Lambatnya Proses Pembaharuan Data Bank BRI

Sesuai Peraturan BI No.14/2/PBI/2012 perihal pengkinian data, konsumen perbankan diharuskan melakukan pembaruan data jika ada perubahan, tetapi sebagai bank BUMN, Call Center BRI prosesnya sangat lambat dan berbelit.

Tanggal 21 Desember 2020 saya mengajukan pembaharuan data kantor baru dan nomor telepon dengan nomor laporan: 32493084 dan 32493681. Saya diminta mengirimkan data-data yang diminta dan diproses 10 hari kerja. Pada hari yang sama sudah saya kirimkan data yang diminta via email. Namun sampai tanggal 30 Desember tidak ada telepon atau apapun tindak lanjut dari permohonan saya.

Akhirnya saya hubungi lagi call center BRI dan terhubung, tapi anehnya saya justru ditanya “Apakah sudah mengirimkan email?”. Sangat aneh (CC BRI jarang buka email kali ya). Lalu saya bilang sudah saya email 10 hari yang lalu dengan subyek nomor laporan. Lalu CC BRI minta waktu untuk cek kembali dan benar ternyata email sudah masuk. Ternyata tiada guna jika email tanpa kita konfirmasi lagi, mungkin email gak diapa-apakan, diabaikan. Akhirnya saya diminta menunggu.

Tanggal 8 Januari 2021 saya coba hubungi lagi CC BRI untuk menanyakan progres permohonan saya dan diberi pertanyaan yang sama “Apakah sudah mengirimkan email?”. Aneh dan ajaib, saya hanya mengelus dada sampai harus bicara dengan nada tinggi, baru disampaikan bahwa permohonan saya tidak dapat diproses karena ada 2 permohonan tapi hanya satu kali mengirim data.

Jika memang demikian kenapa tidak sampaikan dari awal bahwa saya harus kirim 2 data berbeda. Dan saya pun tidak diinformasikan jika ada kekurangan. Alhasil dibuatkan nomor laporan baru: 32820228 dan saya harus menunggu proses 10 hari kembali.

Dirto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hai Kak. Terima kasih atas informasi yang diberikan. Laporan tersebut saat ini dalam proses tindak lanjut kami ya. Tks~Kimi

  • Update

    hari ini tanggal 19 Januari 2021 atau hampir sebulan semenjak laporan pertama dengan nomor 32493084 dan 32493681 tanggal 21 Desember 2020. Tidak ada tindak lanjut atau progres sama sekali. emang keren BUMN.