Transaksi di Aplikasi Grab Gagal, Limit Kartu Kredit Terpotong

Pada tanggal 27 November 2020 saya melakukan pemesanan di merchant Hypermart via GrabFood menggunakan metode pembayaran kartu kredit. Transaksi gagal dikarenakan tidak ada driver, tapi anehnya limit kartu kredit malah terpotong dan transaksi telah terbentuk.

Saya sangat kecewa dengan sistem Grab seperti ini, dimana sistemnya tidak mampu membedakan mana transaksi yang sukses dan yang tidak berhasil/gagal. Harusnya sebagai salah satu unicorn yang katanya terbesar ini, punya Tim IT dan aplikasi yang lebih canggih.

Parahnya lagi, setelah saya hubungi CS, proses pengembalian dana ke limit kartu membutuhkan waktu 14-30 hari kerja. Catat, hari kerja. Kalau dihitung-hitung itu bisa memakan waktu 1,5 hingga 2 bulan kalender. Itupun tergantung kebijakan dari pihak bank.

Menurut saya, jika sistem di Grab Indonesia belum canggih, ada baiknya dihapuskan saja dulu metode pembayaran via kartu debit/kredit hingga ada perbaikan dan cara kerja sistem yang lebih baik lagi. Saya pikir pihak Grab terlalu percaya diri mengeluarkan metode bayar semacam ini, dimana sistemnya yang masih setengah matang.

Demikian keluhan saya, mudah-mudahan jadi pelajaran buat yang lainnya agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi di Grab menggunakan metode pembayaran kartu baik debit ataupun kredit.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Transaksi di Aplikasi Grab Gagal, Limit Kartu Kredit Terpotong

  • 28 November 2020 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yg serupa, limit cc terpotong, namun driver not available, jadinya saya cancel. Saya kemudian komplain juga dan jawabannya sm seperti jawaban di atas. Dalam laporan transaksi online saldo cc terpotong, saya menunggu beberapa hari hingga saldo dikembalikan. Namun pada saat tagihan bulan berikutnya muncul, transaksi yg dimaksud tdk tertagihkan.

    Semoga membantu.

  • 28 November 2020 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga sempat mengalami hal ini. Melakukan pesanan GrabFood dengan kartu kredit, dan akhirnya cancel. Ada notifikasi transaksi berhasil dari bank penerbit kartu kredit.
    Namun pada saat billing tagihan saya terima, transaksi tersebut tidak tertagih.
    Saya rasa kemungkinan besar Grab langsung melakukan void transaksi ke kartu kredit dan Customer Service hanya bisa menginformasikan estimasi pengembalian limit kredit 14-30 hari kerja.

    Namun bisa juga tergantung bank penerbit kartu kreditnya. Dalam kasus saya, dua kali saya mengalami, dan keduanya ternyata tidak tertagihkan pada saat tanggal cetak tagihan. Jadi asumsi saya, limit langsung terkreditkan pada kartu kredit terlepas dari informasi CS bahwa membutuhkan minimal 14 hari kerja.

    Saya sarankan bapak menunggu hingga tanggal cetak tagihan kartu kredit. Cek dulu apakah benar tertagih, jika benar, follow up terus kepada pihak Grab dan banknya.
    Semoga membantu.

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Aplikasi Grab Gagal, Limit Kartu Kredit Terpotong

oleh AneGoogle dibaca dalam: 1 menit
3