Saldo Gopay Saya Hilang Tidak Jelas, Gojek Tidak Bertanggung Jawab

Pada tanggal 11 Desember 2020 pukul 16.46 saya melakukan pengisian saldo Gopay melalui ATM sebesar Rp200 ribu. Transaksi berhasil, saya cek saldo Gopay pun sudah bertambah. Namun di tanggal yang sama, tepatnya pukul 17.53 ada transaksi keluar sebesar Rp180.400. Ketika saya cek dari riwayat Gopay, ada keterangan: Gopayment #california#gwnAID.

Ada keterangan Gopay saya hilang, padahal saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut sebesar Rp180.400

Saya sangat kaget, karena saya baru mengetahui kehilangan saldo di tanggal 13 Desember 2020, saat saya ingin menggunakan aplikasi Gojek kembali dengan pembayaran Gopay, tapi dana tidak cukup. Sementara saya ingat baru mengisi saldo Rp200 ribu dan baru menggunakan transaksi 1 kali dengan Gojek sebesar Rp13 ribu di tanggal yang sama. Dari riwayat Gopay, terlihat ada transaksi keluar yang tidak pernah saya lakukan.

Saya langsung melapor melalui email bahwa saldo Gopay saya hilang. Setelah menunggu, tepatnya tanggal 16 Desember 2020 baru ada balasan pihak Gojek. Mereka menyampaikan bahwa setelah dicek oleh mereka transaksi itu merupakan pembelian item/akses games melalui Google Play yang terhubung dengan aplikasi Gojek dan mereka tidak bisa membatalkan transaksi karena pemotongàn sudah berhasil.

Saya sungguh tidak terima, karena saya merasa tidak melakukan transaksi pembelian yang mereka maksud dan akun Gopay saya tidak pernah saya hubungkan ke Playstore. Yang membuat saya kesal, mengapa transaksi tersebut terjadi tanpa persetujuan saya? Apakah sistem mereka tidak aman? Seharusnya ada notifikasi ataupun persetujuan dari saya, di luar akun Gojek saya, untuk proses tersebut terjadi.

Saya merasa ditipu, marah dan kesal, karena tidak melakukan transaksi yang dimaksud tapi saldo saya hilang. Saya ulang melapor melalu email dan balasan mereka tetap sama saja. Sehingga tanggal 16 Desember 2020 saya menghubungi call center yang diangkat oleh agen Lifa. Dia menjanjikan akan dibantu follow up dan dihubungi kembali.

Saya sabar menunggu lama, tapi masih belum ada follow up apapun atau dihubungi kembali oleh pihak Gojek, tidak ada sama sekali. Akhirnya tanggal 24 desember 2020 saya hubungi kembali call center, yang mengangkat atas nama agen Evi. Dia menangani saya dengan tidak baik, tidak sopan dan menutup telepon saya saat saya masih kondisi masih berbicara. Sangat mengecewakan call center seperti itu, bukannya membatu customer. Saya makin kecewa dengan pelayanan Gojek.

Lalu saya hubungi hotline kembali menanyakan komplain untuk yang kesekian kali, diangkat oleh agen Dimas dan beliau menjanjikan juga ditindaklanjuti dan akan dibantu, dalam 1×24 jam akan diproses pengembalian dana saldo saya ke akun kembali. Saya diminta cek berkala, tapi hanya janji palsu saja, karena sampai dengan hari ini tanggal  6 Januari 2021 saldo saya belum kembali.

Sungguh saya sangat kecewa dengan Gojek, padahal saya pengguna Gojek lama yang sering menggunakan aplikasi ini. Namun saat ini saya sunggu kecewa, dan takut melakukan pengisian Gopay lagi. Menurut saya kalian sudah menipu saya, call center juga sangat mengecewakan dan saya sudah tidak mau menggunakan aplikasi Gojek kembali apabila dana saldo saya belum dikembalikan, karena ini hak saya, uang yang saya cari sendiri.

Dini Pratiwi
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Saldo Gopay Saya Hilang Tidak Jelas, Gojek Tidak Bertanggung Jawab

  • 6 Januari 2021 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Mungkin jika saya boleh saran,tetap saja berusaha untuk menanyakan transaksi fiktif tadi.. Krn yg namanya hak memang harus di perjuangkan. Tapi jika sudah tdk ada jawaban, klau boleh saya bilang ya ikhlaskan(mungkin saya gampang bilang ikhlas, krn bukan saya yg mengalami, klau saya juga akan tidak setuju) tapi mau bagaimana lagi, namanya sistem jika sudah di eksekusi tidak melihat siapa yang melakukan, ada sistem yg enkripsinya bagus dengan ada pengamanan berupa konfirmasi. Berarti itu ada kebocoran data(kemungkinan), krn bisa “semulus” itu terbayarkan.. Tanpa ada notifikasinya. Dan untuk pelayanan di call center memang tipikal seperti itu, jargon untuk menindak lanjuti dalam waktu sop memang itu jargon sop call center, dan saya yakin mereka juga sudah memproses laporan bapak, tapi mungkin masih di eskalasi dan blm ada perubahan.. Tapi sekali lagi jika melihat disini..ini (mungkin) pure yg melakukan adalah oknum yg mengetahui data bapak krn bisa” semulus” itu. Tdk mungkin tiba2 saldo bapak terpotong secara sistem, krn sistempun juga butuh yg mengeksekusi, tdk bisa tau2jalan sendiri. Selama ada “klik” “sistem akan membaca ada permintaan dan tentu akan melakukan. Saya punya saldo di gopay juga, menurut saya hanya saya dan yg bisa buka hape saya yg bisa melakukan itu. Jadi skr yg jadi pertanyaan, di jam dan hari saat itu posisi hape bapak bagaimana.. Semoga membantu.

  • 6 Januari 2021 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Menghubungkan akun google dengan pembayaran gopay membutuhkan 1x kode verifikasi sms dari gojek .
    yakin tidak dapat sms dari gojek ?

  • 6 Januari 2021 - (18:20 WIB)
    Permalink

    “Saya merasa ditipu, marah dan kesal, karena tidak melakukan transaksi yang dimaksud tapi saldo saya hilang.” – Yakin anda ditipu oleh Gojek? Bukannya ditipu oleh pacar, suami, kakak, adik, anak, keponakan, ipar, kakek, nenek, teman kerja, satpam, dll?

    4
    3
  • 6 Januari 2021 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Kok MK ini makin lama makin seperti sarang buzzer ya… banyak yang asal serang … padahal harusnya di sini isinya beri saran dan masukan

  • 6 Januari 2021 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Membaca kasus di atas, diduga penulis pernah menghubungkan akun Gopay untuk pembelian GoGames di Google Play. Pembayaran games tersebut terdebet secara otomatis (Autopay) ketika saldo Gopay cukup.

    Atau diduga penulis atau keluarga yang melakukan pembelian games di Google play menggunakan akun Gopay penulis. Untuk lebih jelasnya, setelah Gopay melakukan investigasi akan diketahui melalui device siapa transaksi tersebut dilakukan. Karena tidak mungkin sebuah transaksi di akun e wallet tanpa ijin pengguna, kecuali akun telah dihack pihak lain.

    2
    1
  • 7 Januari 2021 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Menurut saya pernah terhubung dengan akun Google yang lain. 1 akun gopay bisa terhubung dengan banyak akun Google Play. Coba cek seluruh akun Google yang ada di history atau barangkali akun gopay anda sebelumnya pernah dipakai/dipinjam oleh orang lain. Kemungkinan lain adalah jual beli akun gopay. Soalnya saya sering lihat di grup sosmed banyak yang jual beli akun gopay premium dan history transaksi nya belum benar-benar bersih alias masih terhubung dengan pembayaran pihak ketiga semisal google play tadi.

    1
    1
  • 7 Januari 2021 - (02:53 WIB)
    Permalink

    Ini menurut saya pribadi loh yah, coba di periksa lagi inbox SMS yang masuk atau email yang dipakai untuk daftar gopay nya, barangkali ada notifikasi ataupun pemberitahuan atas transaksi tersebut.

    Saya pikir kalo soal saldo terpotong itu ngga akan terjadi tanpa adanya persetujuan dari pemilik akun, setidak-tidaknya pembelian dengan pembayaran apapun tetap membutuhkan autentikasi dan persetujuan dari pemilik akun.

    Anda tidak menjelaskan secara rinci apakah ada notifikasi ataupun SMS yang masuk ke nomor hape yang terhubung dengan akun gopay anda, atau mungkin ada yang bisa mengakses hape anda selain anda sendiri, mungkin sepupu, anak (jika sudah punya) atau saudara dekat….dsb?

    Maaf kalau komentar saya kurang menyenangkan anda dan pembaca lain, sekali lagi ini hanyalah pendapat saya pribadi.

    1
    2
  • 7 Januari 2021 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Hampir bisa disimpulkan bahwa itu dilakukan oleh seseorang yang bisa mengakses HP Anda. Bisa jadi keluarga, rekan, atau sahabat. Coba lacak kembali dimana HP Anda 11 Desember 2020 pukul 17.53 pasti ketauan siapa yang pegang. Kalo orang terdekat Anda yang berniat jahat memang sudah berpengalaman, pasti SMS verifikasinya juga dihapus. Karena pernah kejadian juga kepada Saya.

    Kalo tidak, kemungkinan lainnya akun Gopay nya sudah terhubung dengan Play Store yang apabila Saldonya cukup, akan otomatis mendebet. Kalo kasus kami dulu Pulsa, dan ketika mendatangi kantor Telkomsel, bisa dilihat bahwa memang aktivitas itu dilakukan dari HP kita sendiri. Nanti bisa terlihat IP Address dan No Imei nya biasanya..

    2
    1
    • 13 Maret 2021 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Saat ini di bulan maret saldo gopay saya sudah di kembalikan pihak gojek setelah mereka butuh berbulan2 baru hubungi saya menginformasikan melakukan investigasi. Saya cukup puas walaupun masih tanda tanya kenapa saldo saya bisa sempat hilang karena menurut saya penjelasan pihak gojek masih belum masuk akal. Untuk menjawab komentar yang menyudutkan saya di sini saya hanya konsumen yang meminta hak saya untuk pihak gojek untuk bertanggung jawab ataupun menjelaskan atas kehilangan saldo saya di akun mereka, mungkin kalian yang pro-gojek blm pernah mengalami ini atau mungkin kalian sendiri orang2 yang bekerja di sana saya tidak tahu dan sayapun tidak perduli saya tidak mengenal kalian tapi saya hanya ingin sharing pengalaman untuk seluruh konsumen lain yang mengalami seperti saya agar tidak diam saja agar perusahaan yang terkait juga bisa lebih memperbaiki sistem keamanannya karena bisa saja ini terjadi berulang kepada siappun di luar sana. Yang perlu saya tekankan kembali dari kejadian ini hp saya ada selalu di tangan saya 24 jam, saya tidak pernah menghubungkan gopay saya di google playstore apalagi membeli aplikasi yang di maksud, saya tidak menerima permintaan kode apapun atau tidak ada yg menghubungi saya mengatasnamakan gojek yang meminta kode apapun dan pihak gojek sendiri yg menginformasikan akun mereka tidak bisa di buka di hp lain dan yg lebih aneh di hp saya menggunakan semua aplikasi ovo,dana dan link aja namun tidak pernah hilang saldo saya jadi sungguh tidak masuk akal hanya di gopay saja saya bisa kehilang saldo. Namun di sini saya apresiasi dan terimakasih dengan pihak gojek yang mendengarkan keluhan saya sehingga dana saya saat ini bisa kembali.

      • 27 Agustus 2022 - (22:56 WIB)
        Permalink

        assalamualikum kak , mohon izin boleh saya ambil kasus kaka untuk skripsi penelitian saya karna kasus kaka sesuai dengan judul saya, terima kasih sebelumnya kak

  • 7 Januari 2021 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan, di ponsel si penulis pernah mendaftar aplikasi premium / game premium (in app purchase). Setelah itu, penulis menautkan akun gopay ke playstore. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya pernah mengalami kasus yang mirip dengan penukis, saldo gopay lenyap tiba² karena gopay saya mencukupi untuk memperpanjang layanan premium tersebut (yang sebelumnya gratis / trial in app purchase). Lalu saya coba googling cara refund, dan syukurnya saya berhasil refund sendiri tanpa masalah. Setelah itu, saya langsung putuskan akun gopay saya dari playstore.

    2
    1
    • 7 Januari 2021 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Nah… sepemikiran,kemungkinan sih…secara sekarang kan banyak aplikasi kekinian yg menawarkan fitur free trial di awal,seperti faceapp dll,mungkin penulis pernah subscribe salah satu layanan tersebut di google play store

      1
      1
  • 7 Januari 2021 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Apakah anda yakin handphone 24 jam tidak lepas dari pengawasan anda?bisa saja org terdekat menggunakan hp tersebut saat anda lengah,soalnya aplikasi gojek sekarang termasuk aman banget,saya ganti hp tanpa logout aplikasi gojek aja gak bisa log in ke hp lain,harus bener² logout dulu baru bisa pindah hp,dan selama ini mustahil transaksi gopay diluar aplikasi gojek tanpa kode otp,kecuali sudah ada akses khusus yang di setting sebelumnya,seperti pembayaran autodebet dan sudah link ke merchant lain seperti google play,yg mana kalau sudah sekali dapet ijin akses,maka tidak perlu lagi otorisasi seperti sms kode otp,cukup pin saja.

    E-wallet seperti gopay,ovo, shopeepay dll sebenarnya aman digunakan jika yg menggunakan mengerti dan menjaga kerahasiaan data pribadi/akses ke e-wallet tersebut

  • 10 Februari 2021 - (10:39 WIB)
    Permalink

    hai mba dini. saya juga mengalami kejadian serupa dengan mba dini. dimana saldo gopay saya terpotong secara otomatis dengan payment seperti gambar yang di lampirkan mba dini. saldo terpotong tanpa adanya authorize dari pemilik akun. Saya mengalami kejadian ini sebanyak dua kali, pertama sebesar pada tgl 5 November 2020 sebesar 17.500 rupiah dan kedua 7 Februari 2021 sebesar 295.900 rupiah. Seperti yang kita ketahui setiap transaksi yang terjadi akan di berilakukan permintaan kode pin, namun disini saldo saya terpotong tanpa adanya permintaan kode otp ataupun pin. posisi hp saya saat itu sedang tidak di mainkan, dan email yg terdaftar hanya di dua device hp saya, yang dua-duanya saya pegang sendiri. Saya sudah menghubungi pihak gojek namun nol hasil karena dengan template beralasan bahwa saya berlangganan aplikasi premium. Saya sudah cek di historis langganan saya di google play namun saya tidak berlangganan apapun. saya di arahkan untuk menghubungi google play. dan disana tercatat dengan jelas jika format pembayaran bukan berasal dari google maka google menyarankan untuk bertanya pada pihak penyedia layanan pembayaran yaitu gopay itu sendiri https://support.google.com/googleplay/answer/2851610 . Semoga dari pihak gojek beratnggung jawab karena kedepanya mungkin bukan hanya kami yang akan menjadi korban, dan kami mempertanyakan keamanan akun pengguna dari pihak gojek. Oh saya langsung melapor juga kejadian pertama saya saat terpotong saldo 17.500 rupiah dan menanyakan apakah akun saya aman, nyatanya tidak ada respon dari pihak gojek. sehingga kejadian ini berulang kepada saya. sepertinya layanan customer care gojek tidak berfungsi dengan baik, sampai harus ada kejadian berulang. Semoga pihak gojek bisa membaca ini dan bagi para pengguna gopay sarankan tidak menaruh saldo di gopay, sampai ada statment dari pihak gojek. Terimakasih

  • 13 Maret 2021 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Saat ini di bulan maret saldo gopay saya sudah di kembalikan pihak gojek setelah mereka butuh berbulan2 baru hubungi saya menginformasikan melakukan investigasi. Saya cukup puas walaupun masih tanda tanya kenapa saldo saya bisa sempat hilang karena menurut saya penjelasan pihak gojek masih belum masuk akal. Untuk menjawab komentar yang menyudutkan saya di sini saya hanya konsumen yang meminta hak saya untuk pihak gojek untuk bertanggung jawab ataupun menjelaskan atas kehilangan saldo saya di akun mereka, mungkin kalian yang pro-gojek blm pernah mengalami ini atau mungkin kalian sendiri orang2 yang bekerja di sana saya tidak tahu dan sayapun tidak perduli saya tidak mengenal kalian tapi saya hanya ingin sharing pengalaman untuk seluruh konsumen lain yang mengalami seperti saya agar tidak diam saja agar perusahaan yang terkait juga bisa lebih memperbaiki sistem keamanannya karena bisa saja ini terjadi berulang kepada siappun di luar sana. Yang perlu saya tekankan kembali dari kejadian ini hp saya ada selalu di tangan saya 24 jam, saya tidak pernah menghubungkan gopay saya di google playstore apalagi membeli aplikasi yang di maksud, saya tidak menerima permintaan kode apapun atau tidak ada yg menghubungi saya mengatasnamakan gojek yang meminta kode apapun dan pihak gojek sendiri yg menginformasikan akun mereka tidak bisa di buka di hp lain dan yg lebih aneh di hp saya menggunakan semua aplikasi ovo,dana dan link aja namun tidak pernah hilang saldo saya jadi sungguh tidak masuk akal hanya di gopay saja saya bisa kehilang saldo. Namun di sini saya apresiasi dan terimakasih dengan pihak gojek yang mendengarkan keluhan saya sehingga dana saya saat ini bisa kembali.

  • 1 April 2021 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Saya jg kasus yg sama tgl 30 maret 2021 kemarin saldo gopay sy jg hilang 180.400 sama persis d history pembayaran california itu .. Sy sudah kirim email jg tp blm dpt konfirmasi apa2 dr pihak gojek. Kecewa dan sedh sih krn sy udh percaya dan langganan gojek dr lama tp semoga saldo gopay sy cepat dikembalikan dr pihak gojek .. Krn sy yakin dan pastikan ga ada gopay sy terhubung ke google play dan hanya sy pribadi yg pakai akun sy jd ini murni kesalahan dr sistem gojeknya. Semoga cpt ditindaklanjuti jgn sampai kehilangan konsumen krn serng ada kasus seperti ini ?

  • 30 Juni 2021 - (14:26 WIB)
    Permalink

    kejadian seperti ini terjadi juga di saya, akun saya mengalami kejanggalan pada tanggal 25 juni kemarin, status pembayaran hingga 1,5 juta dalam waktu satu hari… pembayaran semuanya ke mobile legend, padahal main mobile legend aja udah kagak… kejadian berawal pada tanggal 19 juni saya melakukan pengisian saldo ke gopay, saldo masuk dengan normal. pada tanggal 29 juni saya mencoba login gojek untuk membeli makanan dalam acara ultah… ternyata seluruh saldo telah hilang dan hanya tersisa 4000 rupiah saja… sudah telp sudah email jawaban sama, katanya sudah dibayarkan ke pihak google play jadi tidak bisa di ambil lagi, lah saya nyimpen di gojek, yang seharusnya gojek memberikan laporan akan transaksi yang dilakukan saat itu kepada pengguna, apalagi transaksi non fisik. Sampai saat ini uang di gopay juga belum kembali, tinggal nunggu pihak google, dan sepertinya akan susah….. dan sampai saat ini pun kapok nyimpen duit di saldo gopay lagi… nomor id laporan 74804768, 74829608, 74800447

  • 3 Agustus 2021 - (00:56 WIB)
    Permalink

    Hari ini, 2 Agustus saya mengalami hal yang sama,, saldo berkurang sekitar pukul 17.46..
    Setelah saya check ada transaksi 180.400 dengan aplikasi California.

    Yang belum mengalami, saran saya jangan mengambil kesimpulan auto..
    Setiap transaksi harusnya da mekanisme OTP. Ingat ya,, ini transaksi elektronik,, Otp mrp standar keamanan setelah login dan setelah menyetujui transaksi.
    Saya tentu akan proses dan rekam komplain ke CS Gojek… Jika tidak mendapat respon,, pengaduan selanjutnya ke YLKI perihal perlindungan hak hak konsumen atau ke bagian lainnya..

    Ternyata banysk kasus serupa soal california ini ya.

    • 4 Agustus 2021 - (04:28 WIB)
      Permalink

      Sakdo saya sudah berhasil refund…
      Saya melakukan pengajuan Refund,,, dengan mereply email lig transaksi..

      Kepada pihak Gojek juga dalam tulisan keberatan dan tidak setuju dengan transaksi auto debit untuk apps Playstore yang versi trial..

      Langkah awal mendeteksi aplikasi penyebab,, dalam hal ini karena apps Picsart,, namun dalam transaksi posnya sebagai California..

      Terima kasihhh Gojek atas bantuan dan perhatiannya…

      Salam

  • 3 Agustus 2021 - (01:55 WIB)
    Permalink

    Nah,, teman2 sesama korban auto debit saldo Gopay,, setelah saya telusuri,,, pengurangan saldo disebabkan oleh trx aplikasi Picsart. Payment 164.000 (+tax 10%).. Sehingga Totalnya : 180.400..

    Yang menjadi masalah adalah app Gojek (Gopay) harusnya melindungi akun nasabah dengan konfirmasi terdahulu..

    Jika gojek melindungi akun dengan keamanan transaksi,, seharusnya harus melalui approval pemilik akun,,, bukan transaksi auto debit saldo Gopay..

    Artinya Gopay dalam hal ini mengijinkan apps pihak ketiga dengan sembarangan dan melakukan tagihan terpaksa,, dan di luar kesadaran pemilik akun..

    Team Developer apps Gojek yang membaca keluhan ini supaya bijaksana dengan rekan apps pihak ketiga… Gojek ikut andil dan harus bertanggung jawab melindungi akun nasabah..

    Warga Indonesia selaku konsumen dan pembeli barang dan jasa tentu dilindungi oleh undang undang yang berlaku di Indonesia.

    Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Saldo Gopay Saya Hilang Tidak Jelas, Gojek Tidak Bertanggung Jawab

oleh Dini dibaca dalam: 2 menit
22