Surat Pembaca

Akun Akulaku Diretas, Limit Kredit Digunakan, Login Akun Sulit dan Sistem Keamanan Akun Dipertanyakan

Dear Media Konsumen, terima kasih karena sudah menjadi wadah menyampaikan keluh kesah saya. Saya mau memberikan kekecewaan saya sebagai nasabah dari Akulaku.

Pada tanggal 7 Desember 2020, saya coba buka akun Akulaku saya, tapi ketika saya coba login ternyata tidak bisa masuk karena salah password dan nomor HP tidak terdaftar. Saya sudah coba login berkali-kali pun tidak bisa.

Akhirnya saya coba menghubungi pihak CS Akulaku, dan diinfokan ternyata akun saya sudah ada yang mengganti nomor telepon dengan nomor 083160811231. Diinfokan juga bahwa ada pemakaian sampai lebih dari Rp9 juta. Padahal untuk pemakaian pribadi saya di bawah 2 juta, dan limit kredit saya pun hanya 7 juta, tapi kenapa bisa ada perubahan limit?

Yang menjadi kekecewaan saya, kenapa begitu mudahnya data saya bisa diretas, tanpa ada kode notifikasi ataupun kode OTP yang biasa dikirimkan kalau ada transaksi ataupun ada perubahan data? Pihak CS hanya membantu memblokir limit kreditnya dan akan dibantu eskalasi ke manajemen untuk ditindaklanjuti permasalahannya.

Berkali-kali saya telpon ke CS hanya dijanjikan untuk dibantu prosesnya, tapi sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut. Yang membuat saya kecewa sampai saat ini pun saya tidak bisa login ke akun Akulaku saya. Diinfokan oleh CS untuk dicoba terus dengan perubahan nomor telpon terbaru. Namun setelah saya coba berkali-kali tetap gagal dan tidak lolos verifikasi.

Ini jadi tanda tanya besar saya untuk ke pihak Akulaku. Sebagai nasabah yang tidak pernah terlambat melakukan pembayaran, saya sangat dirugikan karena ada pemakaian yang bukan pemakaian pribadi saya. Harapan saya supaya pihak Akulaku bisa merespon cepat dan memberikan solusi yang baik, supaya permasalahan ini bisa cepat selesai. Saya hanya akan membayarkan tagihan yang sesuai dengan pemakaian saya sendiri.

Terima kasih atas perhatiannya.

Ahmad Faisal
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Ahmad Faisal

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Ahmad Faisal pada tanggal 27...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ataupun dengan metode sengaja melanggar kententuan atau fraud , dengan kita melanggar kententuan otomatis limit kita akan secara otomatis terbekukan atau terkunci , tersuspend dll yg bersifat hukuman , contoh jika kita punya akulaku atau kredivo , cari saja topup ovo gopay tpi via merchant, bnyak cari aja ,lalu sengajakan bayar dengan paylater apapun yg anda punya di ecommerce , dengan begitu transaksi dengan otomatis akan di tolakdan limit kita akan terkunci karena melanggar kententuan,saya rasa cukup aman dengan metode ini sementara , karena rata rata buka limit itu jarang bgt yg berhasil klaupun berhasil akan melalui jalan panjang dan ribet , ini solusi dri saya untuk anda yg ingin stop menggunakan paylater dkk tpi khawatir jika hanya hapus app atau logout , lakukan cara diatas smpe limit kalian benar benar terkunci brulah hapus app nya , semoga bermanfaat

  • Case nya sama percis kaya Case gue ini. Akun login dari perangkat lain tanpa ada kode otp masuk ke hape gue. Akun sempet nga bisa login pake no w yang terdaftar di Akulaku. W telpon cs ya w jelasin kronologis hape w ada notif pop UP login dari perangkat lain sama w nga bisa akses akun Akulaku w. Setelah w di saranin sama cs suruh coba ubah no hape pake verifikasi NIK akhirnya bisa login lagi ke akun w. Dan ternyata limit w udah di pake di kuras habis buat beli evoucher di bukalapa sama penarikan kta ASETKU. Total 9jutaan di kuras. Padahal w pake Akulaku cuma beli data sama token listrik aja sebulan pemakaian w nga sampe 300ribu. W sok dong... Kenapa sistemya Akulaku nga secure banget. Gampang di bobol sedangkan buat rubah no hape sama Gmail aja harus ada verifikasi wajah atau jangan jangan... Laporan ojk bro kalo memang di real akun loe di bobol, lapor ke ylki juga, lapor ke kepolisian kalo ada dv dateng nagih. W aja kemaren sempet di sms karena tagihan akun Akulaku w yang di bobol. W balikin aja sama Dc nya loe klasifikasi aja sama team terkait atau team fraud Akulaku kalo akun w di bobol. Dc ya khirya nga wa wa w lagi sampe sekarang. Fyi Akulaku juga sangat slow handling atas semua kasus akun Akulaku yang di bobol. Kenapa w bisa bilang gitu karena dari total tunggakan akun w yang di bobol itu ada tunggakan kta ASETKU yang belom di hapus sampe sekarang oleh team terkait Akulaku. Makanya w sempet di wa sama DC nya.

    • Trus tagihan nya bisa dibantu hapus nggak bro ? Sampe sekarang ane belum bisa login. Udah di telpon sama DC suruh bayar.

      • Ngapain bayar orang bukan kita yang pake limitya. Jelasin aja ke Dc kalo akun ente di retas. Buat tunggakan akun w yang di retas kemaren belom semuanya di hapus Bro. Sampe bosen w nelpon Cs nya juga rugi pulsa. Tapi kalo nga gitu Cs slow handling.

      • Gmn kelanjutannya ... Yg kena hecker akulaku, perlu di blowup rame2 gk neh....banyak juga korbannya

    • Kode otp kan dikirim ke nomor hape yang kita daftarkan ke akun Akulaku........

      Jadi gimana caranya peretas bisa masuk ke akun Akulaku tanpa otp? ?

  • Mohon bantuannya sya abis pesen hp di aku laku barangnya udh sampe tapi saya gabisa klik pesanan di Terima saya pikir aplikasinya erorr jadi sya uninstall setelah di instal kmbali sya gabisa login ini kenapa ya padahal saya mau bayar cicilan tapi gabisa karna gabisa login, jadi bayarnya saya lewat apa?