Surat Pembaca

Saya Korban Kesekian yang Terjebak Paket Bundling Indosat Ooredoo

Dear Indosat Ooredoo,

Hari ini (11 Desember 2020), saya menerima surat dari PT. Perkasa Abadi Perdana perihal surat peringatan tunggakan tagihan pascabayar Indosat atas nomor: 081513314842 sebesar Rp419.242. Karena saya merasa tidak mengetahui dan tidak pernah menggunakan nomor pascabayar tersebut, saya mengira ini surat penipuan berkedok tagihan INDOSAT.

Saya menghubungi CS Indosat di nomor 021-30003000 untuk melaporkan hal tersebut. Namun setelah dicek oleh CS di telepon tersebut, memang ada tagihan di nomor tersebut dan benar atas nama saya. Saya katakan bahwa saya tidak pernah menggunakan kartu pascabayar Indosat. Setelah dicek, CS tersebut mengatakan bahwa nomor tersebut merupakan promo bundling pembelian HP.

Kemudian saya teringat sekitar tahun lalu saya ada pembelian HP di counter Erafone, dan saat itu disebutkan ada promo bundling kartu Indosat dengan paket internet yang berlaku 1 tahun. Saat itu saya menolak, karena saya sudah memiliki nomor lain yang sudah lama saya gunakan. Namun saat itu sales bilang, bahwa ini promo menarik, dan kartu tidak apa-apa tidak digunakan, dan akan otomatis mati jika tidak digunakan. Akhirnya nomor tersebut tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah saya gunakan (saya yakin Indosat punya data yang lebih akurat akan hal ini, karena histori pemakaian nomor bisa di-tracking by sistem).

Kemudian saya meminta CS ditelepon tersebut, untuk menonaktifkan nomor tersebut. Namun CS tersebut mengatakan bahwa saya harus datang ke gerai Indosat terdekat. Saya meminta opsi lain selain datang ke Gerai Indosat, karena dalam kondisi pandemi ini saya benar-benar menghindari pergi ke tempat keramaian jika tidak perlu. Namun dikatakan tidak ada opsi lain. Saya bertanya bagaimana mengenai tagihan atas nomor yang tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah digunakan tersebut. CS tersebut hanya menjawab bahwa akan dijelaskan oleh petugas di Gerai Indosat.

Karena merasa terjebak atas promo pembelian HP tersebut, saya search di internet mengenai hal tersebut, dan saya menemukan surat Ibu Lisgumantika:

Dan banyak surat keluhan lain dari para korban yang merasa terjebak atas promo tersebut, mendapatkan nomor saat pembelian HP, nomor tidak diaktifkan ataupun digunakan tetapi kemudian mendapatkan surat peringatan juga dari debt collector.

Kepada Indosat, apakah ini memang program resmi dari Indosat dan Erafone? Apakah memang seperti ini prosedur yang tepat? Kami tidak diinformasikan bahwa nomor tesebut harus dinonaktifkan dan akan terus berjalan tagihan walaupun tidak diaktifkan dan digunakan? Dan tidak ada konfirmasi sebelumnya dari pihak Indosat melalui media apapun.

Saya merasa sangat terjebak dan kecewa sekali dalam masalah ini.

Dengan adanya tulisan ini, saya sangat berharap ada penyelesaian yang baik dari pihak Indosat. Semoga tulisan saya ini dapat menjadi pengingat untuk para pengguna/pembeli maupun calon pengguna/calon pembeli, agar lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam promo serupa.

Ria Octoviany
Kota Bekasi, Jawa Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga terjebak, padahal saya tidak membeli Hp dengan paket bundling, tapi kenapa mereka bilang saya membeli hp di tahun 2020
      Tolong segera di tangani, saya sudah mengubungi CS dan diminta untuk menunggu.

    • Sya jg kena saat ini..tp sy tidak menggunakan kartu tersebut..ini meresahkan tlg di proses atau kita lemparkan ke pihak kepolisian..

  • Update 11 desember 2020 - 19.35 : Pihak Indosat (Pak Imam) sudah menghubungi saya perihal masalah surat tunggakan yang saya terima, dan sudah mendengarkan penjelasan detail dari saya dan akan di investigasi lebih lanjut. Semoga ada penyelesaian yang baik dari Pihak Indosat, dan terimakasih atas respon yang cepat atas surat di media konsumen ini.

    Terimakasih kepada admin MediaKonsumen, yang sudah dengan sigap memuat surat saya.

    • Wah saya calon yg sama ini kaya nya dgn konsumen tersebut, soal nya awal 2020 sy dpt promo bundling Xiaomi dan eraphone juga, kontrak 2 tahun lagi, klo kontrak habis calon2 juga ini komplain ke Indosat,

    • kak, bagaimana kelanjutannya? saya juga terjebak di situasi yang sama. Apakah tagihannya dihapus?

  • Kebiasaan emang sales erafone, gw jg pernah di Giant mall Bekasi..
    Tp gw tolak, hati2 deh beli di erafone

    • Saya kmrin juga kena jebakan juga ,baru hari rabu kmrin saya bayar 3 bulan....buat pengalaman aja.

      • Wah ternyata masih banyak yang terjebak ya.
        Saya tidak mau bayar pak, karena seharusnya jika memang kartu pasca bayar, ada tagihan atau pemberitahuan bulanan, selama ini saya tidak pernah terima sama sekali tagihan atau pemberitahun melalui media apa pun karena memang saya tidak pernah aktifkan kartunya.

        Semoga ada penyelesaian yang baik dari pihak Indosat, masih menunggu berita lanjutan.

  • Menurut saya masih banyak lagi kasus korban jebakan yang akan melapor.
    Mungkin ada perpanjangan otomatis di syarat dan ketentuan, yang tidak disadari oleh korban dan tidak diberitahukan oleh sales nya.

  • Update 13 Desember 2020 jam 12:45, baru saja pihak Indosat (Pak Imam) sudah menghubungi saya kembali. Dan dengan bantuan dan kerjasama dari Pak Imam, tunggakan tagihan yang ditagihkan ke saya sudah di hapuskan. Dan masalah ini sudah terselesaikan dengan baik.
    Terimakasih kepada Indosat yang sudah merespon dengan cepat surat di media konsumen ini.

    Terimakasih juga kepada media konsumen, sebagai media penyambung atas masalah ini. ??

  • saya juga kena tipu ni, tapi saya heran apakah harus tulis media konsumen seperti baru ditindaklanjuti? karena baru kali ini saya ditagih sampai pakai debt collector, padahal urusannya saja tidak jelas dari indosatnya, tidak perjanjian dari bundling yang didapat, ditanya ke indosat bilangnya pascabayar otomatis diperpanjang gitu doang, tidak memuaskan konsumen sama sekali, harus ada petisi atau demo kekantornya mungkin baru diperbaiki sistemnya

  • Iya saja juga kena tipu, apa bisa ini dilaporkan ke perlindungan konsumen ya, gila banget emng ini, parah ini, penipuan ulung terencana sih kayanya kong kalikong sama salesnya er*ph**e

  • Suara hati ini ceritaku :
    21 desember 2021 menjadi pengalaman berharga + pelajaran bagi saya yang tidak akan pernah saya lupa. Pada tahun 2020 entah bulanya apa saya lupa . saya membeli kartu indosa yg saya jg tidak tau bahwa itu kartu pascabayar ,karena saya membeli dengan uang yg lumayan besar menurut saya. Berharap hemat dan untung dapat kuota yg di isi sebulan sekalli selama 1 tahun, tapi ternyata tidak sampai satu tahun, jaringan internet sering mati tidak bisa akses internet Saya beberapa kali tlp cs indosat no hp saya sedang pemeliharaan . Berbulan2 tidak bisa internetan . Saya simpan dan sekarang lupa naro dimana kartu itu . Hingga saya hari ini kaget bukan kepalaang ,dikirim rincian penagihan Rp. 165.710 bagi saya orang tak punya . Uang itu sangat besar dan berarti bagi saya beserta keluarga.

    Yang menjadi pertanyaan untuk saya sendiri ??

    1. Kenapa tidak ada yg jelaskan di awal bahwa pihak indosa bisa memperpanjang secara otomatis kartu tanpa persetujuan saya.
    Kalo menurut dan pemahaman saya karena saya bayar dimuka duluan untuk satu tahun itu kartu prabayar biasa. Karena tidak ada penjelasan di awal.

    2. Saya tidak habis pikir karena yang di tawarkan 12 bulan itu, perbulan nya dapat sekian, ternyata pada kenyataannya kepada saya sering sekali jaaringan pemmeliharan dan tidak bisa akses internet . Pihak indosa pasti punya histori dan trackrecord pemakaian kuota kartu saya. Apalagi setelah bulan ke 8,9,10,11,12 masih status masa paket saya bbrp kalli tlp cs karena tidak bisanya akses jaringan internet.

    3. Kenapa saya harus dikirim informasi penagihan yang membuat saya benar2 kaget bukan kepalang , rasanya
    Sangat sedih terkekan dengan keadaan ini sekali sekaligus mengingatkaan pengalaman saya memakai indosa.

    4. Kenapa harus ada kententuan yang menurut saya ini membebankan saya , karena saya tidak memakai kuota/tambahan pascabayar nya mungin bisa d cek di sistem indosa Karena kartu itu sudah tidak aktip

    5. Kenapa tidak ada yang mengingatkan atau cs indosa menelepon mengingatkan akan adanya tagihan setelah paket habis di karenakan otomatis padahal saya bbrp kalli tlp cs.

    6. Mengapa selalu menyuruh ke gerai padahal saya disini jauh ke gerai indosa. Harus pakai ongkos yang lumayan menurut saya apalagi harus juga untuk membayar yang tagihan nya menurut saya ini membebankan saya.

    Pada dasarnya saya inginkan kebijakan dari pihak indosa dikarenakan saya tidak tau akan adannya tagihan seperti ini dan tidak ada penjelasan yang spesifik baik di iklan - iklan di televisi,radio ,medsos dan internet saran saya baiknya di iklan - iklan juga kasih tau bila mana masa paket nya habis maka akan dilakukaan otomatis perpanjangan walaupun kartu sim card itu tidak di pakai dan akan adanya tagihan surat baik ke no hp dan rumah . Terus ingatkan lah di iklan-iklan . Agar banyak yang lebih tau

    Dikarenakan saya tidak merasa memakai paket yang menurut pihak indosa telah di tambahkan yang saya tidak tau dan nomer sim card nya hilang sudah lama .
    Maka dari itu saya keberatan membayarnya dan memohon agar pihak indosa untuk menghapus tagihan nya

    DEDEN HARIS
    BANDUNG 22-12-2021
    No yg sdh hilang dan dapat tagihan
    0815 73451807

    • Saya jga nama saya rismanto 1 tahun lalu sya jga ditipu sales indosat karna sya beli hp poco x3 nfc dan dapat bonus kartu indosat katanya ada gratis internet 1 thn gitu dan kedepannya tidak akan kena biaya apapun jika tidak dipakai lagi tapi nyatanya tiba tiba ada tagihan 1 thn stelah sya tidak pakai lagi kartunya karna sya sudah punya kartu perdana lain tapi dan sya sudah rusak kartu indosatnya karna saya tidak butuh lagi... Tapi tagihan bulanan dan bunganya tiap bulan terus menerus bertambah ya allah penipuan seles indosat ga bisa didiemin gitu aja musti laporkan ke pihak berwajib