Rating Merchant GoFood Dipermainkan

Saya pemilik dari merchant “Pecel Lele dan Ayam Geprek Fire Chicks, Rawamangun” di aplikasi GoFood (sebelumnya resto bernama Dish & Co). Makin ke sini saya merasa kecewa dengan sistem di GoFood terkait rating resto.

Saat bulan November 2020 saya curiga rating saya makin turun, tapi masih belum saya tanggapi. Pada awal Desember saya mulai perhatikan rating resto yang tadinya 4.5 pada akhir November, menurun menjadi 4.4 pada awal Desember (saya cek menggunakan aplikasi gojek dengan handphone pribadi).

Saya meminta laporan rating dari bulan November akhir via aplikasi GoBiz (tanggal terakhir saya lihat rating 4.5). Sampai tanggal saat rating menjadi 4.4 tidak ada 1 customer pun yang memberikan rating. Saat dicek menggunakan handphone lain pun rating-nya semua berbeda-beda. Bahkan saat saya pinjam hp teman untuk mengecek rating, resto saya malah hanya mendapat nilai 3.8 pada TANGGAL YANG SAMA.

Pada tanggal 8 desember 2020 saya komplain ke CS Gojek dan hanya mendapat jawaban jika itu semua “URUSAN SISTEM INTERNAL”.

Tidak berapa lama, rating kembali turun dan saya komplain kembali dan dijawab dengan jawaban yang terkesan hanya mencontek jawaban sebelumnya tanpa ada tindak lanjut.

Kemudian saya sudah bodo amat dengan rating yang makin hari makin tidak jelas perhitungannya. Pada tanggal 1 Januari 2021 saya iseng cek rating resto saya sudah naik menjadi 4.3 kembali. Kemudian saat tanggal 2 Januari 2021 rating saya kembali turun menjadi 4.2. Saya kembali meminta laporan rating dari tanggal 10 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021. Customer banyak yang tidak memberikan rating dan tidak ada 1 pun yang memberi rating jelek, tapi rating resto saya justru turun tanpa alasan yang jelas. 

Dan sekarang rating saya kembali anjlok menjadi 3.7, padahal selang sejam sebelumnya masih 3.8 (saya tidak sempat screen capture).

Bagaimana bisa rating saya turun terus menerus sedangkan tidak ada user yang memberikan rating??  Jika memang kendala sistem kenapa tidak segera dibenahi? Karena permasalahan ini sudah dari beberapa bulan lalu. Tentu saja terkait rating sangat penting, apalagi bagi merchant yang baru bergabung seperti saya. Saya sudah lelah komplain via CS, karena hanya mendapat jawaban yang itu-itu saja, tapi tidak ada perbaikan maupun tindak lanjutnya.

Titik
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Rating Gofood gak jelas, gak ada rincian dan ulasannya kek di marketplace. Sebagai konsumen, gak ada panduan kalo mau nyoba2 pesen di merchant2 yg baru.

    • Ya sama. Rating ini sekilas kayak permainan mereka aja. Saya cek dari hape ke hape rating satu merchant bisa beda. Lawak.

    • wahh... saya kira hanya saya sendiri yang merasakan adanya keanehan sistem rating gojek dalam satu bulan terakhir ini. entah metode apa yang di pakai oleh gojek indonesia sehingga menyebabkan rating bs berbeda2 jika dilihat dari gadget yang berbeda2 pula. namun sepertinya pt gojek indonesia sedang membuat anjlok para mitra resto yang jarang atau bahkan tidak pernah mau mengikuti promo yang ditawarkan oleh pihak gojek melaui app gobiz pada tool promo (contohnya: SABTU MINGGU CERIA, FOODISKON PESTA PROMO 50%, MEGA FOODISKON 25RB). gojek yg gembar gembor promo, sementara kita sbg merchant yg hrs menanggung 100% biaya promo tsb, belum lagi potongan fee utk gojek 20%, maka habis lah sudah....

    • Benar, kalau Tokopedia berusaha agar semua sellernya punya rating bagus karena ujung2 tikopedia ikutan untung, kalau Gofood Rating tergantung berani bayar berapa.

  • Saya juga mengalami hal yang sama. Tak hanya di GoFood. Di GrabFood juga sama. Sepertinya ini hanya permainan mereka biar Customer lebih tertarik ke Merchant yang baru bergabung. Ohh ya kalau ada komentar atau ceramah dari inisial M tolong diabaikan.

  • klo mo rating bagus atau top terlaris, ya pasang barner iklan di gofood. Coba liat yang di banner apa ada yg ratingnya dibawah 4.7? apa ada yang ga masuk terlaris? (murah bgt kata cs gofood 1 minggu ga sampe 10jt) jd musti pake fulus kalau cuma andelin masakan enak ato pasukan cyber ga bakalan punya rating diatas 4.6! gojek juga butuh fulus, kalo ga butuh ga bakalan tawarin merger kanankiri (dulu ke Grab, trus ke Toped).

  • Betul seperti apa yang saya rasakan. Akhir2 ini saya hanya sibuk mengkhawatirkan rating. Rating saya 4.6 tiba2 saja menjadi 4.3 lalu 4.2. Entah mengapa, karena dalam laporan rating pun semua pelanggan memberikan bintang 5. Cerita saya persis seperti cerita mas. Wahai gofood, tolonglah kami para UMKM. Kami tahu kok persaingan bisnis itu ada, namun Gofood juga harus bertindak fair. Merchant dengan PT besar dan ternama sudah punya budget sendiri untuk pe-ratingan atau bahkan BEKERJASAMA dengan Gofood. Bagaimana dengan yang lain?? Saya rasa kalian sudah harus mendengarkan keluhan merchant2 kecil. Kalau cerita dan kisah seperti ini masih banyak, saya rasa memang kalian komersial sekali. Tidak belajar dari Grab si tetangga. Aksi2 sosial kalian pun hanya pencitraan belaka. Ya, begitulah.

    • Setuju bangetttt, gofood memberi rating cuma buat merchant besar yg berani "BAYAR GEDE". Rating resto saya makin anjlok aja. Padahal dari bulan lalu semua customer ngasih bintang lima. Tapi nilai saya makin jelek aja. Ngeles nya rating by performa. Sedangkan saya ga pernah sekalipun cancel order. Kayaknya gara2 saya sering komplain makannya rating saya ditandain biar makin turun hari demi hari walaupun customer ngasih berjuta2 bintang. Percuma komplain bolak balik sampe up media. GA AKAN DIPEDULIIN sama pihak gofood selama bukan DUIT YANG BICARA.

  • Setuju sekali percis seperti yang saya alami sekarang dari rating 4.6 turun drastis ke 3.8 padahal saya lihat laporan di tiap bulan banyak yang memberikan bintang 5 dan 4 lagi pula sekarang pada saat pandemi resto saya tidak begitu ramai, bisa terhitung tiap hari nya kadang sehari kosong. Ada apa dengan rating

  • Saya ada akun resto di GoBiz dan GrabMerchant sudah 3 tahun ini, memang kalau mau rating bagus harus rajin ikut promo. Rating saya sudah 3 tahun ini fix di 4.6 tidak pernah naik atau turun, bisa jadi karena saya rajin ikut promo tapi tidak terlalu rajin juga (selalu memilih diskon terendah ).
    Pintar2 kita aja atur harga agar promo berjalan tanpa merugikan kita, promo sangat membantu rating tapi tidak pasti juga. Ada dulu resto tetangga juga rame sekali dan promo sangat gencar tapi rating selalu dibawah 4. Sekarang udah bangkrut karena tidak menjaga kualitas makanan.
    Saya sarankan ikut promo tentunya dengan perhitingan harga yang tidak merugikan Anda. Terima kasih

  • Saya rating 4,8 karena kami usahakan makanan enak, home Made, kemasan pakai papperbox,harga murah. Pelanggan mayoritas kasih bintang 5. Suatu hari anjlok jlok jlok dengan seenaknya jadi 4,1. Saya cek laporan review pelanggan terbaru yg di email tiap bulan, mayoritas kasih bintang 5 gak ada yg aneh. Saya email lah ke gofood jawabannya sistem penilaian sudah mereka rubah review pelanggan bobotnya 40% doang, 60% adalah penilaian internal gofood. Jadi wahai kalian pelanggan gofood ketika melihat rating suatu resto itu jangan tertipu ya,jangan kaget kalo rating tinggi belum tentu rasa maskanya enak banget, karena review yang kalian berikan sehabis membeli makanan berupa kasih bintang 1 - 5, itu hanya memiliki bobot 40% dari total penilaian rating, 60% sisanya penilaian dari si gofood. Cuma yg saya masih kurang terima kenapa si gofood katanya pakai sistem penilaian baru, tapi kenapa di beranda setiap resto tertulis seperti ini "rating sekian dari review sekian". Contoh dipojok kanan atas tiap resto ada tertulis rating 4,1 reviewer 40+. Ini INFORMASI YG RANCU, INFORMASI YG ANDA TAMPILKAN UNTUK KONSUMEN RANCU DAN TERKESAN BOHONG DAN MENYESATKAN. Seolah konsumen berfikir penilaian masih seperti dulu bahwa 4,1 adalah hasil angka yg didapat murni dari 40+ orang yg review. Padahal bukan, 40+ orang yg review hanya berbobot 40%. Ada bobot 60% yg adalah hasil penilaian gofood sendiri yg kita juga gak tau transparansinya,gak ada rapotnya kok. Jadi tolonglah pihak gofood kalo Anda baca kembalikanlah penilaian seperti dulu, saya rating 4,8 aja kadang masih sepi karena saya jualan cuma dari rumah dan rumah saya kompleknya sepi dan saya korban PHK. Masa gak ada berpihaknya sih ke UMKM. Tolong kalau ada yg baca dan punya power untuk sampaikan ke petinggi gofood yg mungkin masih sedikit punya hati, Tulung sampaikan ya inget "with great power comes great responsibility".

    • Saya termasuk resto yang sama seperti itu cuma beda nya saya libur 3 bulan alpikasi off pas skr aktif kembali awal rating resto 4.5 menjadi 3.6 aneh tapi nyata cuma karena libur rating trs menurun

  • BENER2 GAJELAS. KETIKA IKUT PROMO IKLAN RATING SY 4.7. NAMUN ADA PENAWARAN PROMO IKUT IKLAN LAGI, SAYA TIDAK DAFTAR KARENA MENURUT SAYA KURANG EFEKTIF. RATING SY LANGSUNF TURUN SAMPAI 4 3 LALU BESOKNYA 4.2 DAN SKRG 4.1 TURUN DRASTIS HANYA DALAM WAKTU 4HARI. APAKAH KARENA SY SERING COMPLAIN JUGA JADI RATING DITURUNKAN SEMENA2?????? YG MEMBERI RATING RATA2 5

  • Kemarin saya pesan makanan menggunakan GoFood di restoran dengan rating 4.8. Ternyata setelah makanan sampai, saya menyadari kalau makanan yang merchant berikan adalah MAKANAN BASI. Setelah itu saya kasih REVIEW BINTANG 1. Coba tebak saudara-saudara, apa yang terjadi setelah saya kasih review bintang 1? Bukannya rating turun, rating si merchant yang asalnya 4.8, malah naik menjadi 4.9. Lawak banget ini Gojek. Padahal sudah selama 3 bulan rating restoran ini selalu berada di angka 4.8, enggak naik, enggak turun. Setelah saya kasih bintang 1, malah naik jadi 4.9!!! NGACO!!!

    Saya juga lihat di komentar ada pembeli yang memberi bintang 5. Tapi, rating resto malah turun. Ini kebalikannya, saya memberi bintang 1, rating resto malah naik. Ini salah programmer nya apa memang permainan gojek nya ini.

    Kasus yang lain.
    Sepertinya benar apa yang suhu2 katakan diatas. Jika mau rating bagus, harus rajin2 ikutan promo.
    Di daerah saya, ada restoran yang menjual makanan basi. Tapi, si restoran ini sering ikutan promo, jadi rating tidak turun, stagnan di angka 4.7. Meskipun rating turun jadi 4.5, entah kenapa besok harinya rating naik lagi. Itu karena si merchant ikutan promo! Sedangkan resto yang tidak ikut promo tapi makanannya enak, rata-rata punya rating 3.8. Parah ini gojek.

    Saya sebagai pembeli merasa dirugikan!

    Saya melihat rating bagus di aplikasi GoFood, tentu saja berpikiran kalau restoran ini bagus. Ternyata kenyataannya tidak. Saya memberi bintang satu, rating resto malah naik. Ngaco!

    • Bukan mau bela restoran jual makanan basi, apa ini sering terjadi atau sekali aja, ini yg perlu dikonfirmasi dulu, karena kelalaian bisa terjadi di resto mana saja. Jika sering order di resto tsb dan makanannya nga jelas/basi berarti restonya yg bermasalah, aneh memang kalau selalu dapat rating bagus

    • KACAU NIH.. MAKIN ANCUR UMKM INDONESIA.. KATANYA PRODUK ANAK BANGSA...
      HATI-HATI BUAT PARA RESTO INI SALAH SATU YG BIKIN RATING RESTO ANDA JADI ANEH, seharusnya gofood tidak perlu membuat driver bisa memberikan rating ke resto.
      Apalagi nga sedikit driver lama baru datang, makanan jadi dingin dan dikomplain pelanggan (saya jual mie dan ayam, mie jadi lembek dingin kelamaan nga diambil), apalagi kalau driver punya banyak akun ojol sambil kirim makanan lain dulu....
      Walaupun sudah super partner masih bisa di cancel by system, baru tau ini setelah ngalamin berkali-kali, kacau memang....

      Kalau lagi ada orderan makan ditempat dan orderan online lain nga bisa semua masakan bisa dimasak cepat, apalagi kalau orderannya bermacam jenis yg dimasak satu persatu.
      Kalau mau begini kasih juga dong resto biar bisa nge-rate driver yg attitudenya buruk dan nga sopan kalau nagih orderan, biar adil lah... (anda sopan kami pun segan, begitu kan...).

      https://www.youtube.com/watch?v=pSif3Nnp2wk
      Driver bisa memberikan rating kepada resto gofood partner || Cara menaikan rating resto di gofood

  • Jadi sebenarnya yang membuat rating resto tiba2 turun itu berasal dari DRIVER GOJEK. Sudah saya amati mulai dari 3 bulan terakhir dari bulan Juli.

    Kenapa bisa turun? Begini algoritmanya:
    If rate pelanggan > rate driver = driver dominate
    If rate pelanggan < Rate driver = pelanggan dominate
    If rate pelanggan = rate driver, impas

    Bayangin kalau setiap kali ada orderan, pelanggan g pernah kasih rating, tp driver aktif memberi rating buruk kepada resto? Kan bego2 gak jelas gt kesannya.

    Dan percayalah..... DRIVER AKAN SELALU MEMBERI RATING JELEK KEPADA RESTO YANG PENYAJIANNYA LAMA DAN TIDAK MENYEDIAKAN TEMPAT KHUSUS DRIVER.
    (NB: LAMA TIDAKNYA PELAYANAN VERSI DRIVER YANG BERKIBLAT KEPADA MOOD DAN PERASAAN).

    Bahkan sekelas IBC dan Ayam Bakar Solo aja di rate 3 sama mereka (story dari temen yang ngelola usaha disana).

    Jadi buat Merchant GOFood, mohon akhiri saja metode sampah yang anda terapkan dengan memberi driver fasilitas untuk merating resto, sebab selain tidak ada manfaatnya sama sekali, layanan tersebut cenderung gak nyambung antara menentukan kualitas pelayanan sebuah resto dari sudut pandang driver gojek.

    Kan gak lucu makanan kelas premium di rating 1 sama driver hanya gara2 bikinnya lama? Bego rasa gak jelas itu namanya.