Akun Shopee Saya Diretas, Dana Shopee PayLater Saya 4 Juta Raib

Akun Shopee tinaandriyan pada tanggal 6 Januari 2021 sekitar pukul 18.01 WIB saya menerima telepon yang mengatasnamakan Shopee dari kantor Jakarta. Dia bilang kalau akun Shopee saya dapet bonus 2jt karena saya sudah sering menggunakan Shopee untuk berbelanja online. Tapi ada syaratnya, saya disuruh top up Shopee Pay saya sebesar 300rb dan saya jawab iya. Tapi berhubung saya lagi kerja saya bilang entar saya isi. Tapi si penelepon mengalihkan pembicaraan dengan menyebut data-data Shopee saya, riwayat pemesanan dan data pribadi saya.

Kemudian si penelepon menanyakan ada wa masuk yang berisi kode agar bonusnya bisa langsung masuk ke Shopee Pay saya. Kemudian saya cek wa saya ternyata ada dari OTP Shopee. Begonya saya malah ngasih kode tersebut. Setelah itu saya curiga karena sempat membaca kode verifikasi dan saya matikan teleponnya.

Pukul 19:20 an saya cek Shopee saya ada 1 tranksaksi yaitu HP Oppo senilai Rp 3.889.120 menggunakan Shopee Paylater yang saya tidak merasa pesan. Saya langsung chat CS Shopee akun saya telah dihack saya bilang ke CSnya tolong tranksaksi terakhir saya untuk tidak diproses dibatalkan. Dan CS Shopee akan menonaktifkan akun saya untuk sementara.

Pada tanggal 07 Januari 2021 pukul 10:30 saya mendapat email dari Shopee akun bahwa akun sudah normal. Pada pukul 19.40 saya coba login Shopee, saya kaget karena tranksaksi yang di-hack sipenipu belum dibatalkan malah barangnya sudah dikirim ke alamat sipelaku. Saya coba hub CS Shopee bagaimana solusinya CS jawab untuk hub J&T.

Saya langsung hub J&T buat ubah alamat atau membatalkan tapi pihak J&T menjawab tidak bisa untuk alamat yang sudah dituju. Saya sudah berusaha hub.CS Shopee dan pihak J&T tetap tidak ada jalan keluarnya.

Sampai saat ini pihak Shopee tidak ada tanggung jawab, tagihan Shopee later tetap dibebankan ke saya, padahal sudah jelas ini akun saya ke hack. Saya sangat kecewa dengan sistem Shopee. Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee tapi dari pihak Shopee tidak ada yang bisa memberi jalan keluar.

Saya berharap dengan saya menulis artikel ini masalah saya ada tanggapan dan tanggung jawab dari pihak Shopee, dan tidak ada lagi korban-korban seperti saya. Terima kasih.

Tina Andriyani
Jakarta Barat 11480

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bukti Chat Shopeenya ada? Jam berapa anda minta pembatalan?

    "Saya langsung chat CS Shopee akun saya telah dihack saya bilang ke CSnya tolong tranksaksi terakhir saya untuk tidak diproses dibatalkan. Dan CS Shopee akan menonaktifkan akun saya untuk sementara."

  • Sangat di sayangkan karena dalam kurung waktu 24jam anda hanya mengecek akun anda 1x saja setelah melakukan laporan, padahal pengiriman menggunakan j&t dan resi pun bisa di lacak..

    entah apa memang anda terlalu menyepelekan uang segitu atau anda memang berniat agar transaksi sukses?

    klo saya jadi anda, 24jam itu cukup untuk push trus menerus pihak shope agar membatalkan transaksi, atau lebih mudah lg lapor ke j&t untuk menunda pengiriman sementara karena ada indikasi penipuan..

      • SESUDAH MENGALAMI KEJADIAN INI JANGAN TRAUMA ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN PAY LATER, Karena kedepannya nanti anda akan mahir menjaga keamanan akun paylater dan akun akun lainnya. Karena anda sudah mendapatkan PENGALAMAN BERHARGA dgn membayar 3,7 juta.

  • "Begonya saya malah ngasih kode tersebut." - ya iyalah.

    "Saya langsung hub J&T buat ubah alamat atau membatalkan tapi pihak J&T menjawab tidak bisa untuk alamat yang sudah dituju." - usaha yg bagus sayangnya SOP kurir tidak seperti itu.

    "Sampai saat ini pihak Shopee tidak ada tanggung jawab," - kenapa minta tanggung jawab ke shopee? Kan ada yg membagilan OTP.

    "Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee" - ga ngefek lah.

    Kalau memang harus bayar juga, anggap kursus singkat, biar pinter dikit.

    Mudah2an ada jalan keluarnya.

  • Salahnya ya ngasih OTP. Udah jelas jangan dikasih ke orang lain. Shopee tidak pernah meminta kode OTP. Ga bisa minta tanggungjawab shopee atau j&t, karena murni kesalahan pribadi.
    Kalo minta bantuan shopee dan j&t ya sekedar minta bantuan, terserah shopee mau bantu atau tidak, itu diluar masalah

    • Mbak Tina apakah mengklik sebuah Link / tautan yg diberikan oleh si penipu trsbt ? Dimana Link tersebut adalah semacam alamat untuk masuk / Log in ke akun shopee ?

  • @Tina

    [Saya sudah 3 tahun menggunakan Shopee tapi dari pihak Shopee tidak ada yang bisa memberi jalan keluar]

    Saya menilai, anda kecewa dengan Shopee. Anda salah sasaran.

    Pada awal Shopee berdiri, semua orang mendaftar, membuat akun, menjadi pengguna Shopee. Belanja dengan aman dan puas.

    Karena perkembangan jaman, di aplikasi Shopee muncul fitur Paylater, dan pengguna pun mendaftar lagi dengan syarat yang berbeda lagi.

    Saat anda mendaftar pertama itu, anda mendaftar di aplikasi Shopee milik perusahaan Shopee. Sedangkan saat pendaftaran kedua kalinya, mendaftarkan diri di Fitur Paylater, sebenarnya anda mendaftarkan diri pada perusahaan Fintech.

    Jadi walaupun itu satu aplikasi, nyatanya anda mendaftar dua kali. Dan syarat pendaftaran yang kedua itu lebih ribet karena anda harus berfoto selfie sambil pegang KTP, ala ala syarat pengajuan app Fintech pada umumnya.

    So, jika Paylater anda bermasalah, siapa yang pantas dianggap mengecewakan.?

    Ya Perusahaan Fintech itu.

    Aplikasi Marketplace sebenarnya Halal. Tapi ketika kalian mendaftar pada fitur Paylaternya. Itu Haram.

    Paylater jelas Riba’.

    Yang Haram adalah Penyakit. Cepat atau lambat penyakit itu akan terasa, tunggu saja.

  • Keburu gelap mata pas dengar bonus, perimeter2 keamanan pun diabaikan demi dapat bonus dari orang tak dikenal

  • Maaf, menurut saya, yg anda publis ini adalah kebodohan anda sendiri. Jgn menyalahkan shopee atw j&t.

  • saya kejadian nya persis seperti anda .. tapi rugi sekitar 600ribuan .. tapi memang itu kebodohan saya .. yang langsung percaya dapet duit 2 juta .. , semoga masalah anda bisa terselesaikan