Surat Pembaca

Status Pengiriman di Akulaku Palsu, Proses Pembatalan Pesanan Bertele-tele

Pada tanggal 13 Januari 2021 saya order barang di salah satu merchant Akulaku, SENTRAL ELEKTRONIK, dengan nomor pesanan: 1610475372966184741132. Dalam rincian pemesanan, pada hari dan tanggal itu juga pesanan saya dikonfirmasi dan dilakukan proses pengiriman ke alamat saya menggunakan jasa ekspedisi dari SiCepat dengan nomor resi: 001124581835.

Ternyata nomor resi tersebut tidak valid. Awalnya saya pikir karena belum ter-update di sistem SiCepat. Namun sampai saat saya menulis artikel ini, nomor resi tersebut masih belum valid. Saya sudah berulang kali menanyakan hal tersebut ke pihak merchant, SENTRAL ELEKTRONIK, tapi selalu slow respon. Sekalipun merespon jawabannya selalu tidak memuaskan.

Hingga pada tanggal 19 Januari 2021, pihak SENTRAL ELEKTRONIK memberikan konfirmasi atas pesanan saya. Menurutnya pengiriman terkendala oleh agen pengiriman, sehingga beberapa pesanan belum dapat diproses, saya diminta untuk menunggu selama 1×12 jam.

1×12 jam waktu yang diminta untuk melakukan proses pengiriman sudah berlalu, pihak merchant SENTRAL ELEKTRONIK belum juga melakukan proses pengiriman. Nomor resi masih belum valid. Kemudian saya kembali mencoba untuk menghubungi merchant. Yang membuat saya tidak habis pikir, pihak merchant SENTRAL ELEKTRONIK mengkonfirmasi bahwa sebenarnya sama sekali belum melakukan proses pengiriman pesanan saya, tapi status lacak pengiriman tertulis bahwa paket sedang diantarkan kurir ke alamat saya.

Melihat banyak sekali kejanggalan, saya berusaha untuk membatalkan pesanan. Namun jawaban pihak Akulaku sangat tidak memuaskan. Saya disarankan untuk menunggu selama 14 hari dari tanggal pengiriman, pembatalan bisa dilakukan itupun kalau pihak merchant SENTRAL ELEKTRONIK menyetujui pembatalan pesanan saya.

Sangat aneh dan pihak Akulaku terkesan sama sekali tidak bertanggung jawab serta tidak mempunyai kontrol terhadap sistemnya sendiri. Sementara bukti menunjukkan pihak merchant SENTRAL ELEKTRONIK jelas sama sekali tidak memenuhi hak konsumennya. Mengapa pihak Akulaku terkesan lepas tangan? Melindungi merchant yang tidak bertanggung jawab. Saya hanya minta pesanan saya di SENTRAL ELEKTRONIK dibatalkan dan refund pembayaran saya!

Subekhi
Cilacap, Jawa Tengah


Catatan redaksi (diperbarui 27/1/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Subekhi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Subekhi pada tanggal 23 Januari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Korban akulaku lagi 🤦‍♂️, coba aja sebelum order di akulaku mampir dulu di media konsumen cari tau "akulaku " ( google : media konsumen akulaku ) pasti akan lebih waspada .

    • ko ane jadi was was yaa, ane tanggal 22 januari keamrin baru banget mesen handphone di akulaku, GILANG SHOP.
      takut jadi nya. mohon pencerahan nya suhu....

      • Sumpah gan mending jangan langsung di aplikasi AkuLaku nya. Via Bukalapak, Lazada, atau yang lainnya saja. Horor, 14 hari belum dikirim dianggap wajar kalau di AkuLaku.

  • Dalam hal pembiayaan cicilan AkuLaku sudah cukup baik. Tapi masih sangat buruk dalam hal e commerce di aplikasinya, terlihat seperti sama sekali tidak ada kontrol terhadap merchant merchant di dalamnya, sehingga rawan sekali penipuan. Ya buat pelajaran saja, JANGAN belanja cicilan langsung di aplikasi AkuLaku.

    • ***Dalam hal pembiayaan cicilan AkuLaku sudah cukup baik***

      ==>> Pantes.... ya sudah lah nikmati aja. Memang biaya sekolah itu mahal.

      • Statement itu berdasarkan pengalaman, belanja di platform e commerce lain tetapi dengan pembiayaan AkuLaku, belum menemukan masalah. Saya hanya mencoba obyektif. Tapi dengan pengalaman ini mungkin ini pertama dan terakhir saya belanja langsung di aplikasi AkuLaku, sangat mengecewakan.

    • Gan, di media konsumen ini sudah tidak terhitung banyaknya posting korban akulaku, mulai dari barang tidak dikirim, barang palsu, barang rusak, pesanan diganti barang lain.
      Kita-kita sih hanya bisa kasih saran. Kalau agan masih ya setengah ok, setengah tidak terhadap akulaku, ya mau bagaimana lagi.

      Yg jelas akulaku sudah mulai berubah menjadi yg lebih cocok disebut akunipu.

  • Iya gan, baru kali ini dapat pengalaman belanja online yang sangat buruk, jauh dari standard sistem e commerce pada umumnya. Per ditulisnya komentar ini Alhamdulillah secara ajaib nomor resi yang diberikan saya cek sudah valid, artinya barang benar benar sudah dikirim. Makasih gan sarannya.

    • Misi gan mau tanya .apa barang sudah sampai ?? Soalnya saya jg pesen d akulaku sudah 4 hari tapi belum dikirim

        • Alhamdulillah barang yang dikirimkan sesuai deskripsi malah melebihi ekspektasi, secara tampilan fisik. Belum dicoba digunakan, baru sempat buka saja.

      • Alhamdulillah gan pesanannya sudah sampai. 12 hari lamanya, dibikin sport jantung. Pesan 13 Januari 2021 nyampe hari ini tanggal 25 Januari 2021. Kalau di lihat, dari histori pengirimannya, pesanan saya baru dimanifest pada tanggal 22 Januari 2021, bukan di tanggal 13 Januari 2021 seperti yang tertera di status lacak aplikasi AkuLaku. Pihak AkuLaku maupun merchant kurang bisa menjelaskan terkait masalah sistem nya kepada konsumen. Kalau masnya sudah terlanjur pesan, sambil menunggu, terus hubungi pihak merchant dan AkuLaku ya meskipun jawabannya sering tidak memuaskan. Semoga membantu, meski sempat dag dig dug belanja langsung di aplikasi AkuLaku. Saran mending belanja di platform e commerce yang sudah terpercaya saja mas, kalau masih ingin menggunakan AkuLaku sebagai metode pembayarannya.

        • Saya sudah beberapa kali menghubungi pihak merchant nya mas..tapi tidak di respon....padahal sebelum pembelian selalu di respons,sesudah pembelian malah gak ada responnya,resi di cek tidak valid..bener2 dahh kapok belanja di Akulaku

          • Sama persis kaya gitu mas, resi valid di tanggal 22 Januari 2021. Padahal resi keluar sudah dari tanggal 13 Januari 2021. Mereka tidak bisa menjelaskan mengapa bisa demikian, terkesan ada potensi penipuan jadinya, kurang transparan. Aku juga kapok mas kalau mau belanja di aplikasi AkuLaku lagi, selama sistem belanjanya masih seperti sekarang.

          • Iya memang mas, sering yang jawab bot. Sangat tidak responsif. Sabar aja mas, kalau sudah terlanjur begini yang kita cuma bisa menunggu.

  • Akunipu udah mau bangkrut,, hati hati akun gak bisa dipergunakan karena gak pernah belanja di marketplace Akunipu,, jdi ente semua dipaksa belanja di marketplace Akunipu yg terkenal barang rongsok.. Kredit kalah bersaing sama Kredivo, marketplace kalah bersaing sama Toped, Bl, dll.

  • Kasusnya mirip kaya saya, order hari kamis tgl 10 des 21, dan langsung diproses pengiriman besoknya di hari jumat tgl 11 des 21 jam 18.18, no.resi keluar tapi dicek di web sicepat malah tidak valid, ketika saya hubungi sicepat via email ternyata kata mereka memang tidak ada no.resi yang saya berikan di sistem mereka.
    Saya chat terus pihak Merchantnya (JAKARTA SELLINDO) untuk menanyakan hal tersebut, alangkah slow responnya mereka, kemudian di hari dan detik ini mereka membalas dengan santainya kalo mereka memakai nomor resi tempel di status orderan saya, yang artinya kalo no.resi tempel itu berarti orderan saya masih belom dikirim, dan akan dikirim sesuai pengurutan siapa yg order terlebih dahulu, terus itu nomer resi tempel berasal darimana juga kan, aneh banget dong ada yg namanya no.resi tempel, saya coba cancel orderan saya aja, tapi masih belom ada tanggapan dari pihak JAKARTA SELLINDO selaku salah satu merchant yg ada di Akulaku, nyesel banget ga ngecek sana sini dulu soal akulaku :((