Surat Pembaca

Penipuan di Akulaku Barang Tidak Dikirim, tapi Tagihan Harus Dibayarkan

06-01-21

Hallo selamat siang,

Saya berniat memesan hp di Akulaku dengan pembayaran kredit. Nama toko penjualnya “inhope store”.

Hati-hati guys jangan sampai tertipu seperti saya. Jujur kaget banget dan merasa nyesel banget kenapa saya gak cari tahu dulu tentang belanja via Akulaku tuh gimana, jadi banyak yang ngeluh dikasih resi palsu, barangnya gak sampai-sampai sudah 10 harian, barang belum diterima tapi sudah muncul tagihan, beli barang baru tapi dikasihnya kaya sudah diotak-atik gitu, dllnya. Pihak Akulakunya juga kayak gak ada tindakan apa-apa gitu yang tegas ke pihak olshop kata reviewnya begitu. Saya mikir, apa iya begini? Kalo iya ini jahat banget dan kacau sih, karena ini bikin rugi pembeli banget, biarpun nyicil tapi gak boleh diperlakukan kayak gini.

Saya terus menerus chat pihak olshopnya untuk nanya barang saya sudah dikirim apa belum. Saya minta responnya, tapi gak ada respon sama sekali. Saya telepon pihak Akulaku untuk menanyakan perihal barang saya bagaimana, sudah dikirim apa belum dan saya ceritakan bahwa saya jadi takut karena abis baca review buruk tentang Akulaku tetapi mba operatornya coba menenangkan saya dengan bilang jangan khawatir bahwa barang saya sudah dikirim dan mohon ditunggu gitulah katanya. Oke saya tunggu 2-3 hari estimasi saya, karena pas saya baca reviewnya ini olshop katanya ada di Jakarta dan rumah saya di Bandung, dan dari situ saya mikir pasti gak akan lama sampainya

Saya seneng dong akhirnya barang saya dikirim juga, pake J&T, eh tapi setelah saya cek itu resi Not Found astaghfirullah. Di situ saya langsung wah sudah fix ini penipuan sih. Dan saya tanya ke pihak J&T, kata beliau resinya memang not found. Habis itu langsung lah saya telepon pihak Akulaku untuk mendapatkan penjelasan ini maksud apa kok saya dikasih resi palsu, dan kata mbak operatornya itu resi sementara mohon ditunggu aja barangnya, lah dari situ saya mikir dong, mana ada sih resi sementara? Kalau emang beneran jujur dikirim mah itu resi pasti bisa dilacak, masa ini malah not found. Ini resinya: 10660001119. Sumpah di situ saya kecewa banget denger mba operatornya ngomong dan kesannya kaya ngegampangkan banget gitu.

Status barang dikirim tapi dengan resi tidak valid seller di chat pun tidak di balas

Oh iya sebelum saya telepon pihak Akulakunya, saya email dulu sekitar jam 11an, panjang isi emailnya yang intinya saya meminta resi yang asli sudah itu aja biar saya bisa lacak itu barang. Tapi jawaban diemail tuh bikin saya murka karena kaya robot jawabannya sama aja, gak ngasih solusi dan saya juga gak dikabarkan lagi gitu. Jawaban emailnya katanya Akulaku belum bisa memproses kendala yang saya alami karena memerlukan info lebih lanjut, yaudah oke saya tunggu.

Saya email terus pihak Akulakunya. saya agak banyak nge-emailnya sengaja gitu biar direspon sama pihak Akulaku biar gak digampangin, tapi gak ada solusinya, saya telponkan terus juga tuh hampir setiap hari sampai pulsa abis&rugi banget si menurut saya, tapi mau gimana lagi ya, Akulakunya gak jelas&tegas gitu bikkan gregetan. Terus kalo saya telepon pihak Akulaku pasti malah sayanya yg disuruh ngepush chat pihak olshopnya, lah saya chat dari awal aja gak ada balesan, gimana sih? Makannya saya ngadu&minta tolongnya ke pihak Akulaku gitu, kan Akulaku yang menjembatani antara cust dengan penjual nih.

Jujur saya sampai capek sendiri dengan hal ini, kaya harus nanyakan terus, harus teleponkan terus, harus jelaskan lagi, sedot banyak pulsa juga. Saya telepon lagi pihak Akulakunya untuk menanyakan gimana jadinya barang saya, jujur saya telepon sambil kesel, marah, dan nahan nangis, kenapa? Ya karena saya bener-bener sudah capek sama hal ini, capek harus terus-terusan ngejelasin, capek nunggu kejelasannya, merasa kecewa dan sangat ditipu si ini. Dan kata masnya tadi saya disuruh email ke pihak Akulaku untuk dibantu memecahkan hal ini gitu lah ya bahasanya atau mencancelnya serta saya diminta untuk mengirimkan bukti chat dengan pihak olshop yang gak ada tanggapan sama sekali.

Akulaku perusahaan yang cukup besar tidak bisa mencari tahu hal ini? Tidak bisa menyelesaikan ini dengan cepat dan tegas? Kalau jualan coba yang jujur. Saya capek loh harus kaya gini, capek nunggu hal yang gak jelas gini, saya juga sebenernya gamau ya marah-marah kaya gini, tapi saya jujur sudah kecewa banget, sudah kesel banget.

Mau berapa orang lagi yang ditipu begini? Harusnya pihak Akulaku bisa mencancel orderan yang bermasalah gini, harusnya pihak Akulaku bisa melacak keberadaan barang ini, harusnya pihak Akulaku bisa chat itu olshop nanya kenapa bisa begini, dan harusnya Akulaku bisa selektif lagi dengan pihak-pihak olshop yang curang tipu-tipu seperti ini.

Yudi Gunawan
Bandung


Catatan redaksi (diperbarui 13/1/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Yudi Gunawan

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Yudi Gunawan pada tanggal 12...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bisa gak sih dipasalkan dan dilaporkan ke polisi masalah kasus penipuan gini,,
    Saya juga korban penipuan,, Yaa mungkin bagi kalian harga segini masih dibilang sedikit lah tapi bagi saya harga segini itu udah dibilang Mahal,, saya memesan pavor dengan merk yg berbeda, 1 kaliburn gk2 dan 1 nya lgi ursa baby, nah seharusnya kan yg dikirim ada 2 kenapa yg datang malah 1,,disitu saya sudah suuzon sama kurir ya ampuun,, trus saya hubungin si penjual nya katanya "kak jgn refund kak karena barang satunya lgi sedang diperjalanan " trus saya mau minta no resi tapi tidak direspon sampai saat ini saya ajukan refund dana tetap di tolak oleh penjual,, sampai 2 minggu lebih gak ada kabarnya bahkan status nya aja online tpi chat saya tidak di respon,, saya sudah memohon berkali kali ttap aja gak direspon, saya sudah minta bantuan di live chat, trus jawabannya ttap tidak menyelesaikan masalah,, tolong dong kepada pihak akulaku ,, jgn biarkan orang orang penipuan kek gini di biarkan,, kasian yg jdi korban merasa tertipu,, mohon kebijaksanaannya,, klo kek gini masa saya harus bayar tagihannya sedangkan barang satunya lgi gak dikirim,, enak yg di penipu dong nikmatin hasil duitnya,sedangkan barang nya aja gak dikirim

  • Keknya klo mesan barang electronic gak bisa deh di akulaku soalnya banyak bnget yg kena penipuan,, pernah beli magicom masa yg dtng penyok,, bersyukur msih bisa dtng tuh barang,,saya mesan barang apa aja baru kali ini kena penipuan seharga 399rb barang kaliburn gk2,, Yaa klo beli cash mungkin bisa di ikhlasin kali ya insyaallah tpi ini bayar nya nyicil gimana dong masa saya harus ikhlasin

  • Saya juga kena tipu membeli laptop asus e410mao di akulaku,tapi yg dikirim malah lap kain 3pcs,saya tidak menyadari bahwa resi yg dibuat seller bukan dri akulaku tapi dr shopee,mengapa saya tau ini?karena saya diberitahu oleh kurir,saya ajukan refund tidak ada respon dr seller,malah refund otomatis dr sistem,keesokan harinya sy refund ke alamat dan penerima yg diberikan seller,selang 1 hri paket sampai di alamat tujuan tp kurir konfirmasi bahwa tdk ada nama penerima paket tersebut,secara tdk langsung seller mempermainkan saya dgn memberi alamat palsu,akhirnya paket d retur k saya kembali,saya hubungi cs lalu disarankan batalkan refund sy lakukan,setelah dibatalkan pesanan saya statusnya diterima oleh sistem karena sudh lewat batas waktu acc produk,lalu saya meminta bantuan cs kembali,pada hri minggu cs menelpon jam9,sy kaget ko akulaku telp hri minggu ktnya libur,tp gpp dan malangnya tdk ada telp masuk ke no saya,sya konfirmasi lgi pke no lain takutnya no sya d sadap atau gmna,sampai skrg kasus ini msh berbelit". Pembelian tanggal 16 juni 2023 sampai tanggal 1 juli 2023 belum usai,saya kesal pada cs jawbannya berubah"dr awal minta batal refund,saya emailkan buktinya dll lalu td pagi cs kirim email k saya minta bukti resi untuk konfirmasi k seller,sya sudh tekankan pda cs untuk d usut langsung,malah nunggu respon dr seller pdhl saya dr awal tdk ada respon apapun dr seller:)