Surat Pembaca

Jebakan Bebas Biaya Transfer Bank OCBC NISP

Saya adalah salah seorang dari nasabah Bank OCBC NISP. Pada awalnya saya tertarik membuka tabungan Tanda 360 di Bank OCBC NISP, karena menurut promo dari bank bersangkutan akan memberikan gratis biaya transfer sebanyak 10x per bulan, apabila saldo rata-rata bulan sebelumnya melebihi 1 juta rupiah. Namun alangkah kagetnya saya, ketika saya melakukan transaksi online pada tanggal 1 Januari 2021, saya dikenakan biaya transfer sebesar Rp6.500. Padahal saldo rata-rata harian saya di bulan Desember 2020 telah melebihi 1 juta rupiah.

Kemudian saya melakukan pengaduan ke Customer Service Bank OCBC NISP di 1500999 dengan nomor pengaduan: 202101010027 dan estimasi penyelesaian 1-10 hari kerja. Namun pada hari ini, tanggal 12 Januari 2021, dengan nomor +622126506300 CS Bank OCBC NISP menghubungi saya, dan alangkah kecewanya saya ketika diberitahu bahwa menurut sistem, Bank OCBC NISP menghitung rata-rata saldo bulanan ini dengan cara menghitung saldo rata-rata harian dari tanggal 2 bulan sebelumnya (berarti tanggal 2 Desember 2020) sampai tanggal 1 Januari 2021 (saya masih simpan rekaman percakapan saya dan CS OCBC NISP). Yang berarti ketika saya melakukan transaksi tanggal 1 Januari 2021 maka dikenakan biaya transfer Rp6.500 karena saldo rata-rata saya di bulan November 2020 dibawah 1 juta rupiah.

Selama saya hidup dan menjadi nasabah di lebih dari 10 bank yang ada di Indonesia dan bahkan bank di luar negeri, baru pertama kali ini saya menemukan sebuah bank yang melakukan perhitungan saldo rata-rata bulanan bukan dari tanggal 1-31 dari bulan sebelumnya. Menurut saya akan sangat konyol, tidak logis, dan tidak masuk akal jika saldo tanggal 1 bulan ini diperhitungkan untuk menghitung saldo rata-rata bulan sebelumnya.

Saya paham bahwa bank sangat membutuhkan uang dari nasabahnya, tetapi menurut saya cara ini tidak etis, demi mengambil uang 6500 rupiah dari rekening saya bank tsb seperti menghalalkan segala cara dan membatalkan janji gratis biaya transfernya, menurut saya harga dari kepercayaan Bank OCBC NISP cuma seharga 6500 saja.

Bukan perkara uangnya yang saya permasalahkan, mungkin Bank OCBC NISP menganggap uang Rp6.500 itu sangat receh, tapi menurut saya yang lebih besar adalah Bank OCBC NISP kehilangan kepercayaan dari saya. Setelah kejadian ini saya tidak akan menempatkan sepeser pun dana saya di Bank OCBC NISP.

Sebaiknya rekan-rekan Media Konsumen juga menghindari berurusan dengan Bank OCBC NISP karena sistem mereka tidak wajar, menghalalkan segala cara, berusaha menghindar dari kewajiban, tidak memberikan hak sesuai yang dijanjikan sehingga tidak layak untuk mendapatkan kepercayaan dari nasabahnya.

Antonia Suwandi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank OCBC NISP Atas Surat Pembaca Bapak Antonia Suwandi

Dengan hormat, Terima kasih redaksi Mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Antonia Suwandi pada Rabu, 13...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Maaf apakah setelah transaksi saldo dibawah 1 juta? Karena ketentuannya saldo setelah transaksi harus lebih dari 1 juta baru bebas biaya.

    Untuk Nasabah dengan saldo setelah transaksi sama dengan atau lebih dari Rp 1.000.000,- :

    1. Bebas tarik tunai di ATM non OCBC NISP maksimal 30 kali setiap bulan

    2. Bebas transfer antar bank maksimal 30 kali setiap bulan melalui , Mobile & Internet Banking (LLG & Online)

  • Maaf ralat : sama dengan atau lebih dari 1 juta.

    Saya juga baru buka tabungan Tanda 360 Plus (bukan yg digital) dapat penjelasan bahwa rata-rata saldo per bulan harus diatas 10 juta DAN sisa saldo setelah transaksi harus sama dengan atau diatas 10 juta baru bebas biaya transaksi.

  • Sebelumnya saya melihat iklan OCBCNISP di pesbuk dan gratis biaya 10 kali transaksi,saya akhirnya tertarik membuat rekening ONEMOBIL namun transaksi ke 8 pada bulan ke 2 dan belum genap 10 kali transaksi saya sudah di bebankan biaya transfer Rp 6500.tidak apa apa bank juga butuh duit ..yang saya gak habis pikir ketika saya transfer uang tidak masuk rekening tujuan lalu ada laporan uang sedang di proses.dan saat itu saldo uang saya sudah berkurang.
    Saya hubungi call center OCBC NISP katanya harus proses dalam 6 hari kerja agar uang kembali..
    Sampai saat ini sudah 3 hari uang saya masih di tahan oleh sistem OCBCNISP dan belum di kembalikan
    Sesulit itukah sistem OCBCNISP...
    Saya jadi was was...
    Aturan kalo duit gak bisa terkirim,harusnya mental atau transaksi gagal dan tidak perlu mengurangi saldo

    Padahal itu gaji karyawan saya
    Dan saya akhirnya cari cadangan lain
    Tadinya mau simple malah ribet..

  • Saya sih sudah hilang kepercayaan dengan ocbc, sudah tawar hati saya, ocbc sudah jauh menurun pelayanan nasabahnya dibanding sebelum pandemi, saya nasabah premier, di aplikasi one mobile tertulis jelas2 gratis biaya transfer, tetapi transaksi di one mobile dikenakan biaya transfer di atm 6500,sebelumnya telpon konfirmasi ke ocbc call center dikatakan bebas transfer krn premier, sudah complain via email tetap tidak mengakui kesalahan biaya atm via one mobile, saya akan tutup saja ocbc saya,tokh masih banyak bank lain yg bebas transfer tanpa jebakan php.
    Untuk ocbc kalau mau cek rekaman percakapan saya dengan cs tgl 7 oct pk 14.40-14.55

    • Nasabah premier saja sampai dibegitukan ya pak, apalagi nasabah biasa, benar-benar seperti nggak butuh nasabah saja bank ini