27 Kg Paket JNE JTR Hilang Tanpa Jejak, JNE Tidak Bertanggung Jawab

Saya mengirimkan paket melalui JNE agen Tasikmalaya seberat 27,52 Kilogram, pada tanggal 20 November 2020. Nomor resi pengiriman adalah 5806922000008318, pengirim a.n. Merlina Hermawan (saya sendiri), kepada pelanggan saya a.n. Suandi, dengan total harga barang Rp6.800.000 dan isi barang berupa pakaian.

paket jne

Setelah tiga minggu, pelanggan saya memberi kabar bahwa paketnya belum sampai dan tolong dibantu ditanyakan karena takut hilang sebab nominalnya besar. Saya lacak melalui cek resi terakhir statusnya pada tanggal 21 November tertulis sedang transit (bisa dicek sampai saat ini tanggal 30 Desember 2020 statusnya masih sama).

Saya menghubungi pihak JNE Pusat dikatakan bahwa paket sudah masuk sistem dan ada di Pekanbaru, saya diminta untuk bersabar dan menunggu beberapa hari. Saya hubungi beberapa hari kemudian jawaban nya masih sama diminta untuk bersabar. Bagaimana saya bisa bersabar sudah hampir satu bulan paket yang begitu besar tidak ada kejelasannya? Pelanggan saya pun sudah khawatir paketnya hilang.

Pada tanggal 14 Desember ada email dari pihak JNE pusat kepada JNE agen Tasikmalaya bahwa paketnya belum dinyatakan hilang. Di sini saya berterimakasih pada JNE agen Tasikmalaya yang turut membantu menanyakan kabar paket saya.

Pada tanggal 17 Desember 2020, suami saya kembali menghubungi pihak JNE dan paket saya dinyatakan hilang dan silakan mengajukan klaim. Saya bukan ingin mengajukan klaim, yang saya inginkan kejelasan paket saya di mana? Bagaimana paket sebesar itu bisa hilang tanpa jejak? Saya memiliki rekaman pembicaraan antara pihak suami saya dan JNE yang menyatakan paket saya sudah masuk sistem di JNE Pekanbaru. Sedangkan ketika saya menghubungi pihak JNE Pekanbaru dikatakan paket saya tidak ada di sana. Saya juga memiliki rekaman ketika pihak JNE Pekanbaru mengatakan paket saya tidak ada disana.

Sampai saat ini saya menulis pun, saya belum menerima kejelasan kenapa paket sebesar itu bisa hilang satu karung besar. Saya lampirkan foto karungnya. Tolonglah pihak JNE saya minta kejelasan dan pertanggungjawabannya, sebab uang sebesar itu saya dapat dari saya jualan sampai jam 2 pagi baru tidur jam 3 pagi. Bagaimana bisa perusahaan sebesar JNE begitu tidak profesional dengan barang titipan dari para konsumennya?

Merlina Hermawan
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Ibu Merlina Herlawan

Pertama-tama kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Merlina Herlawan mengenai “27 Kg Paket JNE JTR...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Bukan klaim tapi pengen barang saya ketemu. Jangan seenaknya bilang klaim tapi ganti rugi nya ga sesuai harga paket.

          • Paket JTR yg sy kirim sampai skrg jg tidak jelas kirim tgl 23 desember status msh ongoing/transit padahal lokasi penerima masih satu tempat di depok bukan beda kota. Paket Retur di. Tokopedia, kalo hilang kira2 dana refund kembali g ya?

          • jangan pake jne deh. gw pernah kirim barang hot toys juga hampir ilang. padahal itu hot toys langka punya, special edition dr jepang langsung. org2 jne suka banget mutil barang orang.

      • JNE lagi JNE lagi....udah fix ini mah banyak oknum di JNE. Gila ya pantesan nawarin harga murah taunya untung gede dari maling🤔 barang harganya jutaan di gantinya gak sesuai. Dan parahnya susah bnget nyari jelasan harus abis pulsa banyak dlu itu pun belum tentu membuahkan hasil.

      • konsumen ribet ga tau akhlak

        kalo udah hilang terus jne mau kasih klaim asuransi knp ribet
        modal & untung lu kan jg balik

        goblok bgt maksa suruh nyari paket sampe ketemu

        kalo elu ngilangin barang gw. elu mau ganti dengan uang. gw ga mau,gw suruh elu cari sampe ketemu seumur hidup elu. mau kagak ? jd orang ga usah ribet, udah dikasih solusi win win ga mau. customer lu tinggal beli lg aja. customer jg tau kalo kesalahan bukan di elu

        duh.customer kayak gini emang customer paling malesin. jne jg males pny customer kayak elu

        gw dr pihak customer bukan antek JNE
        THX

        • Teriak buli teriak tanpa solusi tdk tau sikon
          Cara bicara memperlihatkan mental menggampangkan sesuatu, terlihat anda bukan generasi bertanggung jawab.
          Harga tidak sebanding om, dengan hak yang sedang diperjuangkan.

    • Saran saya,, LAPOR POLISI SAJA.
      Ini sengaja diHILANGKAN.
      Lihat saja tanggapan ROBOT Ini.
      Biar berimbas ke perusahaan JNE ini!

    • Buat JNE juga. Punya saya kapan diganti? Kok malah seller minta refund dana. Saya minta ganti barang bukan dana. Sudah berkali-kali komplain tetap mengecewakan. Paket dgn resi 541090062506920 hilang dalam pengiriman. Dan anehnya JNE pusat mengatakan hilang saat pengiriman ke Semarang dari Tangerang. Tapi JNE Semarang mengklaim paket hilang saat pengiriman ke Jepara. Lempar2an aja terus. Mengecewakan sekali. Saya tidak mau refund dana. Saya minta penggantian barang.

  • Saran saya buat TS coba kirim barang lewat si raja paket bus sumatera seperti ALS karna udah pengalaman sya swndiri dan simple ga banyak tangan. Cukup poto bus, plat nmr nya dan crewnya minta nmr hpnya, selamat mencoba

  • Saya jga sarankan kirim paket
    Pakai Expedisi Singa terbang Bu..
    Aman murah
    Itu yg selama ini saya lakukan

  • Barang sekarung kok bisa ilang yak? Ilang beneran atau dihilangkan nih mengingat klaimnya ngga sesuai dengan nilai barang. Gawat sih jne

  • Nanti di akhirat,bos JNE beserta anak buahnya akan dimintai pertanggung jawaban,seenaknya bikin aturan yg menguntungkan diri sendiri dan konsumen kecil yg jadi korban.sudah kapok pake JNE.semoga ini ke pelajaran buat konsumen di seluruh Indonesia.

  • Gx yakin gw JNE bakalan bayar full dan bakalan keluar 1001 alasan kalo bukan kesalahan mereka. JNE gt loh makin besar makin hancur

  • Hahaha JNE lagi JNE lagi, makin parah nih JNE, udah kapok pakai JNE, kalau ke luar pulau mending pakai INDAH CARGO aja, lebih murah dan lebih cepat sampainya...

  • JNE sdh dipenuhi oleh kiriman belanja online yg sangat banyak, mereka sdh kewalahan terlalu banyak terima order paket jd sdh mulai lelet bahkan berantakan. Ditempat saya paket ngendap di JNE sampai 3 hari baru dikirim ke konsumen. Saat ini saya lebih banyak pakai kurir si cepat.

  • Kejadian serupa juga saya alami dengan nominal yang hampir sama, hampir 7jt, ukuran paket sedikit lebih kecil tapi isi lebih berat.
    Via Jne jtr dari tangerang ke probolinggo paket sebesar itu bisa di nyatakan hilang, padahal tidak masuk aka jika barang sebesar itu hilang / jatuh di jalan.
    Setelah kami selidiki ternyata memang ada oknum yg nakal, barang dengan mudahnya di nyatakan hilang.
    Kami cuma dapat ganti 10X ongkir, 1.600.000. Rugi banyak.
    Berbeda ketika melakukan pengiriman barang yang terkoordinasi dengan aplikasi toko online, atau pengiriman barang yg memakai asuransi, belum pernah ada paket kami yg hilang.

    • Iya kak tidak masuk akal paket sebesar itu tiba2 menghilang begitu saja.. dan ga ada kejelasan menghilangnya dimana.. masa tidak bs ditelusuri kan ada jelas semua yg penanggung jawab siapa, kurir nya siapa kalo dlm sistem komputer