Surat Pembaca

Mau Pakai Limit Kredit Akulaku Dipaksa Belanja Terlebih Dahulu!

Kepada Yth. Akulaku,

Saya paham kalau semua Customer Service yang di Akulaku harus mengikuti paduan yang diberikan, dan kemungkinan tidak bisa melenceng dari sana. Setiap kali saya bertanya tentang isu ini, saya hanya mendapatkan informasi yang sama, tanpa ada bantuan tambahan atau pun solusi alternatif.

Saya memiliki Limit Kredit sebesar Rp8 juta+, tapi sama sekali tidak dapat dipakai. Customer Service Akulaku pun memberikan saran untuk melakukan transaksi secara cash/lunas/tunai/tanpa cicilan di pelapak di aplikasi Akulaku, dengan alasan untuk meningkatkan sistem di Akulaku.

Padahal saya melakukan pembayaran lancar, dan tidak ada tagihan yang pending, atau pun cicilan lainnya. Namun untuk dapat menggunakan Limit Kredit Akulaku, saya dipaksa untuk membeli barang di pelapak Akulaku. Ketika saya bertanya hal simple, seperti:

  • sampai kapan saya harus belanja?
  • saya harus menghabiskan berapa?
  • kapan saya dapat menggunakan limit kredit itu kembali?
  • kenapa masalah ini bisa terjadi?

Jawabannya hanya diulang-ulang: “Baik Ibu, mohon dilakukan secara berkala” “Baik Ibu, untuk mengupdate system mohon melakukan transaksi secara tunai di aplikasi Akulaku, tidak dapat berupa pulsa, dll.” “Baik ibu, ini terjadi karena saya lihat ibu ada melakukan pembatalan saat belanja di Shoppee ya bu?”. Padahal itu dibatalkan karena barangnya out of stock, mau tidak mau harus dibatalkan. Masa hanya karena itu Limit Kredit bisa ditahan?

Apa di Akulaku tidak bisa meng-update sistem secara manual? Mengapa nasabah harus bertanggung jawab atas masalah aplikasinya? Kenapa saya harus keluar uang banyak-banyak untuk dapat menggunakan limit kredit? Apa CS Akulaku tidak dapat memberikan solusi alternatif? Apakah tidak ada problem solving?

Karena solusi yang mereka sarankan tidak menyelesaikan masalah, dan yang bisa saya harapkan adalah, “mohon di coba lagi saja ya bu, dilakukan secara berkala, kalau masih tidak bisa mohon ditelpon lagi ke call center”. Seakan – akan masalah ini baru 1 hari saja, 2 minggu saya tidak bisa menggunakan limit kredit !

Seandainya memang TIDAK BISA digunakan sama sekali, mohon beri tahu yang jelas. Jadi saya gak hambur – hamburkan uang, dan bisa mencari tempat kredit yang lainnya!

Ruthfi Sandey Tenet Thomas
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • update dari kasus ini, setelah dilakukan transaksi tunai, dari akun yg sama, dari nomor hp yang sama, dan juga dari rekening pembayaran yg sama. Fitur Akucicilnya malah di blokir sama pihak Akulaku. Ditanya permasalahannya apa, kenapa bisa kayak gitu, malah ngeles terus dari pertanyaan. Apa akulaku udah ga ada duit buat minjemin orang kali ya?

    akhirnya udah tutup akun permanen, masih minta foto KTP pula. padahal udah verifikasi data, penutupan akun juga ga bisa langsung, harus ditunggu 3x24jam.

    Sesuatu sekali ya, Akulaku.

  • Kenapa kasusnya sama semua ya,saya juga sama tuh,limit nggak bisa digunakan,kita diwajibkan belanja,loh kita kan ngajuin akulaku untuk make fitur cicilannya,bukan untuk beli cash,kalo memang bisa beli cash,untuk apa kita capek2 daftar akulaku,kok aneh ya,
    Kita bayar kta asetku selalu tepat waktu,demi menjaga skore kredit kita,tapi kok kayak yg nggak dihargai,kayak nggak ada timbal baliknya untuk usaha kita yg selalu bayar tepat waktu,seharusnya sistemnya diperbaiki lagi,contoh dong aplikasi yg lain,walaupun kita masih ada angsuran,setiap kali kita bayar angsuran limit kita balik lagi,malah jadi nambah.