Tagihan Indihome Tiba-tiba Naik

Kepada PT Telkom Indonesia,

Saya adalah pelanggan dengan nomor 143303100527. Setiap bulan tagihan indihome saya dengan kecepatan 10M dan telepon serta Useetv adalah sebesar 225 ribu. Karena adanya kebijakan sepihak FUP indihome yang membuat aktifitas belajar online anak -anak kami terganggu, saya mencari info upgrade kecepatan dari aplikasi Myindihome yang selalu dipromosikan melalui iklan di layar Useetv yang juga milik Telkom. Saya menemukan add-on upgrade speed menjadi 30Mbps di aplikasi myindihome dengan hanya menambah sebesar 70.000 ke tagihan bulanan. Melihat tagihan indihome selama ini sebesar 225ribuan perbulan,

arsip tagihan november – desember 2020

Saya memutuskan untuk menambah kecepatan menjadi 30Mbps dan kembali tertera bahwa hanya menambah 70.000 ke tagihan bulanan

ketrangan penambahan 70.00 ke tagihan bulanan

Setelah kami aktifkan kecepatan memang bertambah setelah beberapa hari. Tapi pada awal bulan Januari 2021 kami mendapatkan tagihan sebesar 382.319 yabg jauh sekali berbeda dengan apa yang dijanjikan sebelumnya, yaitu dengan logika sederhana adalah 225.000 + 70.000 = 295.000. dengan PPN totalnya 324.500.

Saya langsung lapor ke Plasa tanggal 4 Januari 2021 tapi hanya disarankan menunggu dan diinfokan agar tidak membayar dulu karena akan segera diluruskan tagihannya. Saya sudah bertanya soal jatuh tempo tanggal 20 untuk menghindari denda, tapi oleh CS Plasa disarankan untuk menunggu tapi tidak ada solusi sampai sekarang.

Sesuai anjuran 147 saya sudah melapor melalui myindihome sampai lebih dari 4 kali tapi hanya dijanjikan perbaikan tagihan tanpa hasil.

kirim keluhan lewat aplikai hingga lebih dari 4 kali

Saya juga menerima tagihan melalui whatsapp

tagihan dari whatsapp

Karena sudah mendekati tanggal 20 Januari, tanggal 13 Januari 2021 saya memutuskan menulis email ke customercare@telkom.co.id tetapi lagi-lagi hanya dibalas untuk menunggu

reply cs tunggu

Pada tanggal 14 Januari 2021 saya kembali mengirim ulang email tersebut tetapi hanya dibalas dengan keterangan berbelit soal prorata yang tidak jelas

reply cs prorata

Yang kalau saya tidak salah mengerti adalah bahwa tagihan sebesar 382 ribu itu belum tagihan penuh yang logikanya bisa lebih tinggi lagi.

Oleh karena masalahnya sudah terlalu lama dan saya sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengurus hal yang bukan kesalahan saya, saya mintaq Telkom segera mengembalikan tagihan saya seperti awal lagi sebelum saya menambahkan add on 30Mbps. Lebih baik saya ganti provider dan menyarakan tetangga saya untuk melepaskan diri dari Telkom untuk menghindari kejadian seperti ini lagi.

Saya tunggu niat baik Telkom untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk menghindari denda yang akan muncul pada tanggal 20 besok. Saya tunggu informasi dan kabar baiknya. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih.

Karyanto Amat
Purwokerto, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kebetulan saya baru aja migrasi/upgrade paket dari 10mbps ke 20mbps dan saya sempet tanya soal biaya upgrade (dulu saya hanya 10k rupiah bukan 70k rupiah) apakah tagihan di bulan-bulan selanjutnya akan menjadi Biaya paket sebelumnya+10ribu rupiah atau menjadi biaya paket yang telah kita pilih.
    Dan jawabannya tagihan saya untuk bulan-bulan selanjutnya adalah sebesar harga paket baru yg telah saya pilih.

    tldr;
    upgrade paket = migrasi paket
    lalu besar tagihan akan menggunakan harga Paket yg baru

  • pengalaman saya justru Upgrade dari 20 MBPS mejadi 30 MBPS tanpa sepengetahuan dan persetujuan saya, tanpa adanya pemberitahuan apapun dan saat tagihan muncul tidak sesuai dengan pembayaran bulan sebelumnya dan kenaikannyapun cukup besar dari 330 rb menjadi 430 rb naik sekitar 100 ribu, saat saya konfirmasi ke CS dan dicek, ternyata memang benar tidak ada histori permintaan upgrade, kadang itu cara gampang cari duit karena pelanggan tak bisa berbuat apa-apa selain harus membayar tagihan yang sudah keluar, mohon perhatian dari pemerintah agar ada aturan jelas untuk hal seperti ini bisa dituntut secara hukum untuk perlindungan konsumen karena sudah masuk ke dalam ranah pidana penipuan

    • Pernah kejadian penambahan channel tanpa permintaan. Sudah terlanjur bayar tagihan pula. Akhirnya bisa reimburse setelah debat sambil bawa mediakonsumen.com

  • sepaham,
    saya juga pada tanggal 5 agustus kemarin upgrade speed dari 20mbps ke 30mbps karena ada promo biaya tambahan hanya 30rb/bulan. eh walah dalah pas ada tagihan katanya kenaikan abonemen barunya 95rb/bulan belum termasuk PPN.
    sampai detik saya komen disini, saya belum dapat jawaban yang memuaskan, karena saya tidak ada bukti capture buat promo 30rb/bln katanya, gak sempat kepikiran waktu itu buat screenshoot karena tidak kepikiran juga bakal ada masalah seperti ini.

    • Jangan pernah percaya apapun penawaran dari Telkom. Selalu pakai alasan kesalahan sistem tapi pelanggan yang selalu rugi. Selalu screenshot setiap kali transaksi di myindihome.

      • Pelajaran berharga mas.
        kemarin tidak saya screenshoot karena dulu sempat juga upgrade dari 10mbps ke 20mbps dengan promo dan Alhamdulillah aman, tapi tidak dengan sekarang, untuk kasus sekarang akhirnya saya minta dikembalikan ke paket sebelum upgrade, dan ternyata bisa tetapi dengan harga paket yang lebih mahal dari sebelumnya :-( . Disini semakin bingung saya dibuatnya.