soal nominalnya, dan untuk sementara sudah ada tindakan awal dari shopee yaitu akun seller ybs sudah ditutup/diblokir meskipun sangat mudah si seller ybs buka akun baru dan mungkin juga seller ybs punya akun aktif lainnya yang menjual produk serupa. sedangkan pihak shopee masih berusaha menghubungi seller yg katanya belum bisa tersambung, saya diminta menunggu perkembangan selanjutnya

      5
      1
      • 25 November 2020 - (01:03 WIB)
        Permalink

        Aneh, Shopee, seller kok nggak bisa tersambung. Yang punya Marketplace aja, bisa dikadalin, apalagi buyer.

      • 1 Desember 2020 - (11:01 WIB)
        Permalink

        ada perkembangan terbaru, melalui bantuan tim shopee si seller menghubungi ke no WA sya pada 30/11/20, seller menawari saya pengembalian setengah dari dana transaksi tapi saya menolak dan akhirnya dapat kesepakatan bahwa saya tetap minta kekurangan paket internetnya sampai dengan bulan ke 6(untuk bulan ke 3 sampai ke 6 jika bermasalah lagi saya akan buat surat terbuka lagi), seller menyanggupi dan akan mengirim kekurangan paket internetnya dengan mengirimkan kartu baru, saat ini sya masih menunggu dan akan sya update perkembangan selanjutnya, terimakasih buat tim shopee atas bantuannya (berharap layanan prima seperti ini dari shopee jangan hanya dilakukan jika konsumen melakukan pelaporan di media terbuka saja, tapi melalui twitter, telpon, email mestinya harus dilakukan sama) .

        1
        1
    • 25 November 2020 - (06:28 WIB)
      Permalink

      lah klo baterai gak muat mah offline aja sering terjadi -_- terakhir kali saya beli bateria merek Ev serinya sama ukurannya mirip. udah dibeli di konter lah kurang panjang dikit perlu diganjel bawahnya.

  • 25 November 2020 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Inimah pembelinya juga salah si menurut saya, jangan klik terima kalau barang belum dicek bagus seutuhnya, untuk kartu prabayar/pascabayar kan bisa di cek dulu sebelum terima barang, karena belanja apapun online dimana pun kalau udah klik selesai, ya udah selesai ga ada urusan lagi, janji janji manis Antara Seller dan buyer ya itu urusan masing2, market place ga ikut campur

    3
    3
    • 4 Desember 2020 - (16:55 WIB)
      Permalink

      tolong bisa dibaca dan dipahami secara lengkap kronologinya, disini yang menjadi poin penting adalah marketplace nya, karena jika ada indikasi dan ada bukti kuat telah terjadi penipuan maka pihak marketplace seharusnya ada tindakan tegas kepada seller jika buyer telah melaporkan hal tersebut, tapi faktanya pihak marketplace tidak ada tindakan sama sekali sebelum saya tulis permasalahan ini di MediaKonsumen.com ini, dan itu bisa diartikan bahwa pihak marketplace membiarkan atau malah melindungi oknum penipu

  • 6 Desember 2020 - (06:25 WIB)
    Permalink

    UPDATE: oknum cs @ShopeeCare (pic: Maulana) sudah bertindak diluar kesepakatan dengan saya karena telah membuka akun/toko seller penipu (atasnama SEPTIAN, alamat Bandar Lampung) sedangkan permasalahan belum terselesaikan, dalam pembicaraan mediasi sebelumnya melalui telpon saya dengan cs shopee menyepakati bahwa akun/toko seller akan dibuka kembali setelah saya menerima kartu pengganti yg telah ditawarkan seller dan saya pastikan dulu kartu pengganti ada paket internetnya atau tidak, tapi setelah pengiriman kartu pengganti saya terima dan saya cek ternyata kartu pengganti tidak ada paket internetnya, sudah saya konfirmasi ulang ke cs shopee maupun seller penipu tapi tidak ada respon lagi sampai saat ini dari keduanya.
    Dari sini bisa saya simpulkan (sementara sampai ada respon dan solusi dari shopee maupun seller ybs) bahwa oknum cs @ShopeeCare yang memediasi permasalahan ini lebih berpihak kepada seller penipu meskipun yang bersangkutan sempat membantah bahwa shopee lebih memihak seller dalam hal ini yang terindikasi penipuan.

  • 18 Desember 2020 - (15:41 WIB)
    Permalink

    UPDATE: akhirnya paket internet untuk bulan ke 2 dikirim oleh si seller sebesar 50GB setelah melalui proses yg panjang karena seller sangat sulit dihubungi, atas bantuan tim mediasi dari shopee saya sampaikan terimakasih, tapi bisa dimungkinkan permasalahan akan terjadi lagi untuk paket internet bulan ke 3 dan selanjutnya, kita lihat aja nanti selanjutnya tapi moga lancar aja

  • 21 Januari 2021 - (06:24 WIB)
    Permalink

    UPDATE: tgl 20/1/2021 kemarin saya hubungi customer service shopee lagi untuk minta bantuan mediasi dengan seller dan sekaligus minta untuk menutup akun/toko seller jika dia sudah tidak kooperatif dan lakukan tindak penipuan lagi, karena kuota untuk bulan ke-3 yg seharusnya dikirimkan tgl 18/1/2021 ternyata sampai saat ini belum saya terima sedangkan seller saya hubungi tidak merespon, bisa saya simpulkan sementara bahwa seller memang tidak ada niat baik dalam berjualan, terindikasi penipuan sejak bulan yg lalu karena sangat tidak kooperatif meskipun akhirnya dia mengirimkan kuota 50GB bulan ke2 setelah akun/toko nya ditutup sementara oleh shopee.

    Akan saya update perkembangan selanjutnya.

  • 31 Januari 2021 - (11:40 WIB)
    Permalink

    UPDATE: Setelah menunggu itikad baik baik seller serta ketegasan dari pihak shopee dalam memberikan perlindungan keamanan bagi buyer sejak tanggal 18/1/2021 sampai hari ini tgl 31/1/2021 tidak ada respon dari seller mengenai kelanjutan pengisian kuota internet untuk bulan ke-3, sedangkan pihak shopee juga tidak ada inisiatif untuk mau memberikan hukuman kepada seller yang terbukti telah melakukan tindak penipuan baik itu penutupan akun/toko seller bersangkutan maupun penangguhan/banned terhadap rekening bank milik seller bersangkutan yang terdaftar di shopee.
    Bisa disimpulkan bahwa oknum seller penipu akan terus memanfaatkan celah system yang lemah di shopee untuk meraup keuntungan dengan menjual produk abal-abal sedangkan pihak shopee seperti merasa itu bukan tanggung jawab mereka meski bukti sudah ada bahwa telah terjadi tindak penipuan.

  • 8 Mei 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli yg merasa tertipu oleh Toko Online @GILOGILO di shopee, dengan modus kembali barang. barang yg sya beli bernilai >800k dengan ongkir 800k dari jmlh. uang 1,1jt, serta mengembalikan barang terlebih dahulu, padahal jika dilihat dri prilaku penjual yg sama sekali tidak merespon percakapan tp malah mengajukan banding, apakah sya bisa dipercaya brang yg kirim akan di konfirmasi penerimaanya dengan baik, malah yg ada BARANG HILANG dan UANG TIDAK KEMBALI. Pdahal ini semua KESALAHAN TOKO tanpa ada itikat baik. dan repon Shopee seperti Robot yg sudh dikuasai polanya oleh

  • 19 Desember 2021 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Saya saja sebagai pembeli juga sempat dirugikan oleh penjual dari bandung bernama pastelstationary, beli tinta sarasa dikasih yang palsu/kw padahal ditulis 100% original. Shineplaza style juga sama dan sama-sama dari bandung.
    Sempat saya komplain ke shopee tapi dimenangkan secara sepihak oleh penjual yang disahkan oleh shopee. Akan tetapi kedua toko ini dapat ranking penjualan tinggi karena marketing yang gencar. Padahal kita bisa dapat yang asli dengan harga sama kalau benar2 mencari

  • 10 Juli 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Mau lapor juga nih,

    Ada akun shopee yang jualan akses spotify udah tembus 10ribu penjualan, udah terlanjur pesan 1 tahun full garansi seharga 50ribuan ternyata baru 1 minggu udah zonk dikeluarkan dari family. Katanya butuh 3×24 jam untuk klaim garansi, tapi sekarang malah tidak digubris. Pas di cek ternyata dari 2ribu penilaian yang tidak tahu asli maupun dari bot, rating bintang 1 udah sampai 300an, keliatannya si penjual ini pakai trik supaya dagangan keliatan laku sampai 10ribu kali, cek https://shopee.co.id/buyer/104092278/rating . Mau Spill namanya juga yaitu https://shopee.co.id/bitcointech.id bitcointech id , atau di halamannya juga punya alias yaitu Spotimefy id, pengiriman dari KOTA BEKASI – BEKASI TIMUR, JAWA BARAT, ID. Pokoknya jangan di beli, not recommended. Sekalian saya spill beberapa komentar bintang satunya yah serta tanggapan si seller.

    *Spotify 12 bulan
    Belum ada 1 bulan sudah tidak aktif premiumnya
    Saya chat penjual
    Penjual bilang garansi 3x24jam yang mana tidak dijelaskan pada ketentuan awal
    Bisa dibilang fraud si
    Kalau mau beli jangan yg 12 bulan, rugi, after sales jelek*

    Balasannya sangat tidak profesional
    *Pembeli yang tidak bisa menghargai seller atau orang lain(Contohnya seperti ini,mau seenaknya jidatnya)
    Sudah dikasih klaim garansi dan hanya menunggu proses sesuai giliran tetapi malah ngoceh Mulu dan ngancem inilah itu,kwkwkwk situ bocah ya? Apa baru belanja beginian?
    Jarang” lho penjual sekarang yang ada problem ditanggapi chat pembeli,biasanya pada diam” atau kabur sellernya. Ya sudahlah kalo itu kemauan pembeli,semoga ketemu seller yang menurut situ oke.
    Saran :Kalo bisa jangan pakai segala ngancem segala,jijik ketemu pembeli yang kaya gini.*

    Pembeli *Beli yang 3 bulan bergaransi, tapi belum 1 bulan udah ga premium. Di hubungi melalui chat tidak ada respon, sangat mengecewakan. Saran saya, hati2 aja kalo mau beli di sini.*

    Pembeli: *Premium hanya bertahan 1 bulan, chat komplain ke penjual tidak direspon*

  • 29 September 2023 - (22:32 WIB)
    Permalink

    Hampir sama dengan kasus yang baru saya alami.. ada dugaan pihak management shopee melindungi dan tidak bertindak terhadap penjual penjual nakal yg bercokol di shoope… good by shoope… Bukalapak lebih nyaman bertransaksi dan produk lokal… mari kita sukseskan bukalapak . Toko online dalam negeri

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Seller Penipu di Shopee, Apa Memang Dibiarkan oleh Manajemen Shopee?

oleh arief dibaca dalam: 3 menit
41