Surat Pembaca

Transaksi Terindikasi Fraud, Dana Pembeli Tertahan di Shopee

Saya pesan barang dari teman olshop, dan diarahkan ke Shopee oleh seller agar akun bintang dia naik. Pesanan saya di Shopee dengan nomor pesanan: 201216PSY35H8H, waktu pemesanan: 09:10, 16-12-2020, waktu pesanan selesai: 17:39, 16-12-2020.

Kronologi berikutnya, pesanan yang datang ternyata tidak sesuai dan toko diblokir. Saya tidak bisa chat via aplikasi, mau batalkan saja semua transaksi. Saya chat via WA mau refund, seller bilang akun dia diblok, terindikasi fraud. Duit saya ada di akun yang Shopee blok. Jadi tidak bisa ambil uang dan tidak bisa refund.

Jika terindikasi fraud, mengapa Shopee harus menunggu barang sampai dulu, baru barang diblokir? Marketplace sekelas Tokopedia, uang otomatis balik jika terindikasi fraud. Saya sebagai pembeli, Shopee sebagai pasar, kita ikutin aturan pasar, atas dasar apa dia menahan duit pembeli? Jika ternyata penjual ketahuan fraud, diblokir, terus duitnya ke mana?

Apakah laporan saya ke Shopee mengenai indikasi fraud uang bisa balik diproses? Ini sudah hari ketiga belum ada respon. Responnya selalu pengembalian barang foto dokumen apalah, saya kan bilang barang tidak sesuai. Masa garansi Shopee untuk refund sudah tidak bisa? Katanya karena sudah klik terima.

Weleh weleh, saya cuma satu orang loh. Situ tim banyak banget, uang saya belanja cicilan juga, masya Alloh deh, saya ngutang, situ digaji, tapi urus beginian gak gercep, bertele-tele, tinggal balikin saja duitnya, blok seller-nya, selesai. Saya balikin tuh barang, saya maki-maki seller-nya juga bisa. Ribet.

Apakah Shopee menyimpan atau menahan uang transaksi fraud? Saya sebagai buyer benar-benar ribet dan kecewa dengan uang yang saya belanjakan dengan cicilan, sebagai transaksi yang tidak sesuai lalu uangnya ketahan.

Silahkan blokir seller, penjual,atau apapun itu yang melanggar ketentuan, tapi kan saya sebagai buyer duit saya kemakan. Barang pun kenapa harus selesai transaksi dulu? Belum tentu barang benar. Kenapa tidak di awal pas saya proses transaksi langsung ketahuan seperti Tokopedia, duit langsung balik?

Kenapa Shopee mengindikasikan fraud di akhir, dana harus di sistem Shopee dulu? Kenapa tidak di awal, melindungi buyer, pembeli yang kadung belanja? Ini saya transaksi Rp1.236.270, berapa banyak transaksi Shopee sering melakukan penahanan uang? Uangnya ke mana?? Ini Shopee ada kebijakan tidak mengenai ini, fraud atau penyelesaian?

Coba sebagai marketplace atau panitia, contoh pameran, kita jual beli saya pengunjung datang membeli barang ke penjual, bayar melalui panitia, saya dapet barang atau makanan gak sesuai, saya minta refund, trus duit saya gak bisa balik? Sementara penjual bilang tokonya sudah diblokir, saya saja gak bisa chat dia di aplikasi. Perhatian saja untuk semua buyer di Shopee.

Terima kasih.

Desy Lusianasari
Jakarta Selatan


Update (25 Desember 2020): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa dana sudah dikembalikan oleh Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Beli sendal jepit sampe 1,2 juta? Mbaknya beli dari toko sendiri apa gimana? Sepertinya terindikasi gestun nih.

    • iya, gestun ini, tpi biasanya di market place lainnya pihak akulaku yg membatalkan transaksi yg terindikasi fraud, sebelum meng-acc kan pihak pembiaya melakukan analisa dulu. Pembiaya tetangganya jg gitu

    • Untuk sekelas shoope balikin aja uangnya.
      Kemarin di salah satu tv suasta ngasih hadiah mobilnaja bisa.
      Jgn keliatan ga profesional.

  • sandal apa ini 1.2 juta?beli barang pakai akulaku, barang tiba di hari yang sama. belinya di toko teman sendiri. Ini transaksi benaran atau gestun?
    Kalau tokonya teman sendiri kenapa tidak beli langsung saja malah lewat shopee??

  • Ketika menulis ini, Ibu @Desy Lusianasari pasti lagi emosi sehingga penulisan nya berulang2 dan muter2. Ujung2nya, penulis terindikasi gestun.

    Nikmatin aja proses dan sabar yah. Kalau memang anda benar, uang pasti kembali. Kalau terbukti salah...... siapin mental aja.

    • Kurang jelas kronologinya. Menurut cs Shopee buyer udah klik 'pesanan diterima' 17:39. Memang ga dicek dulu barangnya? Pengirimannya melalui apa? Instan? Same day? Kan langsung keliatan barangnya. Kalau pengiriman reguler lain sepertinya agak ganjil. Transaksinya terlalu cepat selesai.

    • Benar apa kata M Zubir ini sepertinya terindikasi FRAUD dan tidak wajar. Pesan barang hanya untuk menaikan rating si seller itu memang tidak dibenarkan Mba..

      • Anjay Laen kali kalo maenan gestun yg dijual barangnya yg masuk akal lah
        Mana ada sendal swallow harga 1,2 juta kecuali bekas dipake personil BTS baru dah dipercaya

        Maen yg cantik lah jangan grabak grubuk itu si pantes aja dana ditahan soalnya ketauan banget gestunnya

    • "Saya pesan barang dari teman olshop, dan diarahkan ke Shopee oleh seller agar akun bintang dia naik"

      Ini itu sudah masuk kategori fraud anda secara tidak sadar masuk kedalam rencana penjual untuk meningkatkan kepercaayan publik dengan menambah bintang di lapak jualannya.

  • Ada indikasi kuat bahwa transaksi diatas adalah transaksi fraud, tidak normal atau gestun. Pembeli melakukan pembelian sandal jepit hingga jutaan mungkin mau dijual lagi, terserah pembeli, tapi membeli sandal untuk menaikkan rating seller teman jelas itu tidak normal.

    Lagipula, pembeli sudah meng-klik pesanan selesai, tentu tidak bisa lagi minta refund dana. Jika pembeli melakukan transaksi dengan sebenarnya, bukan fraud, tentu tidak buru-buru meng-klik pesanan selesai.

    Mungkin jika transaksi tersebut sukses, rating seller naik,uang dikembalikan oleh teman seller, tapi justru buntung, akun seller di blokir, uang hilang. Itu resiko bagi pembeli yang melakukan transaksi dengan tujuan tidak benar!

    • Alhamdulillah, berkat media konsumen, shopee sudah hubungi untuk proses pengembalian dana saya. Akan dikabari kembali ketika proses pengembalian uang saya selesai.
      Semoga benar yah, sakit kepala saya. Terimakasih media konsumen.

        • Mau dikembalikan dananya oh ga semudah itu ferguso ??
          Paling ntar penjualnya disuruh foto stok barang,foto packing barang,resi pengiriman,
          Dan untuk pembeli akan disuruh foto barang yg dikirim,video unboxing nya,dan resi pengiriman nya
          Kalo ga bisa nunjukin itu semua ya wasalam dananya

          Saya mendukung langkah shoppe membekukan uang pemain amatiran ini Karena akibat ulahnya yg maen grabak grubuk asal jual barang kemungkinan akan diperketat lagi aturan soal gestun dan sistem shoppenya
          Kaya sekarang aja pengiriman make gojek harus 5 jam dulu baru bisa diklik terima barang

      • Berdasarkan email dari Shopee, garansi Shopee sudah berakhir, pesanan sudah diterima, dan dana sudah dilepaskan kembali penjual. Bagaimana mungkin Shopee mau refund dana Anda? Jangan berkhayal Shopee akan refund uang yang sudah diteruskan ke penjual. Apalagi transaksi tersebut dianggap fraud sampai akun seller diblokir.

  • Mainnya gak rapi..ketahuan gestun koq marah marah..masih untung pihak shopee mau pengembalian dana..banyak kasus gestun di shopee malah dana di tahan gak balik² tagihan jalan terus

  • Lain kali barangnya pakai yg kerenan dikit mbak. Buku dengan tanda tangan boyband korea. Atau kotak isi air bekas mandi selebgram.

  • Maennya ga cantik ni mw gestun akulaku..

    Seblm melakukan gestun, belajar dl lah. Gmn caranya maen bersih. Hahaha

  • Maennya jorok. Haha sendal 1,2jt. Transaksi cuma 24jam. Klo gestun jualan tas hermes aja. Kirim hermes kw kw via kurir reguler.. harusnya yg komplainnya seller. Eh ini malah buyer. Keliatan bgt gestunnya.