Surat Pembaca

Transaksi Terindikasi Fraud, Dana Pembeli Tertahan di Shopee

Saya pesan barang dari teman olshop, dan diarahkan ke Shopee oleh seller agar akun bintang dia naik. Pesanan saya di Shopee dengan nomor pesanan: 201216PSY35H8H, waktu pemesanan: 09:10, 16-12-2020, waktu pesanan selesai: 17:39, 16-12-2020.

Kronologi berikutnya, pesanan yang datang ternyata tidak sesuai dan toko diblokir. Saya tidak bisa chat via aplikasi, mau batalkan saja semua transaksi. Saya chat via WA mau refund, seller bilang akun dia diblok, terindikasi fraud. Duit saya ada di akun yang Shopee blok. Jadi tidak bisa ambil uang dan tidak bisa refund.

Jika terindikasi fraud, mengapa Shopee harus menunggu barang sampai dulu, baru barang diblokir? Marketplace sekelas Tokopedia, uang otomatis balik jika terindikasi fraud. Saya sebagai pembeli, Shopee sebagai pasar, kita ikutin aturan pasar, atas dasar apa dia menahan duit pembeli? Jika ternyata penjual ketahuan fraud, diblokir, terus duitnya ke mana?

Apakah laporan saya ke Shopee mengenai indikasi fraud uang bisa balik diproses? Ini sudah hari ketiga belum ada respon. Responnya selalu pengembalian barang foto dokumen apalah, saya kan bilang barang tidak sesuai. Masa garansi Shopee untuk refund sudah tidak bisa? Katanya karena sudah klik terima.

Weleh weleh, saya cuma satu orang loh. Situ tim banyak banget, uang saya belanja cicilan juga, masya Alloh deh, saya ngutang, situ digaji, tapi urus beginian gak gercep, bertele-tele, tinggal balikin saja duitnya, blok seller-nya, selesai. Saya balikin tuh barang, saya maki-maki seller-nya juga bisa. Ribet.

Apakah Shopee menyimpan atau menahan uang transaksi fraud? Saya sebagai buyer benar-benar ribet dan kecewa dengan uang yang saya belanjakan dengan cicilan, sebagai transaksi yang tidak sesuai lalu uangnya ketahan.

Silahkan blokir seller, penjual,atau apapun itu yang melanggar ketentuan, tapi kan saya sebagai buyer duit saya kemakan. Barang pun kenapa harus selesai transaksi dulu? Belum tentu barang benar. Kenapa tidak di awal pas saya proses transaksi langsung ketahuan seperti Tokopedia, duit langsung balik?

Kenapa Shopee mengindikasikan fraud di akhir, dana harus di sistem Shopee dulu? Kenapa tidak di awal, melindungi buyer, pembeli yang kadung belanja? Ini saya transaksi Rp1.236.270, berapa banyak transaksi Shopee sering melakukan penahanan uang? Uangnya ke mana?? Ini Shopee ada kebijakan tidak mengenai ini, fraud atau penyelesaian?

Coba sebagai marketplace atau panitia, contoh pameran, kita jual beli saya pengunjung datang membeli barang ke penjual, bayar melalui panitia, saya dapet barang atau makanan gak sesuai, saya minta refund, trus duit saya gak bisa balik? Sementara penjual bilang tokonya sudah diblokir, saya saja gak bisa chat dia di aplikasi. Perhatian saja untuk semua buyer di Shopee.

Terima kasih.

Desy Lusianasari
Jakarta Selatan


Update (25 Desember 2020): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa dana sudah dikembalikan oleh Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 99% yang baca langsung paham permainannya dan melancarkan bullying bertubi - tubi ya, wkwkwk. Sebagai Seller Shopee https://shopee.co.id/xplodcompany yang jualan sandal jepit Swallow jg, kita gak usah ikut - ikutan aja, kasian anak orang..haha..

    Di Shopee kita mengenal praktek itu membeli produk sendiri, untuk memanipulasi jumlah "Produk Terjual". Praktek penjualan palsu seperti itu memang cukup marak akhir - akhir ini, dan akun toko yang mencoba melakukan manipulasi seperti itu biasanya langsung di suspend. Shopee sedang gencar patroli fraud, penjualan palsu, ulasan palsu, dll agar platform mereka tetap bersih dan tercipta persaingan bisnis yang sehat.

  • Bersama ini saya hendak konfirmasi bahwa dana saya sudah balik ke akun akulaku, atas laporan saya di mediakonsumen tanggal: 20-12-2020, dana tertahan di Shopee.

    Dengan ini saya menyatakan uang sudah kembali. Poin masalah utamanya atas penanganan masalah fraud dan uang tertahan di shopee sudah SOLVED.

    Terimakasih media konsumen, terimakasih Shopee. Kami sudah mengajukan penghapusan artikel namun mohon maaf, keputusan ada pada redaksi media konsumen.

    Mohon maaf atas segala dampak kekhawatiran yang ditimbulkan.

    Hormat Saya,

    • Kalau dari gaya bahasa dan penulisan, sepertinya Penulis Artikelnya tidak langsung menulis sendiri dikomen ini. Beda banget dan juga mungkin sang Penulis Artikel tidak tahan dengan bully-an para komentator.

      Kasihan, mau curhat malah kena bully.