Akun Akulaku Saya Dibajak Tanpa OTP dan Verifikasi Wajah

Yth. Media Konsumen,

Saya Mulyanto, ingin menyampaikan bahwa saya korban pembajakan akun Akulaku. Berikut kronologinya:

Pada tanggal 14 November 2020 saya melakukan transaksi di Shopee dengan pembayaran menggunakan Akulaku. Kemudian sampai tanggal 23 November 2020, saya tidak buka aplikasi Akulaku. Setelah tanggal 24 November 2020, saya buka untuk membayar tagihan yang jatuh tempo tanggal 25 November 2020. Namun tiba-tiba akun di aplikasi Akulaku saya keluar. Lalu saya coba  untuk masuk lagi, ternyata tidak bisa.

Setelah itu saya telepon CS dari pihak Akulaku, saya memberikan nomor telepon yang terdaftar di Akulaku: 0877808134**. Setelah dicek ternyata nomor telepon saya tidak terdaftar. Lalu pihak CS meminta NIK KTP saya. Begitu dicek ternyata nomor telpon saya berubah menjadi 081284203831 tanpa kode OTP sebagaimana mestinya jika kita mengubah nomor telepon di aplikasi. Seharusnya tanpa mendapatkan OTP dan verifikasi wajah, pelaku tidak akan bisa mengubah nomor telepon saya.

Kemudian saya mencoba masuk dengan menggunakan opsi ubah nomor telpon. Setelah mengisi data dan verifikasi wajah, ternyata wajah saya ditolak sudah beberapa kali. Namun si pelaku dengan mudahnya mengganti nomor telepon di aplikasi Akulaku.

Pada hari yang sama, tanggal 24 November 2020, saya langsung ke kantor Akulaku di Sahid Sudirman Center lantai 18. Saya bertemu customer service dan saya harus nunggu 1×24 jam untuk mendapatkan email riwayat transaksi.

Begitu saya dapat email, ternyata benar di tanggal 19 November 2020 di jam 19:18 – 19:22 pelaku sudah melakukan 7x transaksi dengan nominal Rp451.655 x 7 di Bukalapak dengan nilai transaksi Rp3.161.585 dan pinjaman di aplikasi Akulaku sebesar Rp2.000.000 pencairan ke rekening PT BANK SINARMAS a.n. Mulyanto (padahal saya tidak mempunyai rekening bank tersebut). Jadi total semua transaksi Rp5.161.585,-.

Kepada pihak terkait mohon bantuannya untuk saya dan para korban, agar cepat selesai permasalahan ini.

Mulyanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Mulyanto

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Mulyanto pada tanggal 27 November...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Sebaiknya hindari aplikasi pinjaman online seperti ini. Lihat saja aplikasi² pinjaman online di Play Store / App Store, komen dan rating mereka sangat buruk.

  • Banyak benar masalah dr uang online... Untung sy ga punya dan berharap ga perlu itu. Aamiin Insya Allah

  • hr ini tgl 27 November 2020,sy mempunyai tunggakan sebesar Rp.223.000 di aplikasi Akulaku namun yg disayangkan knp Akulaku yg legalitasnya terdaftar di OJK bs berlaku tdk sprt yg seharusnya hy krn keterlambatan 2 hr sdh sebar data melalui pesan Wa ke kondar pdhl aturan yg seharusnya pemberitahuan terlebih dahulu ke pihak konsumen utk menanyakan perihal penyelesaian pembayaran keterlambatnya.Sedangkan saat ini dlm kondisi pandemi-19 hrs ny ada kebijaksanaan dr pihak Akulaku dg cara dicicil utk penyelesaianny sampai Lunas.toh sy pun msh berniat membayar saat itu.tp krn perlakuan Dc Akulaku buat sy jd kesal.Mohon diperbaiki cara dan aturan2 yg berlaku seharusnya.jgn mengintimidasi spt itu.Hal ini pun sdh sy laporkan ke pihak OJK agar dpt ditindaklanjuti agar Dc2 semacam ini bs dimusnahkan.

  • akun Ane juga kena hack nih , buat para korban ayolah bersatu kita sama2 buat laporan ke cyber reskrim.

  • saya juga sama ekana hack, kronologis sama seperti yang diutarakan CS, saya juga baru tadi login gak bisa, mau hubungi cs belum buka. duh limit masih gede lagi.