Transfer Dana dengan Debit BRI yang Terhubung, Pending dan Belum Refund Juga

Kepada Yth. Owner DANA Dompet Digital Indonesia,

Berikut kronologi permasalahan saya menggunakan aplikasi DANA. Pada tanggal 20 Desember 2020 saya melakukan transfer sebesar Rp1.100.000,- menggunakan aplikasi DANA, dengan SALDO DEBIT BRI saya yang telah terhubung di aplikasi DANA.

Tapi setelah proses transfer selesai, tidak muncul pemberitahuan atau bukti bahwa transfer sudah sukses. Lalu saya coba buka di riwayat transaksi pun tidak ada riwayat transfer/kirim uang. Namun setelah saya buka mutasi m-banking saya, ternyata saldo saya sudah berkurang sesuai nominal transfer. Saya mencoba menunggu sampai besok pagi berharap hanya pending sebentar.

Saya kaget ketika pagi harinya saya coba cek masih belum diproses dan rekening penerima pun sudah cek mutasi, tapi tidak ada uang masuk!

Lalu saya mulai komplain ke DANA Care via whatsapp. Setelah diminta informasi dan bukti-bukti mutasi beserta nomor rekening, saya kaget ketika diberi estimasi waktu untuk penyelesaian 3-5 hari. Lama sekali pelayanannya, padahal uang itu sangat penting dan harus segera digunakan.

Besoknya tanggal 22 Desember saya cek belum ada perkembangan lalu saya komplain lagi via whatsapp, tapi jawaban tetap sama sedang diproses oleh tim resolusi.

Sampai tanggal 23 Desember saya mendapat angin segar karena transaksi sudah muncul di riwayat dan status sudah dibatalkan. Namun ternyata status saldo masih gagal refund! Saya cek mutasi bank lagi belum ada refund saldo! Kenapa lambat sekali pelayanannya! Itu uang mau saya pakai, halo!

Sampai hari ini 26 Desember 2020 belum ada perkembangan sama sekali dan uang saya pun belum refund. Mohon untuk owner DANA tolong segera ditindaklanjuti masalah saya. Karena saya pengguna lama dan dengan permasalahan ini mungkin akan jadi terakhir kali saya menggunakan DANA karena KAPOK dengan pelayanannya!

Semoga bisa menjadi pembelajaran dan Pihak DANA dapat meningkatkan kualitas pelayanannya.

Terima kasih.

Sinta Rahmawati Naima
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Sinta Rahmawati Naima

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Sinta Rahmawati Naima di Media Konsumen, “Transfer Dana...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @danawallet Aku pernah pending ko, dibuat laporan aja ke cs nya.. dibantu refund ko

    • Udh buat laporan terus ke cs.. tapi sampe sekarang blm balik juga tuh uangku..
      Udh seminggu hlo nungguin!

  • @danawallet inimah karna perbaikan sistem palingan, soalnya topup lewat alfa mah bisa2 aja lancar

    • Ini bukan top up ya, ini transfer! Ya situ yg baik baik aja mah santai.. hla kita yg gak refund2 ya pusing. Mana uang mau buru buru dipake!

    • Ini bukan top up ya, ini transfer! Ya situ yg baik baik aja mah santai.. hla kita yg gak refund2 ya pusing. Mana uang mau buru buru dipake!

  • Aplikasi berantakan. Curiga yang komentar baik-baik itu pegawai DANA. Sampai banyak akun-akun fake komentar kesana kesini. Ini uang cuyyy. Kalau belum siap jadi dompet digital silakan mundur. Atau perbaiki sistem.

    • Bener bgt ni coment! Saya juga pikir kayak gitu. Lagian ada urusan apa dia ampe bela2 in kayak gitu coba? Mencurigakan

  • Aplikasi dompet digital yang serba banyak masalah. Bukannya mempermudah malah mempersulit. Kalah sama dompet digital sebelah. Haha. Udah gitu banyak komentar yang sotoy tak tentu arah.

  • Alhamdulillah setelah menunggu dari tgl 20 Desember. Per hari ini tgl 28 Desember sore tadi uang saya sudah Refund ke Saldo DANA.
    Terimakasih untuk Media Konsumen karena membantu mempercepat pelayanan dan tanggapan dari pihak DANA.
    Dan Semoga kasus saya ini dapat menjadi pembelajaran untuk pihak DANA agar dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanannya.
    Terima kasih