Seller Mitra Akulaku Tidak Mengirimkan Barangnya dan Memasang Resi Palsu

Kepada Akulaku,

Saya memesan kamera mirrorless Sony dari tanggal 14 Desember 2020 di Merchant FAVORIT ID, tapi sampai sekarang belum juga sampai. Saya sudah mengajukan komplain Ke CS Akulaku via feedback di aplikasi dan via email. Jawabannya adalah untuk menunggu 14 hari kerja dan menghubungi merchant terkait via live chat, sedangkan seller susah untuk dihubungi.

Kemudian pada tanggal 21 Desember 2020 seller memberi jawaban bahwa barang sedang restock, padahal nomor resi pengiriman sudah ada, tapi tidak bisa di-tracking.

Saya masih menunggu solusi dari pihak Akulaku. Jika sudah lewat 14 hari dan barang tidak kunjung sampai, saya ingin membatalkan pesanannya.

Terima kasih.

Putra Galih Wisesa
Bekasi Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Putra Galih

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Putra Galih. pada tanggal 27...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya akan memberikan gambaran kepada anda bagaimana selanjtnya cerita nya.. Krn apa yang menimpa anda, pernah saya alami.. Waktu itu saya membeli laptop, kemudian di respon cepat dan kemudian ada pengiriman dan ada nomr resi. Dan sama dengan anda.. Nomer resi palsu dan tdk bisa di cek. Kemudian saya menelpon cc akulaku dan mrk standart pelayananny.. Menunggu 14 hari. Setelah akan 14 hari baru laptop sampai di kantor saya.. Dan barang yg di kirim tidak sesuai dan bekas bukan baru.. Saya komplain.. Saya chat di akulaku ke merchant juga tdk di bls.. Saya ancam akan laporkan baru mrk bls chat saya..selang 1bulan ending uang saya di kembalikan ke saldo akulaku dan selanjutnya saya menggunakan akulaku "hanya untuk sarana kredit saja" tapi tdk untuk membeli di merchant akulaku. Krn beberapa kali banyak yg komplain merchant akulaku banyak yang palsu dan amannya belanja ke ecommerce lainnya saja.. Tapi pembiayaannya pakai akulaku.. Jadi perjalanan anda untuk komplain akan lama.. Belum tentu 14 hari akan selesai.. Terus chat saja.. Akulaku saya liat hanya sebatas membantu..

  • Terima kasih sudah sharing pengalamannya.
    Apakah dengan begitu masih ada kemungkinan untuk pembatalan pesanan ?

    • Hallo ka, gimana kelanjutan ceritanya ??
      Aku juga sama soalnya seperti di cerita kaka.. di toko yang sama

  • Bener, jangan belanja dari aplikasi akulaku, sellernya rata2 slow respon, blm lagi banyak yang bodong..
    Lbh baik belanja lewat merchant lain pke pembayarwn akulaku

  • Wkwk
    Gua punya apl akulaku gak suka kalo belanja di merchan dia, kapok, ada resi tapi gak nyampe2, di chat gk bales", nlpon CS nyuruh hubungi penjual, UDAH TAU PENJUAL GAK BALES GOBLOK!!
    Akhirnya gua spam aja dan gilanya, dia minta gua yg ambil paketnya, Padahal gua udah nunggu 10 hari dan udah bayar ongkir, TERNYATA YG JUAL MASIH 1 DAERAH SAMA GUA, MASIH DI PADEMANGAN-JAKARTA UTARA.
    Dan dia ngasihnya juga di jalan, dia gak ngasih tau dimana toko dia berada.
    Stelah itu gua kalo beli apa2 ya di apl lain, d shopee atau di bukalapak, tapi bayarnya pake akulaku, resi gak ada yg palsu, skarng pesan, besok sampe, kalau barang gak nyampe2 bisa batal otomatis dan uang kembali, seller slalu membalas chat, alhamdulillah akun akulaku saya sudah dibekukan limitnya, mau ngambil pulsa 15ribu aja udah gak bisa, alhamdulillah, semoga terhindar dari pembobolan akun akulaku yg lagi marak.
    Gila gak, akulaku bisa dibobol tanpa ada OTP, uang KTA bisa dicairkan ke e-money, di apl kita login verifikasi OTP dan Scan wajah, tapi anehnya pas ditanya ke CS, bisa juga verifikasi menggunakan LINK, wah gila sih, sekali kita klik Link, akun kita jebol, padahal di Apl tidak ada menu verifikasi Link.

  • Saya juga ngalami hal yang sama
    Sudah 5 hari barang yang dikirim via acommerce tidak memiliki nomor resi, pesanan saya nominal 4jt dan bayar via transfer. Pembelian melalui official store nya akulaku. Tp disaat saya tanya resi si merchant bilang kalo resi di update oleh pihak akulaku bukan retail. Saya habisin pulsa 50rb hnya untuk telepon cs tidak ada hasil bahkan solusi. Saya malah disuruh hbgi seller untuk minta resi. Padahal seller menyuruh saya tanya cs akulaku kenapa tidak ada resi. Akhirnya si cs & retail bilang kpda saya untuk sabar jika dalam 10 hari pengiriman tidak sampai. Maka bisa ditindak proses untuk pembatalan. Yaudala saya sabar untuk 1 minggu kedepan meskipun saya berfirasat bahwa pesanan saya tidak akan pernah sampai

  • Saya juga habis dirugikan oleh merchant seller yg sama "FAVORITE ID" di Akulaku bang. Saya chat ga dibales sekali dibales bilang tidak ada orderan atas nama saya. Saya telp cs Akulaku di 1500920 solusinya ga memuaskan. Tolong admin Mediakonsumen, surat dari saya diterbitkan ya. Terimakasih banyak.