Ekstra Lambat Proses Ganti Kartu XL yang Hilang

Pada tanggal 23 November 2020, saya bermaksud untuk mengganti kartu XL saya yang hilang di XL Center Bekasi. Handphone dan 2 kartu saya hilang pada tanggal 20 November 2020, tanggal 21 November 2020 saya buat laporan kehilangan di kantor polisi – salah satu syarat pengurusan kartu pengganti.

Pengusurusan di XL Center Bekasi gagal dengan alasan daftar no yang saya informasikan tidak sesuai. No XL ini saya gunakan sebagai “paket data”, jadi sulit untuk mengingat no telp yang saya hubungi – mengingat daftar panggilan adalah tugas perangkat handphone, bukan pelanggan. Kartu sementara diblok dengan alasan keamanan.

Setelah itu saya ke Grapari untuk mengurus penggantian kartu saya lainnya, dengan antrean 5 menit dan proses pengurusan sekitar <7 menit, kartu pengganti sudah seesai.

Pada tanggal 24 November 2020, saya mengirim email dengan data “Ref.CM/CU/E/9176/1120/RO_Penggantian kartu XL yang hilang” lampiran KTP/KK/SKTLK, bukti record top-up via tokped, bukti pangilan telp & no lain yang saya ingat kembali via google contact. Respon oleh CS “RNA” dengan link pengurusan secara online.

Link yang diberikan fail, saya hubungi via telpon ke XL Care dan diarahkan ke link baru, proses terhenti karena kartu diblok.

Pukul 17:33 saya email kembali ke XL Care dengan screenshot kendala yang saya temui.
Pukul 21:26 saya menerima email “Ref.CM/CU/E/9856/1120/RT_Penggantian kartu XL yang hilang” dari CS “RU”, ” ….Perihal replacement SIM card, saat ini Maya koordinasikan ke tim terkait. Mohon kesediaan untuk menunggu prosesnya”.

Pada tanggal 26 November 2020, saya mengirim email kembali, menayakan progres pengantian kartu. Email respond “Ref.CM/CU/E/10745/1120/TF_Penggantian kartu XL yang hilang” dari CS “TYP” “Saat ini kendala Bapak masih dalam proses follow up ke unit terkait. Mohon untuk menunggu prosesnya”, kami coba juga via XL Care online dengan hasil sama – seperti 24 Nov 2020.

Yang menjadi pertanyaan kami sebagai pelanggan kartu XL (bertahun-tahun):

– Kenapa proses penggantian kartu sangat sulit dan lama?
– Apakah ada solusi dan inovasi yang lebih baik dari management XL dalam masalah seperti ini?

“…Maya, mana janjimu…???”

Salam,

Ibnu SA
Bekasi 17412

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Ibnu

Kepada Yth. Redaksi Mediakosumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Ibnu melalui Mediakosumen.com tanggal 29 November 2020 berjudul...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Ekstra Lambat Proses Ganti Kartu XL yang Hilang

  • 29 November 2020 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Gimana ini layanan kartu Tri di provinsi bengkulu masih sangat kurang( masih buruk) di iklan televisi aja yg bagus. Disini setiap mati lampu atau hujan jaringanya hilang bahkan gak mati lampu atau hujan pun jaringannya masih lelet. Untuk browsing masih susah padahal udah menyandang 4g. Jdi agak nyesel beli paket Tri 6gb klw jarang bisa di gunakan. Mohon diperbaiki lgi demi kenyamanan konsumen.

    • 20 Desember 2020 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Dayah juga sangat kecewa dengan kartu ini, saya sekeluarga pakai no XL, tetapi dgengan kejadian yg saya alami dan melihat berita lain yg kasusnya hampir sama penangananya lambat, kesannya tidak profesional dan berbelit, jadi miris mungkin kedepannya tidak rekomendasi untuk kartu ini lagi
      Salam

      • 13 Januari 2021 - (16:59 WIB)
        Permalink

        Setuju banget, saya kecewa berat sama XL.
        HP n nomor hilang saja saya sudah sulit dan ini saya harus di persulit lagi untuk penggantian kartu.

  • 4 Desember 2020 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Selamat Siang,
    Perkembangan permasalahan kami.

    2 Desember 2020 jam 13:35 saya datang ke XL Care Bekasi atas undangan XL Care ( via telpon sehari sebelumnya) , dengan janji akan membantu proses penggantian kartu.
    Dilayani petugas CS dengan pertanyaan standard walaupun sudah saya informasikan no/tiket pengaduan dan alasan saya datang. Saya membayar biaya penggantian kartu sesuai tarif XL Care dan di janjikan no akan aktif sore harinya, mereka akan menghubungi no telp saya lainnya untuk konfirmasi.

    Jam 18:23 saya di telp dengan pesan, no saya perlu 1 x 24jam untuk aktifasi – tidak sesuai janji mereka tp akan saya tunggu.

    3 Desember 2020, sampai jam 12 siang no belum aktif – saya tidak bisa masuk ke aplikasi myxl karena perlu validasi sms. Jam 16:20 saya di telp yang mengaku pihak XL Care (02128094900) yang meminta pengiriman screenshot myxl saya, dan detik itu juga kembali saya sadar pihak XL Care tidak punya data base pengaduan pelanggan.

    Saran saya untuk XL Care:
    1. Anda perlu database atau system yang menyimpan data keluhan pelangan, sehingga “si Maya” tahu pasti perkembangan dan permasalahan – itu gunanya no/tiket pengaduan.
    2. CS counter sebaiknya punya nametag – supaya kami tahu nama CS yang melayani kami.
    3. CS counter di berikan PC/laptop atau minimal tablet yang terhubung ke aplikasi CS XL Care – tentunya perlu SOP dan pelatihan yang baik.
    4. Lebih menghargai pelanggan dari sisi waktu dan biaya.

    Untuk YLKI dan pihak Kominfo – standar pelayanan CS provider perlu lebih di perhatikan dan di buat aturan serta sangsi yang lebih ketat.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Ekstra Lambat Proses Ganti Kartu XL yang Hilang

oleh Support dibaca dalam: 1 min
6