Surat Pembaca

Saldo Dana Tertahan Massal, Tidak Dapat Melakukan Transaksi dan Terjadi Log Out Otomatis Tanpa Bisa Login Kembali

Sabtu, 26 Desember 2020 saya mendapat kabar dari teman mengenai aplikasi dompet digital, DANA tidak dapat melakukan proses transaksi kemanapun, transfer sesama dana, transfer rekening bahkan pembelian pulsa dan layanan lainnya.

Awalnya saya mengira ini hanyalah masalah server sibuk atau adanya upgrade fitur ke versi terbaru sehingga terjadi bug/error. Kemudian karena tidak kunjung pulih, sorenya saya memutuskan untuk menghubungi Dana Care di aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tetapi respon yang didapatkan sungguh lamban karena alasan dalam antrean. Lalu kemudian dijawab dengan nomor tiket antrean Dana care #1112643 bahwa ia akan mengecek kendala atas keluhan yang saya alami dan segera memberikan info.

3 hari berlalu, kabar baik tak kunjung datang. Dan semakin hari semua teman-teman saya dicicil (bergiliran) satu persatu mengalami hal serupa. Tapi anehnya, hanya mereka yang memiliki banyak saldo yang mengalami hal tersebut. Tapi saya tetap tidak mau berburuk sangka (mungkin hanya kebetulan saja).

Akhirnya saya mencoba untuk menghubungi Dana melalui instagram resminya, tapi hasilnya sama. Bahkan tak kunjung memberikan respon apa-apa. Setelah mengecek komentar-komentar pada postingan akun instagram Dana tersebut, akhirnya saya melihat ternyata begitu banyak masalah yang terjadi. Bukan hanya proses transaksi yang tidak dapat dilakukan, atau log out massal yang tidak dapat diakses kembali tapi juga beberapa kasus seperti saldo Dana yang tiba-tiba hilang sendiri, proses refund dan yang paling marak adalah kasus yang saya alami. Tapi pihak Dana juga tak kunjung memberikan klarifikasi mengenai hal tersebut yang membuat customer semakin bertanya-tanya alasan dari penganggalan transaksi ini. Dan yang lebih mencurigakan adalah saldo dapat ditambahkan/top Up tapi tidak bisa dicairkan melalui transfer kemana pun.

Tidak sampai di sana, teman saya mencoba menghubungi call center DANA melalui telfon dan anehnya ketika di tanyakan mengenai akun yang tidak dapat melakukan transaksi pihak Dana langsung mematikan telepon secara sepihak.

Tolong kepada Pihak Dana, agar segera menindaklanjuti hal ini. Mengingat bahwa hak kami (saya dan teman-teman yang lain) ada pada saldo dana tersebut.

A. Dhea Afifah Renata
Maritengngae, Sidrap, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah Renata di Media Konsumen, “Saldo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama saya mengalami juga sampai saat ini eror dan uang saya masih diakun tsb...siapa pun yg disana tolong dengarin keluhan kita

    • Sama persis dengan saya apa yg terjadi sekarang,alhasil saldo dana dan saldo di dana bisnis nyangkut semua,dah menghubungi CS DANA via ig,twitter,wa,email, semua jawaban sama,belum juga ada kepastian

      • Sama punya saya juga error bener² ini dana padahal sudah banyak saldo didalamnya katanya aman trnyta pihak dana bikin kecewa !! Parah banget ngecewain padahal pengguna nya banyak banget terus saldo dana saya kalo error mau dikemanain hello?? Pihak dana dimohon baca ini yaa wajib!! Karna saya dan konsumen banyak sangat kecewa dengan semua pihak dana karna masalah error dan saldo dana saya tidak bisa di transfer kemana² dimohon untuk ditindak lanjuti terimakasih !!

        • Saya pengguna DANA,selama menggunakan DANA tidak ada masalah...saran saya anda donlod MITRA BUKALAPAK,terus di kaitkan akun DANA nya dan verifikasi pakai KTP,kalau verifikasi sukses,Kamu bisa transfer uang ke Rekening Bank manapun...mudah"n bisa berhasil...Sukses

  • Asli awalnya biasa aja rame² ngumpl di grup wa, lalu 1 temen saya mencoba mentransfer ke temen saya yang lain
    Lalu tidak bisa, di kira cuma dia yang error biasa malam² eh ternyata temen saya yang lain jg mencoba, dan ternyata Error jg, lalu saya pun mencoba jg, seh sama jg tdk bisa, ada apa kah gerangan ini? Saldo saya di sana ada sekitar 1,5 jt, itu tidak bisa di transfer ke bank atau pun sesama dana jg, jadi bagaimana ini, punya saya udh hampir 4 hari ttp aja tdk bisa, padahal itu hasil kerja keras keringat saya selama 2 bulan, tpi knp Error begini, Sungguh membuat saya kecewa banget?

    • Siang.. beberapa hari yang lalu DANA saya juga error. Transfer dari J***** ke DANA tidak masuk ke akun saya. Akhirnya saya memutuskan untuk chat customer service nya. Lalu bsk nya bisa sih, cuma saya blm tau lg eror lg atau ga nya

  • Sama juga, akun saya juga begitu.
    Tanpa ada kejelasan apapun.
    Saldo saya di dalam malahan ada 2,415jt, mau saya gunakan untuk berobat orang tua lagi.

    • untung sempet liat ini, saldo dana minim sih, gak nyampe 100rb, biasa buat belanja di bukalapak.
      kemungkinan masalah maintenance akhir tahun, semoga cepat normal lagi

  • Kemungkinan besar masalah server yg lagi error', biasanya kalau lagi akhir tahun ada pembukuan (Kalau nggak salah...). Yg punya saldo agak lumayan pastinya was-was, takutnya akun dibobol. Sepertinya masalah ini akan memakan waktu beberapa hari.

  • Setelah membaca surat pembaca ini, aku langsung buka aplikasi DANA, sepertinya tidak ada masalah tuh. Coba melakukan transaksi pembelian paket data juga lancar saja.

    • Saya gak tau, kenapa ada yang bisa dan ada yg tidak. Yang jelas saya dan teman-teman yang jumlahnya ada ratusan sdh berkumpul d wa. Semakin lama , semakin banyak (saat ini sudah 2 group full)

      Coba kakak jalan-jalan ke komentar ig resmi dana untuk liat ada berapa banyak org yg mengalami hal serupa:) tidak jarang malahan tiba-tiba saldo berkurang dengan sendirinya.

      • Semoga DANA membaca artikel ini& cepat memperbaiki keeroran nya agar tidak meresahkan smua org!!!

        • Aamiin kak, kami sangat membutuhkan kepastian saldo dana tsb. Semua pekerjaan jadi terhambat. Karena saldo juga d pake berputar buat modal.

  • Saya sebenarnya punya account DANA juga, tapi paling hanya untuk pembelian di bawah 100 rb itupun saya tidak top up tetapi setiap kali saya transaksi saya daftarkan kartu kredit saya, pembelanjaan langsung mengambil dari Kartu Kredit. Selesai transaksi, kartunya dihapus lagi.

  • akun saya juga gtu gabisa membeli paket pulsa kuota dan lain lain bahkan tidak bisa login sama sekali, tolong pihak dana minta kerja samanya untuk cepat tanggapi masalah ini jangan dianggap sepele ??

  • JUJUR AKU KECEWA BANGET PAKE DANA UDAH 6 hari akun temen aku gk balik dan akun aku baru 1 HARI JUJUR DANA SELALU UPLOAD FEED CUMAN LAYANI PENGGUNANYA SAMPAI AKUNNYA BALIK LAGI..MOHON MAAF UNTUK PIHAK DANA KEBIJAKANNYA DI TUNGGU KITA MAU AKUN KITA KEMBALI TBTB LOG OUT GT AJA BUAT YANG BILANG AKU GK ADA MASALAH APA APAAN KOK DI DANA AKU NAH ITU MUNGKIN KALIAN JARANG MELAKUKAN TRANSAKSI SETELAH SAYA TELITI TERNYATA Banyak akun dana yang bermasalah karena mereka sering melakukan transaksi..jadi buat yang akunnya aman mungkin kalian jarang transaksi..panik banget ada 5 juta di dalemnya?duit hasilku sendiri dana paling mentok di email terus di suruh tunggu sampe Skrng blm juga ada kabar ya Allah?