Sulitnya Mengajukan Pemindahan Tiang Telkom yang Tidak Sesuai Estetika

Sejak beberapa tahun lalu Tiang Telkom terpasang tidak sesuai estetika dimana Tiang Telkom dipasang di bagian tengah rumah saya, bukan diantara rumah sebelah dan rumah saya.

Saya mengajukan resmi ke pihak Telkom melalui media Email dan Facebook dengan nomor laporan: IN8648408 pada tanggal 04 January 2021.

Yang menjadi poin laporan saya adalah:

  1. Saya bukan pelanggan Telkom / Indihome
  2. Pertama kali pasang tiang, pihak Telkom tidak ada izin ke saya sebagai pemilik rumah (Harusnya ada BAST jika saya approve pasang tiang posisi di tengah depan rumah saya)
  3. Pemasangan Tidak sesuai Estetika (Posisi pasang Tiang di bagian tengah rumah Blok DP.10)
Tiang Telkom dipasang tidak di pinggir rumah
Tiang Telkom di Tengah _ 001

Pada tanggal 08 January 2021 pukul 15:50 saya dihubungi melalui Whatsapp oleh Pihak Telkom Akses dengan Nomor Whatsapp : +62 813-1675-18**. Inti dari pesan yang disampaikan adalah saya akan dikenakan biaya pemindahan Tiang Telkom sebesar Rp2.530.000 [Dua Juta Lima Ratus Tiga Puluh Ribu rupiah]

Yang membuat saya request sekaligus complaint dan tidak habis pikir adalah:

Telkom yang sejak awal salah dengan memasang Tiang Telkom yang diluar estetika, apalagi saya bukan pelanggan Telkom/Indihome. Kenapa jadi saya yang dibebankan biaya 2 juta lebih di akhir? Seharusnya justru saya yang menuntut ganti rugi atas letak pemasangan dari vendor Telkom yang asal-asalan.

Mohon Pihak Telkom dapat bertanggung jawab memindahkan Tiang Telkom didepan rumah saya ke tepi batas rumah saya dengan rumah sebelah secepatnya karena saya akan melakukan renovasi rumah. Letak tiang tersebut akan mengganggu renovasi rumah saya.

Terima kasih.

FX Candra
Bekasi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 12/1/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom untuk Bapak FX Candra

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak FX Candra pada tanggal 11...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kl mikir estetika sih baiknya dibawah tanah saja, tidak usah pakai tiang. Diatas rumah saya ada kabel listrik pln, ndak sesuai estetika sih, baiknya juga dibawah tanah saja. Atau tdk perlu ada pln krn tdk sesuai dgn estetika. Mumet aku.

  • Saya dulu pasang speedy, tiangnya malah dipasang di halaman rumah saya, bukan dipinggir jalan gitu, padahal yg pake rame2 warga sekitar hahah

  • Apakah kehidupan bapak akur dengan tetangga sekitar? Hehe. Setelah bertahun2 lamanya baru sadar ada tiang telkom di depan rumah.

  • itu tiang baru / tiang lama?

    Kalau tiang Baru
    Cek Surat Tanah apakah itu tian masuk kedalam tanah anda, kalau sudah di anggap masuk kedalam wilayah anda tanpa Ijin Tinggal Buat Laporan Kepolisi.

    Kalau Tiang Lama Ya ngak bisa.

  • Anda adalah orang yg sangat aesthetic suekali .
    Pasti suka denger musik payung teduh , ditemani segelas kopi disore hari yg gerimis, sambil membaca buku Pramudya ananta.

  • Mohon pihak telkom sejak saat ini untuk mulai memperhatikan estetika, feng shui dan cek primbon sebelum melakukan pemasangan tiang!!!!
    Supaya ngga banyak komplain ngga penting seperti ini. Hhahahahahhahah 🤣

    • tiangnya jelek ya pak. ganggu pemandangan ya...?
      dihias aja pak dicat warna warni gitu biar sedep

  • Itu d foto keknya tiang udah lama....TS baru nempatin rumah itu??atau sebelum tiang ada TS udah d situ??baru komplen sekarang??? Mgkin aja telkom udah ada kontrak sama pengembang atau siapalah,dan udah bayar biaya pemasangan tiang d situ,klo tiang mau d pindahin ya harus bikin kontrak baru lagi (keluar biaya) belum harus izin sana sin...d komplek banyak kok pemasangan tiang d depan halaman rumah...