Surat Pembaca

Surat Terbuka untuk Lazada Indonesia, Tolong Bayarkan Hasil Jualan Saya Selama 3 Minggu

Halo salam sejahtera buat semuanya,

Saya disini adalah seller Lazada dengan toko: WARUNG JAM, dengan ID SELLER: ID67XE7RHW. Oke saya di sini akan meminta Lazada INDONESIA buat membayar hasil penjualan saya yang sudah 3 minggu tidak dibayar. Akan saya jelaskan kronologinya.

Saya berjualan di Lazada dari bulan Oktober, dan saya menjual penjualan pertama saya di tanggal 2 November. Dan hasil dari penjualan saya itu sebesar Rp.4.361.000 dan benar dibayarkan.

Saya mulai berjualan di lazada dengan niat menmperluas jaringan toko saya yang sudah buka lebih dahulu di : Shopee, Tokopedia. Di Lazada saya mencoba memasang promosi dan allhamdulilah bannyak pelanggan dan di minggu awal saya jualan saya mendapatkan penghasilan Rp.4.600.000 walaupun dibayar seminggu sekali saya tak masalah asal lancar dibayarkan. Lazada menganut pembayaran seminggu sekali setiap Selasa.

Di periode awal saya berjualan 9 November – 15 November dibaayarkan tanggal 17 November dan sukses terbayar gak ada kendala dan saya memutuskan tetap berjualan disini.

Untuk selanjutnya saya vakum sampai tanggal 30 November saya kembali berjualan. Masalah muncul di periode ini, 30 November – 06 Desember, dan saldo akhir saya di periode itu adalah Rp.2.521.200. Pembayaran periode 30 November harusnya dibayarkan tanggal 08 Desember tetap saat di hari pembayaran Selasa 8 Desember saya tidak menerima pembayaran dari Lazada tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu. Saya tunggu tanggal 9 Desember yang jadi janji dari CS lazada

Dan tanggal 9 Desember ternyata pembayaran saya tidak dibayar juga dan saya langsung menhubungi CS di live chat mereka menyuruh saya membuat form online dan saya langsung membuat form online, disini saya masih positif karena mereka beralasan akun bank saya salah. Oke saya terima karena saya abis mengganti akun bank saya ke BCA dari BNI.

Saya langsung chat agent PSC di sore hari pukul 16:00 dan saya mendapatkan jawaban disuruh menunggu sampai Rabu tanggal 9 Desember. Saya pun menungggu tetapi di hari Rabu saya masih tidak menerima pembayaran juga.Saya segera chat agent PSC Lazada di pukul 17:00 dan masih hanya suruh menunggu sampai pukul 23:59. Saya masih menunggu dan saat pukul 23:59 masih tidak ada pembayaran juga saya sudah agak panik.

Keesokan harinya saya langsung menanyakan lagi status pembayaran saya tetap jawaban mereka hanya akan menindaklanjuti permasalahan saya. Saya lega karena akan ditindaklanjuti. Hari berikutnya saya konfirmasi lagi dan mereka berkata akan dibayarkan di periode selanjutnya, order demi order saya kirim di periode 07 Desember -13 Desember. Dana di periode itu saya mengumpulkan hasil penjualan Rp.2.531.400 dan saya lumayan senang dengan hasil penjualan yang lumayan.

Akhirnya tiba waktu pembayaran periode 07 Desember- 13 Desember. Pada tanggal 15 Desember pukul 10:00 saya ke ATM terdekat dan cek saldo masih tidak ada. Saya masih berpikir mungkin masih pagi ya? Oke saya menunggu lagi. Pada pukul 13:00 saya mengunjungi ATM lagi dan cek saldo masih 0 saja belum ada pembayaran Lazada sama sekali!!

Saya menghubungi pihak Lazada lagi dan mereka hanya menyuruh saya menunggu lagi dan lagi sampai pukul 23:59. OK masih saya tunggu, dan tanggal 16 Desember saya menuju ATM lagi berharap uang penjualan akan dibayarkan oleh Lazada tapi hasilnya sama saja belum ada sama sekali pembayaran dari Lazada!!!!!!

Saya langsung melakukan live chat lagi ke Lazada jawaban mereka masih sama saja dan gak ada sama sekali solusi yang diberikan oleh mereka. Saya sudah mulai capek mengejar mereka. Akhirnya setelah 3 kali melakukan live chat tanggal 17 Desember saya mendapatkan email bahwa pembayaran saya gagal karena akun bank saya salah dan suruh upload ulang oleh mereka. Saya langsung mengecek dan apa yang ada, tidak ada masalah semua benar dan sama dan juga udah terverifikasi, di verifikasi oleh Lazada!!!

Saya komplain terus menerus dan mereka berjanji lagi akan memproses pembayaran saya di minggu berikutnya, nah disini saya udah malas mengirim barang ke pembeli kenapa? buat apa saya jualan kalau gak dibayar? Kok enak amat Lazada ya?

Akhirnya di minggu berikutnya pembayaran periode 14 Desember – 20 Desember selesai dan saya mengumpulkan saldo akhir Rp.4.330.000. Saya menghitung uang saya di Lazada sudah ada kira-kira Rp.9.300.000. Saya menayakan lagi di tanggal 20 Desember mengenai akun saya apa sudah benar akun bank dan data pribadi saya? Dan pihak Lazada mengatakan sudah benar dan terverifikasi dan berhak menerima pembayaran di waktunya nanti yaitu tanggal 22 Desember.

Oke saya tenang dan menunggu saja hari pembayaran. Akhirnya hari ini tanggal 22 Desember saya belum juga menerima semua uang saya dari hasil jualan selama 3 minggu. Selama ini saya sama sekali menerima pemberitahuan apa yang terjadi lewat email maupun telepon!

Saya sudah cek berkali-kali pun tidak ada pembayaran sama sekali dari Lazada dan saya sudah komplain ke live chat dan email berkali-kali pun gak ada kejelasan sama sekali!!! Saya hanya mendapatkan mohon menunggu dan kata maaf saja. Apa iya hasil jualan di Lazada hanya dibayar kata maaf? Karena dengan gampangnya mereka berkata mohon menunggu lagi saat ini sedang ditindaklanjuti. Ada juga cs yang langsung menyudahi percakapan saya saat saya menanakan uang toko saya, hanya itu yang saya dapat? Apa ini perlakuan marketplace terbesar di indonesia? Tanpa konfirmasi apapun mereka menahan hasil penjualan saya, dengan masalah awal katanya akun bank saya salah (sudah di upload kembali di tanggal 8 Desember, 12 Desember dan 17 Desember), semua sudah saya lakukan berkali-kali saya upload ulang semua dokumen saya dan hasilnya sama selalu diverifikasi dan benar!!!

Alasan mereka masih sama dengan di awal karena akun bank saya salah padahal saya tanyakan langsung apa sudah benar dan sudah terverifikasi? Sekali lagi jawaban mereka selalu sama “SUDAH” saya sangat kecewa dengan pelayanan Lazada INDONESIA. Mereka terlihat sangat tidak memikirkan seller, masa karena data salah di awal mereka gak bisa menyelesaikannya padahal saya sudah upload ulang berkali-kali dan berhasil dan terverifikasi, sampai saat ini saya belum menerima pembayaran sama sekali dari Lazada!

Saya sudah muak dengan janji kalian dan sudah capek!!! Saya kira ini jalan terakhir saya!! Untuk seller lain yang ada pengalaman seperti ini mohon dibantu. Dan untuk yang mau jualan di Lazada sebaiknya berpikir 2 kali ya sebelum kejadian seperti saya menimpa anda!!!

Salam,

Rahmat Arif
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Rahmat Arif

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 24 Desember 2020 mengenai “Surat Terbuka untuk Lazada Indonesia, Tolong...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • nomor rekening salah bisa jadi antara nomor dan nama yang diinput berbeda. coba cek lagi

    • Udah mas , awalnya pakai rekening BNI lancar kan Minggu pertama ganti BCA kan ditolak otomatis berubah ke BNI lagi tapi disini masalah mulai , saya disuruh ganti dengan gelar saudara yang akhirnya ditolak juga akhirnya saya upload ulang semua nya dan berhasil di verifikasi tapi masih belum ada pembayaran sama sekali

    • Setahu saya, lzd kalau ubah data walaupun stts sdh terferifikasi tetap saja disistem belum, bisa -+hrs 100 hr an, karna saya pernah pengalaman ubah nama toko, kalau tdk salah hrs 3-4 bln baru disistem akan terbaca..
      Kalau soal returan brg saya sdh kenyang dgn lazada, returan tdk pernah berhasil, ending nya dicuri kuril.

      • Engga bro , akun bank dan KTP bebas sebenernya mau diubah kapan aja , kali emang harus 100 hari gumana kalo ada seller ATM nya hilang dan ada yg terblokir atau ada masalah? Hehehe kalo tidak bisa diubah kenapa harus ada kolom perubahan.

    • Pembayaran saya juga ditahan bahkan sebulan lebih, ini pertama kali saya berjualan lewat lazada, dan saya sangat kecewa juga dengan lazada karena alasan pembayarannya tidak bisa diproses karena ada nya pelanggaran, padahal saya tidak melanggar ketentuannya, saya tanya ke CS juga tidak ada solusi sama sekali, ada kah yang bisa bantu saya? Mungkin ada punya pengalaman sama dengan saya?

  • Lazada harus ingat uang yang mengendap dan belum di bayar bukan bukan keuntungan seller tp itu uang modal seller
    ..jd usaha klo gak kuat modal langsung bangkrut... ayo lazada kasian pedagang kecil ini..

    • Itu dia , untung kita berapa sih? Itu besar ya sama modal juga , kalo modal aja ditahan lama lama dengan alasan yg ga masuk akal gimana mau jualan

    • Satu lagi, ketika kita bertindak sbagai buyer alamat kita tdk ada masalah, brg pesanan slalu dtg,
      TAPIIIIIIIII, ketika kita bertindak jd seller dan ada brg returan, tdk pernah ada sampai ke alamat yg sama ketika bertindak sebagai seller,
      ALASANNYA alamat tdk ketemu.

      Wkwkwkwkwk.. Yg ga waras saya apa lzd ya

      • Saya sudah males bertransaksi dengan lazada.. Aplikasi juga udh saya uninstall.. Merka platform ribet.. Mau tanya pasti di jawab, tapi jawabannya ada di list..mau komplain juga jawabannya pasti cepat, tapi jawaban komplain saya selalu dengan jawaban di list..makanya males install aplikasi.. Kita kan maunya klau tanya ataupun kompain harusnya di jawab ama manusia, bukannya ama daftar jawaban..

  • Enak amat ya kalau jadi Lazada. Tinggal suruh menunggu, dan menunggu, dan menunggu sampai akhir hayat.

    • Ya emang gitu bro , kita nunggu 1-7 hari si ITS okay tapi ya pasti dibayar kan lah di hari berikutnya dan jawab pertanyaan seller ya yg bener dan jelas jangan robot dan cuma bilang maaf aja

  • Waktu diminta membayarkan uang ke seller, disuruh menunggu dan mengatakan maaf.
    Giliran nagih paylater nya lazada kok suruh cepet tanpa mempedulikan alasan dari seller?

    • Hehehe ya begitulah , kalo nagih secepat kilat giliran ditagih jawabanya cuma maaf dan suruh nunggu tanpa ada kejelasan gimana mau jualan yg bener seller kalo begini , udah ditahan seminggu tapi masih ditahan lagi berminggu2

  • Sama saya juga dah kapok belanja di lazada soalnya kalo bermasalah bakal berabe. Ada beberapa kali ngalamin soalny. Klo gk ad masalah sih fine fine aja. Gak sebagus shopi ato toped. Tapi mau uninstall sayang kuota takutnya ntar barang yg saya pengen cuma disitu adanya.