Sistem Pengembalian Dana JD.ID Sangat Buruk

Dari kasus pengembalian dana sebelumnya:

berlanjut ke kasus berikut:

Tanggal 25 Desember 2020, transaksi pembelian token PLN (nomor pesanan: 1040813665) dengan metode pembayaran Kartu Debit pada akun JD.ID saya berakhir gagal (saldo sudah terdebet, tapi transaksi dibatalkan oleh sistem dan menunggu proses refund). Untuk ketiga kalinya dalam tiga bulan berturut-turut, pengembalian dana JD.ID meleset dari batas waktu yang ditetapkan oleh JD.ID sendiri!
Sampai hari ini, tanggal 19 januari 2021 dana refund nomor pesanan 1040813665 tersebut belum masuk ke rekening saya.

Sekitar tanggal 13 januari 2021, saya sudah coba menghubungi live chat CS JD.ID. Saya sudah minta kode ARN (bukti transaksi pengembalian dana dari JD.ID) supaya bisa segera saya klaimkan ke bank tujuan. Namun CS JD.ID tidak mau memberikan dan bersikeras konsumen harus menunggu 14 hari kerja.

Setelah menunggu 14 hari kerja dengan sia-sia, saya kembali menghubungi CS JD.ID. Bukannya segera diberikan kode ARN-nya, pihak JD.ID masih meminta bukti mutasi rekening konsumen dari tanggal 26 Desember 2020 s.d. 18 Januari 2021. Mutasi rekening bank hampir satu bulan?? Tentu saya keberatan dan saya tolak. Apalagi masa pandemi covid sekarang ini, konsumen disuruh ke bank cuma untuk meminta cetak mutasi?? (CS JD.ID menulis nomor pesanan saja salah, permintaan durasi mutasi juga berubah-ubah, sangat tidak profesional).


Lagipula, menurut pengalaman kasus refund transaksi saya bulan November kemarin, setelah proses pengembalian dana yang meleset dari batas waktu, JD.ID cuma memberikan kode ARN kepada konsumen dan kemudian lepas tangan, konsumen sendiri yang harus bersusah payah menghubungi pihak bank untuk klaim pengembalian dana dari JD.ID tersebut! (sebagai catatan, CS Bank sendiri belum tentu paham apa itu kode ARN).


Jadi buat apa konsumen harus dipersulit dengan menunggu 14 hari kerja dan menunjukkan history mutasi transaksi bank (yang mana perhitungan harinya bisa jadi 3 minggu sampai 1bulan), kalau kemudian JD.ID lepas tanggung jawab macam begitu?? Lebih etis setelah JD.ID melakukan pengembalian dana, kode ARN langsung diinfokan ke konsumen. Tidak perlu berbelit-belit macam sekarang.

Saya beberapa kali mengalami pengembalian dana di toko-toko online, semuanya selalu tepat waktu, cuma JD.ID satu-satunya yang pengembalian dananya sering meleset dan ribet. Apalagi sampai konsumen sendiri yang disuruh klaim pengembalian dana ke bank terkait.

Kalau sistem error sesekali itu masih wajar, tapi kalau berturut-turut tiga kali dalam waktu tiga bulan ini namanya busuk.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Djuwanda

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Djuwanda pada hari Rabu, 20 Januari 2021 lalu di...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Sistem Pengembalian Dana JD.ID Sangat Buruk

  • 20 Januari 2021 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Sekedar sharing, saya sudah malas & kuatir bayar2 tagihan via marketplace ini, sekalipun memang diskon2nya cukup menggiurkan.
    Penyebabnya adalah karena saya pernah mengalami “status pembayaran menggantung” (masih mending kalau langsung gagal), bahkan di awalnya saya kira sudah berhasil & sukses.
    Akibatnya akhirnya saya kena charge karena terlambat bayar (ketika akhirnya saya nyadar bahwa pembayaran saya via jd tidak sukses & kemudian saya bayar via kanal lain).
    Jadi dalam kasus ini, maunya untung (dapat diskon) malah buntung (bayar lebih karena kena charge terlambat bayar).

    Sejak itu saya tetapkan hati untuk tidak tergiur dengan promo2 diskon bayar tagihan di jd.

  • 21 Januari 2021 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Maaf nih, mau bertanya. Itu pembelian menggunakan metoda pembayaran apa? ATM atau online banking? Kalau semisal ATM kan otomatis keluar rumah, jadi yang namanya lagi pandemi otomatis kan sudah melanggar aturan sendiri. Kalau dibayar dengan sistem online banking, ya otomatis punya akun online banking, kan disetiap akun online banking bisa cek mutasi sampai 1 tahun kebelakang. Jadi kalau memang meminta mutasi kenapa tidak gunakan itu. Tidak perlu repot report ke teller untuk print buku. Aku juga pengguna JD.ID (mesti tidak aktif) dan dibulan ini ada pembelian dan langsung aku batalkan karena nemu yang lebih murah di online shop lain. Dan memang sih, aku pembayaran pake kk, jadi tidak perlu email-email an, itu dana langsung balik refund ke limit lagi dalam waktu kurang dari 7 hari.

    • 22 Januari 2021 - (16:57 WIB)
      Permalink

      metode pembayaran Kartu Debit pak.. untuk kartu/rekening tsb, saya belum pakai online banking.
      jd.id kalau refund tunai ke rekening bank atau ke Kartu Kredit memang cukup lancar/baik, tapi kalau refund ke Kartu Debit ya seperti ini.. sering meleset. (sampai hattrick begitu)

      btw kemarin sdh dihubungi pihak jd.id, semoga saja sistemnya bisa segera diperbaiki.

      • 23 Januari 2021 - (01:10 WIB)
        Permalink

        Pak / Bu Djuwanda, sepengalaman saya jika transaksi online pakai Kartu Debit memang lebih rempong urusan nya.

        Lebih nyaman jauh pakai Kartu Kredit & refund, bisa auto di Kreditkan.

  • 22 Januari 2021 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Hi Pak / Bu Djuwanda,

    Saya juga mengalami hal yang sama percis dengan JD.ID.

    JD.ID di hubungin lewat email tidak bisa karena tidak tercantum, Live Chat di websitenya sudah 1 jam lebih menunggu tidak ada CS yang melayanin, Whatsapp juga gak ada balasan.

    Hebat JD.ID ini.

    • 22 Januari 2021 - (17:59 WIB)
      Permalink

      kalo saran saya, coba terus live chat-nya, Bu.. emg kadang menunggu lama (bahkan bisa freeze dan terpaksa refresh), tapi menurut pengalaman saya mending live chat daripada via WA, twitter atau email.
      jangan lupa minta dan mencatat nomor laporan Bu..

      • 23 Januari 2021 - (01:09 WIB)
        Permalink

        Baik Pak / Bu atas masukan nya 🙂 Terima Kasih & semoga permasalahan Bapak / Ibu segera selesai ya.

        Saya sudah mendapatkan balasan di Twitter, semoga akan segera di kasihkan ANR biar masalah bisa selesai.

        Pernah saya bayar pakai Kartu Kredit and pembayaran di cancel oleh pihak Jd.id cumen kira kira 2 minggu kedepan nya sudah di Kreditkan kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sistem Pengembalian Dana JD.ID Sangat Buruk

oleh Djuwanda dibaca dalam: 2 min
8