27 Kg Paket JNE JTR Hilang Tanpa Jejak, JNE Tidak Bertanggung Jawab

Saya mengirimkan paket melalui JNE agen Tasikmalaya seberat 27,52 Kilogram, pada tanggal 20 November 2020. Nomor resi pengiriman adalah 5806922000008318, pengirim a.n. Merlina Hermawan (saya sendiri), kepada pelanggan saya a.n. Suandi, dengan total harga barang Rp6.800.000 dan isi barang berupa pakaian.

paket 27 kilo
paket jne

Setelah tiga minggu, pelanggan saya memberi kabar bahwa paketnya belum sampai dan tolong dibantu ditanyakan karena takut hilang sebab nominalnya besar. Saya lacak melalui cek resi terakhir statusnya pada tanggal 21 November tertulis sedang transit (bisa dicek sampai saat ini tanggal 30 Desember 2020 statusnya masih sama).

Saya menghubungi pihak JNE Pusat dikatakan bahwa paket sudah masuk sistem dan ada di Pekanbaru, saya diminta untuk bersabar dan menunggu beberapa hari. Saya hubungi beberapa hari kemudian jawaban nya masih sama diminta untuk bersabar. Bagaimana saya bisa bersabar sudah hampir satu bulan paket yang begitu besar tidak ada kejelasannya? Pelanggan saya pun sudah khawatir paketnya hilang.

Pada tanggal 14 Desember ada email dari pihak JNE pusat kepada JNE agen Tasikmalaya bahwa paketnya belum dinyatakan hilang. Di sini saya berterimakasih pada JNE agen Tasikmalaya yang turut membantu menanyakan kabar paket saya.

Pada tanggal 17 Desember 2020, suami saya kembali menghubungi pihak JNE dan paket saya dinyatakan hilang dan silakan mengajukan klaim. Saya bukan ingin mengajukan klaim, yang saya inginkan kejelasan paket saya di mana? Bagaimana paket sebesar itu bisa hilang tanpa jejak? Saya memiliki rekaman pembicaraan antara pihak suami saya dan JNE yang menyatakan paket saya sudah masuk sistem di JNE Pekanbaru. Sedangkan ketika saya menghubungi pihak JNE Pekanbaru dikatakan paket saya tidak ada di sana. Saya juga memiliki rekaman ketika pihak JNE Pekanbaru mengatakan paket saya tidak ada disana.

Sampai saat ini saya menulis pun, saya belum menerima kejelasan kenapa paket sebesar itu bisa hilang satu karung besar. Saya lampirkan foto karungnya. Tolonglah pihak JNE saya minta kejelasan dan pertanggungjawabannya, sebab uang sebesar itu saya dapat dari saya jualan sampai jam 2 pagi baru tidur jam 3 pagi. Bagaimana bisa perusahaan sebesar JNE begitu tidak profesional dengan barang titipan dari para konsumennya?

Merlina Hermawan
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Merlina Herlawan

Pertama-tama kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Merlina Herlawan mengenai “27 Kg Paket JNE JTR...
Baca Selengkapnya

50 komentar untuk “27 Kg Paket JNE JTR Hilang Tanpa Jejak, JNE Tidak Bertanggung Jawab

    • 7 Januari 2021 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Bukan klaim tapi pengen barang saya ketemu. Jangan seenaknya bilang klaim tapi ganti rugi nya ga sesuai harga paket.

      14
          • 8 Januari 2021 - (00:07 WIB)
            Permalink

            Paket JTR yg sy kirim sampai skrg jg tidak jelas kirim tgl 23 desember status msh ongoing/transit padahal lokasi penerima masih satu tempat di depok bukan beda kota. Paket Retur di. Tokopedia, kalo hilang kira2 dana refund kembali g ya?

          • 8 Januari 2021 - (01:39 WIB)
            Permalink

            Maksih ini termasuk info buat saya klo kirim barang agar lebih hati2

          • 8 Januari 2021 - (09:55 WIB)
            Permalink

            jangan pake jne deh. gw pernah kirim barang hot toys juga hampir ilang. padahal itu hot toys langka punya, special edition dr jepang langsung. org2 jne suka banget mutil barang orang.

          • 8 Januari 2021 - (09:02 WIB)
            Permalink

            Iya ka ga puas dengan jawaban JNE seenaknya bilang paket hilang

      • 8 Januari 2021 - (15:40 WIB)
        Permalink

        JNE lagi JNE lagi….udah fix ini mah banyak oknum di JNE. Gila ya pantesan nawarin harga murah taunya untung gede dari maling? barang harganya jutaan di gantinya gak sesuai. Dan parahnya susah bnget nyari jelasan harus abis pulsa banyak dlu itu pun belum tentu membuahkan hasil.

      • 9 Januari 2021 - (14:35 WIB)
        Permalink

        konsumen ribet ga tau akhlak

        kalo udah hilang terus jne mau kasih klaim asuransi knp ribet
        modal & untung lu kan jg balik

        goblok bgt maksa suruh nyari paket sampe ketemu

        kalo elu ngilangin barang gw. elu mau ganti dengan uang. gw ga mau,gw suruh elu cari sampe ketemu seumur hidup elu. mau kagak ? jd orang ga usah ribet, udah dikasih solusi win win ga mau. customer lu tinggal beli lg aja. customer jg tau kalo kesalahan bukan di elu

        duh.customer kayak gini emang customer paling malesin. jne jg males pny customer kayak elu

        gw dr pihak customer bukan antek JNE
        THX

        • 9 Januari 2021 - (23:52 WIB)
          Permalink

          Teriak buli teriak tanpa solusi tdk tau sikon
          Cara bicara memperlihatkan mental menggampangkan sesuatu, terlihat anda bukan generasi bertanggung jawab.
          Harga tidak sebanding om, dengan hak yang sedang diperjuangkan.

      • 2 Desember 2022 - (12:32 WIB)
        Permalink

        Paket sayang jg hilang, saya kirim HP utk ponakan buat sekolah, malah dimaling, dikirim tgl 31 okt smpai skrng tgl 02 des 2022 tidak tahu paket saya dmn skrng.
        Saya sdh mengajukan claim, sudh ke branch office yg di pekanbaru pengiriman ke padang. Kasusnya sama main lempar2 gitu. Sampai skrng belum Terima pertanggung jawaban dri pihak sana.
        Padahal kasus tsb sudah sering terjadi. Harusnya JN* intropeksi diri,.

    • 8 Januari 2021 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Saran saya,, LAPOR POLISI SAJA.
      Ini sengaja diHILANGKAN.
      Lihat saja tanggapan ROBOT Ini.
      Biar berimbas ke perusahaan JNE ini!

    • 8 Januari 2021 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Buat JNE juga. Punya saya kapan diganti? Kok malah seller minta refund dana. Saya minta ganti barang bukan dana. Sudah berkali-kali komplain tetap mengecewakan. Paket dgn resi 541090062506920 hilang dalam pengiriman. Dan anehnya JNE pusat mengatakan hilang saat pengiriman ke Semarang dari Tangerang. Tapi JNE Semarang mengklaim paket hilang saat pengiriman ke Jepara. Lempar2an aja terus. Mengecewakan sekali. Saya tidak mau refund dana. Saya minta penggantian barang.

  • 7 Januari 2021 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Saran saya buat TS coba kirim barang lewat si raja paket bus sumatera seperti ALS karna udah pengalaman sya swndiri dan simple ga banyak tangan. Cukup poto bus, plat nmr nya dan crewnya minta nmr hpnya, selamat mencoba

    3
    3
  • 7 Januari 2021 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Saya jga sarankan kirim paket
    Pakai Expedisi Singa terbang Bu..
    Aman murah
    Itu yg selama ini saya lakukan

  • 7 Januari 2021 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Barang sekarung kok bisa ilang yak? Ilang beneran atau dihilangkan nih mengingat klaimnya ngga sesuai dengan nilai barang. Gawat sih jne

  • 7 Januari 2021 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Nanti di akhirat,bos JNE beserta anak buahnya akan dimintai pertanggung jawaban,seenaknya bikin aturan yg menguntungkan diri sendiri dan konsumen kecil yg jadi korban.sudah kapok pake JNE.semoga ini ke pelajaran buat konsumen di seluruh Indonesia.

    3
    1
  • 7 Januari 2021 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Gx yakin gw JNE bakalan bayar full dan bakalan keluar 1001 alasan kalo bukan kesalahan mereka. JNE gt loh makin besar makin hancur

  • 7 Januari 2021 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Hahaha JNE lagi JNE lagi, makin parah nih JNE, udah kapok pakai JNE, kalau ke luar pulau mending pakai INDAH CARGO aja, lebih murah dan lebih cepat sampainya…

  • 7 Januari 2021 - (23:06 WIB)
    Permalink

    JNE sdh dipenuhi oleh kiriman belanja online yg sangat banyak, mereka sdh kewalahan terlalu banyak terima order paket jd sdh mulai lelet bahkan berantakan. Ditempat saya paket ngendap di JNE sampai 3 hari baru dikirim ke konsumen. Saat ini saya lebih banyak pakai kurir si cepat.

  • 8 Januari 2021 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Kejadian serupa juga saya alami dengan nominal yang hampir sama, hampir 7jt, ukuran paket sedikit lebih kecil tapi isi lebih berat.
    Via Jne jtr dari tangerang ke probolinggo paket sebesar itu bisa di nyatakan hilang, padahal tidak masuk aka jika barang sebesar itu hilang / jatuh di jalan.
    Setelah kami selidiki ternyata memang ada oknum yg nakal, barang dengan mudahnya di nyatakan hilang.
    Kami cuma dapat ganti 10X ongkir, 1.600.000. Rugi banyak.
    Berbeda ketika melakukan pengiriman barang yang terkoordinasi dengan aplikasi toko online, atau pengiriman barang yg memakai asuransi, belum pernah ada paket kami yg hilang.

    • 8 Januari 2021 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Iya kak tidak masuk akal paket sebesar itu tiba2 menghilang begitu saja.. dan ga ada kejelasan menghilangnya dimana.. masa tidak bs ditelusuri kan ada jelas semua yg penanggung jawab siapa, kurir nya siapa kalo dlm sistem komputer

  • 8 Januari 2021 - (05:20 WIB)
    Permalink

    ini kerjaan oknum… selama oknum jne gk ketangkap pasti terus terjadi..sampai perusahaan bangkrut… dulu sekelas porter bandara saja ada padahal kerja di pantau camera… apalagi ini yng kerja tanpa di awasi kamera… 6 juta harga pakaian itu harga reseller di jual lagi masih bisa… klaim juga untung banyak.. bikin sedih nominal klaimnya..
    semoga barang cepat ketemu..

    • 8 Januari 2021 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Makasih kak… Iya semoga dengan surat ini paket saya ketemu… Yang aneh pihak JNE pekan baru bukannya ngurusin dimana paket sy malah Lebih semangat ngurusin klaim ckckckck

  • 8 Januari 2021 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga korban JNE, paket saya yg saya kirim ke customer pada tgl 2 September 2020 hilang 1 paket, kronologi saya kirim 2 paket ke alamat yg sama dgn 2 resi berbeda..dari Bandung ke Abung raya, Lampung..setelah tgl 6 September 2020 paket sampai ke alamat penerima tetapi hanya 1 paket..kemudian saya menanyakan kpd pihak JNE knp cuma 1 paket trus yg 1 paket lg kmn..?? katanya paket masih di Bandung pusat..lalu saya disuruh menunggu..setelah sampai tgl 10 September 2020 paket msh blm sampai..kemudian sy tlp cs Bandung pusat untuk menanyakan paket jawaban nya paket sudah di Jakarta mohon menunggu..sampai tgl 20 sy hubungi vs JNE, mereka malah bilang klo paket sy tidak ada di sana.. kemudian sy di suruh menghubungi cabang JNE tempat awal sy mengirimkan paket..lalu sy balik lg untuk menanyakan ke cabang JNE..dan mereka kembali menyampaikan klo paket nya gak ada disana krna udh dikirim ke bdg pusat..sampai akhirnya sy capek tenaga, buang waktu, buang pulsa untuk bolak balik menanyakan paket sy..tapi hasil nya nihil..sampai saat ini paket entah dmn rimba nya..?? Dan pihak JNE acuh tak acuh..serasa tak punya salah dan dosa..!!

  • 8 Januari 2021 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Kok saya agak sedikit curiga ya, kalau yg bermain di kasus hilangnya paket ini bukan hanya 1 oknum jne nakal. Ok kita urutkan 1 1 ya, pada tanggal 21/11/20 ket paket DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY JAKARTA], setelah itu (beberapa hari) si konsumen hubungi pihak jne pusat dengan keterangan mereka kalau paket sudah d pekanbaru, padahal di alur cek resi itu paket gak ada keterangan posisi atau pergerakannya. ok kita lanjut, setelah itu yg anehnya kok bisa pihak call jne pusat bilang paket sudah di pekanbaru , berarti dia cek sistem dong di setiap pos tansit. Apa mungkin barang tidak ada tapi resi tetap di input di sistem internal mereka sehingga jne pusat bisa tau posisi barang sudah masuk pekanbaru. Kalau d lihat yg bermain di sini oknum transit awal sampai oknum input keterangan resi pada setiap lokasi sampai pekanbaru. Saran dari saya somasi aja pihak jne nya, bila perlu laporin polisi dan bawa kejalur hukum. Biar mereka lebih serius menanggapi kasus” seperti ini, bukan hanya klaim ganti rugi yg merugikan konsumen yg menjadi jalan terakhir dalam penyelesaian masalah.

    • 8 Januari 2021 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Iya ini seenaknya aja bilang hilang dan disuruh langsung klaim. Sy punya bukti percakapan klo barang sudah sampe Pekanbaru dan dinyatakan hilang

  • 8 Januari 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    ini udah selesai belum casenya? kejar terus om kl belum selesai. kemaren ada case di kaskus juga pake JNE kirim sepeda mahal dari jawa ke bali di klaim hilang, bakal diganti cuma 10x ongkir barang. disuruh isi form ganti rugi gak mau terus mau minta cek CCTV karena sepeda bukan barang printilan yg bisa diumpetin. oknum karyawannya berharap yg kirim mau isi form ganti rugi. di usut terus akhirnya tuh sepeda sampe juga ke pembeli setelah dinyatakan hilang.

    • 8 Januari 2021 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Iya ini JNE ga bertanggung jawab atas kejadian ini seenaknya bilang hilang dan disuruh langsung klaim

  • 24 Mei 2021 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Dan sunguh di sayangkan kejadian ini menimpa saya. sebetulnya keterlambatan yang di luar wajar ini bukan kali pertama saya alami sebelumnya saya mengunakan jasa YES mereka tetapi paket datang 2 minggu dari waktu yang seharusnya itupun saya harus berbusa.

    kali ini dengan terpaksa awal mei 2021 saya memesan barang dari tokopedia dengan harga ratusan ribu per tangal 3 mei dan sampai detik ini 24 mei barang tidak tahu di mana rimbahnya status terakhir paket di transfer ke kurir lain di daerah pasuruan dan pertanyaan mendasar kepada cs di sistem jne barang saya tepatnya ada di mana mereka hanya menjawab ” UNTUK KEBERADAN PAKET KAMI TIDAK TAHU KAMI AKAN KORDINASIKAN KE PIHAT KERKAIT UNTUK PERMASALAHAN INI” pihak terkait sedangkan yang saya telfon cs JNE 021 29278888 apakah mereka pihak alien..

    ketika mereka tidak mengetahui barang kita di mana di gerai mana apakah kita masih bisa percaya dengan jasa pengiriman seperti ini?

    belajar dari kejadian pertama dan kedua saya semua bukti percakapan dan tracking saya record sehinga ketika ini saya lanjutkan ke media yang kebetulan saya kontributor yang cukup di dengar di suara surabaya kita tunggu saja kelanjutan nokia lokal berkedok kiriman ini seberapa lama mereka berdiri.

    dan klaim kehilangan jne pun main2 mereka hanya menganti 10x dari ongkos kirim bukan nilai barang jadi jika ongkir kalian 20rb sedangkan harga barang kalian 10 jt uang yang bakal kalian dapat hanya 200rb

    SAMPAI KOMENTAR INI SAYA TULIS BEBERAPA MENIT LALU SAYA MENGHUBUNGINYA DAN JAWABANNYA SAMA. Dengan ini saya putuskan untuk lanjut ke media agar tidak banyak kejadian kebobroan jne

  • 26 September 2021 - (16:16 WIB)
    Permalink

    resi 016730027021721
    Bagaimana kelanjutannya?
    pake saya yang 1 koli lagi. padahal koli besar 20kg kenapa bisa ga jelas keberadaanya?
    Saya masih tunggu telpon team terkait, laporan masuk tanggal 17 september 2021 dari jne bandar lampung sampai 26 septermber 2021 sekarang ga ada kabar!!!

    tahun ini dan tahun lalu barang saya pernah hilang juga karena JNE!!!!
    dan pergantiannya tidak sepadan, proses claim ribet, ditunda2 berbulan2.

    • 28 September 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      kak boleh tau proses pergantiannya tidak sepadan apakah hanya diganti 10x lipat biaya ongkir apa gimana?

  • 17 November 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Saya kirim udah bukan hilang lagi om tapi di colong bahkan di jebol kardus sama bubble wrap total 20an botol lah ?

  • 26 November 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Kak merli , bagaimana dengan paket kakak yg hilang tahun lalu apakah di ketemu ?
    Soal nya saya lagi ngerasain hal yg sama ini kak

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

27 Kg Paket JNE JTR Hilang Tanpa Jejak, JNE Tidak Bertanggung Jawab

oleh merlina dibaca dalam: 1 menit
50