Surat Pembaca

Jadi Korban Penipuan Akulaku, Akun Dibobol Karena Malingnya Sangat Paham Sistem Akulaku

Saya sebagai pelanggan setia Akulaku yang jujur, patuh, dan taat hukum dirugikan oleh Oknum Akulaku yang membobol akun Akulaku milik saya. Jumlah kerugian yang saya alami yaitu Rp3 juta lebih.

Jadi singkat cerita, saya ingin menaikkan limit pinjaman Akulaku milik saya. Saya pun menelpon cs Akulaku ke nomor 021-1500920 pada Minggu (27/12/2020). Dari cs Akulaku ini saya diberikan nomor WA: +62 878-0100-1562.

Saya cek di internet dan biodata WA akun Akulaku (palsu) ini mirip banget aslinya. Ada alamat Aklulaku, foto Akulaku, foto gedung Akulaku, dan email resmi Akulaku. Tanpa curiga, saya pun langsung WA ke CS yang penipu tersebut.

Akun WA Akulaku Palsu Milik Penipu

Saya informasikan kendala dan masalah saya soal kenaikan limit melalui screenshoot seluruh masalah saya yaitu gagalnya terkoneksi tanda tangan digital. CS palsu Akulaku ini mengatakan bisa membantu menyelesaikan masalah tanda tangan digital yang selalu gagal terhubung ke akun Akulaku milik saya.

Saya sebagai korban merasa terhipnotis atas perbuatan penipu ini. Sampai 2 jam penipu ini berhasil bobol akun Akulaku saya sampai Rp3 juta. Para sindikat ini membobol akun Akulaku saya dengan membelikan voucher Shopee total Rp900 ribu-Rp1 juta, pinjaman Rp1 juta dan sisa Rp1 juta pulsa.

Karena saya merasa curiga, penipu membobol akun Akulaku saya karena meminta kode OTP, saya pun langsung menghubungi pihak Akulaku agar akun saya di-non aktifkan/ di-block dulu sementara.

Namun, cs Akulaku sangat lambat penanganannya, saya harus menunggu 1-3 jam dalam pembuatan pelaporan. Dan, parahnya pelayanan cs Akulaku sangat buruk serta lambat dalam merespon kasus penipuan ini.

Selain melapor pihak Akulaku melalui nomer telpon dan email, saya juga membuat laporan kasus penipuan ini ke pihak kepolisian (Bareskrim), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan, Kominfo, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Empat instansi ini sangat cepat merespon laporan masyarakat, sedangkan cs Akulaku sangat lambat dalam merespon laporan kasus penipuan seperti ini.

Akun WA Akulaku Palsu Milik Penipu

Cs Akulaku berjanji segera merespon dan menindaklanjuti kasus ini. Pihak Akulaku berjanji untuk transaksi khusus hari Minggu (27/12/2020), transaksi yang dilakukan oleh pelaku penipuan tidak ditagihkan ke saya karena ini ulah pelaku penipuan. Dan saya harap pihak Akulaku menepati janjinya ke saya sebagai korban dari kasus pembobolan akun Akulaku.

Saya berharap pihak Akulaku segera menindaklanjuti surat pembaca saya agar kasus penipuan ini tidak terjadi kepada orang lain.

Dan saya harap pihak Akulaku menepati janji khusus tagihan pada Minggu (27/12/2020) yang dilakukan oleh sindikat penipu, segala tagihan dihapuskan. Karena itu adalah perbuatan pelaku penipuan yang membobol akun Akulaku milik saya.

Berkali-kali saya telpon ke CS hanya dijanjikan untuk dibantu prosesnya, tapi sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut. Yang membuat saya kecewa sampai saat ini pun saya tidak bisa login ke akun Akulaku saya. Diinfokan oleh CS untuk dicoba terus dengan perubahan nomor telpon terbaru. Namun setelah saya coba berkali-kali tetap gagal dan tidak lolos verifikasi.

Ini jadi tanda tanya besar saya untuk ke pihak Akulaku. Sebagai nasabah yang tidak pernah terlambat melakukan pembayaran, saya sangat dirugikan karena ada pemakaian yang bukan pemakaian pribadi saya. Harapan saya supaya pihak Akulaku bisa merespon cepat dan memberikan solusi yang baik, supaya permasalahan ini bisa cepat selesai. Saya hanya akan membayarkan tagihan yang sesuai dengan pemakaian saya sendiri.

Dan, saya harap masyarkat berhati-hati jika memakai akun Akulaku. Karena banyak modus penipuan mengatasnamakan Akulaku.

Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ferro Maulana

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Ferro Maulana pada tanggal 28...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lagi dan lagi, gila yaa Pinjol tersebut sudah banyak memakan korban.. Parah dan parah.. usut sampe tuntas Kang biar kedepan nya tidak ada korban lagi. Lapor ke polisi dan OJK bila perlu Akulaku dihapuskan saja dari Pinjol..

    • Ambisi Naik Limit Berakhir Tertipu

      Memahami surat surat pembaca sebelumnya, @Ferro Maulana adalah Nasabah yang sangat Berambisi Naik Limit.

      Dari awal melayangkan SP selalu saja yang di tuntut naik limit naik limit naik limit.

      Nasabah ini sudah melakukan berbagai upaya mencari jalan pintas untuk menaikkan limitnya.

      Pinjaman tenor seminggu, langsung dilunasinya hanya hitungan 2 hari saja. Setelah itu pinjam lagi, 2 hari berikutnya langsung dilunasi lagi. Dalam sebulan berkali kali pinjam lunas pinjam lunas hanya demi Limit bisa Langsung Meningkat.

      Namun apadaya, usaha itu sia sia.

      Tak menyerah sampai disitu. Kasus dalam SP ini adalah akhir dari Ambisinya. Upaya jalan pintas untuk naik limit ternyata berakhir ditangan Penipu.

      Uang 3 juta sangatlah banyak, semoga @Ferro Maulana bisa mengambil hikmah atas kejadian ini.

      • saya juga merasakan di rugikan pihak akulaku, sistem keamanan di sana gampang bangt di bobol, saya merasa di rugikan sama akulaku sebesar 4jt

        • Saya juga barusan kena tipu.. awalnya pengaduan stts brang yg gk diterima tapi sudah ada tagihan..lalu stts brubah telah diterima.. pdhal sya gk prnah trima barangnya.. trs ada email yg mngatasnamkan akulaku lngkap kya kejadian kk diatas.. cm beda no hp.. lalu dy mnta kode verfikasi untuk kndala sya dengan mmberi almat link.. tryta distu sya trtipu .. saldo saya hilang 1jt.. tlp cs akulaku kty gk bsa bntu apa2 krena kesalhan sya.. dan darisini sya bner2 nyesel udh download akulaku..

  • Saya juga sampai saat ini belum bisa login ke akun akulaku saya mas, udah coba berkali kali tapi gak bisa juga. Cs akulaku sih cuma suruh coba trus login.

    • Saya juga korban dari aku laku, data diri saya dipalsukan di gunakan untuk membuat akun akulaku hasilnya saya mendapat tagihan sebesar 1.6 jt untuk pembelian pulsa. Pertanyaan saya betapa mudahnya dan rentanya sistem keamanan dari aku laku dapat memberikan pinjaman hanya menggunakan data yg tidak valid dan belum tentu benar. Saya sudah melaporkan pemalsuan data diri saya ini ke akulaku bsik via telepon atau pun datang langsung ke kantornya akan tetapi hingga hari ini sudah 6 bulan tidak mendapatkan jawaban yg jelas mengenai permasalahan saya ini. Karena sepertinya sudah banyak korban termasuk teman saya juga menjadi korban. Mungkin ada yg mengalami hal serupa dengan saya.

      • Bagaimana kejelasan dari pihak Akulaku nya bang ?
        Saya juga dapat tagihan KTA sedangkan saya tidak menerima uangnya sama sekali.
        Mohon pencerahannya

      • Saya juga SMA tgl 24 Juni kemaren d bobol abis abisan SMA pihak akulaku palsu itu, smoga ajh kedepannya ga ada lagi yang kena tipu lagi selain saya...smoga kasus ini juga segera d gerakan juga untuk kantor akulakunya agar tidak ada lagi akulaku akulaku palsu yang mengaku ngaku dia pihak akulaku, kasian untuk orang lrang5 yang bodoh seperti saya, yang ga ngerti kenapa kmrn itu saya bisa d bobol mungkin saking bodoh nya saya smpe saya ga teliti membiarkan itu orang mengambil kode akulaku saya yang d kirim lewat SMS krna sking persis nya juga itu orang yang ngomong seakan akan bener bener sperti orang akulaku saya smpe ga mikir panjang lebar langsung memberikan kode akulaku saya yang masuk lewat SMS, cukup jngan ada lagi korban korban slanjutnya,

        • Sma sya juga tgl 4 juli 2021..gara2 awalny mau retur barang no wa sya dpt dr google yang ikonny smua akulaku..ketika saya komplen tanpa sadar sya diarahkan utk memberikan kode otp dn berakhir akun sya diretas skrg sya harus membayar tagihan kta yg uangny memang dtg kerekening dn diminta dibalikan lg keakulaku..akhirny sya harus byr tagihan kta dan tagihan cicilan 2.750000.saat telp ke call senter ttp sya diwajibkan bayar..mhn kpd pembaca yg budiman saranny utk saya..apa yg hrs.saya lakukan krn saya g sanggup membayar tagihan akulaku yg totalny mencapai 4jt dn kalo sya tdk sanggup bayar ada dendany dn DC akan mencari saya..saya mohon bantuanny

          • sama persis dgn saya. saya ga sanggung bayar. saya takut ada dc datang. total tagihan 4.800.000. saya orang kecil. gmn solusinya. saya udah tempo 4h

          • Y ka.. sm kya aku jg gt.. dy nemu email aku dr komenan diplystore.. lalu dy email aku dan mnta no hp.. trs dy tlp lewat wa..dan ngasih link ke aku buat diklik.. aku pkir dy bsa bantu kendala aku yg blm trma brang tp sttsnya udh nerima.. aku lapor cs akulaku nya tp dy blg gk bsa bntu apa2 krena kslahan aku.. mngecewakan bgt.. aku hrus byr cicilan 1jt slama 3 bln.. jadi nyesel bgt download dan kenal akulalu.. bner2 gk bsa bantu kita yg kena masalah..

          • Intinya: kalo lagi minta bantuan sama CS ataupun sama pihak yg terkait, jangan pernah kasih kode OTP. KARENA KODE OTP ADALAH HAL YANG SANGAT SENSITIF UNTUK KEAMANAN AKUN, KODE OTP ITU SEBAGAI GANTI UNTUK MEMVERIFIKASI AKUN ADALAH VALID. SEKALI LAGI, MAU APAPUN ITU JANGAN PERNAH KASIH KODE OTP KE SIAPAPUN. Yg entah itu lewat email, no sms, chat wa, dan sebagainya.

            Dan satu hal lagi: TOLONG GUNAKAN LOGIKA, MAU SAMPE OTAK BERASEP PUN KALO LOGIKA UDAH JALAN SEDIKIT PASTI MENGERTI.

            Maafkan saya kalo saya udah agak sedikit keras, xP

    • sama seperti saya baru kemarin mlm tgl 4,. awalnya minta bantuan retur brang karena status sudah diterima tapi barang belum datang,. eh malah saya di tipu limit pinjaman yg awalnya 5jt tinggal 600rb,. di pakai si penipu transaksi di JD id beli jam tangan,. ya Allah saya harus membayar tagihan 1700 setiap bulannya selama 3kali yg bukan saya peminjamanya,. masalah barang belum datang uang sudah sy transfer paki uang pribadi bukan kredit,. malah dapat musibah kena tipu,. saya gak sanggup bayar saya takut di tagih DC kerumah,. call center akulaku pun sama sekali tidak merespon laporan saya,.

  • Ya Tuhan masih percaya akulaku
    Miris dan miris
    Keledai saja tidak mau jatuh
    Kelobang yg sama kedua kali

  • Nah sudah sering terjadi seperti ini. Modus perubahan data via customer care palsu. Akhirnya terkecoh karena bukan customer care asli. Di Instagram sangat banyak akun-akun palsu yang mengaku CS Akulaku, Kredivo DANA hingga berbagai bank dengan modus yang sama dan semua diarahkan ke WA.

    Setahu saya, Kalaupun dari WA, akun resmi selalu ada centang biru. Nah itu baru CS asli. Jadi, ya harap waspada. Bukan hanya pinjol, Bank dan kartu kredit pun semua sama.

    • Saya juga korban akulaku ,tolong saya harus gimana .saya punya tagihan pulsa sampe 2jt lebih gara2 pembobol akulaku.

      • Saya juga SMA .. tagihan saya smpe 4jta . Entah bakalan sprti apa nantinya kedepannya sedangkan saya yang mau byar saya mrasa d rugikan krna saya tidak merasa ngambil tagihan smpe 4jta sprti itu

  • Gak yakin deh ka, nelpon ke cs akulaku yang 021-1500920.
    Kaka nelpon cs akulaku yang bodong kali ka...jadi diarahin ke wa...

  • Yakin nih bener call ke cs akulaku buat naik limit? Bukannya lewat aplikasi ya buat naikin limit?
    Kena social engineering nih bau²nya

    • Kayaknya dia dapet nomernya random, dan dikiranya cs beneran. Gak teliti pasti. Saya coba cari di google tu nomer wa ternyata hasil pencariannya tertuju ke akun palsu.

  • saya gak yakin nih TS nelpon CS resmi akulaku? kalo emang udag nelpon CS resmi, kenapa gak langsung sekalian ajah ngomong ke CS nya buat naikin limit? dan mungkin TS nyoba² nomor random yang sering dishare di facebook dimana bisa menaikan limit,, dan tanpa sadar CS memberikan data² pribadi ke penipu,, makanya akun akulaku bisa dibobol

  • Lagi aja dong akun Akulaku di bobol sama orang yang tidak bertanggung jawab, tetapi dari pihak Akulaku ngak ada perbaikan sistem. Logika saja kalo akun gampang di bobol sampai bisa merubah no telpon dan Gmail si pemilik akun yang asli. Sedangkan untuk rubah password dan Gmail saja harus verifikasi wajah dari yang punya akun. Bisa di tebak kan betapa lemah ya sistem keamanan Akulaku. Atau jangan jangan...? Kasus saya saja belom sepenuhnya di tuntaskan sama pihak Akulaku. Semua tunggakan yang bukan saya lakukan belom di hapus semua. Memang sangat slow respon sekali akulaku dalam handling keluhan konsumen. Seharusnya.

    • Laporin saha ke ojk biar di investigasi tuh akulaku saya juga korban heck dah telepon cs malah csnya lepas tangan begitu saja