Sistem Penagihan Pinjol Berkah Fintek Syariah (BFS) Bermasalah

Kepada Yth. Pembaca Media Konsumen
Di tempat,

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai manajemen dan sistem penagihan aplikasi pinjaman online bernama Berkah Fintek Syariah (BFS) yang bermasalah. Apabila pihak terkait ada yang merespon, mohon untuk menindaklanjuti laporan saya, atas nama Dewi Anita Anugrahwati. Saya sudah membayar tagihan tepat waktu, tapi dianggap telat membayar oleh sistem. Padahal pembayaran dipandu oleh CS Berkah Fintek Syariah (BFS) tersebut.

Sistem yang buruk, nasabah yang disuruh membayar dengan menunjukkan masalah dalam sistem mereka. Berikut data pinjaman saya:

Nama : Dewi Anita Anugrahwati
NIK: 35072555128*****
Nama Fintek : Fintek Berkah Syariah dengan tipe Murabahah
Jatuh tempo pembayaran sesuai dengan kontrak : 17 Desember 2020.

Berikut saya kirimkan bukti pembayaran sebagai bahan pertimbangan tim AFPI untuk memproses salah 1 aplikasi ini. Saya menuntut mereka karena sudah saya usahakan bayar tepat waktu, dengan mengorbankan jam kerja kantor yang harus bentrok dengan atasan saya dan bisnis saya. Saya juga menuntut keadilan terkait kerugian materil dan imateril yang telah saya alami.

Atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Salam.

Dewi Anita A
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mba, maksud di anggap telat membayar oleh sistem itu bagaimana? Apakah ada kolektor yang menagih anda,mereka datang ke rumah anda? Informasi yang anda berikan tidak detail. Apakah sebelumnya anda sudah coba melaporkan keluhan anda ke fintechnya? jika sudah ada, jawaban fintech itu apa?

    • mereka menunjukan bahwa ada pembayaran terpending padahal saya bayar sudah sesuai arahan CS nya, toh di petunjuk pembayaran jg tidak jelas mentrasfernya bagaimana, dan saya bayarkan sebelum jam operasional kantor mereka, dan lgsg bukti bayar saya sampaikan pd Cs via wa

    • Owh iyah Mbak Renata klo' mau tau wa nya seperti apa, bisa tinggalkan no. Wa nya Mbak, saya kirimin sekalian bukti yang saya punya Mbak

  • Makanya kalau bayar jangan mepet jatuh tempo. Kadang sistem bank memang seperti itu. Bayar pas hari kerja sebelum jatuh tempo. Sama2 enak. Usahakan 2-3 hari sebelum jatuh tempo bayar. Kalau sering lupa pakai alarm/pengingat.

    • Seandainya saya sekaya anda, dan sy sewaktu2 bs bayar tanpa harus nunggu gaji atau ada janji orang bayar. Gak usah nunggu jatuh tempo saya bayar Pak...hehehe...saya juga menghitung kapan sy punya uang dan saya blm terfasilitasi dengan m bangking.

      • Naahh bener apa kata bapak Hery Mulyanto, itu mbaknya bayarnya mepet sama tanggal jatuh tempo yg tanggal 17 sedangkan baru transfer tanggal 16. Sistem di bank kalo beda bank 3 hari. Maaf itu transfernya ke bank apa ya? Soalnya saya punya tagihan cc BNI jatoh tempo tanggal 27 pas gajian dan atm bank saya BCA. Jadi supaya gak kepending, bayarnya pake mesin atm BNI tapi kartu BCA biar langsung masuk hari itu. Kalau transfernya dari mesin atm BCA masuknya 3 hari dan pasti bakalan di telponin mulu sm pihak bank-nya. Saran saya mending bayarnya kayak gitu kalo mepet tanggalnya.

    • Dan Allhamdulillah pengalaman sama pinjol yg seperti ini juga baru kali ini. Dan mereka qualified sih. Petunjuk jelas, top up briva pun no admin...hehehe....

  • Namun setelah mengajukan diskusi dengan pihak penjual via chat mereka minta saya membatalkan pengajuan pembatalan tersebut.

    Trus kenapa mau? Ada iming2 apa

  • Saya Pun juga begitu mbaDewi. Saya bayar H-1 sebelum tgl jatuh tempo, namun sampai hari ini pembayaran saya belum terupdate di aplikasi FSyariah. Total tagihan saya perhari ini jd lbh besar krn denda. Saya ditagih oleh tim penagihan 2 hari. Saya ancam mereka klu saya masih diteror penagihan akan saya lapor ke OJK dan Media Konsumen. Pagi ini saya tanya lagi ke bagian penagihan, kapan status saya akan lunas bilang nya tidak tau karena dia hanya penagihan. Email ke CS pun sptnya tidak membantu.

    • Owalah iya tah Mas, sepertinya sistem yang bermasalah dan masih dalam tahap update, karena sepertinya ndak satu dua az, yang seperti ini. Tapi yang dipermasalahkan padahal qt update info pembayaran dengan CSnya langsung yang nagih keesokan harinya dengan CS yang berbeda.

  • tambahan, ini bukan pertama kali saya melakukan pelunasan di apk ini. Sebelumnya pbayar H-1 pun langsung otomatis terupdate.

    • Betul Pak, ini saya yang kedua kalinya yang pertama juga saya lancar. Yang ke2 ini petunjuknya belum terupdate, saya 3 hari berturut ditagih, saya tunjukkan bukti bayar ndak direspon, hari berikutnya di jam 7 malam saya di wa suruh bayar denda karena sistem terpending

    • Maaf baru balas. Allhamdulillah sudah direspon, berkat laporan ke AFPI, Mbak. Mereka kirimkan orang2 mereka buat ngetes saya. Lapor kemana az...hehehehe...

  • Mba Anita, Apa masalahnya sudah terselesaikan, kini saya jg mengalaminya jatuh tempo tgl 19/2, sdh sy bayar dr tgl 11/2 tapi status di aplikasi msh belum berubah. Tagihan masih ada. Sdh complain via CS WA, email & telpon jawabannya hanya akan dilaporkan ke pihak terkait gitu aj.

  • Assalamualaikum selamat siang Mba Anita, Saya Delfa Violina, apabila mba berkenan saya ingin membahas mengenai permasalah mba dengan BFS ini. apakah ada kontak atau email yang bisa saya hubungi mba? terima kasih sebelumnya mba,

  • Sy mau pelunasan, melalui atm mandiri, tolong dibantu carannya, apakah melalui transfer antr bank atau multipayment

    • Saya sdh lama gak berurusan sama apk ini, Mbak. Trauma. Cb cek di apk nya cara bayarnya mbak.

  • Saya juga gitu, tidak pernah telat baru ini ngajukan perpanjangan tidak bisa karena maintanance terus
    Kemudian penqgihan menelepon saya denda 80rb PER HARI , apakah wajar ojk dendanya segitu ?