Informasi Paket XLHome 1Gbps Tidak Sesuai Kenyataan

Saya ingin menyampaikan bentuk penipuan dari pihak XL dalam menjual paket XLHome 1 Gbps. Pada website XLHome (https://www.xlhome.co.id) terdapat paket XLHome 1Gbps. Tapi ternyata yang kita dapatkan hanyalah 500Mbps (1Gbps hanya diberikan hanya untuk bulan pertama).

Pada website XLHome sama sekali tidak ada keterangan apapun yang menyebutkan hal ini. Apakah layak nama paketnya 1Gbps apabila speed sebenarnya hanya 500Mbps untuk bulan kedua dan selanjutnya?

Jelas sekali ini sebuah tipu muslihat dari XL, apakah tidak ada hukum yang bisa menjerat para pelaku usaha yang menggunakan tipu muslihat seperti ini?

Franky Sandrawan
Sleman, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bpk. Franky Sandrawan

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Franky Sandrawan melalui media Mediakonsumen.com tanggal 21 Desember...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hi, terima kasih atas informasinya ya :) terkait dengan paket XL Home akan Maya cek lebih lanjut ya :) Thanks #M130

  • Jadi begini cerita lengkapnya:

    Pada tanggal 21 Desember 2020, saya rencana mengupgrade paket XLHome 100Mbps saya menjadi 1Gbps dan saya meminta salah satu pegawai saya untuk menelepon XLHome call center di nomor 820 (menggunakan simcard XL) untuk hal tersebut, dan alangkah terkejutnya kami ketika diberitahu bahwa untuk paket 1Gbps hanya mendapatkan speed 1Gbps di bulan pertama saja dan setelahnya itu akan turun menjadi 500Mbps untuk bulan kedua dan seterusnya. Karena tidak yakin dengan informasi yang diberikan oleh customer service (CS) yang di call center tadi, saya mencoba untuk bertanya melalui facebook messegnger XLHome Official dan awalnya diberitahu bahwa paket 1Gbps speed akan tetap di 1Gbps setelah bulan pertama (oleh CS a/n Devie), dan sy menyatakan setuju untuk upgrade ke 1Gbps. Tapi hari itu juga saya ditelepon pihak XLHome dengan nomor 02128094900 dan dijelaskan bahwa paket 1Gbps setelah bulan pertama akan turun menjadi 500Mbps. Nah, informasinya makin simpang siur dan saya kembali menghubungi CS XLHome melalui facebook messenger dan kali ini oleh CS a/n Mira, informasi dari CS a/n Devie sebelumnya diralat menjadi paket 1Gbsp akan turun menjadi 500Mbps setelah bulan pertama. Akhirnya, setelah 3 kali informasikan bahwa paket 1Gbps akan turun menjadi 500Mbps, maka saya yakin bahwa itulah informasi yang benar dan saya mengurungkan niat saya untuk upgrade ke 1Gbps dan memutuskan upgrade ke 300Mbps saja. Lalu saya pun menulis surat pembaca ini karena merasa informasi di situs xlhome.co.id adalah sebuah penipuan karena tidak menjelaskan mengenai paket yang turun menjadi 500Mbps setelah bulan pertama.

    Kemudian setelah saya menulis surat pembaca ini, hari ini tanggal 1 Januari 2021 saya ditelepon oleh pihak customer service XLHome dan saya diberitahu bahwa setelah dicek kembali oleh mereka, paket 1Gbps tetap akan mendapatkan speed 1Gbps untuk bulan kedua dan seterusnya.

    Tetapi saya masih punya concern bahwa kesalahan informasi yang saya terima tidak hanya dari salah satu staff CS, tapi dari 3 staff, ditambah lagi, ketika saya mencoba mencari informasi paket 1Gbps tersebut, saya menemukan di situs "https://www.xl.co.id/id/bantuan/xlhome/syarat-ketentuan" tertulis di poin nomor 11 "Promo Speedboost untuk Paket 1 Gbps hanya berlaku selama 1 bulan pertama, untuk bulan kedua dan selanjutnya pelanggan akan mendapatkan speed Up to 500 Mbps."

    Kepada pihak XL, apabila memang benar paket 1Gbps speed tidak akan turun menjadi 500Mbps setelah bulan pertama. harap informasi yang tertera di situs "https://www.xl.co.id/id/bantuan/xlhome/syarat-ketentuan" diperbaiki dan semua CS ditraining ulang mengenai hal tersebut sehingga tidak terjadi lagi kesalahan informasi kepada pelanggan seperti kasus saya ini.

    Terima kasih kepada pihak XLHome atas tanggapannya.

  • Terima kasih juga untuk pihak Media Konsumen yang telah membantu menayangkan surat pembaca ini.