Pengalaman Buruk Ketiga Kalinya Berbelanja di Mitra10 Bitung, Cikupa

Beberapa bulan terakhir saya beberapa kali transaksi di Mitra10 Bitung Cikupa karena lokasi yang dekat dengan lokasi tinggal saya. Namun saya mendapatkan pengalaman yang buruk dari kunjungan saya itu dan terakhir saya dapatkan pada tanggal 2 Desember 2020 lalu.

Pada Rabu, 2 Desember 2020 lalu saya melakukan pemesanan via web e-commerce mereka https://www.mitra10.com/ untuk CENTRO GRANDE FT. KW I DODGE GREY 50X50XCM dan CENTRO GRANDE FT. KW I JAGUAR GREY 50X50XCM dengan orderid #000006155. Pembayaran via Gopay Rp610.420 dengan metode click & collect.

ordersn

Dasar saya beli via web tidak ke store langsung karena ketika pada hari Minggu 29 November 2020 saya datang ke store Mitra10 Bitung Cikupa untuk beli produk yang sama, tapi diarahkan untuk order via web mereka ini.

Jumlah stok pada tanggal 4 Desember, Jaguar
Jumlah stok pada tanggal 4 Desember, Dodge

Pada saat saya order, untuk stok keduanya sama-sama available di store Mitra10 Bitung Cikupa dengan stok Dodge (11 qty) dan Jaguar (49 qty). Kemudian setelah order saya mengikuti order flow mereka, yaitu menunggu 3 jam untuk dikonfirmasi. Di sinilah permasalahannya dimulai. Sekitar pukul 12 ayah saya menghubungi saya untuk segera collect orderannya, tapi saya jelaskan bahwa ada flow “pesanan baru bisa diambil 3 jam”, sedangkan saya pesan sekitar pukul 11.

SOP click collect

Namun ayah saya mengatakan bahwa sistem online mereka tidak berjalan dengan baik, karena untuk orderan sebelumnya (29 November 2020) tracking statusnya masih on process, tapi produknya sudah diantar ke rumah di hari Senin. Malah selasa paginya CS Mitra10 telepon ayah saya menanyakan “Pesanannya udah dikirim belum ya pak?”.

Akhirnya pukul 1.30 saya ke store Mitra10 Bitung Cikupa dan benar saja, saat saya menanyakan orderan saya ke counter click and collect, CS-nya baru memproses pesanan saya. Kemudian setelah menunggu 5-10 menit, saya diberi tahu bahwa orderan saya out of stock di semua store. Kondisi waktu itu karena produknya urgently need dan tidak ada stok dimana-mana maka saya meminta untuk batalkan order.

Namun CS-nya mengatakan “beda divisi e-commerce dengan offline” dan malah bertanya yang membuat saya sedikit tersinggung “Emang tadi sebelum pesen enggak cek stoknya dulu?”. Padahal jelas-jelas kalau stok di store Mitra10 Bitung Cikupa kosong, maka saya tidak bisa memilih untuk ambil di store Mitra10 Bitung Cikupa. Hari jumat 4/12 pun saya cek lagi untuk kedua produk itu dan dua-duanya masih availableAkhirnya saya pulang dengan status order masih “processing” dan dari CS store mereka pun tidak mau bantu.

Keesokannya (kamis 3/12) saya comment pada Instagram Mitra10 dan dijanjikan akan dikabarkan via DM dan ditanyakan ke store terkait. Saya tunggu hingga 1×24 jam keesokannya pun belum ada kabar, bahkan DM untuk konfirmasi case pun tidak. Akhirnya keesokannya (jumat 4/12) saya comment lagi dan barulah mereka DM saya untuk konfirmasi case dan mengatakan “akan ditindaklanjuti”. Saya tanyakan, estimasinya “15 hari kerja” padahal policy di web mereka “15 hari kerja” itu untuk refund dana, di luar konfirmasi dari Mitra10 untuk pengajuan pembatalan, sedangkan case saya konfirmasi saja belum.

dm ig

Jadi saya disuruh menunggu 15 hari kerja untuk pengajuan dan 15 hari kerja untuk refund? Untuk sebuah kesalahan di sistem mereka sendiri yang tidak update jumlah stoknya? Saya sempat telepon ke store Mitra10 Bitung Cikupa di hari Jumat 4/12 dan mereka sarankan untuk whatsapp ke akun mitra10. Saya katakan saya sudah whatsapp dari hari Rabu (2/12), di-read saja tidak dan mereka bilang mau eskalasi dulu nanti dihubungi lagi, tapi hingga detik ini belum ada kabar lagi.

chat wa

Keterangan CS online dan CS store Mitra10 Bitung Cikupa pun selalu lempar satu sama lain. CS online katakan “Dilaporkan ke store terkait” lalu CS store Mitra10 Bitung Cikupa katakan “Tidak tahu prosesnya, harusnya dibantu oleh CS e-commerce web“. Jadi saya harus ke mana komplainnya?

Maka dari itu saya tidak mau menunggu estimasi yang mereka berikan karena saya sudah tidak percaya lagi dengan flow mereka. Ibaratnya mereka yang punya flow saja tidak menjalankan, beraninya menyuruh customer untuk menunggu sesuai flow mereka.

Pada judul saya katakan “Pengalaman Buruk Ketiga kalinya” karena untuk pengalaman pertama dan kedua pihak sales dan CSstore menjanjikan dikirim pukul 12 siang, tapi baru sampai di rumah saya pukul 9 malam. Ketika kurir internal mereka ditanya kenapa lama, mereka menjawab “Biasa pak orang toko suka ngasal janjinya gak liat kondisi”. Jelas ini menjengkelkan bagi konsumen.

Jadi bagi yang ingin berbelanja di Mitra10 Bitung Cikupa harap hati-hati, selain sistemnya yang masih amburadul, SDM store Mitra10 Bitung Cikupajuga masih kurang product knowledge-nya, bisa dibuktikan sendiri.

Chrissela Doni
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Makanya klo belanja barang mendingan off line Karena masalah bisa langsung diselesaikan pada hari yang sama. Belanja di toko on line bikin hati harap2 cemas.

    • Yth Yono, kalo komentar anda tidak sekedar dari victim blaming lebih baik tidak usah berkomentar. Seperti yang saya katakan diatas saya pernah berbelanja offline dan experience yang saya dapat ketika ada problem pun sama. Jadi kendalanya bukan masalah channelnya offline atau online, tapi lebih pada bagaimana kompetensi SDM nya bisa paham dan bisa menjalankan flow yang ada baik offline maupun online.

  • Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi di store kami, Mitra10 Bitung. Masalah ini sudah kami selesaikan langsung dan menjadi pelajaran bagi kami untuk meningkatkan service dan system kami kedepannya seiring keinginan kami untuk selalu memberikan yang terbaik.