Surat Pembaca

Penipuan dengan Mengatasnamakan Akulaku

Dear team media Konsumen,

Dengan hormat,

Pada Hari Selasa, tanggal 12 Januari 2021 saya mendapatkan telepon yang mengaku dari pihak internal Akulaku sekitar pukul 23.30 WIB. saya menanggapi telepon tersebut dikarenakan saya memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah saya.

Masalah saya bermula dari sekitar bulan September 2020, akun Akulaku saya tidak bisa saya akses dikarenakan dilakukan perubahan data yang saya tidak tahu dilakukan oleh siapa. Saya sudah menghubungi pihak Akulaku agar dapat dikembalikan akun saya, tapi dari pihak Akulaku hanya mengatakan hanya saya yang bisa mengubah nomor handphone dengan menjawab beberapa pertanyaan. Sudah saya coba berkali-kali, tapi pada saat verifikasi selalu gagal.

Lalu tiba-tiba saja, ada pihak yang mengaku dari Akulaku dan menagih ke saya. 2 hari berturut-turut saya ditagih, dan saya menyanggupi untuk membayar secara cicil, dikarenakan kondisi saya sedang tidak bekerja. Saya melakukan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 ke nomor virtual account yang diberikan seseorang atas nama Akulaku. Setelah saya proses membayar, saya cek melalui CS Dan tidak Ada pembayaran yang masuk ke Akun Akulaku saya.

Saya percaya mereka dari pihak Akulaku, karena mereka tahu semua data saya yang ada di dalam akun saya. Cicilan saya, pinjaman saya dan terakhir kapan saya bisa mengakses akun saya. Mohon agar ditindaklanjuti Akulaku, karena saya sudah membayar sejumlah cicilan untuk mengurangi tagihan saya. Saya dihubungi oleh telepon dengan nomor hp: +62878-7381-1203.

Bagaimana sistem keamanan Akulaku hingga data debitur bisa diakses oleh orang lain atau memang ada pihak dalam yang mencari keuntungan? Mohon ditindaklanjuti untuk kejadian diatas, karena saya merasa dirugikan atas itikad baik saya. Akun saya berubah untuk nomor HP yang didaftarkan menjadi nomor hp yang saya tidak kenal.

Yanty
0818078352**
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lapor setiap kejdian kasus anda semua ke ojk... makin banyak yg melapor pihak ojk mungkin akan memyelidiki ini. Aplikasi akulaku 100% keamanan datanya tidak aman. Saya juga mengalaminya dan sudah lapor ojk tapi di suruh coba selesaikan dulu sama akulakunya...sya Kena tipu oknum yg mengatasnamakan akulaku ..padahal baru 2 bulan daftar di akulaku sudah ada wa masuk ke no saya...dia tahu alamat dan nama saya....gimana saya tidak percaya.... Dan pihak akulaku tidak mau membantu dan tidak mau tahu keluahan kita korban penipuan.
    Atau jangan2 akulaku itu kepanjangan dari akulah pelaku???????
    Makin banyak korban makin banyak akulaku dapat untung lah.
    Kita jadi terikat oleh aplikasi busuk . Denda dan bunga yg seperti rentenir saat lewat jatuh tempo..... 10% perhari ...geloooo....Tidak bisa diskusi tidak bisa debat.. karrna penagihan lewat jatuh tempo dilakukan oleh boot..selama 7 hari.
    Telp cs tidak ada guna.......seperti sengaja di gantungin semua keluhan kita. Sedangkan denda dan bunga terus berjalan.
    Enak banget jadi akulaku....tinggal duduk manis duit denda mengalir masuk.....melebihi rentenir. Mana yg ojk nya??????????
    Bagi para korban kasus penipuan akulaku....mari semua bikin laporan ke ojk...ylki....biar pihak ojk mau bergerak. Investigasi.

  • Saya mau tnya nih ka.. Jadi td saya mau bayar cicilan akulaku ka krna no saya sudah tdak aktif lagi maka saya minta no va briva lewat cs akulaku yg ada di google saya sudah telat 3 bulan. Makanya saya cari no cs wa akulaku dan td saya dikirm no va nya tp dstu atasnama akulaku saya bayar lewat bri link dia tidak minta otp apa itu trmasuk pnipuan

  • Saya juga bingung ini kan kemaren Saya punya Tagihan hp di akulaku nunggak 1 bulan sih. Karna hp Saya ilang Saya minta ke salah Satu DC akulaku untuk memberikan nomor VA. Kemudian Saya bayar sesuai nomor VA yang diberikan
    Alhamdulillah hp Saya yang hilang itu udah kembali trs Saya lihat lagi akun akulaku saya. Saya masih punya Tagihan hp itu. Ini Saya kena tipu atau Bagaimna?? Saya udah coba email cs. Akulaku tapi gak ditanggap

  • Kmrin saya kredit hp d akulaku Alhamdulillah brang udah smpai dan sya udh ksih ulasan jga d aplksi akulaku ny, nah keesokan hari ny ada wa mengatas nmakn akulaku dn bilang klu ad msalah dlam mengkonfirmasi barang d aplikasi, trs sya d alihkan suruh ngklik link yg dia krm d wa, trs sya ikuti ap yg dia bilang, sya d suruh msukin no hp dan kta sandi akulaku trs tekan no *21* dh selesai aq ikutin smua yg d suruh orng it dah sya liat lg d apliksi ny ehhh trnyta tagihan sya ko brtmbah banyak yg tdi tagihan ny 290an skrng jd 1.17000 yaAllah trnyta orng yg wa sya td it penipu dia curi no hp n kta sandi sya, trs sya sudah lapor ke cs live d apliksi akulaku kta ny sruh nunggu 3-5hri lg, smoga tagihan saya kembali seperti semula yaAllah aamiin