Surat Pembaca

Masa Pandemi, Buka Rekening Online Bank Mandiri Ditolak, Malah Disuruh ke Kantor Cabang

Pada tanggal 06 November 2020 lalu sekitar pukul 21.00 WIB saya membuka tabungan Mandiri Now lewat website join.bankmandiri.co.id. Awalnya saya kira tidak ada masalah karena memang langkah dan pengisian datanya cukup mudah. Pun begitu dengan data KYC. Namun, berhubung sudah melewati jam verifikasi video call, maka saya tunda hingga keesokan harinya pada tanggal 07 November 2020.

Kemudian pada sekitar pukul 13.00 WIB tanggal 07 November 2020 saya melanjutkan verifikasi video call. Saya harus dikecewakan dengan jawaban petugas bank karena data saya dianggap tidak lolos verifikasi sistem. Lucunya lagi petugas tidak bisa memberikan alasan kenapa sistem menolak.

Alhasil, saya pun dianjurkan ke kantor cabang terdekat guna melakukan pembukaan rekening. Pertanyaan saya, jika harus ke kantor cabang, buat apa harus diadakan pembuatan rekening via jalur online? Apa hanya untuk koleksi data pribadi kependudukan saja kah? Kalau memang dari awal sistem menolak harusnya diberikan notifikasi pada saat pengiriman dokumen via jalur online.

Saya rasa embel-embel kemudahan diberikan kepada calon nasabah untuk membuka rekening hanya pepesan kosong. Hanya sebagai pemanis untuk menghiasi iklan di beranda sosmed ataupun billboard. Ini kesekian kalinya saya kecewa dengan Bank Milik Pemerintah. Setelah sebelumnya saya sempat dikecewakan juga oleh bank pemerintah lainnya yang pengurusannya ribet dan harus selalu datang ke cabang di era pandemi ini. Atau mungkinkah covid-19 itu hanya ilusi semata bagi mereka?

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Tony Trisno

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukannya. Perihal tersebut, kami telah menghubungi Bapak Tony...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Senasib. Tapi ane udah move on ke PermataME. Buka tabungan dapat saldo gratis pula. Gak pake ribet. Bisa buka beberapa akun juga yang konvensional dan syariah. Bank pemerintah belum siap bersaing kalau untuk teknologi. Lihat aja rating di google play. Ancur ancuran.

  • Bank MANDIRI ya? Oh ya pantes

    Saya sebagai nasabah di beberapa bank BRI,BNI BCA.produk tabungan yg saya miliki Britama bisnis,bni taplus bisnis dan BCA bisnis. Karna memang saya seorang pebisnis online dan ofline. Pengalaman saya pribadi ketika saya hendak membuka rekening mandiri via online ditolak karna dulu saya pernah punya rekening mandiri,jadi mau tdk mau saya harus daftar secara ofline dengan cara datang ke cabang langsung,manah lagi pandemi antrian nya harus melalui 2 tahap hampir 2 jam saya antri pas giliran nama saya dipanggil oleh CS nya dan saya sampaikan maksud dan tujuan saya yaitu buka rekening di "TOLAK" dengan alasan wajib melampirkan surat keterangan kerja..sedangkan saya aja seorang pebisnis,manah punya saya surat begitu begituan,,saya udah cape cape antri waktu terbuang hampir 2 jam coba siapa yg tidak kecewa sakit hati ini. Sepertinya mandiri tuh seperti meragukan calon custamernya.

  • Klo saya waktu itu buja rekening pas VC 3 kali selalu gagal yg pertama gagal karna data tidak valid,yg kedua gagal karna saya tidak bisa memberikan informasi mutasi rekening di rek saya yg satunya,dan saya saking penasarannya saya VC lagi yg ke 3 dan berhasil deh rekening saja langsung jadi